Selasa, 8 Maret 2022
KELAS IXF
JP 8-9
ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
ALHAMDULILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN, WASSHOLAATU WASSALAAMU ‘ALAA ASYROOFIL ANBIYAA-I WAL MURSALIIN, NABIYYINAA WAHABIIBINAA MUHAMMADIN, WA’ALA ALIHI WASHAHBIHI AJ’MA’IIN, WA MAN TABI’AHUM BIIHSANIN ILAA YAUMIDDIN, AMMA BA’DU.
SELAMAT PAGI ANAK-ANAKKU YANG CERDAS
BAGAIMANA KABARNYA HARI INI? SEHAT SEMUA YAA.. ALHAMDULILLAH..
IN SYAA ALLAH KALIAN SUDAH SHOLAT SUBUH SEMUA YAA, JANGAN LUPA TADARUS SERTA SHOLAT DHUHA YAA....! SEBELUM BELAJAR BAIKNYA KITA BERDOA SEJENAK.. BERDOA MULAI...
AAMIIN
SEMOGA KITA SEMUA DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DAN SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT. AAMIIN
ALHAMDULILLAH HARI INI, KITA BISA BERTEMU KEMBALI DALAM PELAJARAN IPS.
SEBELUM KITA MULAI, MARILAH KITA MEMBACA DOA TERLEBIH DAHULU.
ANAK-ANAKKU, PADA PERTEMUAN KALI INI, KITA AKAN MEMPELAJARI
MATERI DI SEMESTER GENAP .
BAIKLAH SILAKAN BACA DAN KERJAKAN SOAL PENILAIAN PENGETAHUAN BERIKUT BERIKUT INI. ... .
MASA ORDE BARU DAN REFORMASI
KD 3.4. MENGANALISIS KRONOLOGI, PERUBAHAN DAN KESINAMBUNGAN RUANG (GEOGRAFIS, POLITIK, EKONOMI, PENDIDIKAN, SOSIAL, BUDAYA) DARI AWAL KEMERDEKAAN SAMPAI AWAL REFORMASI.
TUJUAN PEMBELAJARAN
SETELAH SISWA MEMPELAJARI MATERI INI, DIHARAPKAN SISWA DAPAT :
memahamai soal melalui indikator soal
materi
kisi kisi lus ips
Konten/Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
Nomor
Soal
Letak indonesia secara astronomis
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu
menganalisis dampak letak astronomis Indonesia
1
Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan kondisi
saling bergantung dalam interaksi antarruang
2
Interaksi
sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi).
Pengetahan dan
Pemahaman
Memahami
Melalui tabel siswa mampu memahami proses
berlangsungnya suatu interaksi sosial
3
Bentuk interaksi sosial
asosiatif dan disosiatif
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu
mendiskripsikan bentuk interaksi sosial asosiatif dan
disosiatif
4
Memahami
Permintaan dan penawaran
Aplikasi
Menunjukkan
Siswa
mampu menunjukkan jumlah permintaan dan penawaran
5
Memahami
Permintaan dan penawaran
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu mendiskripsikan
tentang penawaran
6
Pemahaman
lokasi melalui peta
Aplikasi
Menunjukkan
Siswa dapat menunjukkan perbandingan jarak dipeta dengan jarak sebenarnya di
lapangan
7
Kesultanan
islam yang ada di Indonesia
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui
peta siswa mampu mengidentifikasi kesultanan islam
yang ada di Indonesia
8
Kondisi geografis Negara-negara ASEAN
(letak)
Aplikasi
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan letak Negara-negara ASEAN berdasarkan letak astronomis
9
Kondisi geografis Negara-negara ASEAN
(letak)
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui peta siswa dapat
mengidentifikasi letak negara-negara ASEAN (ciri-ciri
dan letak di peta asean)
10
Bentuk-bentuk
kerja sama Negara-negara ASEAN
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
bentuk kerjasama negara-negara ASEAN (kerjasam bid.
Sosbud)
11
Konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan,
kesejahteraan)
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis tentang negara
Brunei Daraussalam dalam perekonomian (teknologi yg
dipakai brunei dalam mencukupi pangan)
12
Mobilitas Sosial
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan mobilitas sosial (faktor
mobilitas tinggi dan rendah)
13
Perbedaan budaya
Aplikasi
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan hasil-hasil
budaya manusia (hasil budaya manusia, ahli sosiolog
kelas 8)
14
Proses
Integrasi
Aplikasi
Mendiskripsikan
Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan bentuk integrasi social
(gambar tentang
faktor integrasi)
15
Peran rumah tangga keluarga
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui gambar Siswa mampu mengidentifikasi
peran rumah tangga keluarga dalam perekonomian (gbr
produksi atau konsumen)
16
Ruang lingkup perdagangan antarnegara/
internasional
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui tabel siswa mampu mendiskripsikan ruang
lingkup perdagangan antarnegara/
Internasional (ruang
lingkup perdag internasiona)
17
Potensi agrikultur di Indonesia
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui table siswa mampu mengidentifikasi potensi
agrikultur di Indonesia (tanaman unggul dan andalan)
18
Kedatangan
bangsa-bangsa barat
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan latar belakang
kedatangan bangsa barat ke Indonesia
19
Kondisi
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
pengaruh sistem tanam paksa pada masa pemerintahan Belanda
(strategi pada STP)
20
Perlawanan
terhadap Pemerintah Hindia Belanda
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui gambar siswa mampu mengidentifikasi
nama tokoh pahlawan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda (pahlawan wanita)
21
Letak Benua Asia dan Benua lainnya
Pengetahan dan
Pemahaman
Menunjukkan
Melalui peta siswa mampu menunjukkan
letak benua-benua di dunia (peta buta benua)
22
Letak Benua Asia
Pengetahan dan
Pemahaman
Menunjukkan
Melalui peta siswa mampu menunjukkan
letak Negara di benua Asia (peta negara asia timur)
23
Bentuk
muka bumi Benua Asia dan Benua Afrika
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui ilustrasi siswa mampu
mengidentifikasi bentuk muka bumi di Mesir (bentuk
darat mesir)
24
Potensi
sumber daya alam di benua Amerika
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui
ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan potensi sumber daya alam di benua
Amerika (amerka)
25
Kondisi geografis Benua Asia dan
Benua lainnya (iklim)
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Melalui ilustrasi siswa mampu
mengidentifikasi iklim di Jepang (musim semi)
26
Sumber Daya Manusia
(Pertumbuhan penduduk)
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis kondisi jumlah
penduduk di Australia (faktr penyebab pend. Ausi
berkurang)
27
Perubahan
sosial budaya
Aplikasi
Menganalisis
Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis
pengaruh interaksi antarnegara dalam
perubahan sosial budaya (bidang perubahan sosbud)
28
Bentuk perubahan sosial budaya
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
bentuk perubahan sosial budaya (proses pengaruh budaya lain, bencana alam )
29, 30
faktor pendorong dan penghambat perubahan
sosial
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui pernyataan siswa mampu
mendiskripsikan faktor pendorong dan penghambat
perubahan sosial ()
31
Konsep globalisasi
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Siswa mampu mengidentifikasi tentang
globalisasi (apa proses globalisasi)
32
Bentuk globalisasi
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan waktu perjalanan
dengan kecepatan alat transportasi (menghitung waktu
kecepatan kereta dijepang)
33
Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan
kebangsaan
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis upaya menghadapi globalisasi
34
Dampak
negatif globalisasi
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis dampak negatif
globalisasi
35
globalisasi
bidang ekonomi
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi
IPTEK (manfaatnya)
36
Pengertian perdagangan
internasional
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan tentang
perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasioanal (tabel perbedaan)
37
Mengembangkan ekonomi kreatif
berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Aplikasi
Menganalisis
Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis strategi pemerintah dalam mengembangan ekonomi kreatif
38
Pengembangan
pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk
kesejahteraan masyarakat
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Siswa mampu mengidentifikasi
pusat keunggulan ekonomi di Indonesia
39
Konsep pasar bebas
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis tantangan dalam
menghadapi perdagangan bebas bagi Indonesia
40
Pasar
Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO).
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis tentang
WTO
41
Pasar
Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, WTO,
Uni Eropa).
Pengetahan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Siswa mampu mengidentifikasi salah satu
organisasi pasar bebas (di asia tenggara sebagai
basis yakni AFTA)
42
Persiapan
kemerdekaan Indonesia
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan sidang BPUPKI
pertama (rumusan pd sidang 1/dasar negara)
43
Persiapan
kemerdekaan Indonesia
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu diskripsikan peristiwa sambutan
rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan
(NICA)
44
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
upaya diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan (penghentian perang/musuha
indo-belanda 1948)
45
Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa
kemerdekaan
.
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan keadaan
ekonomi pada masa kemerdekaan (invasi)
46
Perkembangan
Politik Masa
Demokrasi Parlementer (1950-
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis perkembangan politik
pada masa demokrasi parlementer (kabinet khusus)
47
Perkembangan
politik pada masa Demokrasi terpimpin (1959-1965)
Pengetahan dan
Pemahaman
Mendiskripsikan
Siswa mampu mendiskripsikan perkembangan
ekonomi pada masa demokrasi terpimpin (dwikora)
48
Perkembangan
ekonomi masyarakat Indonesia masa Orde Baru.
Aplikasi
Menganalisis
Siswa
mampu menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa orde
baru
(stategi
jangka pendek)
49
Kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa
reformasi
Aplikasi
Menganalisis
Siswa mampu menganalisis
agenda reformasi bidang pendidikan yang dilakukan pemerintah Indonesia (
50
Baiklah kids pemaparan materi kali ini cukup luaskan… dan masih banyak lagi periswtiwa heroik sekitar Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ok children, to close the material in our meeting today, Mr. will give an assignment or evaluation to find out how far you understand the material that we have discussed together.
Tugas kalian
1. Setiap anak mencari materi diatas dan diberikan penjelasan sesuai pemahaman kalian berdasarkan materi kita hari ini.
Sumber Referensi
MGMP IPS BANDAR LAMPUNG
https://buku.kemdikbud.go.id/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
KELAS IXF
JP 8-9
ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
ALHAMDULILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN, WASSHOLAATU WASSALAAMU ‘ALAA ASYROOFIL ANBIYAA-I WAL MURSALIIN, NABIYYINAA WAHABIIBINAA MUHAMMADIN, WA’ALA ALIHI WASHAHBIHI AJ’MA’IIN, WA MAN TABI’AHUM BIIHSANIN ILAA YAUMIDDIN, AMMA BA’DU.
SELAMAT PAGI ANAK-ANAKKU YANG CERDAS
BAGAIMANA KABARNYA HARI INI? SEHAT SEMUA YAA.. ALHAMDULILLAH..
IN SYAA ALLAH KALIAN SUDAH SHOLAT SUBUH SEMUA YAA, JANGAN LUPA TADARUS SERTA SHOLAT DHUHA YAA....! SEBELUM BELAJAR BAIKNYA KITA BERDOA SEJENAK.. BERDOA MULAI...
AAMIIN
SEMOGA KITA SEMUA DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DAN SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT. AAMIIN
ALHAMDULILLAH HARI INI, KITA BISA BERTEMU KEMBALI DALAM PELAJARAN IPS.
SEBELUM KITA MULAI, MARILAH KITA MEMBACA DOA TERLEBIH DAHULU.
ANAK-ANAKKU, PADA PERTEMUAN KALI INI, KITA AKAN MEMPELAJARI
MATERI DI SEMESTER GENAP .
BAIKLAH SILAKAN BACA DAN KERJAKAN SOAL PENILAIAN PENGETAHUAN BERIKUT BERIKUT INI. ... .
MASA ORDE BARU DAN REFORMASI
KD 3.4. MENGANALISIS KRONOLOGI, PERUBAHAN DAN KESINAMBUNGAN RUANG (GEOGRAFIS, POLITIK, EKONOMI, PENDIDIKAN, SOSIAL, BUDAYA) DARI AWAL KEMERDEKAAN SAMPAI AWAL REFORMASI.
TUJUAN PEMBELAJARAN
SETELAH SISWA MEMPELAJARI MATERI INI, DIHARAPKAN SISWA DAPAT :
memahamai soal melalui indikator soal
materi
kisi kisi lus ips
Konten/Materi Level Kognitif Indikator Soal Nomor Soal Letak indonesia secara astronomis Aplikasi Menganalisis Siswa mampu
menganalisis dampak letak astronomis Indonesia 1 Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia) Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan kondisi
saling bergantung dalam interaksi antarruang 2 Interaksi
sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi). Pengetahan dan Pemahaman Memahami Melalui tabel siswa mampu memahami proses
berlangsungnya suatu interaksi sosial 3 Bentuk interaksi sosial
asosiatif dan disosiatif Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Melalui ilustrasi siswa mampu
mendiskripsikan bentuk interaksi sosial asosiatif dan
disosiatif 4 Memahami
Permintaan dan penawaran Aplikasi Menunjukkan Siswa
mampu menunjukkan jumlah permintaan dan penawaran 5 Memahami
Permintaan dan penawaran Aplikasi Menganalisis Siswa mampu mendiskripsikan
tentang penawaran 6 Pemahaman
lokasi melalui peta Aplikasi Menunjukkan Siswa dapat menunjukkan perbandingan jarak dipeta dengan jarak sebenarnya di
lapangan 7 Kesultanan
islam yang ada di Indonesia Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Melalui
peta siswa mampu mengidentifikasi kesultanan islam
yang ada di Indonesia 8 Kondisi geografis Negara-negara ASEAN
(letak) Aplikasi Mendiskripsikan Siswa mampu mendiskripsikan letak Negara-negara ASEAN berdasarkan letak astronomis 9 Kondisi geografis Negara-negara ASEAN
(letak) Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Melalui peta siswa dapat
mengidentifikasi letak negara-negara ASEAN (ciri-ciri
dan letak di peta asean) 10 Bentuk-bentuk
kerja sama Negara-negara ASEAN Pengetahuan dan Pemahaman Mendiskripsikan Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
bentuk kerjasama negara-negara ASEAN (kerjasam bid.
Sosbud) 11 Konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan,
kesejahteraan) Aplikasi Menganalisis Siswa mampu menganalisis tentang negara
Brunei Daraussalam dalam perekonomian (teknologi yg
dipakai brunei dalam mencukupi pangan) 12 Mobilitas Sosial Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Siswa mampu mendiskripsikan mobilitas sosial (faktor
mobilitas tinggi dan rendah) 13 Perbedaan budaya Aplikasi Mendiskripsikan Siswa mampu mendiskripsikan hasil-hasil
budaya manusia (hasil budaya manusia, ahli sosiolog
kelas 8) 14 Proses
Integrasi Aplikasi Mendiskripsikan Melalui gambar siswa mampu mendiskripsikan bentuk integrasi social (gambar tentang
faktor integrasi) 15 Peran rumah tangga keluarga Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Melalui gambar Siswa mampu mengidentifikasi
peran rumah tangga keluarga dalam perekonomian (gbr
produksi atau konsumen) 16 Ruang lingkup perdagangan antarnegara/ internasional Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Melalui tabel siswa mampu mendiskripsikan ruang
lingkup perdagangan antarnegara/ Internasional (ruang
lingkup perdag internasiona) 17 Potensi agrikultur di Indonesia Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Melalui table siswa mampu mengidentifikasi potensi
agrikultur di Indonesia (tanaman unggul dan andalan) 18 Kedatangan
bangsa-bangsa barat Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Siswa mampu mendiskripsikan latar belakang
kedatangan bangsa barat ke Indonesia 19 Kondisi
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
pengaruh sistem tanam paksa pada masa pemerintahan Belanda (strategi pada STP) 20 Perlawanan
terhadap Pemerintah Hindia Belanda Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Melalui gambar siswa mampu mengidentifikasi
nama tokoh pahlawan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda (pahlawan wanita) 21 Letak Benua Asia dan Benua lainnya Pengetahan dan Pemahaman Menunjukkan Melalui peta siswa mampu menunjukkan
letak benua-benua di dunia (peta buta benua) 22 Letak Benua Asia Pengetahan dan Pemahaman Menunjukkan Melalui peta siswa mampu menunjukkan
letak Negara di benua Asia (peta negara asia timur) 23 Bentuk
muka bumi Benua Asia dan Benua Afrika Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Melalui ilustrasi siswa mampu
mengidentifikasi bentuk muka bumi di Mesir (bentuk
darat mesir) 24 Potensi
sumber daya alam di benua Amerika Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Melalui
ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan potensi sumber daya alam di benua
Amerika (amerka) 25 Kondisi geografis Benua Asia dan
Benua lainnya (iklim) Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Melalui ilustrasi siswa mampu
mengidentifikasi iklim di Jepang (musim semi) 26 Sumber Daya Manusia (Pertumbuhan penduduk) Aplikasi Menganalisis Siswa mampu menganalisis kondisi jumlah
penduduk di Australia (faktr penyebab pend. Ausi
berkurang) 27 Perubahan
sosial budaya Aplikasi Menganalisis Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis
pengaruh interaksi antarnegara dalam
perubahan sosial budaya (bidang perubahan sosbud)
28 Bentuk perubahan sosial budaya Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
bentuk perubahan sosial budaya (proses pengaruh budaya lain, bencana alam ) 29, 30 faktor pendorong dan penghambat perubahan
sosial Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Melalui pernyataan siswa mampu
mendiskripsikan faktor pendorong dan penghambat
perubahan sosial () 31 Konsep globalisasi Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Siswa mampu mengidentifikasi tentang
globalisasi (apa proses globalisasi) 32 Bentuk globalisasi Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Siswa mampu mendiskripsikan waktu perjalanan
dengan kecepatan alat transportasi (menghitung waktu
kecepatan kereta dijepang) 33 Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan
kebangsaan Aplikasi Menganalisis Siswa mampu menganalisis upaya menghadapi globalisasi 34 Dampak
negatif globalisasi Aplikasi Menganalisis Siswa mampu menganalisis dampak negatif
globalisasi 35 globalisasi
bidang ekonomi Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi
IPTEK (manfaatnya) 36 Pengertian perdagangan
internasional Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Siswa mampu mendiskripsikan tentang
perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasioanal (tabel perbedaan) 37 Mengembangkan ekonomi kreatif
berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Aplikasi Menganalisis Melalui ilustrasi siswa mampu menganalisis strategi pemerintah dalam mengembangan ekonomi kreatif 38 Pengembangan
pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk
kesejahteraan masyarakat Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Siswa mampu mengidentifikasi
pusat keunggulan ekonomi di Indonesia 39 Konsep pasar bebas Aplikasi Menganalisis Siswa mampu menganalisis tantangan dalam
menghadapi perdagangan bebas bagi Indonesia 40 Pasar
Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO). Aplikasi Menganalisis Siswa mampu menganalisis tentang WTO 41 Pasar
Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, WTO,
Uni Eropa). Pengetahan dan Pemahaman Mengidentifikasi Siswa mampu mengidentifikasi salah satu
organisasi pasar bebas (di asia tenggara sebagai
basis yakni AFTA) 42 Persiapan
kemerdekaan Indonesia Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Siswa mampu mendiskripsikan sidang BPUPKI
pertama (rumusan pd sidang 1/dasar negara) 43 Persiapan
kemerdekaan Indonesia Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Siswa mampu diskripsikan peristiwa sambutan
rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan (NICA) 44 Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan
upaya diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan (penghentian perang/musuha
indo-belanda 1948) 45 Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa
kemerdekaan . Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Siswa mampu mendiskripsikan keadaan
ekonomi pada masa kemerdekaan (invasi) 46 Perkembangan
Politik Masa
Demokrasi Parlementer (1950- Aplikasi Menganalisis Siswa mampu menganalisis perkembangan politik
pada masa demokrasi parlementer (kabinet khusus) 47 Perkembangan
politik pada masa Demokrasi terpimpin (1959-1965) Pengetahan dan Pemahaman Mendiskripsikan Siswa mampu mendiskripsikan perkembangan
ekonomi pada masa demokrasi terpimpin (dwikora) 48 Perkembangan
ekonomi masyarakat Indonesia masa Orde Baru. Aplikasi Menganalisis Siswa
mampu menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa orde
baru (stategi
jangka pendek) 49 Kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa
reformasi Aplikasi Menganalisis Siswa mampu menganalisis
agenda reformasi bidang pendidikan yang dilakukan pemerintah Indonesia ( 50
Baiklah kids pemaparan materi kali ini cukup luaskan… dan masih banyak lagi periswtiwa heroik sekitar Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ok children, to close the material in our meeting today, Mr. will give an assignment or evaluation to find out how far you understand the material that we have discussed together.
Tugas kalian
1. Setiap anak mencari materi diatas dan diberikan penjelasan sesuai pemahaman kalian berdasarkan materi kita hari ini.
Sumber Referensi
MGMP IPS BANDAR LAMPUNG
https://buku.kemdikbud.go.id/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
24 komentar:
assalamualaikum pak, terimakasih
Amanda Wahyuni 9G
Assalamualaikum Pak, terima kasih
— Maura Lodya Amela 9G
Assalamu'alaikum pak trimakasih Zainuri 9G
Assalamualaikum Pak, terima kasih
Atika ghaisani 9G
Assalamualaikum pak baik
Bisma putra jaya 9G
Assalamualaikum Pak, terima kasih
Ardelia Devina M 9G
Assalamualaikm
Mutiara 9G
Assalamualaikum pak terimakasih
Natahsya Murtadho 9G
Assalamu'alaikum pak, terimakasih
Sultan Zacky A.H 9G
assalamu'alaikum pak, terimakasih
Nazwa Rizka Aulia 9G
assalamualaikum pak terimakasih
firyal 9g
Assalamu'alaikum pak Terima kasih
-Alief rizky ramadhan 9G
Assalamualaikum terimakasih pak
-scania 9G
Assalamualaikum pak, terimakasih 🙏🏻
M.jhody 9G
alhamdulillah nambah
Assalamu'alaikum terimakasih atas materi nya raffy dwi rahman kls 9G
Assalamualaikum pak, terimakasih
-winda9G
Assalamualaikum Pak Terimakasih atas Materi Kisi-kisi nya 🙏🙏
Cahaya Ibramsyah 9G
Assalamu'alaikum pak Terimakasih atas materinya
Rafly fadhillah 9G
Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
M dirly afrijal 9G
Assalamualaikum Pak Terimakasih atas Materi Kisi-kisi nya
Cahaya Ibramsyah 9G
Assalamualaikum pak terimakasih materinya
mirabel putri winanti 9G
assalamualaikum pak terimakasih atas kisi kisi nya
Adira Raffi K 9G
assalamualaikum pak, terimakasih pak
arinda siska aulia 9g
Posting Komentar