Welcome

<< Mulai dengan cerita yang menarik>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Selasa, 08 Maret 2022

Kelas IX.G P11 PEMBAHASAN KISI KISI LUS 2022

Selasa, 8  Maret 2022

KELAS IXF

JP 8-9

ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

ALHAMDULILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN, WASSHOLAATU WASSALAAMU ‘ALAA ASYROOFIL ANBIYAA-I WAL MURSALIIN, NABIYYINAA WAHABIIBINAA MUHAMMADIN, WA’ALA ALIHI WASHAHBIHI AJ’MA’IIN, WA MAN TABI’AHUM BIIHSANIN ILAA YAUMIDDIN, AMMA BA’DU.

 

SELAMAT PAGI ANAK-ANAKKU   YANG  CERDAS

BAGAIMANA KABARNYA HARI INI? SEHAT SEMUA YAA.. ALHAMDULILLAH..

IN SYAA ALLAH KALIAN SUDAH SHOLAT SUBUH SEMUA YAA, JANGAN LUPA TADARUS SERTA SHOLAT DHUHA YAA....! SEBELUM BELAJAR BAIKNYA KITA BERDOA SEJENAK.. BERDOA MULAI... 

    

AAMIIN

SEMOGA KITA SEMUA DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DAN SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT. AAMIIN

ALHAMDULILLAH HARI INI, KITA BISA BERTEMU KEMBALI DALAM PELAJARAN IPS.

SEBELUM KITA MULAI, MARILAH KITA MEMBACA DOA TERLEBIH DAHULU.

ANAK-ANAKKU, PADA PERTEMUAN KALI INI, KITA AKAN MEMPELAJARI

MATERI  DI SEMESTER GENAP .

BAIKLAH SILAKAN BACA DAN KERJAKAN SOAL PENILAIAN PENGETAHUAN  BERIKUT  BERIKUT INI. ... .

MASA ORDE BARU DAN REFORMASI

  KD   3.4. MENGANALISIS KRONOLOGI, PERUBAHAN DAN KESINAMBUNGAN RUANG (GEOGRAFIS, POLITIK, EKONOMI, PENDIDIKAN, SOSIAL, BUDAYA) DARI  AWAL KEMERDEKAAN SAMPAI AWAL REFORMASI.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

SETELAH SISWA MEMPELAJARI MATERI INI, DIHARAPKAN SISWA DAPAT :

memahamai  soal melalui indikator soal



materi 

kisi kisi lus ips


Konten/Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Nomor

Soal

 

Letak indonesia secara astronomis

 

 

Aplikasi

  Menganalisis

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu menganalisis dampak letak astronomis Indonesia

 

 

 

 

1

Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)

 

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan kondisi saling bergantung dalam interaksi antarruang

 

2

Interaksi sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi).

Pengetahan dan

Pemahaman

  Memahami

Melalui tabel siswa mampu memahami proses berlangsungnya suatu interaksi sosial

3

Bentuk interaksi sosial asosiatif dan disosiatif

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan bentuk interaksi sosial asosiatif dan disosiatif

4

Memahami Permintaan dan penawaran

Aplikasi

  Menunjukkan

 

Siswa mampu menunjukkan jumlah permintaan dan penawaran

5

Memahami Permintaan dan penawaran

 

 

Aplikasi

  Menganalisis

 

 

Siswa mampu mendiskripsikan tentang penawaran

6

 

 

 

 

Pemahaman lokasi melalui peta

Aplikasi

  Menunjukkan

 

Siswa dapat menunjukkan perbandingan jarak dipeta dengan jarak sebenarnya di lapangan

7

Kesultanan islam yang ada di Indonesia

 

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mengidentifikasi

 

Melalui peta siswa mampu mengidentifikasi kesultanan islam yang ada di Indonesia

 

8

Kondisi geografis Negara-negara ASEAN (letak)

 

 

 

 

Aplikasi

Mendiskripsikan

 

 

 

 

 

Siswa mampu mendiskripsikan letak Negara-negara ASEAN berdasarkan letak astronomis

9

Kondisi geografis Negara-negara ASEAN  (letak)

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mengidentifikasi

 

Melalui peta siswa dapat mengidentifikasi letak negara-negara ASEAN (ciri-ciri dan letak di peta asean)

10

 

 

 

 

 

Bentuk-bentuk kerja sama Negara-negara ASEAN

Pengetahuan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan bentuk kerjasama negara-negara ASEAN (kerjasam bid. Sosbud)

11

Konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan)

 

Aplikasi

Menganalisis

 

Siswa mampu menganalisis tentang negara Brunei Daraussalam dalam perekonomian (teknologi yg dipakai brunei dalam mencukupi pangan)

12

Mobilitas Sosial

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Siswa mampu mendiskripsikan  mobilitas sosial (faktor mobilitas tinggi dan rendah)

13

Perbedaan budaya

 

Aplikasi

Mendiskripsikan

 

Siswa mampu mendiskripsikan hasil-hasil budaya manusia (hasil budaya manusia, ahli sosiolog kelas 8)

14

Proses Integrasi

Aplikasi

Mendiskripsikan

 

Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan  bentuk integrasi social

(gambar tentang faktor integrasi)

15

Peran rumah tangga keluarga

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mengidentifikasi

 

Melalui gambar Siswa mampu mengidentifikasi peran rumah tangga keluarga dalam perekonomian (gbr produksi atau konsumen)

16

Ruang lingkup perdagangan antarnegara/

internasional

Pengetahan dan

Pemahaman

  Mendiskripsikan

 

Melalui tabel siswa mampu mendiskripsikan ruang lingkup perdagangan antarnegara/

Internasional (ruang lingkup perdag internasiona)

17

Potensi agrikultur di Indonesia

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

 

Melalui table siswa mampu mengidentifikasi potensi agrikultur di Indonesia (tanaman unggul dan andalan)

18

Kedatangan bangsa-bangsa barat

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan latar belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia

19

Kondisi  masyarakat Indonesia pada masa penjajahan

 

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan pengaruh sistem tanam paksa pada masa pemerintahan Belanda

(strategi pada STP)

20

Perlawanan terhadap Pemerintah Hindia Belanda

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

 

Melalui gambar siswa mampu mengidentifikasi nama tokoh pahlawan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda (pahlawan wanita)

 

21

Letak Benua Asia dan Benua lainnya

Pengetahan dan

Pemahaman

Menunjukkan

Melalui peta siswa mampu menunjukkan letak   benua-benua di dunia (peta buta benua)

22

Letak Benua Asia

Pengetahan dan

Pemahaman

Menunjukkan

Melalui peta siswa mampu menunjukkan letak   Negara di benua Asia (peta negara asia timur)

23

Bentuk muka bumi Benua Asia dan Benua Afrika

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

 

Melalui ilustrasi siswa mampu mengidentifikasi bentuk muka bumi di Mesir (bentuk darat mesir)

24

Potensi sumber daya alam di benua Amerika

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan potensi sumber daya alam di benua Amerika (amerka)

25

Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (iklim)

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

 

Melalui ilustrasi siswa mampu mengidentifikasi iklim di Jepang   (musim semi)

26

Sumber Daya Manusia

(Pertumbuhan penduduk)

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis kondisi jumlah penduduk di Australia (faktr penyebab pend. Ausi berkurang)

27

Perubahan sosial budaya

 

Aplikasi

Menganalisis

Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis pengaruh interaksi antarnegara  dalam perubahan sosial budaya (bidang perubahan sosbud)

 

28

Bentuk  perubahan sosial budaya

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan bentuk perubahan sosial budaya (proses pengaruh budaya lain, bencana alam )

 

29, 30

faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui pernyataan siswa mampu mendiskripsikan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial ()

 

31

Konsep globalisasi

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

Siswa mampu mengidentifikasi tentang globalisasi (apa proses globalisasi)

32

Bentuk globalisasi

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan waktu perjalanan dengan kecepatan alat transportasi (menghitung waktu kecepatan kereta dijepang)

 

33

Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis upaya menghadapi globalisasi

34

Dampak negatif globalisasi

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis dampak negatif globalisasi

35

globalisasi bidang ekonomi

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi IPTEK (manfaatnya)

36

Pengertian perdagangan internasional

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan tentang perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasioanal (tabel perbedaan)

37

Mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Aplikasi

Menganalisis

Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis strategi pemerintah dalam mengembangan ekonomi kreatif  

38

Pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

Siswa mampu mengidentifikasi pusat keunggulan ekonomi di Indonesia

39

Konsep pasar bebas

 

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis tantangan dalam menghadapi perdagangan bebas bagi Indonesia

40

Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO).

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis tentang

WTO

41

Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, WTO, Uni Eropa).

Pengetahan dan

Pemahaman

Mengidentifikasi

Siswa mampu mengidentifikasi salah satu organisasi pasar bebas (di asia tenggara sebagai basis yakni AFTA)

42

Persiapan kemerdekaan Indonesia

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan sidang BPUPKI pertama (rumusan pd sidang 1/dasar negara)

43

Persiapan kemerdekaan Indonesia

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu diskripsikan peristiwa sambutan rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan

(NICA)

44

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan upaya diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan (penghentian perang/musuha indo-belanda 1948)

 

45

Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa kemerdekaan

.

 

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan keadaan ekonomi  pada masa kemerdekaan (invasi)

46

Perkembangan Politik Masa Demokrasi Parlementer (1950-

Aplikasi

Menganalisis

Siswa mampu menganalisis perkembangan politik pada masa demokrasi parlementer (kabinet khusus)

47

Perkembangan politik pada masa Demokrasi terpimpin (1959-1965)

Pengetahan dan

Pemahaman

Mendiskripsikan

Siswa mampu mendiskripsikan perkembangan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin (dwikora)

 

48

Perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia masa Orde Baru.

 

Aplikasi

Menganalisis

 

Siswa mampu menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa orde baru

(stategi jangka pendek)

49

Kehidupan masyarakat Indonesia  pada masa reformasi

 

Aplikasi

Menganalisis

 

Siswa mampu menganalisis agenda reformasi bidang pendidikan yang dilakukan pemerintah Indonesia (

 

50



Baiklah kids pemaparan materi kali ini cukup luaskan… dan masih banyak lagi periswtiwa heroik sekitar Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ok children, to close the material in our meeting today, Mr. will give an assignment or evaluation to find out how far you understand the material that we have discussed together.

 

Tugas kalian

1.      Setiap anak mencari materi diatas dan diberikan penjelasan sesuai pemahaman kalian berdasarkan materi kita hari ini.

 

Sumber Referensi

MGMP IPS  BANDAR LAMPUNG

https://buku.kemdikbud.go.id/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

24 komentar:

amanda mengatakan...

assalamualaikum pak, terimakasih
Amanda Wahyuni 9G

Maura Lodya Amela mengatakan...

Assalamualaikum Pak, terima kasih
— Maura Lodya Amela 9G

Zainuri mengatakan...

Assalamu'alaikum pak trimakasih Zainuri 9G

Atika ghaisani mengatakan...

Assalamualaikum Pak, terima kasih
Atika ghaisani 9G

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak baik
Bisma putra jaya 9G

ARDELIA DEVINA M mengatakan...

Assalamualaikum Pak, terima kasih

Ardelia Devina M 9G

Unknown mengatakan...

Assalamualaikm
Mutiara 9G

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak terimakasih
Natahsya Murtadho 9G

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum pak, terimakasih
Sultan Zacky A.H 9G

Nazwa Rizka mengatakan...

assalamu'alaikum pak, terimakasih
Nazwa Rizka Aulia 9G

Unknown mengatakan...

assalamualaikum pak terimakasih
firyal 9g

Alief Rizky Ramadhan mengatakan...

Assalamu'alaikum pak Terima kasih
-Alief rizky ramadhan 9G

Scania05nlogspot.com mengatakan...

Assalamualaikum terimakasih pak
-scania 9G

Jhody alvasell mengatakan...

Assalamualaikum pak, terimakasih 🙏🏻
M.jhody 9G

Patih Ijal mengatakan...

alhamdulillah nambah

Raffy dwi r mengatakan...

Assalamu'alaikum terimakasih atas materi nya raffy dwi rahman kls 9G

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak, terimakasih
-winda9G

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Pak Terimakasih atas Materi Kisi-kisi nya 🙏🙏
Cahaya Ibramsyah 9G

Rafly Fadhillah mengatakan...

Assalamu'alaikum pak Terimakasih atas materinya
Rafly fadhillah 9G

muhamaddirli99@gmail.com mengatakan...

Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
M dirly afrijal 9G

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Pak Terimakasih atas Materi Kisi-kisi nya
Cahaya Ibramsyah 9G

mirabel putri mengatakan...

Assalamualaikum pak terimakasih materinya
mirabel putri winanti 9G

Adira mengatakan...

assalamualaikum pak terimakasih atas kisi kisi nya
Adira Raffi K 9G

Unknown mengatakan...

assalamualaikum pak, terimakasih pak
arinda siska aulia 9g

Mengenai Saya

Bandar lampung, Lampung, Indonesia