Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Senin, 05 Februari 2024

P7 K9 Strategi pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat

 

Judul / Tema

Strategi pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi

untuk kesejahteraan masyarakat

 

PT. Free Port 


Identitas

Mata Pelajaran

IPS

Kelas/Fase        

9 - 

Materi

Strategi pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat

Pertemuan ke

 7    

Guru Pengampu

Aprizal

Waktu / Kelas Pembelajaran

Kelas 9B  JP ke 12   9A JP ke 9-10

 

 

KD

3.2          Menganalisis perubahankehidupansosialbudaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.

 

Pengembangan kepada pusat pusat keunggulan ekonomi di seluruh wilayah indonesia


Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikanhasilnya di depan kelas tentang : Strategi pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Apersepsi 

Indonesia memiliki banyak potensi keunggulan ekonomi. Apabila keunggulan tersebut dimanfaatkan memberikan peluang bagi kesejahteraan masyarakat. Di bawah ini adalah potensi keunggulan yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Mari bersama kita cari tahu apa saja yang masuk dalam strategi pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat

Nah sekarang simak materi berikut…

 

Materi

Pengembangan kepada pusat pusat keunggulan ekonomi di seluruh wilayah indonesia perlu di lakukan hal ini perlu dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan warga negara Indonesia

Pusat keunggulan ekonomi adalah suatu sistem ekonomi dimana pemerintah ikut andi dan berpengaruh dalam mengendalikan kegiatan perekonomian. Indonesia adalah suatu negara yang cukup luas dimana disetiap wilayah memiliki keunggulan masing-masing, seperti :

Wilayah Sumatera : Sentra produksi dan pengolahan hasil bumi dan lumbung energy nasional

Wilayah Jawa : pendorong industri dan jasa nasional

Wilayah Bali : pintu gerbang pariwisata dan pendukung pangan nasional

Wilayah Kalimantan : pusat produksi dan pengolahan hasil tambang dan lumbung energy nasional

Wilayah Sulawesi : pusat produksi dan pengolahan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan serta pertambangan nikel nasional.

Wilayah Papua Kep. Maluku : pusat pengembangan pangan, perikanan, energy, dan pertambangan nasional.

Dengan adanya pusat keunggulan ekonomi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan cara semakin banyaknya tersedia lapangan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Agara sumber daya manusia yang tersedia dapat bersaing di era globalisasi ini.

 
Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan baik.

 

 

Evaluasi

Deskripsikan strategi pengembangan pusat-pusat  keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat?

 

Refleksi

Dengan adanya pusat keunggulan ekonomi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan cara semakin banyaknya tersedia lapangan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Agara sumber daya manusia yang tersedia dapat bersaing di era globalisasi ini

Tidak ada komentar: