Hari ke 2 jam
13.00 – 17.00 wib
Jumat, 19 April 2024
Paradigma dan Visi Guru Penggerak
Fasilitator : Eddy D. Susanto
Konsep Alur MERDEKA Modul 1.1 dan Modul 1.2
Modul
1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara
Modul 1.2.
Nilai dan Peran Guru Penggerak
v
Modul 1.1. Refleksi
Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara
Kelompok 6
Menanggapi kelompok 3
Tugas
kel. 3 : Alur Eka ditanggapi oleh kel. 6
v Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak
Kelompok 3 Menanggapi kelompok 6
Tugas kel. 6 : Alur Eka
ditanggapi oleh kel 3
Refleksi
Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Apa
pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.1?
Tentang filosofi Pendidikan KHD,
saya sangat banyak mendapatkan
pengetahuan serta pemahanam tentang filosopi pendidikan Ki Hajar
Dewantara antaralain sebagai Penuntun (Among), Medeka lahir dan batin, Bermain, yang berpihak pada
Anak, bukan Tabularasa, Budi Pekert, Petani yang memahami dan menggali potensi benih yang akan
di tanama serta di pupuk sesuai dengan garis yang samar yang ada pada anak
sejak lahir. Menuntun, dalam kegiatan
pendidikan adalah segala kekuatan kodrat yang ada pada anak, agar
mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik
sebagai manusia
maupun anggota masyarakat. Hal ini tentunya dengan
dasar Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.
Apa yang akan dilakukan
untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?
Saya akan lebih
menyarankan CGP untuk mengedepankan cita-cita pendidikan Ki Hajar Dewantara
yakni salah satunya dengan mengikuti Kodrat alam dan kodrat jaman, dimana pendidikan
harus dinamis, terus bergerak dengan mengikuti berbagai perubahan dunia agar
betul-betul bisa menjadi pemimpin pembelajaran dan mewujudkan
Pendidikan yang menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada
anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tngginya
baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktvitas di modul
1.2?
banyak
pelajaran yang sangat berharga dalam konteks pendidikan dan peran guru
penggerak. Modul ini secara mendalam membahas dan mengulas berbagai aspek yang
berkaitan dengan peran guru penggerak, keterampilan sosial emosional, dan
teori-teori yang mendasarinya. Pengetahuan tentang Bagaimana Manusi Tergerak,
Bergerak dan Menggerakkan Manusia, Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak. Lebih mengesankan
lagi adalah cara kerja otak yaitu berpikir cepat dan berpikir lambat, yang selama
ini saya selalu mengedepankan berpikir cepat saja dan ternyata harus diiringi
dengan berpikir lambat serta kebiasaan buruk salah satunya adalah memberi reward yang
ternyata tidak pastas juga berdampak negatif terhadap siswa.
Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan Fasilitasi
CGP?
Yang akan saya lakukan untuk
perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP adalah :
·
Menyamakan
pemahaman visi dan misi dengan CGP
·
Menyusun
tujuan dan program bersama yang jelas dan terperinci
·
Melakukan
pendekatan yang menyenangkan dan kreatif serta inovatif
·
Berkolaborasi
dengan berbagai pihak serta meningkatkan pelayanan yang ramah anak
·
Melakukan
evaluasi serta pelaporan secara berkelanjutan untuk pengembangan diri
·
Melakukan
pengembangan diri sebagai fasilitator CGP
Dengan melakukan langkah
tersebut, diharapak dapat memberikan dampak yang baik serta pelayanan yang
berpihak pada anak dengan memperhatikan garis yang samar dibawa sejak lahir
untuk diperjelas menjadi terang sesuai dengan kodrat dan karakter yang dibawa anak
sejak lahir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar