Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 31 Mei 2024

Penyelarasan Konsep Modul 1.3 dan 1.4 - Instruktur

 

Hari ke 3  jam 07.30 – 11.45 wib

Sabtu, 20 April 2024

Paradigma dan Visi Guru Penggerak

Fasilitator :  Febriandrini

Penyelarasan Konsep Modul 1.3 dan 1.4 - Instruktur

 

Penyelarasan Konsep Modul 1.3

1.      Impian saya adalah Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mandiri dan kreatif melalui gerakan literasi buku cinta di sekolah (gelis bucin di sekolah). Saya mengimajinasikan sosok siswa impian yang selama ini tidak terpikirkan, saya tersadar bahwa seharusnya seorang guru harus memiliki impiam indah tentang siswanya di masa depan dan memotivasi diri untuk mewujudkannya.

2.      Aprizal Visi seornang guru yang ada dalam video tersebut adalah membangun mindset pola pikir si anak untuk menumbuhkembangkan minat bakat dan kodrat si anak sesuai dengan kemampuan anak untuk menjadi diirinya sendiri, sehingga mampu melakukan perubahan yang kecil berdampak positif bagi banyak orang

3.      Hubungan antara Visi, prakarsa perubahan dan metode Bagja adalah mewujudkan tranformasi pendidikan dengan mengedepankan kebutuhan siswa, dalam proses penyusunannya pun disesuaikan dengan tahapan tahapan BAgja dan kondisi lingkungan sekolah serta aset yang ada.

4.      Menggali informasi tentang prakarsa perubahan yang akan di lakukan oleh CGP memiliki dampak perubahan yang berpihak pada murid yang mengedepankan kebutuhan murid sesuai dengan garis samar yang ada pada diri pribadi masing2 murid tersebut, serta memastikan program prakarsa perubahan tersebut berjalan sesuai dengan rancana yang telah dibuat, seperti berkordinasi dengan dengan pemangku kebijakan di sekolah dan dukungan rekan rekan guru.

5.      Sianak awalnya melihat adalah kemacetan, kemudian dia berfikir bagaimana si anak dapat menguraikan pertanyaa, pertama ohh banyak orang di jalan ini kemudian dia mulai turun dari bis dan melihat kanan kiri dan maju kedepan dengan menggunakan aset yang ada pada dirinya untuk dapat di gunakan dalam mengatasi masalah tersebut.

6.      Appreciative Inquiry merupakan pendekatan dalam manajemen perubahan yang berfokus pada pencarian nilai-nilai positif dalam tranformasi pendidikan atau sekolah untuk memunculkan perubahan yang berkelanjutan. Pendekatan ini bertujuan untuk memahami apa yang telah berhasil dalam masa lalu dan bagaimana hal itu dapat digunakan sebagai landasan untuk perubahan positif dalam tranformasi pendidikan di masa depan.

7.      Perubahan di kelas yang selaras dan mengacu pada visi sekolah. Jadi seorang CGP tidak serta merta mengubah visi tersebut, tetapi apa yang akan diubah dalam kelasnya dan visi pribadinya yang selaras dengan visi sekolah. Tentunya dalam pengembangan visi sekolah harus ada nya penyampain visi dari masing2 GP dan sekolah hingga dapat mengacu dan mengubah mindsetnya dalam aksi nyatanya di kelas.  Perlu diingat CGP tidak mengubah visi sekolah tetapi visi pribadi yang sesuai  visi sekolah.

8.      BAGJA bukan untuk membuat  visi, tetapi visi dikembangakan menggunakan BAGJA. Visi yang dikembangkan sesuai dengan visi CGP yang sesuai dengan visi sekolah nya. Alurnya  Visi – Prakarsa Perubahan – BAGJA. Jadi perumusan visi melalui prakarsa perubahan.  Sebagai PP ibarat driver (PP) yang akan mengantar penumpang (CGP) ke tujuan, bukan menentukan tujuan bagi penumpangnya. 

Penyelarasan Konsep Modul 1.4

1.      Guru yang bersahabat bukan guru teman murid.

·         Disiplin positif adalah proses pendisiplinan terhadap anak tanpa memberikan ancaman atau memberikan hukuman. Dengan menerapkan disiplin positif, guru dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam membentuk karakter yang positif. Dalam penerapannya, disiplin positif dapat dibuat untuk dimodelkan agar ditiru  melalui kesepakatan antara guru dengan siswa karena guru ingin membuat siswa terlibat dan bertanggung jawab dalam menjalankan disiplin tersebut. Selain itu dengan t mengembangkan pendidikan karakter siswa sehingga terwujud budaya positif di satuan pendidikan sebagi rule modelnya.

2.      Implementasi disiplin positif yang sudah saya terapkan  disekolah adalah menanamkan budaya jujur, keyakinan kelas, menuliss refleksi oleh siswa untuk rencana kedepan dalam kegiatan pembelajaran serta emoticon mereka dalam mengikuti pembelajaran.

Tidak ada komentar: