Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Senin, 16 Januari 2023

P4 Mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

 

Senin – Jumat,  16 s.d 20 Januari   2023


Aprizal

IPS

IX .A  Selasa  78 Rabu   78

IX. B  Selasa  45 Jumat 45

IX. C  Kamis   34 Jumat  23

IX. D  Senin    56 Selasa   12

IX. E  Selasa  910 Rabu  910

IX. F  Senin    12 Rabu    12

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Selamat pagi anak-anakku  kelas IX yang  cerdas

Bagaimana kabarnya hari ini? sehat semua yaa.. alhamdulillah..

In syaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta sholat dhuha yaa....! sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai...     

aamiin

 

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari

Materi di awal semester Genap bagi kelas IX 

Baiklah silakan baca dan pahami materi pengantar  berikut  berikut ini :

 

Kompetensi Dasar

3.3   Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

 

Tujuan Pembelajaran

 

Melalui Pembelajaran Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat :

            1.     Menjelaskan strategi pengembangan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah                 untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

   2.    Menjelaskan strategi pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi untuk       

       kesejahteraan masyarakat




 

Materi Pokok

Ketergantungan antarruang dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat

 

Sub Materi

Mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Penjelasan ringkas

Konsep Ekonomi Kreatif

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya (Supriadi, 2001)

Dalam setiap kegiatan ekonomi diperlukan suatu pemikiran yang kreatif yang dapat membantu alternatif tindakan.

Seorang wirausahawan adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan mengambil tindakan yang tepat, serta memastikan keberhasilan. Seorang wirausahawan tidak hanya mampu berbuat sesuatu yang baik bagi dirinya melainkan bagi orang lain.

Peranan wirausahawan juga mampu membuka lapangan kerja baru, sehingga dapat membantu pemerintah dapat mengurangi pengangguran. Gagasan kreatif sangat diperlukan dalam kehidupan ekonomi. Karena gagasan ini para pelaku ekonomi muncul suatu ide yang inovatif yang akhirnya dapat menjadi pendorong dalam meningkatkan kegiatan ekonomi.

Perekonomian mengalami transformasi yang tadinya berbasis Sumber Daya Alam (SDA) diikuti menjadi berbasis Sumber Daya Manusia (SDM). Artinya kegiatan ekonomi dikembangkan mencakup industri dengan kreativitas sumber daya manusia sebagai aset utamanya untuk menciptakan nilai tambah ekonomi.

Konsep ekonomi kreatif adalah pengembangan konsep yang berlandaskan sumber aset kreatif yang diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan potensi ekonomi. Jumlah penduduk yang banyak dan potensi sumber daya budaya yang beraneka ragam dapat dijadikan sebagai modal untuk mengembangkan industri kreatif. Kekayaan potensi seni budaya dari berbagai daerah sebagai fondasi untuk tumbuhnya industri kreatif. Keragaman budaya daerah sebagai bahan baku industri kreatif

14 SUBSEKTOR

EKONOMI KREATIF

Ada 14 subsektor yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wiayah.  Pemerintah mengidentifikasi lingkup industri kreatif mencakup 14 subsektor sebagai berikut.

1.      Periklanan (advertising). Kegiatan ini berkaitan dengan jasa periklanan, yakni komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu. Meliputi proses kreasi, operasi, dan distribusi dari periklanan yang dihasilkan, misalnya riset pasar, perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan luar ruang, produksi material periklanan, promosi dan kampanye relasi publik.

2.      Arsitektur. Kegiatan ini berkaitan dengan desain bangunan secara menyeluruh, baik dari level makro (town planning, urban design, landscape architecture) sampai level mikro (detail konstruksi). Misalnya, arsitektur taman, perencanaan kota, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan sejarah, pengawasan konstruksi, perencanaan kota, konsultasi kegiatan teknik dan rekayasa seperti bangunan sipil dan rekayasa mekanika dan elektrikal.

3.      Pasar Barang Seni. Kegiatan ini berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni dan sejarah yang tinggi melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan dan internet, meliputi barang-barang musik, percetakan, kerajinan, automobile, dan film.

4.      Kerajinan (craft). Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat atau dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai proses penyelesaian produknya. Antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu dan besi), kaca, porselen, kain, marmer, tanah liat, dan kapur.

5.      Desain. Kreatif ini yang berkaitan dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.

6.      Fesyen (fashion). Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultasi lini produk berikut distribusi produk fesyen.

7.      Video, Film dan Fotografi. Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksebisi atau festival film.

8.      Permainan Interaktif (game). Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi.

9.      Musik. Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi atau komposisi, pertunjukkan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara.

10.  Seni Pertunjukan (showbiz). Kegiatan ini berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukkan. Misalnya, pertunjukkan wayang, balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk musik etnik, desain dan pembuatan busana pertunjukkan, tata panggung, dan tata pencahayaan.

11.    Penerbitan dan Percetakan. Kegiatan ini berkaitan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita.

12.     Layanan Komputer dan Piranti Lunak (software). Kegiatan ini berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi, termasuk layanan jasa komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta desain portal termasuk perawatannya.

13.    Televisi dan Radio (broadcasting). Kegiatan ini berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment, dan lainnya), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station relay (pemancar) siaran radio dan televisi.

14.    Riset dan Pengembangan. Kegiatan ini berkaitan dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi, serta mengambil manfaat terapan dari ilmu dan teknologi tersebut guna perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

 

Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Daerah

Potensi-potensi kreatif dari beberapa daerah melakukan kegiatan kreatif secara rutin dengan tujuan untuk memperkenalkan hasil inovasi ke masyarakat lokal dan dunia. Kegiatan kreatif yang secara rutin diselenggarakan daerah antara lain sebagai berikut :

1.    Bandung, misalnya Helarfest, Braga Festival

2.    Jakarta, misalnya Festival Kota Tua, PRJ, Jak Jazz, Jiffest

3.    Solo, misalnya Solo Batik Carnival, Pasar Windu Jenar

4.    Yogyakarta : Festival Kesenian Yogyakarta, Pasar Malam Sekaten, Biennale

5.    Jember: Jember Fashion Carnaval

6.    Bali : Bali Fashion Week, Bali Art Festival, Bali sanur festival

7.    Lampung : Way Kambas Festival

8.    Palembang: Festival Musi

Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif

Untuk mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah, pemerintah memiliki strategi dengan melaksanakan pembangunan secara terintegrasi antara masyarakat, swasta dan pemerintah. Beberapa strategi tersebut antara lain sebagai berikut :

1.      Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industri kreatif berbasis budaya. Insentif tersebut meliputi perlindungan produk budaya, kemudahan memperoleh dana pengembangan, fasilitas pemasaran dan promosi, hingga pertumbuhan pasar domestik dan internasional.

2.      Membuat Roadmap Industri kreatif yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah dan kalangan swasta.

3.      Membuat program komprehensif untuk menggerakkan industri kreatif melalui pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, desain, mutu, dan pengembangan pasar.

4.      Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya industri kreatif. Contoh yang dilindungi Hak Kekayaan Intelektual (HKI)-nya antara lain, buku, tulisan, drama, tari, koreografi, karya seni rupa, lagu atau musik, dan arsitektur. Pemberian hak paten terhadap penemuan baru, merek produk atau jasa, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu dan rahasia dagang.

5.      Membentuk Indonesia Creative Council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif.


Upaya Mengembangkan Ekonomi Kreatif Kementerian Perdagangan

Kementerian Perdagangan melakukan upaya pengembangan ekonomi kreatif untuk mewujudkan strategi pemerintah dengan langkah sebagai berikut:

1.   Pengembangan Database ekonomi kreatif Indonesia yang didukung dengan teknologi informasi .

2.   Peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan

3.   Pekan produk kreatif Indonesia ( PPKI)

4.   Festival Ekonomi Kreatif

5.   Wahana kreatif

6.   Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran

7.   Riset ekonomi kreatif dan fasilitas pemberian insentif yang mendukung inovasi

8.   Fasilitasi kegiatan yang mendorong lahirnya insan kreatif dan entrepreneur kreatif baru

9.   Kegiatan Fasilitasi kegiatan yang mendorong lahirnya insan kreatif dan entrepreneur kreatif Baru untuk merangsang terciptanya insan kreatif dan entrepreneur baru di Indonesia.

10.    Pencipataan indentitas lokal daerah tingkat I dan II serta indentitas nasional



Sebagai bahan refleksi, mari kita lakukan ebaluasi berikut ini :


Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!

Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!

Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan!

Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif

Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!

Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!



Referensi:

https://www.edukasiips.com/2020/01/soal-tts-ips-kelas-7-8-dan-9-semester.html

https://www.cecepgaos.com/2021/02/rangkuman-materi-ips-kelas-9-bab-3-sub_84

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/modul-pjj-ips-kelas-9-semester-genap/

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-daring-ips-kelas-9-semester-2

Kurnia A. (2017) IPS Terpadu SMP Kelas IX. Edisi ke-2. Jakarta: Yudhistira

 Artikel diperbarui pada 15 Desember 2020

https://www.didno76.com/2020/08/materi-ips-smpmts-kelas-9-semester-2.html


40 komentar:

Rakha satria mengatakan...

Assalamualaikum
Nama:Rakha satria
Kelas:9f
Terima kasih atas materinya

alip mengatakan...

Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!=Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan Menciptakan inovasi


Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif! Inovasi Baru Berkembang Cepat,
Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja,
Manusia Semakin Kreatif,
Persaingan yang Kompetitif.

Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan! 1. Lebih inovatif dan kreatif. 2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi. 3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK

Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif =Memiliki kreasi Intelektual. Kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas, keahlian, serta talenta.
Mudah Tergantikan.
Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung.
Memerlukan Kerja Sama.
Berbasis Pada Ide.
Tidak Terbatas.


Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!pertama, kesulitan mendapatkan bahan baku. Masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB). Kedua, permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang. Ketiga, penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan. Keempat, pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.

Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!Industri adalah suatu usaha pengolahan barang mentah atau setengah jadi menjadi barang konsumsi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan bagi produsen. Industri memiliki beberapa cabang salah satunya adalah industri kreatif, industri kreatif dibentuk untuk menambah perekonomian negara karena peran industri sangat besar besar dalam bidang perekonomian.

-Alip 9F

Daris mengatakan...

assalamualaikum wr WB
Nama : Muhammad Daris Arya Baja
kelas : 9F
jawaban :

1.-Memberikan kontibusi ekonomi yang signifikan
-Menciptakan iklim bisnis yang positif
-Membangun citra dan identitas bangsa
-Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan
-Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan
-Kompetitif suatu bangsa


2.-Kualitas Produk yang Membaik
-Membuka Lapangan Kerja
-Meningkatkan Kualitas Hidup
-Membangun Citra dan Identitas Negara yang Positif


3.-. Lebih inovatif dan kreatif.
-. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
-. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
-. Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.


4.-Memiliki elemen utama
-Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas
-Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak
-Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain


5.-kesulitan mendapatkan bahan baku
- permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang
-penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan
- pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal


6.-Industri musik, musik merupakan salah hal yang mungkin tidak bisa jauh dari hidup kita. Karena musik memberikan suatu mental support terhadap beberapa orang dalam melakukan kegiatan. Maka dari itu Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
-Industri makanan, industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara. Kuliner adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari hidup kita. Aneka makanan dan disajikan dan dibuat dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada bidang ini perekonomian juga dapet menggaet warga luar untuk datang ke Indonesia untuk mencoba aneka kuliner.
-Industri film, industri ini bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.
-industri kecantikan untuk merawat kulit wajah dan badan. Perikalanannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada terutama sosial media dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Industri ini membuat foto dan video tentang produknya kemudian diiklankan di media sosial seperti tiktok, instagram, facebook, twitter dan website. Selain itu juga membuat poster yang ditampilkan di papan iklan sepanjang jalan raya utama. Industri juga menjalin kerja sama dengan artis atau tokoh terkenal untuk mengiklankan produk mereka.

sam yavet abi gail mengatakan...

assalamualaikum
nama:sam yavet abi gail
kelas:9f

jawaban
1.Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan
jawab:Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif antara lain karena ekonomi kreatif berpotensi besar dalam: Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa

2.Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif?
jawab:
-Inovasi Baru Berkembang Cepat.
-Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja.
-Manusia Semakin Kreatif.
-Persaingan yang Kompetitif.

3.Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan?
jawab: 1. Lebih inovatif dan kreatif
2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
4.karena pertumbuhan teknologi yang semakin cepat

4.Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif
jawab:
-Mudah Tergantikan
-Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung
-Memerlukan Kerja Sama
-Berbasis Pada Ide

5.Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!
jawab:
1.sulitnya menjalankan produksi karena dilakukan pembatasan kegiatan
2.berkurang transaksi akibat dari turunnya daya beli masyarakat
3.aturan protokol kesehatan yang menuntut biaya tambahan
4.kekurangan modal karena tidak ada transaksi dan melemahnya investasi

6.Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia
jawab:
1.mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru
2.industri musik, musik merupakan salah hal yang mungkin tidak bisa jauh dari hidup kita
3.industri makanan industri makanan atau industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara.
4.industri film, industri ini bergerak dalam bidang perfilman industri ini juga termasuk salah satu industri besar di Indonesia.

sam yavet abi gail mengatakan...

assalamualaikum
nama: rafael Ramadhan rafi nugraha
kelas:9f

jawaban
1.Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan
jawab:Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif antara lain karena ekonomi kreatif berpotensi besar dalam: Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa

2.Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif?
jawab:
-Inovasi Baru Berkembang Cepat.
-Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja.
-Manusia Semakin Kreatif.
-Persaingan yang Kompetitif.

3.Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan?
jawab: 1. Lebih inovatif dan kreatif
2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
4.karena pertumbuhan teknologi yang semakin cepat

4.Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif
jawab:
-Mudah Tergantikan
-Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung
-Memerlukan Kerja Sama
-Berbasis Pada Ide

5.Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!
jawab:
1.sulitnya menjalankan produksi karena dilakukan pembatasan kegiatan
2.berkurang transaksi akibat dari turunnya daya beli masyarakat
3.aturan protokol kesehatan yang menuntut biaya tambahan
4.kekurangan modal karena tidak ada transaksi dan melemahnya investasi

6.Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia
jawab:
1.mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru
2.industri musik, musik merupakan salah hal yang mungkin tidak bisa jauh dari hidup kita
3.industri makanan industri makanan atau industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara.
4.industri film, industri ini bergerak dalam bidang perfilman industri ini juga termasuk salah satu industri besar di Indonesia.

Wep mengatakan...

Nama: Wafa Aziza
9f

Jawaban:
1.Memberikan kontibusi ekonomi yang
signifikan

Menciptakan iklim bisnis yang positif

Membangun citra dan identitas bangsa

Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan

Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan

Kompetitif suatu bangsa

2.
•Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja

•Inovasi Baru Berkembang Cepat

•Manusia Semakin Kreatif

•Persaingan yang Kompetitif

•Kualitas Produk Semakin Bagus Berkat Ekonomi Kreatif

•Pertumbuhan Ekonomi

3.
•Lebih inovatif dan kreatif.
•Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
• Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK. • Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.


4.
Adanya kolaborasi berbagai aktor, yakni kaum intelektual, dunia usaha, dan pemerintah.

Berbasis pada ide atau gagasan.

Pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha.

Konsep yang dibangun bersifat relatif.

5.
pertama, kesulitan mendapatkan bahan baku. Masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB). Kedua, permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang. Ketiga, penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan. Keempat, pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.

6.
Contoh industri kreatifnya adalah industri yang menghasilkan produk kecantikan untuk merawat kulit wajah dan badan. Perikalanannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada terutama sosial media dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.





Unknown mengatakan...

Assalamualaikum
Nayla Amalia putri 9F
1.Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!=Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan Menciptakan inovasi


2.Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif! Inovasi Baru Berkembang Cepat,
Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja,
Manusia Semakin Kreatif,
Persaingan yang Kompetitif.

3.Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan! 1. Lebih inovatif dan kreatif. 2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi. 3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK

4.Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif =Memiliki kreasi Intelektual. Kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas, keahlian, serta talenta.
Mudah Tergantikan.
Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung.
Memerlukan Kerja Sama.
Berbasis Pada Ide.
Tidak Terbatas.


5.Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!pertama, kesulitan mendapatkan bahan baku. Masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB). Kedua, permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang. Ketiga, penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan. Keempat, pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.

6.Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!Industri adalah suatu usaha pengolahan barang mentah atau setengah jadi menjadi barang konsumsi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan bagi produsen. Industri memiliki beberapa cabang salah satunya adalah industri kreatif, industri kreatif dibentuk untuk menambah perekonomian negara karena peran industri sangat besar besar dalam bidang perekonomian.

Rahma kaila fitriansah mengatakan...

Rahma kaila fitriansah
9f
Jawaban=
1.) Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan Menciptakan inovasi

2.) 1.Membuka lapangan pekerjaan baru. ...
2.Mendorong masyarakat jadi lebih kreatif. ...
3.Meningkatkan inovasi di berbagai bidang. ...
4.Menciptakan kompetisi bisnis yang sehat. ...
3.) 1. Lebih inovatif dan kreatif.
2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi
3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
4.) Memiliki kreasi Intelektual.
Kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas, keahlian, serta talenta. ...
Mudah Tergantikan. ...
Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung. ...
Memerlukan Kerja Sama.
5.) A.Sulitnya menjalankan produksi karena dilakukan pembatasan kegiatan
B.Berkurangnya transaksi akibat dari turunnya daya beli masyarakat
C.Aturan protokol kesehatan yang menuntut biaya tambahan
D.Kekurangan modal karena tidak ada transaksi dan melemahnya investasi
6.) Mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru
Industri musik, musik merupakan salah hal yang mungkin tidak bisa jauh dari hidup kita. Karena musik memberikan suatu mental support terhadap beberapa orang dalam melakukan kegiatan. Maka dari itu Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
Industri makanan, industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara. Kuliner adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari hidup kita. Aneka makanan dan disajikan dan dibuat dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada bidang ini perekonomian juga dapet menggaet warga luar untuk datang ke Indonesia untuk mencoba aneka kuliner.
Industri film, industri ini bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.

TERIMA KASIH🙏🏼

Safira mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
nama:DIARA SIFA PUSPITA
kelas:9f

soal:
1.mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!


2.jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!

3.Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan!

4.Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif


5.Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!

6.Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!

jawaban:
1.Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif antara lain karena ekonomi kreatif berpotensi besar dalam: Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan Menciptakan inovasi

2-.Manusia Semakin Kreatif
-Persaingan yang Kompetitif
-Kualitas Produk Semakin Bagus Berkat ekonomi kreatif
-Pertumbuhan Ekonomi.

3. 1. Lebih inovatif dan kreatif.
2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
4.Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan

4.-Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung
-Memerlukan Kerja Sama
-Berbasis Pada Ide
-Tidak Terbatas.

5-Ketersediaan Bahan Baku.
- Teknologi Canggih.
-Masalah Permodalan.
-Ruang Publik.

6.Periklanan. Periklanan ini merupakan perusahaan jasa di bidang periklanan komersial.
Perfilman, Fotografi, dan Videografi.
Arsitektur.
Musik

Fanisa mengatakan...

Assalamualaikum
Nama:Fanisa Aurelia
Kls:9F
Jawaban:

1.Memberikan kontibusi ekonomi yang
signifikan

Menciptakan iklim bisnis yang positif

Membangun citra dan identitas bangsa

Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan

Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan

Kompetitif suatu bangsa

2.
•Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja

•Inovasi Baru Berkembang Cepat

•Manusia Semakin Kreatif

•Persaingan yang Kompetitif

•Kualitas Produk Semakin Bagus Berkat Ekonomi Kreatif

•Pertumbuhan Ekonomi

3.
•Lebih inovatif dan kreatif.
•Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
• Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK. • Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.


4.
Adanya kolaborasi berbagai aktor, yakni kaum intelektual, dunia usaha, dan pemerintah.

Berbasis pada ide atau gagasan.

Pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha.

Konsep yang dibangun bersifat relatif.

5.
pertama, kesulitan mendapatkan bahan baku. Masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB). Kedua, permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang. Ketiga, penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan. Keempat, pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.

6.
Contoh industri kreatifnya adalah industri yang menghasilkan produk kecantikan untuk merawat kulit wajah dan badan. Perikalanannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada terutama sosial media dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Safira mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
nama:Safira Puteri samanda
kelas:9f

soal:
1.mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!


2.jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!

3.Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan!

4.Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif


5.Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!

6.Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!

jawaban:
1.Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif antara lain karena ekonomi kreatif berpotensi besar dalam: Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan Menciptakan inovasi

2-.Manusia Semakin Kreatif
-Persaingan yang Kompetitif
-Kualitas Produk Semakin Bagus Berkat ekonomi kreatif
-Pertumbuhan Ekonomi.

3. 1. Lebih inovatif dan kreatif.
2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
4.Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan

4.-Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung
-Memerlukan Kerja Sama
-Berbasis Pada Ide
-Tidak Terbatas.

5-Ketersediaan Bahan Baku.
- Teknologi Canggih.
-Masalah Permodalan.
-Ruang Publik.

6.Periklanan. Periklanan ini merupakan perusahaan jasa di bidang periklanan komersial.
Perfilman, Fotografi, dan Videografi.
Arsitektur.
Musik

hilman adhi mengatakan...

Nama:Hilman adhi
Kelas:9F
Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!
-bisa mendorong adanya inovasi di Indonesia
-bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru
-bisa mengurangi angka pengangguran
-bisa mendorong kreativitas bagi setiap warga indonesia


Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!
-menciptakan lapangan pekerjaan baru
-bisa mengurangi angka kemiskinan
-mendorong pertumbuhan ekonomi
-mengurangi angka pengangguran

Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan!
-perkembangan ekonomi yang pesat
-lebih inovatif
-lebih kreatif
-pelayanan startup lebih memuaskan

Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif
-berbasis pada ide
-tidak memiliki batasan
-membutuhkan kerja sama
-mudah tergantikan


Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!
-kekurangan modal
-aturan protokol kesehatan
-sulit menjalankan produksi
-berkurangnya transaksi

Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!
-Mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru

-Industri musik, musik merupakan salah hal yang mungkin tidak bisa jauh dari hidup kita. Karena musik memberikan suatu mental support terhadap beberapa orang dalam melakukan kegiatan. Maka dari itu Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.

-Industri makanan, industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara. Kuliner adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari hidup kita. Aneka makanan dan disajikan dan dibuat dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada bidang ini perekonomian juga dapet menggaet warga luar untuk datang ke Indonesia untuk mencoba aneka kuliner.

-Industri film, industri ini bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.

Jessica amelia mengatakan...


-Menciptakan iklim bisnis yang positif
-Membangun citra dan identitas bangsa
-Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan
-Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan
-Kompetitif suatu bangsa

-ekonomi kreatif bisa membuka banyak lapangan kerja
-manusia semakin kreatif
-kualitas produk semakin bagus berkat ekonomi kreatif
-pertumbuhan ekonomi

-lebih inovatif kreatif
-memanfaatkan kecanggihan teknologi
-berkembangnya pola pikir masyarakat sering berkembang kemajuan IPTEK
-teknologi semakin cepat

-penyediaan produk secara langsung atau tidk langsung
-memerlukan kerja sama
-berbasis pada ide
-tidak terbatas

-sulitnya menjalnkan produksi karena dilakukan pengembangan kegiatan
-berkurangnya transaksi akibat dari turunya daya beli masyarkat
-aturan protokol kesehatan yg menuntut biaya tambahan
-kekurangan modal karena ada transaksi dan melemahnya investasi


-Industri adalah suatu usaha pengolahan barang mentah atau setengah jadi menjadi barang konsumsi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan bagi produsen. Industri memiliki beberapa cabang salah satunya adalah industri kreatif, industri kreatif dibentuk untuk menambah perekonomian negara karena peran industri sangat besar besar dalam bidang perekonomian.

Jessica amelia 9f

adzkia mutiara mengatakan...

adzkia mutiara 9F

1.-Memberikan kontibusi ekonomi yang signifikan
-Menciptakan iklim bisnis yang positif
-Membangun citra dan identitas bangsa
-Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan
-Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan
-Kompetitif suatu bangsa


2.-Kualitas Produk yang Membaik
-Membuka Lapangan Kerja
-Meningkatkan Kualitas Hidup
-Membangun Citra dan Identitas Negara yang Positif


3.-. Lebih inovatif dan kreatif.
-. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
-. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
-. Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.


4.-Memiliki elemen utama
-Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas
-Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak
-Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain


5.-kesulitan mendapatkan bahan baku
- permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang
-penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan
- pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal

6. -Mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru
- Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
- industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara.
- industri film, bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.

Anonim mengatakan...

Asalamualaikum.
nama:azahra keysa amallia
kelas:9f

no 1:Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan Menciptakan inovasi


no 2.:Inovasi Baru Berkembang Cepat.
Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja.
Manusia Semakin Kreatif.
Persaingan yang Kompetitif.
Kualitas Produk Semakin Bagus Berkat Ekonomi Kreatif.
Pertumbuhan Ekonomi.

no 3.:Alasan bisnis startup lebih berkembang cepat, antara lain; 1. Lebih inovatif dan kreatif. 2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi. 3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.

no 4.:Memiliki kreasi Intelektual. Kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas, keahlian, serta talenta.
Mudah Tergantikan.
Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung.
Memerlukan Kerja Sama.

no 5.:Ketersediaan Bahan Baku.
2. Teknologi Canggih.
Masalah Permodalan.
4. Ruang Publik.

no 6.:Periklanan. Periklanan ini merupakan perusahaan jasa di bidang periklanan komersial.
Perfilman, Fotografi, dan Videografi.
Arsitektur.
Musik.

Raya mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
nama:Raya Maghfirah
kelas:9f

soal:
1.mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!


2.jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!

3.Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan!

4.Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif


5.Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!

6.Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!

jawaban:
1.Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif antara lain karena ekonomi kreatif berpotensi besar dalam: Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan Menciptakan inovasi

2-.Manusia Semakin Kreatif
-Persaingan yang Kompetitif
-Kualitas Produk Semakin Bagus Berkat ekonomi kreatif
-Pertumbuhan Ekonomi.

3. 1. Lebih inovatif dan kreatif.
2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
4.Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan

4.-Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung
-Memerlukan Kerja Sama
-Berbasis Pada Ide
-Tidak Terbatas.

5-Ketersediaan Bahan Baku.
- Teknologi Canggih.
-Masalah Permodalan.
-Ruang Publik.

6.Periklanan. Periklanan ini merupakan perusahaan jasa di bidang periklanan komersial.
Perfilman, Fotografi, dan Videografi.
Arsitektur.
Musik

Maldiniramadan19 mengatakan...

nama muhamad maldini r
kelas 9f



1.Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif karena ekonomi kreatif berpotensi besar untuk Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan Menciptakan inovasi


2.
1.Pengembangan Inovasi
2.peluang usaha
3.Persaingan Sehat
4. Tersedianya Lapangan Kerja



3.
1.Lebih inovatif
2.lebih kreatif
3.Memanfaatkan kecanggihan teknologi
4.Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan zaman

4
1.Memerlukan Kerja Sama
2.Berbasis Pada Ide
3.Tidak Terbatas
4.mudah tergantikan

5.
1.Ketersediaan Bahan Baku
2.Masalah Permodalan
3.Ruang Publik
4.dibatasinya bersosialisi

6.industri film, bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.

N mengatakan...

Assalamualaikum
Naira Rifaya Isal
9f
Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!
•Jumlah penduduk yang banyak dan potensi sumber daya budaya yang beraneka ragam dapat dijadikan sebagai modal untuk mengembangkan industri kreatif
•dapat membantu pemerintah mengurangi pengangguran
•menciptakan inovasi baru
•membangun citra bangsa


Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!
•Menjadikan ekonomi Indonesia lebih kreatif
•membuka lapangan kerja baru
•menjadikan masyarakat lebih kreatif
•mengurangi angka pengangguran

Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan!
•Perkembangan Teknologi yang Pesat
• Banyaknya Penduduk di Indonesia
• Pihak Investor dan Pemerintah Saling Dukung
• Lebih inovatif dan kreatif

Sebutkan 4 karateristik ekonomi men
••Memiliki elemen utama
• Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas
• Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak
•Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain

Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!
•kesulitan mendapatkan bahan baku ( masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB) ).
•permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang.
•penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan.
• pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.

Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!
•Mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru
• Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
• industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara.
• industri film, bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.

Naura putri Az-Zahra mengatakan...

Assalamualaikum papi
Naura putri Az-Zahra 9F
Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan Menciptakan Iklim bisnis yang positif Membangun citra dan identitas bangsa Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan Menciptakan inovasi
Inovasi Baru Berkembang Cepat.
Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja.
Manusia Semakin Kreatif.
Persaingan yang Kompetitif.
Kualitas Produk Semakin Bagus Berkat Ekonomi Kreatif.
Pertumbuhan Ekonomi.
1. Alasan bisnis startup lebih berkembang cepat, antara lain; 1. Lebih inovatif dan kreatif. 2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi. 3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
.Memiliki kreasi Intelektual. Kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas, keahlian, serta talenta.
Mudah Tergantikan.
Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung.
Memerlukan Kerja Sama.
Ketersediaan Bahan Baku.
2. Teknologi Canggih.
Masalah Permodalan.
4. Ruang Publik.
Periklanan. Periklanan ini merupakan perusahaan jasa di bidang periklanan komersial.
Perfilman, Fotografi, dan Videografi.
Arsitektur.
Musik.

N.K Ayudya WD mengatakan...

Assalamu'alaikum, N.K.Ayudya.W.D / 9F

Jawaban:
1. Karena dengan di bangunnya ekonomi kreatif, dapat meningkatkan ekonomi² yang ada di Indonesia, krn dpt mengurangi angka pengangguran yang tinggi, krn dpt menguntungkan pihak individu dan orang lain, krn dapat melahirkan sesuatu yang baru sprtu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2. 1. Membuat kualitas produk semakin bgs
2. Meningkatkan kreativitas
3. Mengurangi angka pengangguran
4. Peningkatan ekonomi yg di dapat

3. lebih inovativ/kreatif, memanfaatkan kecanggihan teknologi, berkembangnya pola pikir masyarakat, teknologi semakin cepat.

4. Memiliki penguasaan yang kreatif untuk mengembangkan usahanya, memerlukan kerja sama yang kuat, lebih mengandalkan ide yang ada, produk yang dihasilkan secara langsng dn tdak lngsng.

5. kendalanya yaitu, protokol ketat yang membuat masyarakat dilarang klr untuk berbelanja tanpa kepentingan yang serius, takutnya terjangkit covid 19 saat berbelanja, kesulitan mendapatkan bahan yang digunakan, berkurangnya transaksi akibat dari turunnya daya beli masyarakat.

6. Perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan luar ruang, produksi material periklanan, promosi dan kampanye.

Terima Kasih, Wassalamu'alaikum.

Muhammad Azrel Zahran mengatakan...

Nama : Muhammad Azrel Zahran
Kelas : 9F


1. 4 Alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia :
1.dapat memberi dampak ekonomi positif
2.dapat menciptakan inovasi dan kreativiras yang merupakan keunggulan
3. mampu menciptakan idientitas bangsa indonesia
4.mampu menyerap banyak tenaga kerja


2. 1.Manusia semakin kreatif
2.Inovasi baru berkembang dengan
Cepat
3.Menciptakan persaingan yang sehat
dan kompetitif
4.Mengurangi angka pengangguran

3. 1.Perusahaan startup memanfaatkan teknologi digital
2.Sebagian besar startup punya inovasi dan berani melakukan terobosan
3.Perusahaan startup mudah beradaptasi dengan perubahaan yang terjadi dengan cepat dan tepat
4.Perusahaan startup dijalankan oleh anak muda yang kreatif dan mau bekerja keras ketimbang hanya menjadi pemikir. Dan biasanya para anak muda tersebut lebih mencintai pekerjaan mereka


4. 1.memiliki elemen utama
2.konsep yang dibangun bersifat relatif
3.berbasis pada ide atau gagasan
4.membutuhkan kerjasama yang baik
dengan segala pihak

5. 1.Kesulitan mendapat bahan baku
2.permintaan terhadap produk-produk
dari pelaku ekonomi kreatif yang
berkurang
3.penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan
4.kesulitan melakukan pinjaman modal

6. 1. Mengembangkan industri kreatifitas dengan membuat industri baru
2. Industri musik
3. Industri film
4.industri makanan

Unknown mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
nama:Akbar
kls:9d
Ket:hadir

jawaban:1.-Memberikan kontibusi ekonomi yang signifikan
-Menciptakan iklim bisnis yang positif
-Membangun citra dan identitas bangsa
-Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan
-Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan
-Kompetitif suatu bangsa


2.-Kualitas Produk yang Membaik
-Membuka Lapangan Kerja
-Meningkatkan Kualitas Hidup
-Membangun Citra dan Identitas Negara yang Positif


3.-. Lebih inovatif dan kreatif.
-. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
-. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
-. Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.


4.-Memiliki elemen utama
-Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas
-Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak
-Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain


5.-kesulitan mendapatkan bahan baku
- permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang
-penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan
- pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal


6.-Industri musik, musik merupakan salah hal yang mungkin tidak bisa jauh dari hidup kita. Karena musik memberikan suatu mental support terhadap beberapa orang dalam melakukan kegiatan. Maka dari itu Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
-Industri makanan, industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara. Kuliner adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari hidup kita. Aneka makanan dan disajikan dan dibuat dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada bidang ini perekonomian juga dapet menggaet warga luar untuk datang ke Indonesia untuk mencoba aneka kuliner.
-Industri film, industri ini bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.
-industri kecantikan untuk merawat kulit wajah dan badan. Perikalanannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada terutama sosial media dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Industri ini membuat foto dan video tentang produknya kemudian diiklankan di media sosial seperti tiktok, instagram, facebook, twitter dan website. Selain itu juga membuat poster yang ditampilkan di papan iklan sepanjang jalan raya utama. Industri juga menjalin kerja sama dengan artis atau tokoh terkenal untuk mengiklankan produk mereka

Yuristian Lorriez mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama:Yuristian Lorriez
Kelas:9D
Ket:Hadir
Jawaban:
1. Karena dengan di bangunnya ekonomi kreatif, dapat meningkatkan ekonomi² yang ada di Indonesia, krn dpt mengurangi angka pengangguran yang tinggi, krn dpt menguntungkan pihak individu dan orang lain, krn dapat melahirkan sesuatu yang baru sprtu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2.-Membuat kualitas produk semakin bgs
-Meningkatkan kreativitas
- Mengurangi angka pengangguran
- Peningkatan ekonomi yg di dapat

3. lebih inovativ/kreatif, memanfaatkan kecanggihan teknologi, berkembangnya pola pikir masyarakat, teknologi semakin cepat.

4. Memiliki penguasaan yang kreatif untuk mengembangkan usahanya, memerlukan kerja sama yang kuat, lebih mengandalkan ide yang ada, produk yang dihasilkan secara langsng dn tdak lngsng.

5. kendalanya yaitu, protokol ketat yang membuat masyarakat dilarang klr untuk berbelanja tanpa kepentingan yang serius, takutnya terjangkit covid 19 saat berbelanja, kesulitan mendapatkan bahan yang digunakan, berkurangnya transaksi akibat dari turunnya daya beli masyarakat.

6. Perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan luar ruang, produksi material periklanan, promosi dan kampanye.

Terima Kasih,
Wassalamu'alaikum.

Glessya mengatakan...

NAMA : GLESSYA GENDIS AURELL
KELAS: 9D

Jawaban:

1.Memberikan kontibusi ekonomi yang
signifikan

Menciptakan iklim bisnis yang positif

Membangun citra dan identitas bangsa

Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan

Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan

Kompetitif suatu bangsa

2.
•Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja

•Inovasi Baru Berkembang Cepat

•Manusia Semakin Kreatif

•Persaingan yang Kompetitif

•Kualitas Produk Semakin Bagus Berkat Ekonomi Kreatif

•Pertumbuhan Ekonomi

3.
•Lebih inovatif dan kreatif.
•Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
• Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK. • Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.


4.
Adanya kolaborasi berbagai aktor, yakni kaum intelektual, dunia usaha, dan pemerintah.

Berbasis pada ide atau gagasan.

Pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha.

Konsep yang dibangun bersifat relatif.

5.
pertama, kesulitan mendapatkan bahan baku. Masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB). Kedua, permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang. Ketiga, penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan. Keempat, pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.

6.
Contoh industri kreatifnya adalah industri yang menghasilkan produk kecantikan untuk merawat kulit wajah dan badan. Perikalanannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada terutama sosial media dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Septa tri marga mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama:septa tri marga
Kelas:9D
Ket: hadir
Jawaban:

1. 4 Alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia :
1.dapat memberi dampak ekonomi positif
2.dapat menciptakan inovasi dan kreativiras yang merupakan keunggulan
3. mampu menciptakan idientitas bangsa indonesia
4.mampu menyerap banyak tenaga kerja


2. 1.Manusia semakin kreatif
2.Inovasi baru berkembang dengan
Cepat
3.Menciptakan persaingan yang sehat
dan kompetitif
4.Mengurangi angka pengangguran

3. 1.Perusahaan startup memanfaatkan teknologi digital
2.Sebagian besar startup punya inovasi dan berani melakukan terobosan
3.Perusahaan startup mudah beradaptasi dengan perubahaan yang terjadi dengan cepat dan tepat
4.Perusahaan startup dijalankan oleh anak muda yang kreatif dan mau bekerja keras ketimbang hanya menjadi pemikir. Dan biasanya para anak muda tersebut lebih mencintai pekerjaan mereka


4. 1.memiliki elemen utama
2.konsep yang dibangun bersifat relatif
3.berbasis pada ide atau gagasan
4.membutuhkan kerjasama yang baik
dengan segala pihak

5. 1.Kesulitan mendapat bahan baku
2.permintaan terhadap produk-produk
dari pelaku ekonomi kreatif yang
berkurang
3.penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan
4.kesulitan melakukan pinjaman modal

6. 1. Mengembangkan industri kreatifitas dengan membuat industri baru
2. Industri musik
3. Industri film
4.industri makanan

Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr wb

Rehannn. mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : Rehan randika
Kls : 9D
Ket : hadir
Jawaban
1. Karena dengan di bangunnya ekonomi kreatif, dapat meningkatkan ekonomi² yang ada di Indonesia, krn dpt mengurangi angka pengangguran yang tinggi, krn dpt menguntungkan pihak individu dan orang lain, krn dapat melahirkan sesuatu yang baru sprtu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2.-Membuat kualitas produk semakin bgs
-Meningkatkan kreativitas
- Mengurangi angka pengangguran
- Peningkatan ekonomi yg di dapat

3. lebih inovativ/kreatif, memanfaatkan kecanggihan teknologi, berkembangnya pola pikir masyarakat, teknologi semakin cepat.

4. Memiliki penguasaan yang kreatif untuk mengembangkan usahanya, memerlukan kerja sama yang kuat, lebih mengandalkan ide yang ada, produk yang dihasilkan secara langsng dn tdak lngsng.

5. kendalanya yaitu, protokol ketat yang membuat masyarakat dilarang klr untuk berbelanja tanpa kepentingan yang serius, takutnya terjangkit covid 19 saat berbelanja, kesulitan mendapatkan bahan yang digunakan, berkurangnya transaksi akibat dari turunnya daya beli masyarakat.

6. Perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan luar ruang, produksi material periklanan, promosi dan kampanye.

Gescha mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama:Gescha Rifki Jeynabil
Kelas:9D
Ket:Hadir
Jawaban:
1. Karena dengan di bangunnya ekonomi kreatif, dapat meningkatkan ekonomi² yang ada di Indonesia, krn dpt mengurangi angka pengangguran yang tinggi, krn dpt menguntungkan pihak individu dan orang lain, krn dapat melahirkan sesuatu yang baru sprtu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2.-Membuat kualitas produk semakin bgs
-Meningkatkan kreativitas
- Mengurangi angka pengangguran
- Peningkatan ekonomi yg di dapat

3. lebih inovativ/kreatif, memanfaatkan kecanggihan teknologi, berkembangnya pola pikir masyarakat, teknologi semakin cepat.

4. Memiliki penguasaan yang kreatif untuk mengembangkan usahanya, memerlukan kerja sama yang kuat, lebih mengandalkan ide yang ada, produk yang dihasilkan secara langsng dn tdak lngsng.

5. kendalanya yaitu, protokol ketat yang membuat masyarakat dilarang klr untuk berbelanja tanpa kepentingan yang serius, takutnya terjangkit covid 19 saat berbelanja, kesulitan mendapatkan bahan yang digunakan, berkurangnya transaksi akibat dari turunnya daya beli masyarakat.

6. Perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan luar ruang, produksi material periklanan, promosi dan kampanye.

Terima Kasih,

Arga aditya mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
nama: Arga
kls:9d
Ket:hadir

jawaban:1.-Memberikan kontibusi ekonomi yang signifikan
-Menciptakan iklim bisnis yang positif
-Membangun citra dan identitas bangsa
-Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan
-Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan
-Kompetitif suatu bangsa


2.-Kualitas Produk yang Membaik
-Membuka Lapangan Kerja
-Meningkatkan Kualitas Hidup
-Membangun Citra dan Identitas Negara yang Positif


3.-. Lebih inovatif dan kreatif.
-. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
-. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
-. Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.
4.-Memiliki elemen utama
-Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas
-Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak
-Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain


5.-kesulitan mendapatkan bahan baku
- permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang
-penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan
- pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal


6.-Industri musik, musik merupakan salah hal yang mungkin tidak bisa jauh dari hidup kita. Karena musik memberikan suatu mental support terhadap beberapa orang dalam melakukan kegiatan. Maka dari itu Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
-Industri makanan, industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara. Kuliner adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari hidup kita. Aneka makanan dan disajikan dan dibuat dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada bidang ini perekonomian juga dapet menggaet warga luar untuk datang ke Indonesia untuk mencoba aneka kuliner.
-Industri film, industri ini bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.
-industri kecantikan untuk merawat kulit wajah dan badan. Perikalanannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada terutama sosial media dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Industri ini membuat foto dan video tentang produknya kemudian diiklankan di media sosial seperti tiktok, instagram, facebook, twitter dan website. Selain itu juga membuat poster yang ditampilkan di papan iklan sepanjang jalan raya utama. Industri juga menjalin kerja sama dengan artis atau tokoh terkenal untuk mengiklankan produk mereka

Senin, 16 Januari, 2023

Muhammad Rizal mengatakan...

Nama:Muhammad Rizal
Kelas:9D
Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!
-bisa mendorong adanya inovasi di Indonesia
-bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru
-bisa mengurangi angka pengangguran
-bisa mendorong kreativitas bagi setiap warga indonesia


Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!
-menciptakan lapangan pekerjaan baru
-bisa mengurangi angka kemiskinan
-mendorong pertumbuhan ekonomi
-mengurangi angka pengangguran

Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan!
-perkembangan ekonomi yang pesat
-lebih inovatif
-lebih kreatif
-pelayanan startup lebih memuaskan

Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif
-berbasis pada ide
-tidak memiliki batasan
-membutuhkan kerja sama
-mudah tergantikan


Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!
-kekurangan modal
-aturan protokol kesehatan
-sulit menjalankan produksi
-berkurangnya transaksi

Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!
-Mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru

-Industri musik, musik merupakan salah hal yang mungkin tidak bisa jauh dari hidup kita. Karena musik memberikan suatu mental support terhadap beberapa orang dalam melakukan kegiatan. Maka dari itu Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.

-Industri makanan, industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara. Kuliner adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari hidup kita. Aneka makanan dan disajikan dan dibuat dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada bidang ini perekonomian juga dapet menggaet warga luar untuk datang ke Indonesia untuk mencoba aneka kuliner.

-Industri film, industri ini bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.

Rasya Alifa rizkia mengatakan...

Nama:Rasya Alifa rizkia

Kelas:9d
1. 4 alasan mengapa ekonomi kreatif penting di bangun di Indonesia
1.dapat memberi dampak ekonomi positif
2.dapat menciptakan inovasi dan kreativitas yg merupakan keunggulan
3.mampu menciptakan identitas bangsa Indonesia
4.mampu menyerap banyak tenaga kerja


2. 1.manusia Semakin kreatif
2.invasi baru berkembang dengan cepat
3.menciptakan persaingan yang sehat dan kompetitif
4.mebngurangi angka pengangguran

3. 1. Perusahaan stratup memanfaatkan teknologi digital
2.sebagiann besar startup punya inovasi dan berani melakukan terobosan
3.perusahaan startup di jalankan oleh anak muda yg kreatif dan mau berkerja keras ketimbangan hanya menjadi pemikir

4. 1.memiliki elemen utama
2.konsep yang di bangun bersifat relatif
3.berbais pada ide atau gagasan
4.membutuhkan kerja sama yg baik dengan segala pihak

5.1.kesulitan mendapatkan bahan baku
2.permintaan terhadap produk² dan pelaku ekonomi kreatif yg berkurang
3.penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif tertekan
4.kesulitan melakukan pinjaman modal

6.1.mengembangkan industri kreativitas dengan membuat industri Bru
2.industri musik
3.industri film
4.industri makanan

Kheysha Dwi Anggraini mengatakan...

nama:keysha dwi anggraini
kelas:9d
ket:hadir
jawaban
1.-Memberikan kontibusi ekonomi yang signifikan
-Menciptakan iklim bisnis yang positif
-Membangun citra dan identitas bangsa
-Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan
-Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan
-Kompetitif suatu bangsa


2.-Kualitas Produk yang Membaik
-Membuka Lapangan Kerja
-Meningkatkan Kualitas Hidup
-Membangun Citra dan Identitas Negara yang Positif


3.-. Lebih inovatif dan kreatif.
-. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
-. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
-. Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.


4.-Memiliki elemen utama
-Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas
-Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak
-Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain


5.-kesulitan mendapatkan bahan baku
- permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang
-penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan
- pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal


6.-Industri musik, musik merupakan salah hal yang mungkin tidak bisa jauh dari hidup kita. Karena musik memberikan suatu mental support terhadap beberapa orang dalam melakukan kegiatan. Maka dari itu Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
-Industri makanan, industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara. Kuliner adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari hidup kita. Aneka makanan dan disajikan dan dibuat dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada bidang ini perekonomian juga dapet menggaet warga luar untuk datang ke Indonesia untuk mencoba aneka kuliner.
-Industri film, industri ini bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.
-industri kecantikan untuk merawat kulit wajah dan badan. Perikalanannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada terutama sosial media dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Industri ini membuat foto dan video tentang produknya kemudian diiklankan di media sosial seperti tiktok, instagram, facebook, twitter dan website. Selain itu juga membuat poster yang ditampilkan di papan iklan sepanjang jalan raya utama. Industri juga menjalin kerja sama dengan artis atau tokoh terkenal untuk mengiklankan produk mereka.

N mengatakan...

Assalamualaikum
Naufal putra sujadi
9D

Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!

-Jumlah penduduk yang banyak dan potensi sumber daya budaya yang beraneka ragam dapat dijadikan sebagai modal untuk mengembangkan industri kreatif
-dapat membantu pemerintah mengurangi pengangguran
-menciptakan inovasi baru
-membangun citra bangsa


Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!

-Menjadikan ekonomi Indonesia lebih kreatif
-membuka lapangan kerja baru
-menjadikan masyarakat lebih kreatif
-mengurangi angka pengangguran

Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan!

- Perkembangan Teknologi yang Pesat
- Banyaknya Penduduk di Indonesia
- Pihak Investor dan Pemerintah Saling Dukung
- Lebih inovatif dan kreatif

Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif

- Memiliki elemen utama
- Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas
- Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak
- Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain

Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!

-kesulitan mendapatkan bahan baku ( masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB) ).

-permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang.
- penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan.
- pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.

Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!

- Mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru
- ndustri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
- industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara.
- industri film, bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini

m.el ramzi ramadan mengatakan...

Assalamualaikum pak
Nama:m.el ramzi ramadan
Kelas:9D
Keterangan:hadir

Jawaban:

1. Mengurangi pertumbuhan angka pengangguran.
Menciptakan masyarakat Indonesia yang kreatif
dan inovatif. Kompetisi aktivitas dunia bisnis
yang lebih sehat. Meningkatkan inovasi pelaku
ekonomi kratif d berbagai sektor.

2. Inovasi Baru Berkembang Cepat.

Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan
Kerja.

Manusia Semakin Kreatif.

Persaingan yang Kompetitif.

3. Lebih inovatif dan kreatif.
-. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
-. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
-. Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.

4. Memiliki kreasi Intelektual. Kreasi
intelektual akan menghasilkan berbagai
kreativitas, keahlian, serta talenta.
Mudah Tergantikan.
Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak
Langsung.
Memerlukan Kerja Sama.

5. -Sulitnya menjalankan produksi karena
dilakukan pembatasan kegiatan

-Berkurangnya transaksi akibat dari turunnya
daya beli masyarakat

-Aturan protokol kesehatan yang menuntut biaya
tambahan

-Kekurangan modal karena tidak ada transaksi
dan melemahnya investasi

6. •Mengambangkan industri kreatifitas dengan
membuat industri industri baru

• Industri berinovasi untuk membuat industri
musik untuk menjaring para masyarakat yang
mempunyai bakat dalam hal bermusik.

• industri makanan atau Industri kuliner
merupakan salah satu sektor industri yang
menjadi penyumbang terbesar dalam
perekonomian negara.

• industri film, bergerak dalam bidang
perfilman, industri ini juga termasuk salah
satu industri besar Indonesian, banyak film
film bagus dan sampai di telinga orang luar
melalui industri film ini.

Terimakasih
Wassalamualaikum Wr . Wb

Fathiyah Zahra mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : Fathiyah Zahra
Kelas : 9D
Keterangan : Hadir
Jawaban :
1. Memberikan kontibusi ekonomi yang
signifikan

Menciptakan iklim bisnis yang positif

Membangun citra dan identitas bangsa

Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan

Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan

Kompetitif suatu bangsa

2.
•Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja

•Inovasi Baru Berkembang Cepat

•Manusia Semakin Kreatif

•Persaingan yang Kompetitif

•Kualitas Produk Semakin Bagus Berkat Ekonomi Kreatif

•Pertumbuhan Ekonomi

3.
•Lebih inovatif dan kreatif.
•Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
• Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK. • Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis startup yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan bisnis startup.


4.
Adanya kolaborasi berbagai aktor, yakni kaum intelektual, dunia usaha, dan pemerintah.

Berbasis pada ide atau gagasan.

Pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha.

Konsep yang dibangun bersifat relatif.

5.
pertama, kesulitan mendapatkan bahan baku. Masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB). Kedua, permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang. Ketiga, penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan. Keempat, pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.

6.
Contoh industri kreatifnya adalah industri yang menghasilkan produk kecantikan untuk merawat kulit wajah dan badan. Perikalanannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada terutama sosial media dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Satriatama Setiawan mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama: Satriatama Setiawan
Kelas:9D
Keterangan:Hadir
Jawaban:
1. Karena dengan di bangunnya ekonomi kreatif, dapat meningkatkan ekonomi² yang ada di Indonesia, krn dpt mengurangi angka pengangguran yang tinggi, krn dpt menguntungkan pihak individu dan orang lain, krn dapat melahirkan sesuatu yang baru sprtu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2.-Membuat kualitas produk semakin bgs
-Meningkatkan kreativitas
- Mengurangi angka pengangguran
- Peningkatan ekonomi yg di dapat

3. lebih inovativ/kreatif, memanfaatkan kecanggihan teknologi, berkembangnya pola pikir masyarakat, teknologi semakin cepat.

4. Memiliki penguasaan yang kreatif untuk mengembangkan usahanya, memerlukan kerja sama yang kuat, lebih mengandalkan ide yang ada, produk yang dihasilkan secara langsng dn tdak lngsng.

5. kendalanya yaitu, protokol ketat yang membuat masyarakat dilarang klr untuk berbelanja tanpa kepentingan yang serius, takutnya terjangkit covid 19 saat berbelanja, kesulitan mendapatkan bahan yang digunakan, berkurangnya transaksi akibat dari turunnya daya beli masyarakat.

6. Perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan luar ruang, produksi material periklanan, promosi dan kampanye

Fadhel mengatakan...

Nama = Muhammad Fadhel Al-Hasbi Setiawan
Kelas = 9D
Jawaban :

1. Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan , Menciptakan Iklim bisnis yang
positif , Membangun citra dan identitas bangsa.
2. Inovasi baru berkembang cepat , Memperluas lowongan kerja , Manusia semakin
kreatif.
3. Lebih inovatif dan kreatif , Memanfaatkan kecanggihan teknologi , Berkembangnya
pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
4. Memiliki kreasi intelektual , Memerlukan kerja sama , Berbasis pada ide , Tidak
terbatas.
5. Kesulitan menjalankan produksi , Transaksi berkurang ,
Peraturan protokol kesehatan yang ketat , Kekurangan
modal.
6. Billboard , media sosial , televisi , brosur.

aprilia mengatakan...

assalamu'alaikum wr wb
nama : aprilia windra bekti
kelas : 9 d
keterangan : hadir

jawaban :

1. - memberikan kontibusi ekonomi yang signifikan
- menciptakan iklim bisnis yang positif
- membangun citra dan identitas bangsa
- berbasis kepada sumber daya yang terbarukan
- menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan

2. - manusia semakin kreatif
- ekonomi kreatif bisa membuka banyak lapangan kerja
- persaingan yang kompetitif
- inovasi baru berkembang cepat

3. - lebih inovatif dan kreatif
- memanfaatkan kecanggihan teknologi.
- berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
- karena pertumbuhan teknologi yang semakin cepat

4. - Memiliki elemen utama
- Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas
- Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak
- Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain

5. - kesulitan mendapatkan bahan baku ( masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB) ).
- permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang.
- penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan.
- pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.


6. - Mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru
- Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
- industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara.
- industri film, bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.

Zelva dwi Ariyanti mengatakan...

NAMA : ZELVA DWI ARIYANTI
KELAS : 9D
KET : HADIR

1.Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!:Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif karena ekonomi kreatif berpotensi besar dalam:
1.Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan
2.Menciptakan Iklim bisnis yang positif
3.Membangun citra dan identitas bangsa
4.Mengembangkan ekonomi berbasis kepada sumber daya yang terbarukan


2.Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!:
1.Inovasi Baru Berkembang Cepat
2.Ekonomi Kreatif Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja
3.Manusia Semakin Kreatif
4.Persaingan yang Kompetitif

3.Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis?:
Alasan bisnis startup lebih berkembang cepat, antara lain:
1. Lebih inovatif dan kreatif.
2. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.
3. Berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
4.karena pertumbuhan teknologi yang semakin cepat


4.Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif:
1.Memiliki kreasi Intelektual. Kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas.
2.Mudah Tergantikan
3.Penyediaan Produk secara Langsung dan Tidak Langsung
4.Memerlukan Kerja Sama




5.Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!:
1.Sulitnya menjalankan produksi karena dilakukan pembatasan kegiatan.
2.Berkurangnya transaksi akibat dari turunnya daya beli masyarakat.
3.Aturan protokol kesehatan yang menuntut biaya tambahan.
4.Kekurangan modal karena tidak ada transaksi dan melemahnya investasi.

6.Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!:
Industri adalah suatu usaha pengolahan barang mentah atau setengah jadi menjadi barang konsumsi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan bagi produsen.
Industri memiliki beberapa cabang salah satunya adalah industri kreatif, industri kreatif dibentuk untuk menambah perekonomian negara karena peran industri sangat besar besar dalam bidang perekonomian.

Bintang mengatakan...

assalamu'alaikum wr wb
nama : M arsya bintang p
kelas : 9 d
keterangan : hadir

jawaban :

1. - memberikan kontibusi ekonomi yang signifikan
- menciptakan iklim bisnis yang positif
- membangun citra dan identitas bangsa
- berbasis kepada sumber daya yang terbarukan
- menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan

2. - manusia semakin kreatif
- ekonomi kreatif bisa membuka banyak lapangan kerja
- persaingan yang kompetitif
- inovasi baru berkembang cepat

3. - lebih inovatif dan kreatif
- memanfaatkan kecanggihan teknologi.
- berkembangnya pola pikir masyarakat seiring perkembangan kemajuan IPTEK.
- karena pertumbuhan teknologi yang semakin cepat

4. - Memiliki elemen utama
- Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas
- Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak
- Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain

5. - kesulitan mendapatkan bahan baku ( masalah itu dipicu kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB) ).
- permintaan terhadap produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif yang berkurang.
- penurunan permintaan terhadap barang mereka membuat arus kas pelaku ekonomi kreatif ikut tertekan.
- pelaku ekonomi kreatif juga kesulitan melakukan pinjaman modal.


6. - Mengambangkan industri kreatifitas dengan membuat industri industri baru
- Industri berinovasi untuk membuat industri musik untuk menjaring para masyarakat yang mempunyai bakat dalam hal bermusik.
- industri makanan atau Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian negara.
- industri film, bergerak dalam bidang perfilman, industri ini juga termasuk salah satu industri besar Indonesian, banyak film film bagus dan sampai di telinga orang luar melalui industri film ini.

Chelsy azzahra zahira mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : Chelsy Azzahra Zahira
Kelas : 9B
No : 10
1. Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!
Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif! :
1. dapat merangsang kreativitas dan inovasi, dengan adanya ekonomi kreatif anak anak bangsa dapat lebih mengembangkan bakat dan kreativitas, serta berinovasi pada barang/hal hal lain yang baru.
2. Memberi dampak ekonomi positif, Kemajuan industri ini secara tidak langsung juga berkontribusi pada meningkatnya kondisi keuangan negara. Jadi jika pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi kreatif maka secara tidak langsung pemerintah juga memajukan perekonomian bangsa.
3. Menghadirkan Banyak Tenaga Kerja, Sektor pada ekonomi kreatif ini sungguh beragam, yang bahkan ada lebih dari sepuluh sektor. Maka dengan beragamnya sektor yang ada pada ekonomi kreatif, pasti akan menghadirkan pula banyak tenaga kerja dari berbagai latar belakang pendidikan dan kemampuan.
4. Mempromosikan Identitas Bangsa, Identitas bangsa dapat diciptakan apabila kita memiliki suatu ciri khas dan budaya tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain. Dengan ekonomi kreatif, kita bisa menciptakan identitas tersebut dengan produk-produk yang kita buat dan mempromosikan budaya kearifan lokal.

2. Jelaskan 4 Manfaat ekonomi kreatif :
1. menciptakan lapangan pekerjaan baru
2. Mendorong adanya inovasi
3. Meningkatkan kreativitas individu
4. Mendorong pertumbuhan ekonomi
Meluasnya pasar dan Mengurangi kemiskinan dan angka pengangguran.

3. Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan! :
1. Perusahaan startup mudah beradaptasi dengan perubahaan yang terjadi dengan cepat dan tepat
2. Sebagian besar startup punya inovasi dan berani melakukan terobosan
3. Perusahaan startup dijalankan oleh anak muda yang kreatif dan mau bekerja keras ketimbang hanya menjadi pemikir. Dan biasanya para anak muda tersebut lebih mencintai pekerjaan mereka
4. Bergerak di bidang teknologi, atau berusaha memajukan bidang lain dengan menggabungkannya dengan teknologi.
Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif

4. Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19! :
1.Kesulitan mendapatkan bahan baku.
2.Pelaku ekonomi juga kesulitan melakukan pinjaman modal.
3.Permintaan produk dari pelaku ekonomi yang berkurang.
4.Penurunan permintaan barang membuat arus kas pelaku ekonomi ikut tertekan
5. Kurangnya Kualitas Dan Kuantitas SDM Kreatif.

Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia! :
1. industri kreatif memanfaatkan sosial media dan teknologi yang ada untuk mengiklankan produk yang dihasilkan, Contoh industri kreatifnya adalah industri yang menghasilkan produk kecantikan untuk merawat kulit wajah dan badan. Perikalanannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada terutama sosial media dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Industri ini membuat foto dan video tentang produknya kemudian diiklankan di media sosial seperti tiktok, instagram, facebook, twitter dan website.
2. Industri musik, sekarang kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mengiklankan musik musik yang kita punya, dengan cara di kontenkan di youtube, spotify, joox dll
3. industri makanan, padaa zaman yang modern ini kita dapat menjual makanan kita secara online melalui aplikasi gofood, shoopefood
4. industri film, misalnya kalau dulu menonton sinetron hanya bisa melalui tv saja, sekarang lebih praktis kita bisa menonton sinetron/series favorit lewat handphone melalui aplikasi resmi chenel tv tersebut yang ada di playstore, applestore

Terima kasih