Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Kamis, 20 Oktober 2022

P16 -17 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

 Senin - Jumat

20  s.d  21 Oktober 2022

 

9. A (Selasa / Rabu  jp 7-8)   

9. B (Selasa- Jumat jp jp 4-5)  

9. C (Kamis 3-4 Jumat jp 2-3)

9. D (Senin 3-6  Selasa jp 1-2) 

9.E (Selasa / Rabu jp 9-10)  

9. F (Senin / Rabu  jp 1-2)

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

 

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa,

sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin

 

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah

Swt. aamiin

 

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

 

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi   berikut  berikut. ... .

 

PENGARUH PERUBAHAN DAN INTERAKSI RUANG ANTARNEGARA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL

 

 KD

3.2. Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk mem perkokoh kehidupan kebangsaan

 

Tujuan Pembelajaran

 

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik diharapkan dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang  perubahan sosial budaya sebagai dampak dari globalisasi

 

 

Materi Ringkas  :


Perubahan Sosial Budaya: Pengertian & Contohnya

Perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat menandai bahwa kehidupan sosial sejatinya dinamis. Kita sebagai individu santiasa mengalami perubahan baik secara fisik maupun intelektualitas. Begitu pula dengan enkumpulan individu beserta pola interaksinya yang disebut dengan masyarakat.
Masyarakat selalu mengalami perkembangan, ke arah yang lebih baik atau tidak, itu soal lain. Pastinya, kehidupan masyarakat selalu dinamis. Dengan kata lain, perubahan sosial budaya telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.


Apa itu perubahan sosial budaya?
Dari frase yang digunakannya sudah jelas, yaitu perubahan yang terjadi pada aspek sosial dan kebudayaan. Pengertian singkat ini tentu belum cukup. Kita akan merujuk pada pendapat para ahli untuk mendeskripsikan definisi tentang perubahan tersebut.
Sosiolog Indonesia Selo Soemardjan mendefinisikan perubahan sosial budaya sebagai segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan  yang memengaruhi sistem sosialnya. Apa sistem sosial yang dimaksud? Sistem sosial bisa berupa nilai-nilai, norma, pola perilaku kelompok sosial di masyarakat.
Pakar ilmu sosial Gillin dan Gillin mengatakan bahwa perubahan sosial budaya merupakan suatu variasi dari cara hidup masyarakat yang telah diterima, baik karena perubaha kondisi geografis, kultur, demografi, ideologi, ataupun karena adanya penemuan-penemuan baru di masyarakat.
Samuel Koenig medefinisikan perubahan sosial budaya sebagai modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan sosial yang disebabkan oleh baik faktor internal ataupun eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri manusia. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri manusia.
Dari ulasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa perubahan sosial budaya merupakan perubahan pola perilaku dan unsur-unsur sosial budaya yang memengaruhi perubahan sistem dan struktur sosial.

Apa saja contoh perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat?
Berikutnya, saya akan menyebutkan beberapa bentuk perubahan sosial budaya disertai contoh-contohnya. Pada dasarnya, bentuk perubahan sosial budaya bisa diklasifikasikan menjadi tiga:
  • Perubahan yang cepat (revolusi) dan lambat (evolusi)
  • Perubahan yang berdampak besar dan kecil
  • Perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan

» Perubahan yang cepat (revolusi) dan lambat (evolusi)
Revolusi dapat didefinisikan sebagai perubahan yang berlangsung dalam waktu cepat. Tipikal revolusi tidak hanya cepat, melainkan juga berskala besar. Dampak dari revolusi umumnya perubahan menyeluruh pada sendi-sendi kehidupan. Gerakan-gerakan politik revolusioner berusaha menggulingkan sistem politik yang mapan untuk menggantinya dengan yang baru. Artinya, revolusi dapat berorientasi pada perubahan sistem secara menyeluruh.
Sebagai contoh, revolusi industri di Inggris yang berusaha mengganti tenaga manusia dengan tenaga mesin dalam proses produksi di pabrik-pabrik. Revolusi Perancis berusaha mengubah sistem monarki menjadi demokrasi liberal berasas persaudaraan, kesetaraan, dan kebebasan. Revolusi agraria atau revolusi hijau berusaha mengubah tata cara pertanian dari tradisional ke modern untuk meningkatkan hasil pertanian.
Evolusi dapat didefinisikan sebagai perubahan sosial budaya yang terjadi dalam waktu lama. Tipikal perubahan evolusi adalah berlangsung lambat, bahkan tak jarang kita tidak merasakannya. Tau-tau sesuatu telah berubah. Pada umumnya, proses evolusi tidak melibatkan konflik atau kekerasan karena terjadi dalam skala kecil dan berdampak kecil namun kumulatif.
Contoh evolusi, misalnya menggunakan uang kertas sebagai alat pertukaran dan jual beli. Sekarang bahkan kita kadang tidak perlu menggunakan uang kertas, bisa dengan transfer melalui internet banking atau ATM. Bentuk transansi finansial mengalami evolusi, dari barter, kuang kertas, sampai uang digital.


» Perubahan yang berdampak besar dan kecil
Perubahan berdampak besar adalah perubahan yang mengubah hampir seluruh sendi kehidupan dan struktur sosial masyarakat yang eksis sebelumnya. Perubahan ini berdampak langsung bagi kehidupan masyarakat. Penyebab perubahan ini umumnya berasal dari luar atau eksternal. Kondisi sosial tak menutup kemungkinan berubah total setelah terjadi perubahan karena dampaknya yang bagitu besar.
Contoh perubahan berdampak besar, misalnya, kondisi desa Kinahrejo di lereng Gunung Merapi yang meletus beberapa tahun silam berubah menjadi desa wisata lava. Perubahan tersebut terjadi setelah awan panas menyapu bersih rumah-rumah dan penduduk desa yang enggan mengungsi. Desa tersebut dan sebagian penduduknya masih eksis, namun sistem sosialnya, termasuk mata pencaharian warganya tidak sama seperti dulu lagi.
Perubahan berdampak kecil adalah perubahan yang tidak berpengaruh langsung bagi kehidupan masyarakat. Perubahan tersebut dialami oleh salah satu unsur budaya tanpa mempengaruhi unsur budaya yang lain. Kecilnya dampak perubahan membuat masyarakat tidak ambil pusing. Bahkan biasanya dibiarkan terjadi begitu saja.
Misalnya, perubahan potongan dan warna rambut anak-anak ketika libur sekolah. Semula, potongan rambutnya lumayan rapih dan berwarna hitam. Ketika libur sekolah dua minggu, rambutnya dipotong ala undercut dengan jambul yang dicat kemerahan. Dengan pedenya, anak tersebut naik motor masuk gang sempit di kampung-kampung. Perubahan tersebut berskala kecil dan tidak berpengruh bagi kehidupan sosial secara menyeluruh.

» Perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan
Perubahan yang direncanakan adalah perubahan yang dikehendaki oleh masyarakat. Oleh karena dikehendaki, perencanaan yang matang dilakukan. Perencanaan adalah kunci dari perubahan yang dikehendaki. Perubahan yang direncanakan bisa dianggap baik oleh sebagian masyarakat namun menyesatkan bagi sebagaian yang lain. Biasanya terjadi konflik sebelum perubahan tersebut benar-benar terjadi.
Sebagai contoh, pembangunan bandara baru di Yogyakrata. Perubahan tersebut dikehendaki oleh pemerintah daerah sebagai solusi. Namun, bermasalah menurut sebagaian penduduk yang tanahnya akan diganti rugi dan digusur. Masyarakat yang awalya bertani akan tersingkir dari pekerjaannya dan melakukan pekerjaan baru atau tergusur. Perubahan lahan pertanian menjadi bandara baru adalah perubahan yang direncanakan.
Perubahan yang tidak direncanakan terjadi secara spontan atau terjadi tanpa kesengajaan. Perubahan bentuk ini bisa jadi tidak diinginkan, namun kondisi memaksanya untuk terjadi. Perubahan tanpa rencana bisa berupa efek samping dari perubahan yang direncanakan. Masyarakat biasanya melakukan tindakan responsif untuk menanggulangi dampak negatif yang muncul, dan merayakan dampak positifnya.
Contoh perubahan tak direncanakan adalah pengembangan suatu desa menjadi desa wisata. Para turis baik lokal maupun internasional datang ke tempat tersebut. Tanpa direncanakan, daerah sekitar kampung tersebut menjadi pusat souvenir. Masyarakat sekeliling desa wisata menikmati dampaknya. Namun, beberapa tempat sekitar justru berkembang menjadi arena prostusi. Dampak yang dipandang negatif ini muncul, mengubah kampung yang dulunya sepi jadi rame pekerja seks.
 Dari beberapa contoh di atas, keseluruhan perubahan sosial yang terjadi pasti ada penyebabnya. Saya akan sebutkan secara singkat beberapa faktor yang mungkin mendorong atau justru menghambat terjadinya perubahan sebagai tambahan referensi. Pembaca dapat menambahkan sendiri, jika beberapa poin yang disebutkan di bawah ini dirasa kurang.
Faktor pendorong perubahan sosial budaya
  • Adanya kontak dengan budaya lain.
  • Sistem pendidikan formal yang maju.
  • Keinginan seseorang untuk menginisiasi perubahan.
  • Komposisi penduduk yang heterogen.
  • Sikap menghargai hasil karya orang lain.
  • Sikap mudah menerima hal-hal baru.
  • Toleransi terhadap perbedaan budaya.
  • Ketidakpuasan masyarakat terhadap kondisi saat ini.
  • Sistem stratifikasi sosial yang terbuka.
  • Adanya pola pikir dan perilaku yang visioner.
Faktor penghambat perubahan sosial budaya
  • Kurangnya hubungan dengan kelompok masyarakat lain.
  • Sistem pendidikan yang stagnan.
  • Vested interest atau keinginan untuk mempertahankan nilai-nilai tradisional yang ada.
  • Komposisi penduduk yang homogen.
  • Sikap acuh pada hasil karya orang lain.
  • Ketakutan akan hilangnya tradisi akibat pengaruh budaya baru.
  • Intoleransi terhadap keragaman budaya.
  • Merasa puas pada kondisi saat ini.
  • Sistem stratifikasi sosial tertutup.
  • Adanya hambatan ideologis.

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, perubahan sosial budaya yang terjadi juga dapat diidentifikasi faktor penyebabnya. Pada prinsipnya, faktor penyebab perubahan sosial budaya dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan internal. Di bawah ini saya sebutkan beberapa poin yang memungkinkan menjadi penyebab perubahan sosial budaya:
Faktor eksternal
  • Bencana alam
  • Perang
  • Globalisasi
Faktor internal
  • Perubahan jumlah penduduk
  • Inovasi teknologi
  • Konflik dalam anggota kelompok
  • Pemberontakan
Terhadap perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat, kita harus mampu melakukan refleksi, beradaptasi dan meresponsnya. Tak sekadar agar dapat bertahan hidup namun juga mengarahkan perubahan ke arah yang selaras dengan nilai-nilai yang kita anut.

sumber : http://sosiologis.com/perubahan-sosial-budaya

140 komentar:

Azzuri mengatakan...

Terima kasih pak
-azzuri Ramadhan 9f

Sherly mengatakan...

Terimakasih pak
Sherly 9f

dessy puji astuti mengatakan...

Terimakasih pak
Luthfia s. 9F

Suci ramadhani mengatakan...

Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G

Rizkyadriansaputra mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rizkyadriansaputra mengatakan...

Terima kasih pak
Rizky adrian saputra 9G

Aditya zikri mengatakan...

Trima kasih pak
Aditya zikri 9G

Ainaa mengatakan...

terima kasih pak
Aina Niken 9E

Nurliza dasyu mengatakan...

Trimakasih pak
Nurliza dasyu 9G

farida febrian fazanisa mengatakan...

terimakasih pak
farida febrian f 9e

Risky mengatakan...

Terimakasih pak
Risky 9e

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak materi penjelasanya
Affan fazle mawla 9g

Mutiara Saputri mengatakan...

terimakasih pak
bunga nur 9f

Dagista mengatakan...

terimakasih pak
Dagista bilbina ogata 9f

sadewa putra mengatakan...

terimakasih pak
sadewa putra 9f

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak
Hagista pratiwi 9F

Dimas mengatakan...

Terimakasih pak
Dimas adjie wicaksono 9f

Kamila mengatakan...

Terimakasih pak
Kamila Rahma Dyanti 9f

falsya nanda alifia mengatakan...

terima kasih pak
falsya nanda 9f

Nurliza dasyu mengatakan...

Trimakasih pak
Nurliza dasyu 9G

Aditya zikri mengatakan...

Trima kasih pak atas materinya hari ini
Aditya zikri 9G

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak
Bagas Adji Wirangga 9F

Muhammad Bayu wiratama mengatakan...

Terimakasih pak
Muhammad Bayu wiratama 9F

Luthfia salsabila sungkar mengatakan...

Terimakasih pak
Luthfia salsabila s. 9F

natasya fanesia mengatakan...

Terimakasih pak
Natasya fanesia 9g

Lyra fariskaa mengatakan...

Terimakasih pak
Lyra fariska aprilyani 9f

dewinta828 mengatakan...

Terima kasih atas materinya pak
Dewinta Fortuna Augustin 9F

Rafif26 mengatakan...

Terima kasih pak
Muhammad Rafif fahrawi 9f

Akbar maulana mengatakan...

terima kasih pak
m.akbar maulana prakoso 9G

Zahran 9 G mengatakan...

Terimakasih pak
M.Zahran Rahmadi

Rizkyadriansaputra mengatakan...

Terima kasih atas materinya pak
Rizky adrian saputra 9G

Unknown mengatakan...

Terimakasih atas materinya pak
Debby caroline 9f

M.Aqdam Setiawan mengatakan...

Terimakasih pak
M.aqdam setiawan 9f

Satria belladi mengatakan...

Terima kasih pak atas materinya
Satria belladi 9G

Anonim mengatakan...

Terima kasih pak
-FerdiYawan Saputra 9F

zaskiaramadhina mengatakan...

terimakasih pak
zaskia ramadhina 9g

zaskiaramadhina mengatakan...

terimakasih pak
zaskia ramadhina 9g

Raya aurelli mengatakan...

terimakasih pak
raya aurelli 9g

Asyaro al akbar mengatakan...

Terima kasih pak
M. Asyaro Al Akbar

naqqianurazzahra mengatakan...

terimakasih pak
naqqia nur azzahra 9G

Bagas fadhil haryanto mengatakan...

Terimakasih pak atas materinya Bagas Fadhil Haryanto 9F

Rizaldo mengatakan...

terimakasih pak
rizaldo 9f

Azzuri mengatakan...

Terima kasih pak
Azzuri ramadhan 9f

Unknown mengatakan...

Terima kasih pak
Naila nayyara 9g

Gama thorfa riyadi mengatakan...

Terimakasih pak
Gama thorfa riyadi 9f

BANYU LAKSANA B mengatakan...

Terima kasih pa
Banyu laksana bimantara 9E

Anonim mengatakan...

Terima kasih pak
-M.Faqih.Rahman 9E

Gayoh asa mahaviro mengatakan...

Terima kasih pak
Gayoh asa mahaviro 9e

Dhaffa farras mengatakan...

Terima kasih pak
Dhaffa farras 9E

farida febrian fazanisa mengatakan...

terimakasih pak
farida febrian f 9e

Klararahma mengatakan...

Terima kasih pak.
Klara Rahma 9e

Ainaa mengatakan...

Terima kasih pak
# Ainaa Niken 9-E

farida febrian fazanisa mengatakan...

Terimakasih pak
Restu Aprilian 9E

meldariztaviola mengatakan...

Terima kasih Pak
Melda Rizta 9E

Cessaria mengatakan...

Terimakasih pak
-Annisa Lutfiah cessaria 9E

Rara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rara mengatakan...

Terimakasih pak
Nur arafah siano 9e

Salsabila mengatakan...

Terimakasih pak
Salsabila 9e

Dinda mengatakan...

Terima kasih pak
Dinda azizah 9e

Amanda triadhana mengatakan...

Terimakasih pak
Amanda triadhana 9E

natasya fanesia mengatakan...

Terimakasih pak
Natasya 9g

zaskiaramadhina mengatakan...

terimakasih pak
zaskia ramadhina 9g

Wendy mengatakan...

Terima lsih pak wendy 9G

Wendy mengatakan...

Terima kasih pak wendy 9G

Luthfia salsabila sungkar mengatakan...

Terimakasih pak
Luthfia salsabila s. 9F

Suci Ramadhani mengatakan...

Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G

falsya nanda alifia mengatakan...

terima kasih pak
falsya nanda 9f

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak materi penjelasanya
Affan fazle mawla 9G

Dimas mengatakan...

Terimakasih pak
Dimas adjie wicaksono 9f

Gama thorfa riyadi mengatakan...

Terimakasih pak
Gama thorfa riyadi 9f

Muhammad Bayu wiratama mengatakan...

Terimakasih pak
Muhammad Bayu wiratama 9f

Kamila mengatakan...

Terimakasih pak
Kamila Rahma Dyanti 9f

Rizkyadriansaputra mengatakan...

Terima kasih pak
Rizky adrian saputra 9G

Raya aurelli mengatakan...

terimakasih pak
raya aurelli 9g

Zaky mengatakan...

Terima kasih Pak
Zaky lutfi H 9e

Athallah Rafif A mengatakan...

Terima kasih pak
Athallah Rafif A 9e

Klararahma mengatakan...

Terima kasih pak.
Klara Rahma 9e

Cessaria mengatakan...

Terimakasih pak
-Annisa Lutfiah cessaria 9E

meldariztaviola mengatakan...

Terima kasih Pak
Melda Rizta 9E

farida febrian fazanisa mengatakan...

terimakasih pak
farida febrian 9e

Salsabila mengatakan...

Terimakasih pak
Salsabila 9e

Daffa al mumtaz mengatakan...

Terima kasih pak
Muhammad daffa al mumtaz asca
9E

Raksa Wiguna Bimasenda A. mengatakan...

Terima kasih bu
Raksa wiguna bimasenda a
9e

Laudyy mengatakan...

Terimakasih pak
Laudy Salwa Ramadhina

Anonim mengatakan...

Terima kasih pak
M. Faqih. Rahman 9E

Risky mengatakan...

Terimakasih pak
Risky 9e

natasya fanesia mengatakan...

Terimakasih pak
Natasya 9g

Neva kaimah mengatakan...

Terima kasih pak
Neva 9g

Suci Ramadhani mengatakan...

Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G

Raya aurelli mengatakan...

terimakasih pak
raya aurelli 9g

Rizaldo mengatakan...

terimakasih pak
Rizaldi 9f

Dagista mengatakan...

terimakasih pak
dagista bilbina ogata 9f

Kamila mengatakan...

Terimakasih pak
Kamila Rahma Dyanti 9f

Luthfia salsabila sungkar mengatakan...

Terimakasih pak
Luthfia salsabila s 9F

Amanda triadhana mengatakan...

Terimakasih pak
Amanda triadhana 9e

Rara mengatakan...

Terimakasih pak
Nur arafah siano 9e

Cessaria mengatakan...

Terimakasih pak
-Annisa Lutfiah cessaria 9E

Anonim mengatakan...

Terima kasih pak
M. Faqih. Rahman 9E

Laudyy mengatakan...

Terimakasih pak
Laudy Salwa Ramadhina 9E

Risky mengatakan...

Terimakasih pak
Risky 9e

Klararahma mengatakan...

Terima kasih pak.
Klara Rahma Rahayu 9e

Raksa Wiguna Bimasenda A. mengatakan...

Terima kasih pak
Raksa Wiguna Bimasenda a 9e

BANYU LAKSANA B mengatakan...

Terima kasih pak
Banyu laksana bimantara 9E

yosa mengatakan...

Terima kasih pak
Restu Aprilian 9e

farida febrian fazanisa mengatakan...

terimakasih pak
farida febrian fazanisa 9e

Ainaa mengatakan...

Terima kasih pak
Ainaa Niken 9E

Laudyy mengatakan...

terimakasih pak
laudy Salwa Ramadhina 9E

Cessaria mengatakan...

Terimakasih pak
-Annisa Lutfiah cessaria 9E

Ainaa mengatakan...

Terima kasih pak
# Ainaa Niken Rahmadita 9E

Eric Rusdy@blogspot.co m mengatakan...

Terimakasih pak Eric Rusdy 9 f

Rara mengatakan...

Terimakasih pak nur arafah siano 9e

Suci Ramadhani mengatakan...

Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G

Laudyy mengatakan...

terimakasih pak
laudy salwa ramadhina 9E

Salsabila mengatakan...

Teri makasih pak
Salsabila Elfaliyanti 9e

BANYU LAKSANA B mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BANYU LAKSANA B mengatakan...

Terima kasih pak
Banyu laksana bimantara 9E

Klararahma mengatakan...

Terima kasih pak.
Klara Rahma 9e

yosa mengatakan...

Terima kasih pak
Restu Aprilian 9e

Athallah Rafif A mengatakan...

Terima kasih pak
Athallah Rafif A 9e

farida febrian fazanisa mengatakan...

terimakasih pak
farida febrian 9e

Amanda triadhana mengatakan...

Terimakasih pak
Amanda triadhana9e

Raksa Wiguna Bimasenda A. mengatakan...

Terima kasih pak
Raksa wiguna bimasenda a
9e

Raksa Wiguna Bimasenda A. mengatakan...

Terima kasih pak
Raksa wiguna bimasenda a
9e

panduerzak mengatakan...

terimakasih pak
M.PANDU ERZA K
9E

Raya aurelli mengatakan...

terimakasih pak
raya aurelli 9g

Lingga diva s mengatakan...

Terima kasih pak
Lingga diva s 9E

Anonim mengatakan...

Terima kasih pak
M. Faqih. Rahman 9e

Suci Ramadhani mengatakan...

Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G

Unknow mengatakan...

Terimakasih pak
Muhammad rahmad dani 9f

Sherly mengatakan...

Terimakasih pak
Sherly arpansa 9f

Satria belladi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Satria belladi mengatakan...

Terima kasih pak
Satria belladi 9G

Dagista mengatakan...

terimakasih pak
dagista bilbina ogata 9f

falsya nanda alifia mengatakan...

terima kasih pak
falsya Nanda 9f

Rafif26 mengatakan...

Terima kasih pak
Muhammad Rafif fahrawi 9f

Luthfia salsabila sungkar mengatakan...

Terimakasih pak
Luthfia salsabila 9F

Raya aurelli mengatakan...

terimakasih pak
raya aurelli 9g

Kamila mengatakan...

Terimakasih pak
Kamila Rahma Dyanti 9f

Gama thorfa riyadi mengatakan...

Terimakasih pak
Gama thorfa riyadi 9f

natasya fanesia mengatakan...

Terimakasih pak
Natasya fanesia 9g