Rabu, 2 Maret 2022
Kelas
VIII F
JP
1-2
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin,
wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa
wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum
biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Selamat
pagi anak-anakku yang cerdas
Bagaimana kabarnya hari ini?
sehat semua yaa.. alhamdulillah..
In syaa allah kalian sudah
sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta sholat dhuha yaa....! sebelum
belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai...
aamiin
Semoga kita semua dalam
keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita
bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Anak-anakku, pada pertemuan
kali ini, kita akan mempelajari materi berikut berikut. ... .
dan Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan.
KD
3.4
Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik,
ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya
semangat kebangsaan..
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah siswa mempelajari materi ini,
diharapkan siswa dapat :
·
Mendeskripsikan ciri-ciri masyarakat Indonesia pada
masa penjajahan
·
Mendeskripsikan bentuk perubahan masyarakat
indonesia pada masa penjajahan.
·
Menjelaskan proses munculnya organisasi pergerakan
dantumbuhnya semangat kebangsaan.
Materi
Ciri-Ciri Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan
dan Perubahan Masyarakat
Indonesia Pada Masa Penjajahan.
Dengan demikian, ciri-ciri masyarakat Indonesia pada masa penjajahan adalah hidup dalam kemiskinan, menjadi lahan monopoli penjajah, mengalami diskriminasi dalam berbagai bidang, serta masih bersifat kedaerahan.
kemiskinan masa penjajahan kolonial |
Mengutip dari
situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), perlawanan Bangsa
Indonesia pada abad ke-19 memiliki beberapa ciri, yakni:
1)
Perjuangan yang dilakukan masih bersifat lokal atau
kedaerahan. Hal ini dikarenakan kurangnya persatuan dan kesatuan di masyarakat
Indonesia saat itu.
2)
Perlawanan dilakukan secara fisik dan menggunakan senjata tradisional.
3)
Perjuangan dipimpin oleh tokoh-tokoh karismatik atau yang
disegani oleh masyarakat saat itu. Contohnya kaum bangsawan atau tokoh agama.
4)
Perlawanan yang dilakukan masih bersifat sporadis atau
musiman.
5)
Strategi perjuangan masih belum terorganisir dengan baik.
6)
Masyarakat saat itu masih dengan mudah diadu domba oleh
Belanda.
Perlawanan yang masih bersifat melokal atau kedaerahan dan
tidak serentak, dipandang Belanda sebagai sebuah keuntungan. Belanda dengan
mudah mengirimkan pasukan militernya ke berbagai daerah untuk membendung
perlawanan tersebut. Hingga akhir abad ke-19, perlawanan Bangsa Indonesia masih
dilakukan secara fisik dan kedaerahan. Namun, mulai awal abad ke-20, masyarakat
Indonesia mulai bersatu untuk memerdekakan diri dari tangan penjajahan.
B.
Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan.
Terjadinya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia tak dimungkiri sangat merugikan dan membuat kondisi bangsa Indonesia memprihatinkan. Sejarah kelam tersebut pun tak ayal berdampak pada berbagai perubahan masyarakat Indonesia baik secara aspek geografis, budaya, ekonomi, pendidikan, maupun politik.
Secara umum, akibat adanya penjajahan berabad-abad lamanya di nusantara berdampak kepada perubahan masyarakat Indonesia. Ada perubahan yang memiliki dampak negatif dan adapula perubahan yang berdampak positif. Setidaknya ada 7 perubahan masyarakat Indonesia yang dirasakan akibat terjadinya kolonialisme dan imperialisme,
diantaranya :
Perluasan dalam Penggunaan Lahan
Keadaan Indonesia yang saat itu masih banyak hutan
belantara dibuka untuk dijadikan perkebunan dan pemukiman. Berkat pembukaan
hutan tersebut, wilayah Indonesia banyak ditanami tanaman ekspor yang bernilai
tinggi.
Mengenal Tanaman Baru
Komoditas tanaman yang ditanam di perkebunan Indonesia
tidak hanya tanaman asli Indonesia, banyak juga tanaman-tanaman baru yang
dibawa dan bernilai tinggi. Berkat hal itu, wawasan rakyat Indonesia mengalami
peningkatan dan bermanfaat dalam pengembangan perkebunan Indonesia.
