Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX/ Genap |
Hari/Tanggal : Senin Selasa (8-9 Feb 2021) Alokasi Waktu : 2 JP |
KD 3 : 3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. |
Materi |
Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat |
Tujuan Pembelajaran |
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Project based Learning (PJBL) yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok. |
Sumber Belajar |
Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: https://aprizal79.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan |
|
Kegiatan Pendahuluan Guru menanyakan tentang materi pembelajaran sebelumnya tentang pusat keunggulan ekonomi, dan selanjutnya guru bertanya tentang, misalnya: bagaimana pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap masyarakat? |
Model : Problem Based Learning |
Kegiatan Inti 1. Peserta didik diminta mengamati gambar pengaruh dari keberadaan pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan masyarakat 2. Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui telah tujuan pembelajaran, jika belum bisa tentunya dengan panduan guru, peserta didik diminta memperbaiki untuk dibacakan di depan kelas. 3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifi kasi sebanyak mungkin mengenai pengaruh pusat keunggulan ekonomi bagi masyarakat 4. Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 4 siswa. 5. Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. 1) Apa pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk? 2) Bagaimana pengaruh pusat keuggulan ekonomi PT Freeport terhadap pendidikan? 6. Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber mempresetasikan 7. menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui berkaitan dengan pengaruh hasilnya pusat keunggulan ekonomi bagi masyarakat. 8. Peserta didik mendiskusikan pengaruh pusat keunggulan ekonomi yang telah mereka 9. Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dan memberikan argumen tentang pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk, transportasi, pendidikan, lembaga sosial ekonomi, dan pekerjaan. 10. Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuska. |
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa 1 |
|
Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan mempresetasika hasilnya
|
|
Alat dan Bahan : Gambar/Vidio perdagang Internasional Power poin
|
|
Penutup
|
1. Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan. 2. Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas materi yang telah dipelajari hari ini. |
Potensi sumber daya alam indonesia merupakan suatu keunggulan ekonomi yang baik, Apabila keunggulan tersebut dimanfaatkan dapat memberikan peluang bagi kesejahteraan masyarakat. Berikut potensi keunggulan yang dimiliki oleh negara Indonesia.
Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi
Berikut Pusat keunggulan Ekonomi di Indonesia:
- Menyediakan lapangan kerja
- Penanaman investasi
- Pembelian barang dan jasa domestic
- Pembayaran pajak, dividen, dan royalti, dan lain-lain.
- Kilang minyak pangkalan brandan, sumatera utara
- Kilang dumei/sei pakning Riau yang terintegrasi dengan kilang pterokimia dengan produk PTA dan paraxylene
- Kilang cilacap di pulau Jawa. Satu-satunya kilang yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di tanah air.
- Kilang Balikpapan, Kalimantan timur yang terdiri dari dua unit dengan produk BBM dan Non BBM
- Kilang Kasim, di Desa Malabani, Kec. Seget, Kab. Sorong, Papua. Lokasi nya berada di sekitar kilang petro China. Dengan pertimbangan menghemat biaya transportasi, mengurangi biaya investasi, tersedia area yang luas, dan jauh dari pemukiman penduduk (tengah hutan)
- Kilang Balongan, Indramayu Jawa barat. Kilang ini memiliki nilai strategis karena menjaga kestabilan pasoka BBM ke DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.
- Kilang cepu, menjamin pertahanan dan pengadaan BBM di pulau Jawa.
- Batik tulis, dibuat dengan tangan memerlukan waktu 2-3 bulan
- Batik cap, dibentuk dengan cap butuh waktu 2-3 hari penyelesaiannya
- Batik lukis, dengan melukis kain putih dengan serat kain alami.
Pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi
- Migrasi penduduk. Mobilitas penduduk ada yang sifatnya sementara (komutasi dan sirkulasi) dan permanen (migrasi). Migrasi dibedakan menjadi migrasi internal (dalam satu Negara seperti urbanisasi dan transmigrasi) dan migrasi internasional (berbeda Negara).
- Peningkatan sarana transportasi darat, laut dan udara
- Bermunculan lembaga social ekonomi. Lembaga social adalah himpunan norma dalam masyarakat. Lembaga ekonomi adalah bagian dari lembaga social yang mengatur pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
- Meningkatnya kualitas pendidikan. Munculnya pusat-pusat keunggulan menyebabkan perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan kualifikasi tertentu sehingga berpotensi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.
- Terbukanya lapangan pekerjaan dan kesempatan kerja bagi masyarakat.
61 komentar:
sangat membantu thx
Terimakasih, cukup membantu.
Terbukanya lapangan pekerjaan dan kesampatan kerja bagi masyarakat
MAKASI YA!
SUBSCRIBE YOUTUBE CHNNAEL RUMAH ZAM-ZAM YA!
Makasih ya
Terimakasih materi penjelasan tsb pak
Affan fazle mawla 9G
makasih kak,, ini sangatlah membantu pekerjaan saya🐾💕
Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G
terimakasih pak
natasya fanesia 9g
Terima kasih pak
Dewinta Fortuna Augustin 9f
Terimakasih pak
Dimas Adjie wicaksono 9f
Terima kasih pak
Rizky adrian saputra 9G
Trimakasih pak atas materinya hari ini
Aditya zikri 9G
terimakasih pak
zaskia ramadhina 9g
Terimakasih pak
Luthfia 9F
Terima kasih pak
Satria belladi 9G
Terimakasih pak
Gama thorfa riyadi 9f
terimakasih pak
raya aurelli 9g
Terimakasih pak
M.aqdam setiawan 9f
TwrTerimakapak atas materinya bagas fadhil haryanto 9F
Trimakasih pak
Nurliza dasyu 9G
Trimakasih pak
Nurliza dasyu 9G
Muhammad rafha pratama 9G
Terimakasih bapak
Terima kasih pak
Aina niken r 9E
terimakasih pak
farida febrian f 9E
Terima kasih pak
Klara Rahma 9e
Terimakasih pak
-Annisa Lutfiah cessaria 9E
Terima kasih Pak
Melda Rizta 9E
Terimakasih pak
Salsabila 9e
Terima kasih pak
Gayoh asa mahaviro 9E
Terimakasih pak
Wiarya Winata 9e
Trimakasih pak
M.Rafi fazli 9E
Terima kasih pak
Banyu laksana bimantara 9E
Terimakasih pak
Balqis zahra fairus 9e
Terimakasih pak
Amanda triadhana 9e
Terima kasih pak
M.Faqih rahman 9E
Terimakasih pak
Aina niken r 9E
Terima kasih pak
Lingga diva s 9E
Terima kasih pak
Athallah Rafif A 9e
Terimakasih pak
Nur Arafah siano 9e
Terimakasih pak
Risky 9e
Terimakasih materi penjelasan tsb pak
Affan fazle mawla 9G
M. Akbar Maulana Prakoso 9g
Terima kasih pak wendy ramadhan 9G
Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G
Trimakasih pak
Nurliza dasyu 9G
Terima kasih pak
Rizky adrian saputra 9G
terimakasih pak
natasya fanesia 9g
Terima kasih pak
Muhammad Rafif fahrawi 9f
trimakasih pak
zaskia ramadhina 9g
Terimakasih pak
Luthfia 9F
Terimakasih pak
Gama thorfa riyadi 9f
Terima kasih pak
Satria belladi 9G
Terimaksih atas komentnya, semoga kedepannya bisa saling berbagi informasi dan ilmu demi generasi pemimpin masa depan. aamiin.
Terimaksih Pak Nasrullah, semoga kedapannya kita bisa saling berbagi ilmu dan wawasan demi terciptanya generasi pemimpin yang ber IMTAK. aamiin.
betulll, setuju.
sama sama.
terimaksih
terimaskaih telah mengunjungi blog saya.
insya allah saya sudah subscribe chanel rumah zam zam.
Alhamdulillah saya like subscribe ke 24.
senang bisa saling berbagi informasi dan ilmu. semangatt.
Posting Komentar