Kamis, 24 Maret 2022
KELAS IXG
JP 4-5
ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
ALHAMDULILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN, WASSHOLAATU WASSALAAMU ‘ALAA ASYROOFIL ANBIYAA-I WAL MURSALIIN, NABIYYINAA WAHABIIBINAA MUHAMMADIN, WA’ALA ALIHI WASHAHBIHI AJ’MA’IIN, WA MAN TABI’AHUM BIIHSANIN ILAA YAUMIDDIN, AMMA BA’DU.
SELAMAT PAGI ANAK-ANAKKU YANG CERDAS
BAGAIMANA KABARNYA HARI INI? SEHAT SEMUA YAA.. ALHAMDULILLAH..
IN SYAA ALLAH KALIAN SUDAH SHOLAT SUBUH SEMUA YAA, JANGAN LUPA TADARUS SERTA SHOLAT DHUHA YAA....! SEBELUM BELAJAR BAIKNYA KITA BERDOA SEJENAK.. BERDOA MULAI...
AAMIIN
SEMOGA KITA SEMUA DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DAN SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT. AAMIIN
ALHAMDULILLAH HARI INI, KITA BISA BERTEMU KEMBALI DALAM PELAJARAN IPS.
SEBELUM KITA MULAI, MARILAH KITA MEMBACA DOA TERLEBIH DAHULU.
ANAK-ANAKKU, PADA PERTEMUAN KALI INI, KITA AKAN MEMPELAJARI
MATERI DI SEMESTER GENAP .
BAIKLAH SILAKAN BACA KISI KISI US BERIKUT BERIKUT INI. ... .
Bahan
Kelas
IPK
Konten/Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
7
Menjelaskan letak indonesia secara astronomis
Letak indonesia secara astronomis
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu
menganalisis dampak letak astronomis Indonesia
7
Menjelaskan
kondisi saling bergantung
yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang
Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan kondisi
saling bergantung dalam interaksi antarruang
7
Menjelaskan pengertian dan syarat-syarat
interaksi sosial
Interaksi
sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi).
Pengetahan dan
Pemahaman
Memahami
Melalui tabel siswa mampu memahami proses
berlangsungnya suatu interaksi sosial
7
Menjelaskan bentuk interaksi sosial yang disosiatif dan disosiatif
Bentuk interaksi sosial
asosiatif dan disosiatif
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu
mendiskripsikan bentuk interaksi sosial asosiatif dan
disosiatif
7
Menjelaskan kaitan antara permintaan dan penawaran
Memahami
Permintaan dan penawaran
Aplikasi
Menunjukkan
Siswa
mampu menunjukkan jumlah permintaan dan penawaran
7
Menjelaskan kaitan antara permintaan dan penawaran
Memahami
Permintaan dan penawaran
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu mendiskripsikan
tentang penawaran
7
Menunjukkan unsur-unsur atau komponen peta;
Pemahaman
lokasi melalui peta
Aplikasi
Menunjukkan
Siswa dapat menunjukkan perbandingan jarak dipeta dengan jarak sebenarnya di
lapangan
7
Memahami kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia
Kesultanan
islam yang ada di Indonesia
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui
peta siswa mampu mengidentifikasi kesultanan islam
yang ada di Indonesia
8
Memahami letak negara-negara ASEAN
Kondisi geografis Negara-negara ASEAN
(letak)
Aplikasi
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan letak Negara-negara ASEAN berdasarkan letak astronomis
8
Memahami letak negara-negara ASEAN
Kondisi geografis Negara-negara ASEAN
(letak)
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui peta siswa dapat
mengidentifikasi letak negara-negara ASEAN (ciri-ciri
dan letak di peta asean)
8
Interaksi
Negara-negara ASEAN
Bentuk-bentuk
kerja sama Negara-negara ASEAN
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
bentuk kerjasama negara-negara ASEAN (kerjasam bid.
Sosbud)
8
Menjelaskan konsep kualitas sumber
daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan)
Konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan,
kesejahteraan)
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis tentang negara
Brunei Daraussalam dalam perekonomian (teknologi yg
dipakai brunei dalam mencukupi pangan)
8
Memahami mobolitas sosial
Mobilitas Sosial
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan mobilitas sosial (faktor
mobilitas tinggi dan rendah)
8
Memahami konsep pluralitas
Perbedaan budaya
Aplikasi
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan hasil-hasil
budaya manusia (hasil budaya manusia, ahli sosiolog
kelas 8)
8
Memahami Integrasi Sosial
Proses
Integrasi
Aplikasi
Mendiskripsikan
Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan bentuk integrasi social
(gambar tentang
faktor integrasi)
8
Menjelaskan
pelaku ekonomi
Peran rumah tangga keluarga
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui gambar Siswa mampu mengidentifikasi
peran rumah tangga keluarga dalam perekonomian (gbr
produksi atau konsumen)
8
Memaparkan perdagangan antarnegara
Ruang lingkup perdagangan antarnegara/
internasional
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui tabel siswa mampu mendiskripsikan ruang
lingkup perdagangan antarnegara/
Internasional (ruang
lingkup perdag internasiona)
8
Menjelaskan berbagai upaya pennguatan agrikultur di Indonesia
Potensi agrikultur di Indonesia
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui table siswa mampu mengidentifikasi potensi
agrikultur di Indonesia (tanaman unggul dan andalan)
8
Mendeskripsikan proses kedatangan
bangsa-bangsa barat
Kedatangan
bangsa-bangsa barat
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan latar belakang
kedatangan bangsa barat ke Indonesia
8
Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
Kondisi
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
pengaruh sistem tanam paksa pada masa pemerintahan Belanda
(strategi pada STP)
8
Mendeskripsikan tokoh Perlawanan terhadap
Pemerintah Hindia
Belanda
Perlawanan
terhadap Pemerintah Hindia Belanda
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui gambar siswa mampu mengidentifikasi
nama tokoh pahlawan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda (pahlawan wanita)
9
Menjelaskan letak Benua Asia dan
Benua lainnya
Letak Benua Asia dan Benua lainnya
Pengetahan dan
Pemahaman
Menunjukkan
Melalui peta siswa mampu menunjukkan
letak benua-benua di dunia (peta buta benua)
9
Menjelaskan letak Benua Asia dan
Benua lainnya
Letak Benua Asia
Pengetahan dan
Pemahaman
Menunjukkan
Melalui peta siswa mampu menunjukkan
letak Negara di benua Asia (peta negara asia timur)
9
Menjelaskan kondisi alam Negara-negara di dunia
Bentuk
muka bumi Benua Asia dan Benua Afrika
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui ilustrasi siswa mampu
mengidentifikasi bentuk muka bumi di Mesir (bentuk
darat mesir)
9
Menjelaskan potensi sumber daya
alam benua Amerika
Potensi
sumber daya alam di benua Amerika
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui
ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan potensi sumber daya alam di benua
Amerika (amerka)
9
Menjelaskan kondisi geografis Benua
Asia dan Benua lainnya
(iklim)
Kondisi geografis Benua Asia dan
Benua lainnya (iklim)
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui ilustrasi siswa mampu
mengidentifikasi iklim di Jepang (musim semi)
9
Memahami Sumber Daya Manusia di Benua
Asia dan Benua Lainnya
(pertumbuhan penduduk)
Sumber Daya Manusia
(Pertumbuhan penduduk)
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis kondisi jumlah
penduduk di Australia (faktr penyebab pend. Ausi
berkurang)
9
Memahami perubahan sosial budaya
sebagai dampak dari globalisasi
Perubahan
sosial budaya
Aplikasi
Menganalisis
Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis
pengaruh interaksi antarnegara dalam
perubahan sosial budaya (bidang perubahan sosbud)
9
Memahami perubahan sosial budaya
sebagai dampak dari globalisasi
Bentuk perubahan sosial budaya
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
bentuk perubahan sosial budaya (proses pengaruh budaya lain, bencana alam )
9
Memahami faktor pendorong dan penghambat perubahan
sosial
faktor pendorong dan penghambat perubahan
sosial
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui pernyataan siswa mampu
mendiskripsikan faktor pendorong dan penghambat
perubahan sosial ()
9
Menganalisis konsep globalisasi
Konsep globalisasi
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Siswa mampu mengidentifikasi tentang
globalisasi (apa proses globalisasi)
9
Menganalisis konsep globalisasi
Bentuk globalisasi
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan waktu perjalanan
dengan kecepatan alat transportasi (menghitung waktu
kecepatan kereta dijepang)
9
Memahami dan menjelaskan upaya menghadapi globalisasi untuk
memperkokoh kehidupan kebangsaa
Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan
kebangsaan
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis upaya menghadapi globalisasi
9
Menganalisis dampak globalisasi
Dampak
negatif globalisasi
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis dampak negatif
globalisasi
9
Menganalisis pengaruh globalisasi bidang ekonomi
globalisasi
bidang ekonomi
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi
IPTEK (manfaatnya)
9
Memahami tentang
perdagangan internasional
Pengertian perdagangan
internasional
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan tentang
perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasioanal (tabel perbedaan)
9
Menjelaskan strategi pengembangan
ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat.
