Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 06 Januari 2023

P2 Pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial, ekonomi, pekerjaan, pendidikan dan kesejahteraan

 

Jumat 6  Januari   2023

IX .A  Selasa 78 Rabu 78

IX. B  Selasa 45 Jumat 45

IX. C  Kamis 34 Jumat 23

IX. D  Senin 56 Selasa 12

IX. E  Selasa 910 Rabu 910

IX. F  Senin 12 Rabu 12

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Selamat pagi anak-anakku  kelas IX yang  cerdas

Bagaimana kabarnya hari ini? sehat semua yaa.. alhamdulillah..

In syaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta sholat dhuha yaa....! sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai...     

aamiin

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari

Materi di awal semester Genap bagi kelas IX 

Baiklah silakan baca dan pahami materi pengantar  berikut  berikut ini :

 

Kompetensi Dasar

3.3   Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

 

Tujuan Pembelajaran

Menganalisa pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial, ekonomi, pekerjaan, pendidikan dan kesejahteraan.

 

Materi Pokok

Ketergantungan antarruang dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat

 

Sub Materi

pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial, ekonomi, pekerjaan, pendidikan dan kesejahteraan

 

Penjelasan ringkas

 

Pernahkah kalian  membayangkan apa yang terjadi apabila jika suatu wilayah tidak berhubungan dengan wilayah lain? Soo… tentu akan banyak  keterbatasan yang terjadi apabila suatu wilayah tidak mau atau enggan berhubungan dengan wilayah yang lainnya. 

Selanjutnya, jika suatu wilayah sudah berhubungan dengan wilayah yang lainnya apa sajakah yang akan terjadi?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, perhatikan penjelasan dalam berikut ini.

  

Pengaruh Ketergantungan Antarruang terhadap Migrasi Penduduk

Kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan kota-kota lainnya berdiri pusat-pusat industri, perdagangan dan banyak perusahaan lainnya. Untuk mencukup kebutuhan tenaga kerja di kota, hampir sebagian besar perusahaan merekrut karyawan yang berasal dari daerah lain. Banyak pekerja dari luar daerah berdatangan ke kota dengan motivasi mendapat pekerjaan dan kehidupan yang layak. Di daerah asalnya lapangan pekerjaan tidak memadai atau sangat terbatas. Mereka akan mengadu nasib ke kota-kota yang masih tersedia lapangan pekerjaan. Munculnya pusat industri, perdagangan dan komplek perkantoran mampu menyerap banyak tenaga kerja. Misalnya : dibangunnya sentra perniagaan di kota, perusahaan di bidang jasa layan antar pemesan makanan dan jasa layan antar penumpang.

 

Migrasi tidak sebatas  pada satu wilayah atau daerah saja, misalnya migrasi dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya.Adapula yang migrasi antarpulau dan antarnegara, misalnya transmigrasi.Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduknya ke pulau yang jarang penduduknya.Di pulau yang penduduknya padat, lahan semakin terbatas, kondisi seperti ini membuat lapangan pekerjaan terbatas.Salah satu jalan keluar yang harus diambil adalah transmigrasi.

 

Pengaruh Ketergantungan Antarruang terhadap Transportasi

Sistem dan alat transportasi yang digunakan di suatu wilayah sangat dipengaruhi oleh mobilitas manusia atau barang.Kota-kota besar di Pulau Jawa sudah memiliki sarana dan prasarana transportasi yang sangat maju misalnya : jalan tol, pelabuhan, bandara internasional, stasiun kereta api, stasiun MRT. Alat transportasi yang digunakan misalnya : pesawat, busway, dan kereta cepat. Jika dibandingkan dengan daerah lain, transportasi di pulau Jawa sudah sangat maju, hal ini dikarenakan tingkat mobilitas manusia, barang dan jasa sangat tinggi.

 

Pengaruh Ketergantungan Antarruang terhadap Lembaga Sosial dan Ekonomi

Perpindahan penduduk atau mobilitas penduduk di beberapa wilayah di Indonesia, misalnya dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa atau sebaliknya berpengaruh terhadap lembaga sosial dan lembaga ekonomi. Perpanduan budaya seperti perkawinan antarsuku bahkan antarbangsa menjadi hal yang biasa. Perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi yang makin cepat menunjang terjadinya perpaduan seni dan budaya antar daerah.

 

 




Referensi:

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/modul-pjj-ips-kelas-9-semester-genap/

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-daring-ips-kelas-9-semester-2

Kurnia A. (2017) IPS Terpadu SMP Kelas IX. Edisi ke-2. Jakarta: Yudhistira

Artikel diperbarui pada 15 Desember 2020

https://www.didno76.com/2020/08/materi-ips-smpmts-kelas-9-semester-2.html

https://wahyubarmanto.blogspot.com/p/pengaruh-ketergantungan-antarruang.html

https://www.kerabatbelajar.com/2022/01/pengaruh-ketergantungan-antarruang-migrasi-penduduk.html

Tidak ada komentar: