Mata Pelajaran | |
Kelas/Fase | 9 BA / Fase D |
Materi | Bentuk-bentuk kegiatan ekonomi berbasis perkembangan teknologi digital |
Pertemuan ke | 39 |
Guru Pengampu | |
Waktu Pembelajaran | Rabu 8 oktober 2025 |
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
Murid mampu menelaah peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju; mengelaborasi proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan; menjelaskan konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan; menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan menganalisis Bentuk-bentuk kegiatan ekonomi berbasis perkembangan teknologi digital. dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan kesiapan siswa.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
kita akan membahas materi hari ini dengan memahami materi ini terlebih dulu yaa.. Internet adalah ruang yang sangat luas dan powerful, seperti sebuah kota global tempat kita berinteraksi dengan banyak orang. Sama seperti di dunia nyata, kita butuh aturan untuk menjaga interaksi tetap aman dan positif. Tiga prinsip utama yang akan kita pelajari adalah Respect (Saling Menghormati), Educate (Mendidik), dan Protect (Melindungi), atau yang kita kenal sebagai prinsip R.E.P. Prinsip ini tidak hanya melindungi kita, tetapi juga membuat internet menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang.kita mulai yaaaa
MATERI
1. Pengantar
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Kegiatan ekonomi yang dahulu dilakukan secara konvensional, kini banyak beralih ke ranah digital. Hal ini memengaruhi cara produksi, distribusi, konsumsi, hingga transaksi keuangan.
2. Bentuk-Bentuk Kegiatan Ekonomi Digital
-
E-Commerce (Perdagangan Elektronik)
-
Contoh: Tokopedia, Shopee, Bukalapak.
-
Kegiatan jual beli barang/jasa dilakukan melalui platform digital.
-
Keunggulan: hemat waktu, menjangkau pasar lebih luas.
-
Tantangan: persaingan ketat, isu keamanan data.
-
-
Fintech (Financial Technology)
-
Layanan keuangan berbasis teknologi.
-
Contoh: OVO, GoPay, Dana, LinkAja.
-
Bentuk layanan: pembayaran digital, pinjaman online, investasi online.
-
Dampak: memudahkan transaksi, inklusi keuangan meningkat.
-
-
Transportasi dan Jasa Digital
-
Contoh: Gojek, Grab, Maxim.
-
Layanan transportasi, pesan antar makanan, dan logistik berbasis aplikasi.
-
Dampak: memunculkan lapangan pekerjaan baru, menekan biaya transportasi.
-
-
Ekonomi Kreatif Digital
-
Kegiatan ekonomi berbasis ide dan kreativitas dengan dukungan teknologi digital.
-
Contoh: konten kreator YouTube, influencer media sosial, desainer grafis online, penulis e-book.
-
Dampak: mendorong anak muda berinovasi, menumbuhkan kewirausahaan baru.
-
-
Pertanian dan Perikanan Digital (AgriTech & AquaTech)
-
Aplikasi digital untuk pemasaran produk pertanian/perikanan.
-
Contoh: TaniHub, Aruna.
-
Dampak: memotong rantai distribusi, meningkatkan kesejahteraan petani/nelayan.
-
3. Dampak Perkembangan Teknologi Digital terhadap Ekonomi
-
Positif:
-
Akses pasar lebih luas.
-
Efisiensi waktu dan biaya.
-
Muncul peluang usaha baru.
-
Peningkatan inklusi keuangan.
-
-
Negatif:
-
Persaingan global yang ketat.
-
Ancaman keamanan data dan penipuan online.
-
Ketimpangan bagi masyarakat yang belum melek digital.
-
B. Resume
-
Kegiatan ekonomi kini banyak memanfaatkan teknologi digital.
-
Bentuk kegiatan ekonomi digital antara lain: e-commerce, fintech, transportasi online, ekonomi kreatif digital, serta agri/aquatech.
-
Teknologi digital membawa dampak positif (efisiensi, akses luas, peluang kerja baru) dan dampak negatif (persaingan ketat, ancaman keamanan, kesenjangan digital).
-
Peserta didik perlu memahami perkembangan ini agar mampu beradaptasi dan mengambil peluang.
C. Soal Esai (HOTS)
-
Analisislah bagaimana kehadiran transportasi online mengubah pola kehidupan masyarakat di perkotaan!
-
Menurut pendapatmu, apa risiko terbesar dari penggunaan fintech bagi masyarakat, dan bagaimana cara mengantisipasinya?
-
Berikan contoh nyata bagaimana pelajar SMP bisa memanfaatkan ekonomi kreatif digital untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan!
-
Bandingkan kelebihan dan kekurangan antara kegiatan perdagangan konvensional dengan e-commerce!
-
Bagaimana peran teknologi digital dalam membantu petani dan nelayan meningkatkan kesejahteraan ekonominya?
D. Referensi
-
Kemendikbudristek. (2021). Buku IPS Kelas VIII Fase D Kurikulum Merdeka.
-
Suyanto, M. (2019). Ekonomi Digital: Transformasi dan Tantangan. Yogyakarta: Andi Offset.
-
Website resmi OJK: www.ojk.go.id – materi literasi keuangan digital.
-
Website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika: www.kominfo.go.id – perkembangan ekonomi digital di Indonesia.
-
Artikel jurnal: Nugroho, Y. (2020). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar