Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Kamis, 30 Mei 2024

Paradigma dan Visi Guru Penggerak

 

Hari ke 2  jam 13.00 – 17.00 wib

Jumat, 19 April 2024

Paradigma dan Visi Guru Penggerak

Fasilitator : Eddy D. Susanto


Konsep Alur MERDEKA Modul 1.1 dan Modul 1.2

Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara

Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

v  Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara

Kelompok  6  Menanggapi kelompok  3

Tugas kel. 3 :    Alur Eka    ditanggapi oleh kel. 6

v  Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak

Kelompok  3  Menanggapi kelompok  6

Tugas kel. 6  :   Alur Eka     ditanggapi oleh kel 3

 

                    Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.1?

Tentang filosofi Pendidikan KHD, saya sangat banyak mendapatkan  pengetahuan serta pemahanam tentang filosopi pendidikan Ki Hajar Dewantara antaralain sebagai Penuntun (Among),  Medeka lahir dan  batin, Bermain, yang berpihak pada Anak, bukan Tabularasa, Budi Pekert, Petani yang  memahami dan menggali potensi benih yang akan di tanama serta di pupuk sesuai dengan garis yang samar yang ada pada anak sejak lahir.  Menuntun, dalam kegiatan pendidikan adalah segala kekuatan kodrat yang ada pada anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia

maupun anggota masyarakat. Hal ini tentunya dengan dasar Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.

Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

 

Saya  akan lebih menyarankan CGP untuk mengedepankan cita-cita pendidikan Ki Hajar Dewantara yakni salah satunya dengan mengikuti Kodrat alam dan kodrat jaman, dimana pendidikan harus dinamis, terus bergerak dengan mengikuti berbagai perubahan dunia agar betul-betul bisa menjadi pemimpin pembelajaran dan mewujudkan Pendidikan yang menuntun  segala kekuatan kodrat  yang ada pada anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tngginya baik sebagai manusia  maupun anggota masyarakat.

Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktvitas di modul 1.2?

banyak pelajaran yang sangat berharga dalam konteks pendidikan dan peran guru penggerak. Modul ini secara mendalam membahas dan mengulas berbagai aspek yang berkaitan dengan peran guru penggerak, keterampilan sosial emosional, dan teori-teori yang mendasarinya. Pengetahuan tentang Bagaimana Manusi Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan Manusia, Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak. Lebih mengesankan lagi adalah cara kerja otak yaitu berpikir cepat dan berpikir lambat, yang selama ini saya selalu mengedepankan berpikir cepat saja dan ternyata harus diiringi dengan berpikir lambat serta kebiasaan buruk salah satunya adalah memberi reward yang ternyata tidak pastas juga berdampak negatif terhadap siswa.

 

 

Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan Fasilitasi CGP?

Yang akan saya lakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP adalah :

·         Menyamakan pemahaman visi dan misi dengan CGP

·         Menyusun tujuan dan program bersama yang jelas dan terperinci

·         Melakukan pendekatan yang menyenangkan dan kreatif serta inovatif

·         Berkolaborasi dengan berbagai pihak serta meningkatkan pelayanan yang ramah anak

·         Melakukan evaluasi serta pelaporan secara berkelanjutan untuk pengembangan diri

·         Melakukan pengembangan diri sebagai fasilitator CGP

 

Dengan melakukan langkah tersebut, diharapak dapat memberikan dampak yang baik serta pelayanan yang berpihak pada anak dengan memperhatikan garis yang samar dibawa sejak lahir untuk diperjelas menjadi terang sesuai dengan kodrat dan karakter yang dibawa anak sejak lahir.

Tidak ada komentar: