Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Selasa, 23 Februari 2021

D. Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat

Mata Pelajaran  : IPS      

Kelas/Semester   : IX/ Genap         

Hari/Tanggal      : Senin Selasa  (8-9 Feb 2021)

Alokasi Waktu    : 2 JP

 

KD 3       :              

3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari

konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

 

Materi

Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Project based Learning (PJBL) yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.                    

Sumber Belajar

Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: https://aprizal79.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

 

 

Aperpepsi

Kegiatan Pendahuluan

Guru menanyakan tentang materi pembelajaran sebelumnya tentang pusat keunggulan ekonomi, dan selanjutnya guru bertanya tentang, misalnya: bagaimana pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap masyarakat?

 
 

Model  : Problem

Based Learning

Kegiatan Inti

1.       Peserta didik diminta mengamati gambar pengaruh dari keberadaan pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan masyarakat

2.       Peserta didik diajak untuk menyeleksi  apakah  hal-hal  yang ingin  diketahui  telah tujuan pembelajaran,  jika  belum  bisa  tentunya  dengan  panduan  guru,  peserta  didik  diminta               memperbaiki untuk dibacakan di depan kelas.

3.       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifi kasi  sebanyak mungkin mengenai pengaruh pusat keunggulan ekonomi bagi masyarakat

4.       Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 4 siswa.

5.       Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan.

1)       Apa pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk?

2)       Bagaimana pengaruh pusat keuggulan ekonomi PT Freeport terhadap pendidikan?

6.       Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber mempresetasikan

7.       menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui berkaitan dengan pengaruh hasilnya pusat keunggulan ekonomi bagi masyarakat.

8.       Peserta didik mendiskusikan pengaruh pusat keunggulan ekonomi yang telah mereka

9.       Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dan memberikan argumen tentang pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk, transportasi, pendidikan, lembaga sosial ekonomi, dan pekerjaan.                                                                    

10.     Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuska.                               

Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa 1

Diskripsi : siswa

bekerja bersama

kelompok dan mempresetasika hasilnya

 

Alat dan Bahan  :

Gambar/Vidio

perdagang

Internasional

Power poin

 

Penutup

               

1.       Kelompok  lain  diminta  memberi   tanggapan  atas  hasil  simpulan  kelompok  yang dipresentasikan.

2.       Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas materi yang telah dipelajari hari ini.                                                  

 
 
 
Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat

Potensi sumber daya alam indonesia merupakan suatu keunggulan  ekonomi yang baik,  Apabila keunggulan tersebut dimanfaatkan dapat memberikan peluang bagi kesejahteraan masyarakat. Berikut  potensi keunggulan yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi
Pusat-pusat keunggulan ekonomi Indonesia ada yang dikelola sendiri ada juga yang melibatkan investor asing. Adapun pusat-pusat keunggulan ekonomi Indonesia adalah PT Freeport Indonesia, Perusahaan Tambang Minyak Negara, dan Batik   Indonesia.


Berikut Pusat keunggulan Ekonomi di Indonesia:
A. PT  Freeport Indonesia
Perusahaan ini berada di popinsi Papua. Perusahaan ini mengembangkan, memproses dan mengeksplor bijih yang mengandung tembaga, emas dan perak. Kontribusi perusahaan ini bagi negara adalah:
  1. Menyediakan lapangan kerja 
  2. Penanaman investasi
  3. Pembelian barang dan jasa domestic
  4. Pembayaran pajak, dividen, dan royalti, dan lain-lain.
B. Perusahaan Tambang Minyak Negara (PTMN)
Kilang minyak (oil refinery) adalah pabrik fasilitas industry yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum atau produk bahan baku petrokimia. Seperti bensin (gasoline), minyak diesel, dan minyak tanah (kerosene). Beberapa kilang minyak Indonesia milik pertamina adalah
  1. Kilang minyak pangkalan brandan, sumatera utara
  2. Kilang dumei/sei pakning Riau yang terintegrasi dengan kilang pterokimia dengan produk PTA  dan paraxylene
  3. Kilang cilacap di pulau Jawa. Satu-satunya kilang yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di tanah air.
  4. Kilang Balikpapan, Kalimantan timur yang terdiri dari dua unit dengan produk BBM dan Non BBM
  5. Kilang Kasim, di Desa Malabani, Kec. Seget, Kab. Sorong, Papua. Lokasi nya berada di sekitar kilang petro China. Dengan pertimbangan menghemat biaya transportasi, mengurangi biaya investasi, tersedia area yang luas, dan jauh dari pemukiman penduduk (tengah hutan)
  6. Kilang Balongan, Indramayu Jawa barat. Kilang ini memiliki nilai strategis karena menjaga kestabilan pasoka BBM ke DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. 
  7. Kilang cepu, menjamin pertahanan dan pengadaan BBM di pulau Jawa. 
C. Batik Indonesia
Batik merupakan salah satu ekonomi kreatif yang bernilai tinggi dan bagian dari budaya Indonesia. UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya sejak 2 Oktober 2009. Dilihat dari tekniknya, batik dibagi menjadi:
  1. Batik tulis, dibuat dengan tangan memerlukan waktu 2-3 bulan
  2. Batik cap, dibentuk dengan cap butuh waktu 2-3 hari penyelesaiannya
  3. Batik lukis, dengan melukis kain putih dengan serat kain alami. 

Pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi
Ada beberapa dampak yang akan dirasakan bangsa Indonesia ketika pusat keunggulan ekonomi Indonesia tumbuh dan berkembang. Pengaruh ini akan berdampak pada mobilitas penduduk, perkembangan transportasi, sosial ekonomi, kualitas pendidikan, dan lapangan kerja.
  • Migrasi penduduk. Mobilitas penduduk ada yang sifatnya sementara (komutasi dan sirkulasi) dan permanen (migrasi). Migrasi dibedakan menjadi migrasi internal (dalam satu Negara seperti urbanisasi dan transmigrasi) dan migrasi internasional (berbeda Negara). 
  • Peningkatan sarana transportasi darat, laut dan udara
  • Bermunculan lembaga social ekonomi. Lembaga social adalah himpunan norma dalam masyarakat. Lembaga ekonomi adalah bagian dari lembaga social yang mengatur pemenuhan kebutuhan hidup manusia. 
  • Meningkatnya kualitas pendidikan. Munculnya pusat-pusat keunggulan menyebabkan perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan kualifikasi tertentu sehingga berpotensi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.
  • Terbukanya lapangan pekerjaan dan kesempatan kerja bagi masyarakat.

61 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat membantu thx

Nasrullah, M.Pd mengatakan...

Terimakasih, cukup membantu.

Unknown mengatakan...

Terbukanya lapangan pekerjaan dan kesampatan kerja bagi masyarakat

Rumah ZAM-ZAM mengatakan...

MAKASI YA!

Rumah ZAM-ZAM mengatakan...

SUBSCRIBE YOUTUBE CHNNAEL RUMAH ZAM-ZAM YA!

Unknown mengatakan...

Makasih ya

AFFAN R mengatakan...

Terimakasih materi penjelasan tsb pak
Affan fazle mawla 9G

Unknown mengatakan...

makasih kak,, ini sangatlah membantu pekerjaan saya🐾💕

Suci Ramadhani mengatakan...

Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G

natasya fanesia mengatakan...

terimakasih pak
natasya fanesia 9g

dewinta828 mengatakan...

Terima kasih pak
Dewinta Fortuna Augustin 9f

Dimas mengatakan...

Terimakasih pak
Dimas Adjie wicaksono 9f

Rizkyadriansaputra mengatakan...

Terima kasih pak
Rizky adrian saputra 9G

Aditya zikri mengatakan...

Trimakasih pak atas materinya hari ini
Aditya zikri 9G

zaskiaramadhina mengatakan...

terimakasih pak
zaskia ramadhina 9g

Luthfia salsabila sungkar mengatakan...

Terimakasih pak
Luthfia 9F

Satria belladi mengatakan...

Terima kasih pak
Satria belladi 9G

Gama thorfa riyadi mengatakan...

Terimakasih pak
Gama thorfa riyadi 9f

Raya aurelli mengatakan...

terimakasih pak
raya aurelli 9g

M.Aqdam Setiawan mengatakan...

Terimakasih pak
M.aqdam setiawan 9f

Bagas fadhil haryanto mengatakan...

TwrTerimakapak atas materinya bagas fadhil haryanto 9F

Nurliza dasyu mengatakan...

Trimakasih pak
Nurliza dasyu 9G

Nurliza dasyu mengatakan...

Trimakasih pak
Nurliza dasyu 9G

M.rafha.pratama mengatakan...

Muhammad rafha pratama 9G

Terimakasih bapak

Ainaa mengatakan...

Terima kasih pak
Aina niken r 9E

farida febrian fazanisa mengatakan...

terimakasih pak
farida febrian f 9E

Klararahma mengatakan...

Terima kasih pak
Klara Rahma 9e

Cessaria mengatakan...

Terimakasih pak
-Annisa Lutfiah cessaria 9E

meldariztaviola mengatakan...

Terima kasih Pak
Melda Rizta 9E

Salsabila mengatakan...

Terimakasih pak
Salsabila 9e

Gayoh asa mahaviro mengatakan...

Terima kasih pak
Gayoh asa mahaviro 9E

Wiarya winata mengatakan...

Terimakasih pak
Wiarya Winata 9e

M.Rafi mengatakan...

Trimakasih pak
M.Rafi fazli 9E

BANYU LAKSANA B mengatakan...

Terima kasih pak
Banyu laksana bimantara 9E

Balqis zahra fairus mengatakan...

Terimakasih pak
Balqis zahra fairus 9e

Amanda triadhana mengatakan...

Terimakasih pak
Amanda triadhana 9e

Anonim mengatakan...

Terima kasih pak
M.Faqih rahman 9E

Ainaa mengatakan...

Terimakasih pak
Aina niken r 9E

Lingga diva s mengatakan...

Terima kasih pak
Lingga diva s 9E

Athallah Rafif A mengatakan...

Terima kasih pak
Athallah Rafif A 9e

Rara mengatakan...

Terimakasih pak
Nur Arafah siano 9e

Risky mengatakan...

Terimakasih pak
Risky 9e

AFFAN R mengatakan...

Terimakasih materi penjelasan tsb pak
Affan fazle mawla 9G

M. Akbar Maulana prakoso mengatakan...

M. Akbar Maulana Prakoso 9g

Wendy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Wendy mengatakan...

Terima kasih pak wendy ramadhan 9G

Suci Ramadhani mengatakan...

Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G

Nurliza dasyu mengatakan...

Trimakasih pak
Nurliza dasyu 9G

Rizkyadriansaputra mengatakan...

Terima kasih pak
Rizky adrian saputra 9G

natasya fanesia mengatakan...

terimakasih pak
natasya fanesia 9g

Rafif26 mengatakan...

Terima kasih pak
Muhammad Rafif fahrawi 9f

zaskiaramadhina mengatakan...

trimakasih pak
zaskia ramadhina 9g

Luthfia salsabila sungkar mengatakan...

Terimakasih pak
Luthfia 9F

Gama thorfa riyadi mengatakan...

Terimakasih pak
Gama thorfa riyadi 9f

Satria belladi mengatakan...

Terima kasih pak
Satria belladi 9G

Patih Ijal mengatakan...

Terimaksih atas komentnya, semoga kedepannya bisa saling berbagi informasi dan ilmu demi generasi pemimpin masa depan. aamiin.

Patih Ijal mengatakan...

Terimaksih Pak Nasrullah, semoga kedapannya kita bisa saling berbagi ilmu dan wawasan demi terciptanya generasi pemimpin yang ber IMTAK. aamiin.

Patih Ijal mengatakan...

betulll, setuju.

Patih Ijal mengatakan...

sama sama.

Patih Ijal mengatakan...

terimaksih

Patih Ijal mengatakan...

terimaskaih telah mengunjungi blog saya.
insya allah saya sudah subscribe chanel rumah zam zam.
Alhamdulillah saya like subscribe ke 24.
senang bisa saling berbagi informasi dan ilmu. semangatt.