Persebaran Penduduk dan Urbanisasi
Kebijakan politik etis juga membawa dampak dan perubahan bagi
masyarakat Indonesia. Banyak penduduk Jawa dikirim ke pulau-pulau lain seperti
Kalimantan dan Sumatera untuk dijadikan pekerja murah. Meskipun begitu,
persebaran penduduk di Indonesia menjadi lebih merata dan muncul daerah-daerah
baru yang menjadi pusat industri dan ekonomi.
Ditemukannya Tambang-tambang
Dalam pembukaan lahan pada masa penjajahan juga dilakukan
untuk pertambangan batu bara, minyak bumi dan hasil pertambangan lainnya.
Fasilitas Transportasi dan Komunikasi
Perubahan lain yang dirasakan masyarakat Indonesia adalah
semakin banyaknya fasilitas transportasi dan komunikasi. Pembangunan
jalan-jalan raya serta rel-rel kereta api menjadikan daerah-daerah yang jauh
lebih mudah dan cepat untuk dicapai.
Selain itu, jaringan komunikasi yang semakin modern
menjadikan komunikasi antar masyarakat menjadi lebih mudah, dengan begitu pergerakan
nasional rakyat Indonesia menjadi semakin gencar.
Akulturasi Budaya
Akulturasi budaya juga terjadi pada saat bangsa barat
datang ke Indonesia. Budaya barat yang masuk ke Indonesia ini kemudian
dipadukan dengan budaya asli Indonesia oleh masyarakat. Budaya barat yang masuk
ke Indonesia banyak berpengaruh pada arsitektur bangunan, pakaian, kesenian,
bahasa, teknologi, bahkan agama.
Perubahan Politik
Perubahan politik juga dirasakan oleh masyarakat pada masa
penjajahan bangsa barat. Sistem politik bangsa barat yang lebih modern membuat
bangsa Indonesia mengenal sistem pemerintahan. Sebelum mengenal politik barat,
Indonesia belum memiliki sistem pemerintahan seperti sekarang. Perubahan
politik juga membuat banyak organisasi pergerakan nasional berdiri.
Baiklah kids pemaparan materi kali ini cukup luaskan… dan masih banyak lagi periswtiwa heroik sekitar Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ok children, to close the material in our meeting today, Mr. will give an assignment or evaluation to find out how far you understand the material that we have discussed together.
1. Setiap anak mencari gambar contoh
materi diatas dan diberikan penjelasan sesuai pemahaman kalian berdasarkan
materi kita hari ini.
Sumber Referensi
https://serupa.id/kondisi-masyarakat-indonesia-pada-masa-penjajahan/
https://buku.kemdikbud.go.id/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(2017). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
16 komentar:
Assalamualaikum pak
Nama Bilal Pratama
Kls8f
Ket hadir
Terimakasih pak atas materinya 🙏
Assalamualaikum
Glessya Gendis Aurell 8F
hadir
Assalamualaikum
Bagini arya fadila 8f
Hadir
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Nabila Sapitri
Kelas: 8F
Absen: 18
-Terimakasih atas materinya hari ini...
2-3-2022
Assalamualaikum pak
Nama albhi zafaran
Kls8f
Ket hadir
Terimakasih pak atas materinya 🙏
Assalamu'alaikum
Nama : Sabina laiqa derina
Kls : 8F
Ket : Hadir
Terimakasih
Assalamualaikum Wr.Wb.
Saya Khalista Sheila Lathifah.
Dari kelas 8 F.
Hari/Tanggal: Rabu, 02 Maret 2022.
Keterangan: Hadir.
Terimakasih pak atas materinya🙏🏻.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Assalamualaikum Wr.Wb.
Saya Khalisa.Putri Mukhbita.
Dari kelas 8F.
Hari/Tanggal: Rabu, 02 Maret 2022.
Keterangan: Hadir.
Terimakasih pak untuk materinya 🙏🏻.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Assalamualaikum
Safira Azzahra
8F
Hadir
Terimakasih
Assalamu'alaikum
Zullia Ade Rono W
8F
Hadir
Terima kasih
Assalamu'alaikum
Muhammad Fatih Rizky Pratama
8F
Hadir
Terima kasih
Assalamualaikum
Nama : Muhammad Yusuf Isa
Kelas : 8F
Terimakasih
Assalamualaikum
Nama Marcello Radita Wijaya
Kelas 8F
Ket hadir
Assalamu'alaikum
Bagus abdurasyid 8f
Hadir
Assalamualaikum wr wb
Nama:Raytama Aldino Putra
Kelas:8F
Ket:hadir
Wassalamualaikum wr wb
Bunga Cantika Asmara
8F
Hadir
Posting Komentar