Welcome

<< Mulai dengan cerita yang menarik>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Kamis, 24 Maret 2022

Kelas IX.F P14 Bab IV Pembahasan Kisi Kisi US 2022

 Kamis, 24  Maret 2022

KELAS IXG

JP 4-5

ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

ALHAMDULILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN, WASSHOLAATU WASSALAAMU ‘ALAA ASYROOFIL ANBIYAA-I WAL MURSALIIN, NABIYYINAA WAHABIIBINAA MUHAMMADIN, WA’ALA ALIHI WASHAHBIHI AJ’MA’IIN, WA MAN TABI’AHUM BIIHSANIN ILAA YAUMIDDIN, AMMA BA’DU.

 

SELAMAT PAGI ANAK-ANAKKU   YANG  CERDAS

BAGAIMANA KABARNYA HARI INI? SEHAT SEMUA YAA.. ALHAMDULILLAH..

IN SYAA ALLAH KALIAN SUDAH SHOLAT SUBUH SEMUA YAA, JANGAN LUPA TADARUS SERTA SHOLAT DHUHA YAA....! SEBELUM BELAJAR BAIKNYA KITA BERDOA SEJENAK.. BERDOA MULAI... 

    

AAMIIN

SEMOGA KITA SEMUA DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DAN SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT. AAMIIN

ALHAMDULILLAH HARI INI, KITA BISA BERTEMU KEMBALI DALAM PELAJARAN IPS.

SEBELUM KITA MULAI, MARILAH KITA MEMBACA DOA TERLEBIH DAHULU.

ANAK-ANAKKU, PADA PERTEMUAN KALI INI, KITA AKAN MEMPELAJARI

MATERI  DI SEMESTER GENAP .

BAIKLAH SILAKAN BACA KISI KISI US BERIKUT  BERIKUT INI. ... .





Bahan Kelas

IPK

Konten/Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

 

7

 

Menjelaskan letak indonesia secara astronomis

 

 

Letak indonesia secara astronomis

 

 

Aplikasi

  Menganalisis

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu menganalisis dampak letak astronomis Indonesia

 

 

 

7

Menjelaskan  kondisi  saling  bergantung  yang  diperlukan  untuk terjadinya interaksi antarruang

 

Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)

 

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan kondisi saling bergantung dalam interaksi antarruang

 

7

Menjelaskan pengertian dan syarat-syarat interaksi sosial

 

Interaksi sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi).

Pengetahan dan

Pemahaman

  Memahami

Melalui tabel siswa mampu memahami proses berlangsungnya suatu interaksi sosial

7

Menjelaskan bentuk interaksi sosial yang disosiatif dan disosiatif

 

Bentuk interaksi sosial asosiatif dan disosiatif

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan bentuk interaksi sosial asosiatif dan disosiatif

7

Menjelaskan kaitan antara permintaan dan penawaran

 

Memahami Permintaan dan penawaran

Aplikasi

  Menunjukkan

 

Siswa mampu menunjukkan jumlah permintaan dan penawaran

7

 

 

 

 

Menjelaskan kaitan antara permintaan dan penawaran

 

Memahami Permintaan dan penawaran

 

 

Aplikasi

  Menganalisis

 

 

Siswa mampu mendiskripsikan tentang penawaran

7

Menunjukkan unsur-unsur atau komponen peta;

 

Pemahaman lokasi melalui peta

Aplikasi

  Menunjukkan

 

Siswa dapat menunjukkan perbandingan jarak dipeta dengan jarak sebenarnya di lapangan

7

Memahami kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Kesultanan islam yang ada di Indonesia

 

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mengidentifikasi

 

Melalui peta siswa mampu mengidentifikasi kesultanan islam yang ada di Indonesia

 

8

 

 

 

 

 

 

Memahami letak  negara-negara ASEAN

 

 

 

 

 

 

Kondisi geografis Negara-negara ASEAN (letak)

 

 

 

 

Aplikasi

Mendiskripsikan

 

 

 

 

 

Siswa mampu mendiskripsikan letak Negara-negara ASEAN berdasarkan letak astronomis

8

Memahami letak  negara-negara ASEAN

 

Kondisi geografis Negara-negara ASEAN  (letak)

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mengidentifikasi

 

Melalui peta siswa dapat mengidentifikasi letak negara-negara ASEAN (ciri-ciri dan letak di peta asean)

8

Interaksi Negara-negara ASEAN

 

Bentuk-bentuk kerja sama Negara-negara ASEAN

Pengetahuan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan bentuk kerjasama negara-negara ASEAN (kerjasam bid. Sosbud)

8

Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan)

 

Konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan)

 

Aplikasi

Menganalisis

 

Siswa mampu menganalisis tentang negara Brunei Daraussalam dalam perekonomian (teknologi yg dipakai brunei dalam mencukupi pangan)

8

Memahami mobolitas  sosial

Mobilitas Sosial

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Siswa mampu mendiskripsikan  mobilitas sosial (faktor mobilitas tinggi dan rendah)

8

Memahami konsep pluralitas

 

Perbedaan budaya

 

Aplikasi

Mendiskripsikan

 

Siswa mampu mendiskripsikan hasil-hasil budaya manusia (hasil budaya manusia, ahli sosiolog kelas 8)

8

Memahami Integrasi Sosial

Proses Integrasi

Aplikasi

Mendiskripsikan

 

Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan  bentuk integrasi social

(gambar tentang faktor integrasi)

8

Menjelaskan pelaku ekonomi

 

Peran rumah tangga keluarga

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mengidentifikasi

 

Melalui gambar Siswa mampu mengidentifikasi peran rumah tangga keluarga dalam perekonomian (gbr produksi atau konsumen)

8

Memaparkan perdagangan antarnegara

Ruang lingkup perdagangan antarnegara/

internasional

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Melalui tabel siswa mampu mendiskripsikan ruang lingkup perdagangan antarnegara/

Internasional (ruang lingkup perdag internasiona)

8

Menjelaskan berbagai upaya pennguatan agrikultur di Indonesia

 

Potensi agrikultur di Indonesia

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

 

Melalui table siswa mampu mengidentifikasi potensi agrikultur di Indonesia (tanaman unggul dan andalan)

8

Mendeskripsikan proses kedatangan bangsa-bangsa barat

Kedatangan bangsa-bangsa barat

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan latar belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia

8

Mendeskripsikan kondisi  masyarakat Indonesia pada masa penjajahan

 

Kondisi  masyarakat Indonesia pada masa penjajahan

 

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan pengaruh sistem tanam paksa pada masa pemerintahan Belanda

(strategi pada STP)

8

Mendeskripsikan tokoh Perlawanan terhadap Pemerintah Hindia Belanda

 

Perlawanan terhadap Pemerintah Hindia Belanda

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

 

Melalui gambar siswa mampu mengidentifikasi nama tokoh pahlawan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda (pahlawan wanita)

 

9

Menjelaskan letak Benua Asia dan Benua lainnya

Letak Benua Asia dan Benua lainnya

Pengetahan dan

Pemahaman

Menunjukkan

Melalui peta siswa mampu menunjukkan letak   benua-benua di dunia (peta buta benua)

9

Menjelaskan letak Benua Asia dan Benua lainnya

Letak Benua Asia

Pengetahan dan

Pemahaman

Menunjukkan

Melalui peta siswa mampu menunjukkan letak   Negara di benua Asia (peta negara asia timur)

9

Menjelaskan kondisi alam Negara-negara di dunia

Bentuk muka bumi Benua Asia dan Benua Afrika

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

 

Melalui ilustrasi siswa mampu mengidentifikasi bentuk muka bumi di Mesir (bentuk darat mesir)

9

Menjelaskan potensi sumber daya alam benua Amerika

Potensi sumber daya alam di benua Amerika

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan potensi sumber daya alam di benua Amerika (amerka)

9

Menjelaskan kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (iklim)

Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (iklim)

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

 

Melalui ilustrasi siswa mampu mengidentifikasi iklim di Jepang   (musim semi)

9

Memahami Sumber Daya Manusia di Benua Asia dan Benua Lainnya (pertumbuhan penduduk)

Sumber Daya Manusia

(Pertumbuhan penduduk)

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis kondisi jumlah penduduk di Australia (faktr penyebab pend. Ausi berkurang)

9

Memahami perubahan sosial budaya sebagai dampak dari globalisasi

 

Perubahan sosial budaya

 

Aplikasi

Menganalisis

Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis pengaruh interaksi antarnegara  dalam perubahan sosial budaya (bidang perubahan sosbud)

 

9

Memahami perubahan sosial budaya sebagai dampak dari globalisasi

 

Bentuk  perubahan sosial budaya

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan bentuk perubahan sosial budaya (proses pengaruh budaya lain, bencana alam )

 

9

Memahami faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial

 

faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial ()

 

9

 

 

 

 

 

Menganalisis konsep globalisasi

Konsep globalisasi

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

Siswa mampu mengidentifikasi tentang globalisasi (apa proses globalisasi)

9

Menganalisis konsep globalisasi

Bentuk globalisasi

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan waktu perjalanan dengan kecepatan alat transportasi (menghitung waktu kecepatan kereta dijepang)

 

9

Memahami dan menjelaskan upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaa

Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis upaya menghadapi globalisasi

9

Menganalisis dampak globalisasi

Dampak negatif globalisasi

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis dampak negatif globalisasi

9

Menganalisis pengaruh globalisasi bidang ekonomi

globalisasi bidang ekonomi

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi IPTEK (manfaatnya)

9

Memahami tentang perdagangan internasional

Pengertian perdagangan internasional

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan tentang perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasioanal (tabel perbedaan)

9

Menjelaskan strategi pengembangan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Aplikasi

Menganalisis

Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis strategi pemerintah dalam mengembangan ekonomi kreatif  

9

Menjelaskan strategi pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan

Pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

Siswa mampu mengidentifikasi pusat keunggulan ekonomi di Indonesia

9

Memahami berbagai konsep Pasar Bebas

Konsep pasar bebas

 

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis tantangan dalam menghadapi perdagangan bebas bagi Indonesia

9

Memahami berbagai konsep Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa,WTO).

Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO).

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis tentang

WTO

9

Memahami berbagai konsep Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, WTO, Uni Eropa).

Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, WTO, Uni Eropa).

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

Siswa mampu mengidentifikasi salah satu organisasi pasar bebas (di asia tenggara sebagai basis yakni AFTA)

9

Menjelaskan masa  persiapan  kemerdekaan Indonesia

Persiapan kemerdekaan Indonesia

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan sidang BPUPKI pertama (rumusan pd sidang 1/dasar negara)

9

Menjelaskan masa  persiapan  kemerdekaan Indonesia

Persiapan kemerdekaan Indonesia

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu diskripsikan peristiwa sambutan rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan

(NICA)

9

Menjelaskan perjuangan mempertahankan  kemerdekaan

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan upaya diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan (penghentian perang/musuha indo-belanda 1948)

 

9

Menjelaskan Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa kemerdekaan

 

Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa kemerdekaan

.

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan keadaan ekonomi  pada masa kemerdekaan (invasi)

9

Menjelaskan Perkembangan Politik Masa Demokrasi Parlementer (1950-1959)

 

Perkembangan Politik Masa Demokrasi Parlementer (1950-

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis perkembangan politik pada masa demokrasi parlementer (kabinet khusus)

9

Menjelaskan perkembangan politik pada masa Demokrasi terpimpin (1959-1965)

Perkembangan politik pada masa Demokrasi terpimpin (1959-1965)

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan perkembangan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin (dwikora)

 

9

Menjelaskan perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia masa Orde Baru.

 

Perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia masa Orde Baru.

 

Aplikasi

Menganalisis

 

Siswa mampu menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa orde baru

(stategi jangka pendek)

9

Menjelaskan masa Reformasi

 

Kehidupan masyarakat Indonesia  pada masa reformasi

 

Aplikasi

Menganalisis

 

Siswa mampu menganalisis agenda reformasi bidang pendidikan yang dilakukan pemerintah Indonesia (

 

24 komentar:

AVICENA PUTRA PRADANA mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak terimakasih
- Avicena Putra Pradana 9F

Aliciayuaninditap mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
RAIHAN ANANDRA 8C mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak terimakasih
Raihan Anandra 9F

Rama Dhoni mengatakan...

Assalamualaikum pak terima
-ramadhoni9f

Ferlina mengatakan...

Assalamu'alaikum terimakasih pak
Ferlina 9F

M Fauzan haqiqi mengatakan...

assalamualaikum pak
Terima kasih pak atas kisi² nya
fauzan9F

Raden Muhammad Adam Alfarez mengatakan...

assalamualaikum pak, terimakasih
Rm. Adam Alfarez 9F

Marsha02 mengatakan...

Assalamu'alaikum terimakasih pak
Marshanda zafira 9f

Unknown mengatakan...

assalamualaikum pak, terimakasih kisi kisi nya
bintang mutiara 9f

Naufal8d mengatakan...

Assalamualaikum pak, terimakasih
Naufal9f

Dinda mengatakan...

Assalamualaikum pak, terimakasih
R.Dinda Rara Putri 9F

Fayi Gusri Kirana mengatakan...

Assalamualaikum pak, terimakasih
-fayi Gusri kirana 9F

Rajjab Alfarizi mengatakan...

assalamualaikum pak
rajab 9F

ᥫ᭡.¡! Pruezalya ❞.. mengatakan...

᪤⊹ ࣪˖⁩ Assalamualaikum pak terima kasih atas kisi-kisinya៹🩰 ࣪˖⁩🧴◞𖤐  ࣪˖
🎀 ׅ ࣪ Pruezalya Ramadhani Wijaya 9F ! ˖ ࣪ 𖡼 ָ࣪

Putri mengatakan...

assalamualaikum pi terimakasih
Putri Ramadhani 9F

Nabila Ajeng mengatakan...

assalamualaikum pak, terimakasih
nabila ajeng azzahra 9F

Rmdhann~ mengatakan...

Assalamu'alaikum pi trimakasih
Ramadhan 9F

akila mengatakan...

assalamualaikum pak, terimakasih.
akila 9F

M. Luthfi akbar mau lana mengatakan...

Assalamu'alaikum pi terimakasih
M. Luthfi 9f

Rizky dion mengatakan...

Terimakasih materi nya pak
Rizky Dion 9F

AVICENA PUTRA PRADANA mengatakan...

Assalamu'alaikum
Dera 9f

AVICENA PUTRA PRADANA mengatakan...

Assalamuallaikum
Annisa 9f

Nadhif z.n.a mengatakan...

Assalamualaikum pi terimakasih
Nadhif zahidan 9f

Ramta mengatakan...

Assalamualaikum pak terimakasih
-ramta9f

Mengenai Saya

Bandar lampung, Lampung, Indonesia