DENTITAS
Mata Pelajaran | IPS |
Kelas/Fase Elemen | 8 / Fase D menjelaskan dan menganalisi |
Materi | KISI KISI UJIAN SEMESTER GANJIL 2024 |
Pertemuan ke |
|
Guru Pengampu | Aprizal |
Waktu Pembelajaran | Selasa, 2 Desember 2024 |
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan menganalisis Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita ingat lagi tentang Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia, Kita tentu sudah memahami Tujuan dari pembelajaran kita..
ok guys... maka materi ini merupakan kelanjutan yang memiliki kaitan satu sama lainnya yaa... sekarang mulai yuks membahasa kisi kisi.
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Peserta didik mampu mengidentifikasi, menjelaskan, mendefinisikan,memahami,mendeskripsikan serta mengaplikasikan tentang materi …… .
1. Pengertian sumber daya alam
2. Sumber daya alam organik atau biotik
3. yang termasuk sumber daya alam anorganik
4. sumber daya alam yang terbarukan atau renewable resource
5. merupakan sumber daya alam ditinjau dari pemanfaatannya
6. termasuk potensi sumber daya alam yang dimimiliki oleh Bangsa Indonesia
7. daerah penghasil minyak bumi di Indonesia
8. Daerah penghasil tambang batu bara
9. Daerah Cikotok di Jawa Barat, terkenal sebagai penghasil barang tambang
10. Indonesia memiliki tambang aspal alam yang terbesar di dunia
11. Aktivitas atau kegiatan manusia yang memanfaatkan sumber daya alam hayati
12. Sumber daya alam bahan industri
13. Pengelolaan sumber daya alam harus berdasarkan prinsip berwawasan lingkungan
14. contoh akibat dari perusakan sumber daya alam
15. merupakan upaya memanfaatkan sumber daya alam tanpa merusak dan menjaga kelestarian
16. akibat yang ditimbulkan dari pencemaran limbah industri
17. pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan
18. bukan merupakan upaya pelestarian sumber daya alam
19. kawasan industri
20. Kawasan berikat (barang impor ekspor)biasanya terletak dekat dengan pelabuhan
21. sumber daya alam renewable resource
22. salah satu sumber daya alam yang terdapat di Indonesia
23. bentuk aktivitas pemanfaatan sumber daya alam
24. fungsi hutan dalam kegiatan produksi
25. jenis kawasan pelestarian alam
26. Hutan yang memiliki fungsi untuk pelestarian keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya
27. Hutan yang memiliki fungsi untuk melindungi sistem daya dukung lingkungan hidup
28. Berdasarkan UU No. 11 Tahun 1967 tentang pertambangan, barang tambang di Indonesia dibagi menjadi tiga golongan
29. golongan Minyak bumi dan gas bumi
30. keterkaitan manusia dengan pemanfaatan sumber daya alam
31. Berbagai hasil dari bentukan alam yang berguna bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia
32. klasifikasi Sumber Daya Alam, terdapat dua kategori utama
33. Sumber daya alam disebut unrenewable resources
34. yang tidak termasuk kegiatan yang dapat merusak lingkungan
35. Bahan tambang yang dimanfaatkan untuk bahan bakar
36. keuntungan bagi penduduk Indonesia Karakteristik tersebut mendorong keragaman flora dan fauna. Berdasarkan kondisi tersebut
37. perdagangan Nusantara pada awal Masehi.
38. menjelaskan masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia
39. kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
40. mampu mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk
41. perkembangan kependudukan di Indonesia.
42. keragaman masyarakat Indonesia.
43. menganalisis manfaat dari keragaman masyarakat.
44. mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang ada di masyarakat.
45. proses mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat.
46. mampu perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
47. cara penyebaran agama Islam ke Indonesia.
48. Interaksi budaya pengaruh Islam di Indonesia.
49. kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia.
50. mendeskripsikan perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar