P20 K -7 Tema Pemberdayaan Masyarakat
Identitas
Mata Pelajaran | IPS |
Kelas/Fase | Fase D kelas 7 |
Materi | Pemberdayaan Masyarakat |
Pertemuan ke | 20 ( 4 JP) |
Guru Pengampu | Aprizal |
Waktu Pembelajaran | Senin - Kamis, kelas 7 |
CP
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif. |
Tujuan Pembelajaran
Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan Aktivitas kegiatan Ekonomi dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Apersepsi
Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita ingat lagi tentang Permasalahan Sosial Budaya. Selain permasalahan sejarah lokal, masih terdapat permasalahan sosial budaya yang mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia
Yuuks kita kaitkan dengan materi Pemberdayaan Masyarakat
Materi
C. Pemberdayaan Masyarakat
Pemberdayaan masyarakat memiliki peran penting dalam mengatasi permasalahan sosial budaya yang ada di Indonesia. Berikut adalah beberapa langkah dan faktor penting dalam pemberdayaan masyarakat.
Nah minggu lalu kita telah mempelajari materi diatas, saat ini silakan simak video dibawah ini dan buat kesimpulan berupa:
1. Apa kesimpulan dari video tersebut?
2. Permasalah apa yang terjadi?
Silakan diisikan jawaban kalian di kolm chat di Blog ini.