Judul / Tema
Strategi
pengembangan pusat-pusat keunggulan
ekonomi
untuk
kesejahteraan masyarakat
Identitas
Mata Pelajaran |
IPS |
Kelas/Fase |
9 - |
Materi |
Strategi pengembangan
pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk
kesejahteraan masyarakat |
Pertemuan ke |
10 |
Guru Pengampu |
Aprizal |
Waktu / Kelas Pembelajaran |
Kelas 9B JP ke 12
9A JP ke 9-10 26 - 29 Februari 2023 |
KD
3.2 Menganalisis perubahankehidupansosialbudaya
Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan
kebangsaan.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta
didik dapat mengamati permasalahan,
menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikanhasilnya di depan
kelas tentang : Pengembangan ekonomi kreatif
Assalamu'alaikum
Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi
robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal
mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi
aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Apersepsi
Saya
akan share kisi kisi LUS yaa,
Materi
KISI-KISI LATIHAN UJIAN SEKOLAH (LUS)
TAHUN PELAJARAN 2023-2024
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KOMPETENSI INTI |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
NOMOR SOAL |
KELAS VII Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata. |
· Kondisi geografis Indonesia (letak dan
luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui
peta rupa bumi |
·
Disajikan gambar
siswa mampu mendiskripsikan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk
terjadinya interaksi antarruang |
1 |
·
Melalui pernyataan
siswa mampu mendiskripsikan dampak letak Indonesia secara geografis |
2 |
||
·
Interaksi sosial: pengertian, syarat, dan
bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi). ·
Pengaruh interaksi sosial terhadap
pembentukan lembaga sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan politik. |
· Disajikan gambar siswa mampu
mendiskripsikan bentuk interaksi sosial |
3 |
|
·
Melalui pernyataan
siswa mampu menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan
lembaga sosial |
4 |
||
·
Konsep kebutuhan dan kelangkaan (motif,
prinsip, dan tindakan ekonomi). ·
Permintaan, penawaran, harga, dan pasar. |
· Disajikan gambar siswa mampu
mendiskripsikan jenis-jenis kebutuhan manusia |
5 |
|
·
Melalui pernyataan
siswa mampu mendiskripsikan tentang permintaan dan penawaran |
6 |
||
·
Perubahan dan kesinambungan masyarakat
Indonesia pada masa praaksara secara kronologis. ·
Perubahan dan kesinambungan masyarakat
Indonesia pada masa Islam secara kronologis. |
·
Disajikan gambar
siswa mampu mendiskripsikan pereodisasi
secara arkeologi |
7 |
|
·
Disajikan peta siswa
mampu mendiskripsikan letak kerajaan islam |
8 |
||
KELAS VIII Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata. |
· Sumber Daya Manusia · jumlah, sebaran, dan komposisi; · pertumbuhan; · kualitas (pendidikan, kesehatan,
kesejahteraan · keragaman etnik (aspek-aspek budaya ·
Dampak interaksi
antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk) |
· Melalui ilustrasi siswa mampu memahami
berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN |
9 |
·
Siswa mampu menjelaskan konsep kualitas
sumber daya manusia (pendidikan) |
10 |
||
·
Siswa mampu memahami dampak positif dan
negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN |
11 |
||
·
Pengaruh interaksi
sosial (mobilitas sosial) terhadap
kehidupan sosial budaya. · Konflik |
·
Siswa mampu mengidentifikasi mobilitas sosial |
12 |
|
·
Melalui permyatan ahli
siswa mampu mengidentifikasi tentang budaya |
13 |
||
·
Melalui pernyataan
siswa mampu mendiskripsikan upaya-upaya mencegah terjadinya konflik sosial |
14 |
||
·
Keunggulan dan
keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi. ·
Kegiatan
perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor). ·
Upaya mengembangkan
ekonomi agrikultur. |
· Siswa mampu mendiskripsikan peran pelaku
ekonomi dalam perekonomian |
15 |
|
·
Melalui pernyataan
siswa mampu mendiskripsikan aktivitas perdagangan antarnegara |
16 |
||
· Siswa mampu mengidentifikasi pengembangan
ekonomi maritim di Indonesia |
17 |
||
· Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan
bangsa Indonesia. ·
Perubahan dan
kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan,
sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. · Munculnya
organisasi pergerakan dantumbuhnya semangat kebangsaan. |
·
Siswa mampu mendeskripsikan latar
belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa
ke Indonesia. |
18 |
|
·
Melalui pernyatan
siswa mampu mendiskripsikan perlawanan terhadap pemerintahan Hindia Belanda |
19 |
||
·
Siswa mampu
mengidentifikasi proses munculnya organisasi pergerakan dan tumbuhnya
semangat kebangsaan |
20 |
||
KELAS IX Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata. |
·
Kondisi geografis Benua Asia dan Benua
lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora
dan fauna) melalui peta rupa bumi ·
Sumber Daya Manusia · jumlah, sebaran, dan komposisi; · pertumbuhan; · kualitas (pendidikan, kesehatan,
kesejahteraan · keragaman etnik (aspek-aspek budaya ·
Interaksi antarruang (distribusi potensi
wilayah Benua Asia dan Benua lainnya) · Dampak interaksi antarruang (perdagangan,
mobilitas penduduk) |
·
Melalui pernyataan siswa mampu
mengidentifikasi letak dan luas Benua Asia dan Benua lainnya. |
21 |
·
Disajikan peta siswa
mampu mendiskripsikan batas antar benua |
22 |
||
·
Melalui pernyataan
siswa mampu mendiskripsikan fauna khas benua Australia |
23 |
||
·
Berdasarkan data
siswa mampu mendiskripsikan kualitas
HDI benua Asia |
24 |
||
·
Siswa mampu
mendiskripsikan budaya bidang fashion di Amerika |
25 |
||
·
Melalui pernyataan
siswa mampu mengidentifikasi suku bangsa di Eropa |
26 |
||
·
Siswa mampu
mendeskripsikan bentuk distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua
lainnya |
27 |
||
·
Siswa mampu menganalisis
dampak interaksi antarruang terkait perdagangan dan mobilitas penduduk |
28 |
||
·
Siswa mampu
menganalisis pengaruh interaksi antara desa dan kota |
29 |
||
·
Siswa mampu mendiskripsikan interaksi
antarruang dalam bidang sosial |
30 |
||
·
Siswa mampu
mendiskripsikan interaksi antarruang dalam bidang budaya |
31 |
||
· Perubahan sosial budaya · Globalisasi (dalam bidang iptek, ekonomi,
komunikasi, transportasi, budaya). · Dampak positif dan negatif globalisasi terhadap
kehidupan kebangsaan. ·
Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan |
· Siswa mampu mengidentifikasi bentuk
perubahan sosial budaya |
32 |
|
·
Melalui pernyataan siswa mampu
mendiskripsikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial |
33 |
||
·
Disajikan gambar
siswa mampu menganalisis penyebab perubahan sosial |
34 |
||
·
Siswa mampu
menganalisis ciri-ciri globalisasi |
35 |
||
·
Siswa mampu
menghitung waktu perjalanan menggunakan alat transportasi modern |
36 |
||
·
Siswa mampu
mendiskripsikan bentuk globalisasi dalam bidang iptek |
37 |
||
·
Siswa mampu
mendiskripsikan dampak positif globalisasi |
38 |
||
·
Siswa mampu
mendiskripsikan dampak negatif globalisasi |
39 |
||
·
Siswa mampu
mendiskripsikan pengaruh kebudayaan lain yang menyebabkan perubahan sosial
budaya |
40 |
||
· Siswa mampu mendiskripsikan upaya
menghadapi globalisasi bidang transportasi |
41 |
||
·
Siswa mampu
mendiskripsikan upaya menghadapi globalisasi bidang budaya |
42 |
||
·
Siswa mampu
mendiskripsikan upaya menghadapi dampak negatif globalisasi |
43 |
||
·
Menganalisis ketergantungan antar ruang
berdasarkan konsep ekonomi(produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar). ·
Menganalisis pengaruh ketergantungan antar
ruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial,ekonomi,
pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyaraat. ·
Menjelaskan strategi pengembangan ekonomi
kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat. ·
Menjelaskan strategi pengembangan
pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk
kesejahteraan masyarakat ·
Memahami berbagai konsep Pasar Bebas
(Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa). |
·
Melaui contoh siswa mampu mengidentifikasi
keunggulan yang dimiliki wilayah di Indonesia |
44 |
|
· Siswa mampu mendiskripsikan penggunaan teknologi
modern dalam perdagangan internasional |
45 |
||
· Siswa mampu menganalisis upaya
meningkatkan ekonomi kreatif |
46 |
||
·
Siswa mampu menganalisis keunggualan absolut
dan keunggualan komparatif |
47 |
||
·
Siswa mampu mendiskripsikan upaya menghadapi
persaingan dalam perdagangan internasional |
48 |
||
·
Siswa mampu mendiskripsikan pengaruh
pengembangan pusat-pusat keunggulan
ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat |
49 |
||
· Siswa mampu mengidentifikasi dampak
adanya Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia) |
50 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar