SENIN, 31 Januari 2022
Kelas VIII D
JP. 1 daring
Penilaian (evaluasi)
Assalamu'alaikum
Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi
robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal
mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi
aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Selamat
pagi anak-anakku kelas VIII yang cerdas
Bagaimana
kabarnya hari ini? sehat semua yaa.. alhamdulillah..
In
syaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta
sholat dhuha yaa....! sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa
mulai...
aamiin
Semoga
kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah
Swt. aamiin
Alhamdulillah
hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Sebelum
kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.
Anak-anakku,
pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari
Materi
awal di semester Genap bagi kelas VIII
Baiklah
silakan baca dan kerjakan soal penilaian pengetahuan berikut
berikut ini. ... .
Keunggulan dan Keterbatasan
Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu
Perekonomian.
KD
3.2 Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam
permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya
terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan
budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Memahami Permintaan dan Penawaran dengan penggunaan
teknologi untuk pelaku ekonomi.
A. teknologi
B. tanah
C. mineral
D. laut
2. Wilayah
yang memiliki keunggulan atas produk tertentu menimbulkan ....
A. kelangkaan
B. penawaran
C. permintaan
D. penghematan
3. Orang atau
lembaga yang melaksanakan aktivitas ekonomi disebut ....
A. motif ekonomi
B. prinsip ekonomi
C. pelaku ekonomi
D. tindakan ekonomi
4. Dalam suatu
perekonomian terdapat empat (4) pelaku ekonomi yaitu ....
A. Rumah
Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), Pemerintah, dan Distributor
B. Perusahaan
Terbatas (PT), Commanditaire Vennoostchap (CV), Firma (Fa), dan Perusahaan Perseorangan
C. Badan Usaha
Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Swasta
(BUMS), dan Koperasi
D. Rumah
Tangga Keluarga (RTK), Rumah Tangga Perusahaan (RTP), Rumah Tangga Negara
(RTN), dan Masyarakat Luar Negeri (MLN)
5. Pemilik
faktor produksi alam akan memperolah balas jasa berupa ....
A. interest
B. wage
C. rent
D. profit
6. Perhatikan diagram arus lingkar interaksi pelaku ekonomi dua sektor berikut!
Penawaran terhadap barang/jasa berlangsung pada nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7. Peran
masyarakat luar negeri dalam perekonomian adalah ....
A. memberikan subsidi pupuk
kepada petani
B. memungut pajak kepada konsumen dan produsen
C. melakukan aktivitas ekspor dan impor
D. membangun sarana dan prasarana penunjang perekonomian
8. Aktivitas
pada gambar berikut merupakan bentuk ....
A. pasar input
B. pasar output
C. pasar uang
D. pasar komoditas
9. Perdagangan
yang dilakukan oleh penduduk suatu daerah dengan penduduk suatu daerah lain
dalam satu batas negara atas dasar kesepakatan bersama disebut ....
A. perdagangan antarpulau
B. perdagangan antarnegara
C. perdagangan umum
D. perdagangan khusus
10. Berikut
yang bukan merupakan tujuan perdagangan antarpulau adalah ....
A. memperoleh keuntungan
B. memperluas jangkauan pasar
C. menguasai pasar di daerah lain
D. menjalin hubungan kerjasama
11. Jumlah
konsumen yang mengonsumsi barang semakin banyak dan tersebar di berbagai daerah
merupakan salah satu tujuan perdagangan antardaerah yaitu ....
A. menjalin hubungan
kerjasama
B. memperluas jangkauan pasar
C. menguasai pasar di daerah lain
D. memperoleh keuntungan
12. Daerah
yang menghasilkan satu jenis barang tertentu lebih besar daripada yang
dihasilkan daerah lainnya sehingga menimbulkan banyak permintaan merupakan
salah satu pendorong terjadinya perdagangan antardaerah yaitu ....
A. perbedaan kondisi alam
antardaerah
B. perbedaan tingkat harga antardaerah
C. perbedaan sosial budaya antardaerah
D. perbedaan faktor produksi yang dimiliki
13. Berikut
ini adalah faktor yang mendorong perdagangan antardaerah, kecuali ....
A. perbedaan sejarah
antardaerah
B. perbedaan faktor produksi yang dimiliki
C. perbedaan tingkat harga antardaerah
D. perbedaan budaya antardaerah
14. Manfaat
yang dirasakan bagi konsumen dengan adanya perdagangan antardaerah adalah ....
A. meningkatkan
produktivitas
B. meningkatkan keuntungan
C. berpeluang membuka unit usaha baru
D. mendapatkan alternatif alat pemuas kebutuhan
15. Aktivitas
perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat suatu negara dengan masyarakat
negara lain atas dasar kesepakatan bersama disebut....
A. perdagangan lokal
B. perdagangan regional
C. perdagangan internasional
D. perdagangan umum
16. Berikut
adalah ruang lingkup perdagangan internasional, kecuali....
A. perpindahan komoditas
B. perpindahan tenaga kerja
C. perpindahan modal
D. perpindahan bantuan
17. Salah satu
ruang lingkup perdagangan internasional adalah ....
A. perpindahan data
B. perpindahan kepercayaan
C. perpindahan komoditas
D. perpindahan bantuan
18. Perhatikan
contoh kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor berikut ini!
1. festival olah raga
2. pelatihan inovasi produk
3. pameran perdagangan
4. pentas seni
5. perjanjian dagang
Yang termasuk ke dalam kebijakan meningkatkan promosi adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 3, 4, dan 5
19. Kebijakan
pemerintah untuk mendorong ekspor agar produk memiliki daya saing adalah ....
A. memberi kemudahan kepada
produsen barang ekspor
B. menjaga kestabilan nilai tukar rupiah
C. membuat perjanjian dagang internasional
D. meningkatkan promosi
20. Berikut
ini yang bukan merupakan faktor pendorong kegiatan ekspor adalah ....
A. keadaan pasar luar
negeri yang menguntungkan
B. kepekaan eksportir menangkap peluang pasar
C. kondisi ekonomi, sosial, dan politik suatu negara yang stabil
D. kekuatan importir dalam sebuah persaingan pasar
Referensi
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
MGMP ips bandarlampung
https://shmadyweb.blogspot.com/2019/02/penilaian-bab-keunggulan-keterbatasan.html
16 komentar:
Assalamualaikum
nama:asyia mutiara b
kelas:8D
Hadir
Terimakasih, wassalamualaikum wr.wb
assalamualaikum wr.wb
Nama : ABDURACHMAN
KELAS: 8d
Terimakasih
Assalamualaikum
Nama:m.el ramzi ramadan
Kelas:8D
Ket:hadir
Terimakasih
Assalamualaikum
Nama : Hafiza Fakhira Nayyara
Kelas : 8D
Ket : Hadir
Wassalamualaikum
Assalamualaikum
Nama : Fadli Al Farizi
Kelas : 8d |Absen : 9
Ket :#hadir
Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Assalamualaikum
Nama:putri aulia
kelas:8d
hadir
Terimakasih
assalamualaikum
nama : regitha elsyana putri
kelas : 8d
ket : hadir
trima kasih
assalamualaikum
nama : M.Rafi Islami Indrawan
kelas : 8d
ket : hadir
trima kasih
Assalamualaikum
Nama : Fachri Ramadhan
Kelas : 8D
Ket : Hadir
Wassalamualaikum
Assalamualaikum
Nama : Syntia Wulandari
Kelas : 8D
Ket : Hadir
Wassalamualaikum
Assalamualaikum
Nama Afien Muhammad Abdallah
Kelas 8D
Ket hadir
Wassalamu'alaikum
Assalamualaikum
Nama:Alif Fairuz Ramadhan
Kelas:8D
Ket:Hadir
Terimakasih
Wassalamualaikum
assalamualaikum
nama: Olivia Almufenza
kelas: 8D
ket: hadir
terimakasih 🙏
Assalamualaikum
Nama:Naira Rifaya Isal
Kelas:8D
Ket:Hadir
Terimakasih
assalamu'alaikum
nama : aprilia windra bekti
kelas : 8d | absen : 04
keterangan : hadir
terimakasih, wassalamu'alaikum
Assalamualaikum
Nama:M arsya bintang p
Kelas:8d
Ket:Hadir
Wassalamualaikum
Posting Komentar