Senin - Jumat, 13- 3 Februari 2023
Aprizal
IPS
IX .A Selasa 78 Rabu 78
IX. B Selasa 45 Jumat 45
IX. C Kamis 34 Jumat 23
IX. D Senin 56 Selasa 12
IX. E Selasa 910 Rabu 910
IX. F Senin 12 Rabu 12
Kompetensi Dasar
3.3 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
Tujuan Pembelajaran
Melalui Pembelajaran Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat :
Menjelaskan strategi pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat
Materi Pokok
Ketergantungan antarruang dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat
Sub Materi
Menjelaskan berbagai konsep Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa).
World Trade Organization (WTO)
WTO sebagai organisasi perdagangan dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang mengatur masalah perdagangan antarnegara. Organisasi ini dibentuk tanggal 1 Januari 1995 untuk menggantikan GATT (General Agreement on Traffict and Trade). WTO terbentuk setelah dilakukannya perundingan putaran Uruguay atau Uruguay Round (1986–1994). Anggota dari WTO saat ini lebih dari 150 negara dengan 117 negara diantaranya adalah negara berkembang.
Tujuan WTO
o Meningkatkan kesejahteraan negara-negara anggota melalui perdagangan bebas.
o Membantu produsen barang dan jasa serta eksportir dan importir dalam kegiatan perdagangan.
o Mendorong lebih terbukanya perdagangan dunia.
o Menciptakan rangkaian aturan dan prinsip guna mengatur perdagangan internasional.
o Menyusun kewajiban anggotanya untuk menjamin berjalannya sistem internasional non-diskriminatif.
o Menyediakan forum untuk membicarakan isu-isu perdagangan internasional.
o Menyediakan mekanisme penyelesaian perdagangan internasional.
Nah Kids demikian pembahasan mengenai materi ekonomi kelas 9 tentang jenis pasar bebas di dunia, di antaranya adalah MEA, Uni Eropa, AFTA, APEC.
Ok children, to close the material in our meeting today, Mr. will give an assignment or evaluation to find out how far you understand the material that we have discussed together.
(Ok children, to close the material in our meeting today, Mr. will give an assignment or evaluation to find out how far you understand the material that we have discussed together.)
Latihan
- Apa yang dimaksud kerjasama ekonomi internasional?.
- Sebutkan 5 faktor yang mempengaruhi kerjasama ekonomi internasional?
- Sebutkan tiga tujuan kerjasama ekonomi internasional?
- Sebutkan tiga jenis perbedaan yang menyebabkan kerjasama ekonomi internasional?
- Sebutkan Dua Jenis kerjasama internasional akibat adanya kesamaan?
- Sebutkan tiga contoh organisasi kerjasama ekonomi multilateral?
- Apa yang dimaksud kerjasama ekonomi bilateral?
- Sebutkan tiga jenis kerjasama ekonomi berdasarkan letak geografisnya?
- Sebutkan dua contoh kerjasama ekonomi regional?
- Sebutkan dua contoh kerjasama ekonomi internasional?
- Sebutkan tiga hambatan kerjasama ekonomi internasional?
- Sebutkan tiga jenis tarif?
- Sebutkan lima negara yang memprakarsai ASEAN?
- Sebutkan 3 tujuan pembentukan ASEAN?
- Sebutkan tiga tujuan didirikan AFTA?
- Sebutkan tiga jenis organisasi negara-negara di kawasan?
- Sebutkan 3 negara anggota NAFTA?
- Apa tujuan dibentuknya uni Eropa?.
- Sebutkan tiga tujuan didirikannya APEC?
- Sebutkan 5 anggota EFTA?
- Sebutkan tiga kegiatan utama IMF?
- Sebutkan tiga keuntungan yang didapatkan Indonesia ketika menjadi anggota WTO?
- Sebutkan tiga tugas ILO?
- Sebutkan tiga kerjasama ekonomi internasional di luar PBB?
- Sebutkan tiga dampak positif kerjasama ekonomi internasional terhadap perekonomian Indonesia?
Sumber referesnsi;