Mengembangkan ekonomi kreatif
berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Aplikasi
Menganalisis
Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis strategi pemerintah dalam mengembangan ekonomi kreatif
9
Menjelaskan strategi pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan
Pengembangan
pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk
kesejahteraan masyarakat
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Siswa mampu mengidentifikasi
pusat keunggulan ekonomi di Indonesia
9
Memahami berbagai konsep Pasar Bebas
Konsep pasar bebas
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis tantangan dalam
menghadapi perdagangan bebas bagi Indonesia
9
Memahami berbagai konsep Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA,
APEC, Uni Eropa,WTO).
Pasar
Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO).
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis tentang
WTO
9
Memahami berbagai konsep Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA,
APEC, WTO, Uni Eropa).
Pasar
Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, WTO,
Uni Eropa).
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Siswa mampu mengidentifikasi salah satu
organisasi pasar bebas (di asia tenggara sebagai
basis yakni AFTA)
9
Menjelaskan masa persiapan kemerdekaan Indonesia
Persiapan
kemerdekaan Indonesia
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan sidang BPUPKI
pertama (rumusan pd sidang 1/dasar negara)
9
Menjelaskan masa persiapan kemerdekaan Indonesia
Persiapan
kemerdekaan Indonesia
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu diskripsikan peristiwa sambutan
rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan
(NICA)
9
Menjelaskan perjuangan mempertahankan kemerdekaan
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
upaya diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan (penghentian perang/musuha
indo-belanda 1948)
9
Menjelaskan Perkembangan
Ekonomi Indonesia pada Masa kemerdekaan
Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa
kemerdekaan
.
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan keadaan
ekonomi pada masa kemerdekaan (invasi)
9
Menjelaskan Perkembangan Politik Masa Demokrasi
Parlementer (1950-1959)
Perkembangan
Politik Masa
Demokrasi Parlementer (1950-
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis perkembangan politik
pada masa demokrasi parlementer (kabinet khusus)
9
Menjelaskan perkembangan politik pada masa Demokrasi terpimpin
(1959-1965)
Perkembangan
politik pada masa Demokrasi terpimpin (1959-1965)
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan perkembangan
ekonomi pada masa demokrasi terpimpin (dwikora)
9
Menjelaskan perkembangan ekonomi masyarakat
Indonesia masa Orde Baru.
Perkembangan
ekonomi masyarakat Indonesia masa Orde Baru.
Aplikasi
Menganalisis
Siswa
mampu menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa orde
baru
(stategi
jangka pendek)
9
Menjelaskan masa Reformasi
Kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa
reformasi
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis
agenda reformasi bidang pendidikan yang dilakukan pemerintah Indonesia (
KELAS IXG
JP 4-5
ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
ALHAMDULILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN, WASSHOLAATU WASSALAAMU ‘ALAA ASYROOFIL ANBIYAA-I WAL MURSALIIN, NABIYYINAA WAHABIIBINAA MUHAMMADIN, WA’ALA ALIHI WASHAHBIHI AJ’MA’IIN, WA MAN TABI’AHUM BIIHSANIN ILAA YAUMIDDIN, AMMA BA’DU.
SELAMAT PAGI ANAK-ANAKKU YANG CERDAS
BAGAIMANA KABARNYA HARI INI? SEHAT SEMUA YAA.. ALHAMDULILLAH..
IN SYAA ALLAH KALIAN SUDAH SHOLAT SUBUH SEMUA YAA, JANGAN LUPA TADARUS SERTA SHOLAT DHUHA YAA....! SEBELUM BELAJAR BAIKNYA KITA BERDOA SEJENAK.. BERDOA MULAI...
AAMIIN
SEMOGA KITA SEMUA DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DAN SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT. AAMIIN
ALHAMDULILLAH HARI INI, KITA BISA BERTEMU KEMBALI DALAM PELAJARAN IPS.
SEBELUM KITA MULAI, MARILAH KITA MEMBACA DOA TERLEBIH DAHULU.
ANAK-ANAKKU, PADA PERTEMUAN KALI INI, KITA AKAN MEMPELAJARI
MATERI DI SEMESTER GENAP .
BAIKLAH SILAKAN BACA KISI KISI US BERIKUT BERIKUT INI. ... .
Bahan
Kelas |
IPK |
Konten/Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
7 |
Menjelaskan letak indonesia secara astronomis |
Letak indonesia secara astronomis |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu
menganalisis dampak letak astronomis Indonesia |
7 |
Menjelaskan
kondisi saling bergantung
yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang |
Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia) |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan kondisi
saling bergantung dalam interaksi antarruang |
7 |
Menjelaskan pengertian dan syarat-syarat
interaksi sosial |
Interaksi
sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi). |
Pengetahan dan Pemahaman Memahami |
Melalui tabel siswa mampu memahami proses
berlangsungnya suatu interaksi sosial |
7 |
Menjelaskan bentuk interaksi sosial yang disosiatif dan disosiatif |
Bentuk interaksi sosial
asosiatif dan disosiatif |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Melalui ilustrasi siswa mampu
mendiskripsikan bentuk interaksi sosial asosiatif dan
disosiatif |
7 |
Menjelaskan kaitan antara permintaan dan penawaran
|
Memahami
Permintaan dan penawaran |
Aplikasi Menunjukkan |
Siswa
mampu menunjukkan jumlah permintaan dan penawaran |
7 |
Menjelaskan kaitan antara permintaan dan penawaran
|
Memahami
Permintaan dan penawaran |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu mendiskripsikan
tentang penawaran |
7 |
Menunjukkan unsur-unsur atau komponen peta; |
Pemahaman
lokasi melalui peta |
Aplikasi Menunjukkan |
Siswa dapat menunjukkan perbandingan jarak dipeta dengan jarak sebenarnya di
lapangan |
7 |
Memahami kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia |
Kesultanan
islam yang ada di Indonesia |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Melalui
peta siswa mampu mengidentifikasi kesultanan islam
yang ada di Indonesia |
8 |
Memahami letak negara-negara ASEAN |
Kondisi geografis Negara-negara ASEAN
(letak) |
Aplikasi Mendiskripsikan |
Siswa mampu mendiskripsikan letak Negara-negara ASEAN berdasarkan letak astronomis |
8 |
Memahami letak negara-negara ASEAN |
Kondisi geografis Negara-negara ASEAN
(letak) |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Melalui peta siswa dapat
mengidentifikasi letak negara-negara ASEAN (ciri-ciri
dan letak di peta asean) |
8 |
Interaksi
Negara-negara ASEAN |
Bentuk-bentuk
kerja sama Negara-negara ASEAN |
Pengetahuan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
bentuk kerjasama negara-negara ASEAN (kerjasam bid.
Sosbud) |
8 |
Menjelaskan konsep kualitas sumber
daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan) |
Konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan,
kesejahteraan) |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu menganalisis tentang negara
Brunei Daraussalam dalam perekonomian (teknologi yg
dipakai brunei dalam mencukupi pangan) |
8 |
Memahami mobolitas sosial |
Mobilitas Sosial |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Siswa mampu mendiskripsikan mobilitas sosial (faktor
mobilitas tinggi dan rendah) |
8 |
Memahami konsep pluralitas |
Perbedaan budaya |
Aplikasi Mendiskripsikan |
Siswa mampu mendiskripsikan hasil-hasil
budaya manusia (hasil budaya manusia, ahli sosiolog
kelas 8) |
8 |
Memahami Integrasi Sosial |
Proses
Integrasi |
Aplikasi Mendiskripsikan |
Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan bentuk integrasi social (gambar tentang
faktor integrasi) |
8 |
Menjelaskan
pelaku ekonomi |
Peran rumah tangga keluarga |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Melalui gambar Siswa mampu mengidentifikasi
peran rumah tangga keluarga dalam perekonomian (gbr
produksi atau konsumen) |
8 |
Memaparkan perdagangan antarnegara |
Ruang lingkup perdagangan antarnegara/ internasional |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Melalui tabel siswa mampu mendiskripsikan ruang
lingkup perdagangan antarnegara/ Internasional (ruang
lingkup perdag internasiona) |
8 |
Menjelaskan berbagai upaya pennguatan agrikultur di Indonesia |
Potensi agrikultur di Indonesia |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Melalui table siswa mampu mengidentifikasi potensi
agrikultur di Indonesia (tanaman unggul dan andalan) |
8 |
Mendeskripsikan proses kedatangan
bangsa-bangsa barat |
Kedatangan
bangsa-bangsa barat |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Siswa mampu mendiskripsikan latar belakang
kedatangan bangsa barat ke Indonesia |
8 |
Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan |
Kondisi
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
pengaruh sistem tanam paksa pada masa pemerintahan Belanda (strategi pada STP) |
8 |
Mendeskripsikan tokoh Perlawanan terhadap
Pemerintah Hindia
Belanda |
Perlawanan
terhadap Pemerintah Hindia Belanda |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Melalui gambar siswa mampu mengidentifikasi
nama tokoh pahlawan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda (pahlawan wanita) |
9 |
Menjelaskan letak Benua Asia dan
Benua lainnya |
Letak Benua Asia dan Benua lainnya |
Pengetahan dan Pemahaman Menunjukkan |
Melalui peta siswa mampu menunjukkan
letak benua-benua di dunia (peta buta benua) |
9 |
Menjelaskan letak Benua Asia dan
Benua lainnya |
Letak Benua Asia |
Pengetahan dan Pemahaman Menunjukkan |
Melalui peta siswa mampu menunjukkan
letak Negara di benua Asia (peta negara asia timur) |
9 |
Menjelaskan kondisi alam Negara-negara di dunia |
Bentuk
muka bumi Benua Asia dan Benua Afrika |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Melalui ilustrasi siswa mampu
mengidentifikasi bentuk muka bumi di Mesir (bentuk
darat mesir) |
9 |
Menjelaskan potensi sumber daya
alam benua Amerika |
Potensi
sumber daya alam di benua Amerika |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Melalui
ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan potensi sumber daya alam di benua
Amerika (amerka) |
9 |
Menjelaskan kondisi geografis Benua
Asia dan Benua lainnya
(iklim) |
Kondisi geografis Benua Asia dan
Benua lainnya (iklim) |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Melalui ilustrasi siswa mampu
mengidentifikasi iklim di Jepang (musim semi) |
9 |
Memahami Sumber Daya Manusia di Benua
Asia dan Benua Lainnya
(pertumbuhan penduduk) |
Sumber Daya Manusia (Pertumbuhan penduduk) |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu menganalisis kondisi jumlah
penduduk di Australia (faktr penyebab pend. Ausi
berkurang) |
9 |
Memahami perubahan sosial budaya
sebagai dampak dari globalisasi |
Perubahan
sosial budaya |
Aplikasi Menganalisis |
Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis
pengaruh interaksi antarnegara dalam
perubahan sosial budaya (bidang perubahan sosbud)
|
9 |
Memahami perubahan sosial budaya
sebagai dampak dari globalisasi |
Bentuk perubahan sosial budaya |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
bentuk perubahan sosial budaya (proses pengaruh budaya lain, bencana alam ) |
9 |
Memahami faktor pendorong dan penghambat perubahan
sosial |
faktor pendorong dan penghambat perubahan
sosial |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Melalui pernyataan siswa mampu
mendiskripsikan faktor pendorong dan penghambat
perubahan sosial () |
9 |
Menganalisis konsep globalisasi |
Konsep globalisasi |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Siswa mampu mengidentifikasi tentang
globalisasi (apa proses globalisasi) |
9 |
Menganalisis konsep globalisasi |
Bentuk globalisasi |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Siswa mampu mendiskripsikan waktu perjalanan
dengan kecepatan alat transportasi (menghitung waktu
kecepatan kereta dijepang) |
9 |
Memahami dan menjelaskan upaya menghadapi globalisasi untuk
memperkokoh kehidupan kebangsaa |
Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan
kebangsaan |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu menganalisis upaya menghadapi globalisasi |
9 |
Menganalisis dampak globalisasi |
Dampak
negatif globalisasi |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu menganalisis dampak negatif
globalisasi |
9 |
Menganalisis pengaruh globalisasi bidang ekonomi |
globalisasi
bidang ekonomi |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi
IPTEK (manfaatnya) |
9 |
Memahami tentang
perdagangan internasional |
Pengertian perdagangan
internasional |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Siswa mampu mendiskripsikan tentang
perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasioanal (tabel perbedaan) |
9 |
Menjelaskan strategi pengembangan
ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat. |
Mengembangkan ekonomi kreatif
berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. |
Aplikasi Menganalisis |
Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis strategi pemerintah dalam mengembangan ekonomi kreatif |
9 |
Menjelaskan strategi pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan |
Pengembangan
pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk
kesejahteraan masyarakat |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Siswa mampu mengidentifikasi
pusat keunggulan ekonomi di Indonesia |
9 |
Memahami berbagai konsep Pasar Bebas |
Konsep pasar bebas |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu menganalisis tantangan dalam
menghadapi perdagangan bebas bagi Indonesia |
9 |
Memahami berbagai konsep Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA,
APEC, Uni Eropa,WTO). |
Pasar
Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO). |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu menganalisis tentang WTO |
9 |
Memahami berbagai konsep Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA,
APEC, WTO, Uni Eropa). |
Pasar
Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, WTO,
Uni Eropa). |
Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi |
Siswa mampu mengidentifikasi salah satu
organisasi pasar bebas (di asia tenggara sebagai
basis yakni AFTA) |
9 |
Menjelaskan masa persiapan kemerdekaan Indonesia |
Persiapan
kemerdekaan Indonesia |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Siswa mampu mendiskripsikan sidang BPUPKI
pertama (rumusan pd sidang 1/dasar negara) |
9 |
Menjelaskan masa persiapan kemerdekaan Indonesia |
Persiapan
kemerdekaan Indonesia |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Siswa mampu diskripsikan peristiwa sambutan
rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan (NICA) |
9 |
Menjelaskan perjuangan mempertahankan kemerdekaan |
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
upaya diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan (penghentian perang/musuha
indo-belanda 1948) |
9 |
Menjelaskan Perkembangan
Ekonomi Indonesia pada Masa kemerdekaan |
Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa
kemerdekaan . |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Siswa mampu mendiskripsikan keadaan
ekonomi pada masa kemerdekaan (invasi) |
9 |
Menjelaskan Perkembangan Politik Masa Demokrasi
Parlementer (1950-1959) |
Perkembangan
Politik Masa
Demokrasi Parlementer (1950- |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu menganalisis perkembangan politik
pada masa demokrasi parlementer (kabinet khusus) |
9 |
Menjelaskan perkembangan politik pada masa Demokrasi terpimpin
(1959-1965) |
Perkembangan
politik pada masa Demokrasi terpimpin (1959-1965) |
Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan |
Siswa mampu mendiskripsikan perkembangan
ekonomi pada masa demokrasi terpimpin (dwikora) |
9 |
Menjelaskan perkembangan ekonomi masyarakat
Indonesia masa Orde Baru. |
Perkembangan
ekonomi masyarakat Indonesia masa Orde Baru. |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa
mampu menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa orde
baru (stategi
jangka pendek) |
9 |
Menjelaskan masa Reformasi |
Kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa
reformasi |
Aplikasi Menganalisis |
Siswa mampu menganalisis
agenda reformasi bidang pendidikan yang dilakukan pemerintah Indonesia ( |
24 komentar:
Assalamu'alaikum Pak terimakasih
- Avicena Putra Pradana 9F
Assalamu'alaikum Pak terimakasih
Raihan Anandra 9F
Assalamualaikum pak terima
-ramadhoni9f
Assalamu'alaikum terimakasih pak
Ferlina 9F
assalamualaikum pak
Terima kasih pak atas kisi² nya
fauzan9F
assalamualaikum pak, terimakasih
Rm. Adam Alfarez 9F
Assalamu'alaikum terimakasih pak
Marshanda zafira 9f
assalamualaikum pak, terimakasih kisi kisi nya
bintang mutiara 9f
Assalamualaikum pak, terimakasih
Naufal9f
Assalamualaikum pak, terimakasih
R.Dinda Rara Putri 9F
Assalamualaikum pak, terimakasih
-fayi Gusri kirana 9F
assalamualaikum pak
rajab 9F
᪤⊹ ࣪˖ Assalamualaikum pak terima kasih atas kisi-kisinya៹🩰 ࣪˖🧴◞𖤐 ࣪˖
🎀 ׅ ࣪ Pruezalya Ramadhani Wijaya 9F ! ˖ ࣪ 𖡼 ָ࣪
assalamualaikum pi terimakasih
Putri Ramadhani 9F
assalamualaikum pak, terimakasih
nabila ajeng azzahra 9F
Assalamu'alaikum pi trimakasih
Ramadhan 9F
assalamualaikum pak, terimakasih.
akila 9F
Assalamu'alaikum pi terimakasih
M. Luthfi 9f
Terimakasih materi nya pak
Rizky Dion 9F
Assalamu'alaikum
Dera 9f
Assalamuallaikum
Annisa 9f
Assalamualaikum pi terimakasih
Nadhif zahidan 9f
Assalamualaikum pak terimakasih
-ramta9f
Posting Komentar