Hari ke 3
jam 07.30 – 11.45 wib
Sabtu, 20 April 2024
Paradigma dan Visi Guru Penggerak
Fasilitator : Febriandrini
Penyelarasan Konsep Modul 1.3 dan 1.4 - Instruktur
Penyelarasan Konsep Modul 1.3
1. Impian saya adalah Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
yang mandiri dan kreatif melalui gerakan literasi buku cinta di sekolah (gelis
bucin di sekolah). Saya mengimajinasikan sosok siswa impian yang selama ini
tidak terpikirkan, saya tersadar bahwa seharusnya seorang guru harus memiliki
impiam indah tentang siswanya di masa depan dan memotivasi diri untuk
mewujudkannya.
2. Aprizal Visi seornang guru
yang ada dalam video tersebut adalah membangun mindset pola pikir si anak untuk
menumbuhkembangkan minat bakat dan kodrat si anak sesuai dengan kemampuan anak
untuk menjadi diirinya sendiri, sehingga mampu melakukan perubahan yang kecil
berdampak positif bagi banyak orang
3. Hubungan antara Visi, prakarsa perubahan dan metode Bagja
adalah mewujudkan tranformasi pendidikan dengan mengedepankan kebutuhan siswa,
dalam proses penyusunannya pun disesuaikan dengan tahapan tahapan BAgja dan
kondisi lingkungan sekolah serta aset yang ada.
4. Menggali informasi tentang prakarsa perubahan yang akan di
lakukan oleh CGP memiliki dampak perubahan yang berpihak pada murid yang
mengedepankan kebutuhan murid sesuai dengan garis samar yang ada pada diri
pribadi masing2 murid tersebut, serta memastikan program prakarsa perubahan
tersebut berjalan sesuai dengan rancana yang telah dibuat, seperti berkordinasi
dengan dengan pemangku kebijakan di sekolah dan dukungan rekan rekan guru.
5. Sianak awalnya melihat adalah kemacetan, kemudian dia
berfikir bagaimana si anak dapat menguraikan pertanyaa, pertama ohh banyak
orang di jalan ini kemudian dia mulai turun dari bis dan melihat kanan kiri dan
maju kedepan dengan menggunakan aset yang ada pada dirinya untuk dapat di
gunakan dalam mengatasi masalah tersebut.
6. Appreciative Inquiry
merupakan pendekatan dalam manajemen perubahan yang berfokus pada pencarian
nilai-nilai positif dalam tranformasi pendidikan atau sekolah untuk memunculkan
perubahan yang berkelanjutan. Pendekatan ini bertujuan untuk memahami apa yang
telah berhasil dalam masa lalu dan bagaimana hal itu dapat digunakan sebagai
landasan untuk perubahan positif dalam tranformasi pendidikan di masa depan.
7. Perubahan di kelas yang
selaras dan mengacu pada visi sekolah. Jadi seorang CGP tidak serta merta
mengubah visi tersebut, tetapi apa yang akan diubah dalam kelasnya dan visi
pribadinya yang selaras dengan visi sekolah. Tentunya dalam pengembangan visi
sekolah harus ada nya penyampain visi dari masing2 GP dan sekolah hingga dapat
mengacu dan mengubah mindsetnya dalam aksi nyatanya di kelas. Perlu diingat CGP tidak mengubah visi sekolah
tetapi visi pribadi yang sesuai visi sekolah.
8. BAGJA bukan untuk membuat
visi, tetapi visi dikembangakan menggunakan BAGJA. Visi yang
dikembangkan sesuai dengan visi CGP yang sesuai dengan visi sekolah nya.
Alurnya Visi – Prakarsa Perubahan –
BAGJA. Jadi perumusan visi melalui prakarsa
perubahan. Sebagai PP
ibarat driver (PP) yang akan mengantar penumpang (CGP) ke tujuan,
bukan menentukan tujuan bagi penumpangnya.
Penyelarasan Konsep Modul 1.4
1. Guru yang bersahabat bukan guru teman murid.
·
Disiplin
positif adalah proses pendisiplinan
terhadap anak tanpa memberikan ancaman atau memberikan hukuman. Dengan
menerapkan disiplin positif, guru dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam
membentuk karakter yang positif. Dalam penerapannya, disiplin positif dapat
dibuat untuk dimodelkan agar ditiru melalui kesepakatan antara guru dengan siswa
karena guru ingin membuat siswa terlibat dan bertanggung jawab dalam
menjalankan disiplin tersebut. Selain itu dengan t
mengembangkan pendidikan karakter siswa sehingga terwujud budaya
positif di satuan pendidikan sebagi rule modelnya.
2. Implementasi disiplin positif yang sudah saya terapkan disekolah adalah menanamkan budaya jujur,
keyakinan kelas, menuliss refleksi oleh siswa untuk rencana kedepan dalam
kegiatan pembelajaran serta emoticon mereka dalam mengikuti pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar