Pertemuan 11 Kamis, 21 Oktober 2021
Latihan
Kelas VIII D
JP. 1 PTM/daring
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat pagi anak-anakku yang cerdas
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari
KD
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Memahami interaksi sosial sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kehidupan sosial budaya.
MATERI
A. Mobilitas Sosia
Materi
A. Mobilitas Sosial
Mobilitas Sosial adalah Perpindahan posisi seseorang
atau sekelompokorang dari suatu lapisan ke lapisan lain . Atau seseorang yang
berubah kedudukan (status )sosial darisuatu lapisan ke lapisan lain seperti
menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari sebelum nya atau hanya berpindah
peran tanpa berubah kedudukan
Bentuk -bentuk Mobilitas Sosial :
- Mobilitas
Vertikal : Perpindahan seseorang atau kelompokdari suatu kedudukan sosial
ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat .Mobilitas Sosial ada2 jenis
yaitu : Sosial Climbing ( berpindah ke tingkat lebih tinggi ) dan Sosial
Sinking ( berpindah ke tingkat lebih rendah )
- Mobilitas
Horizontal : Perpindahan status sosial seseorang atau sekelompokorang dalam
lapisan sosial yang sama , tidak terjadi perubahan derajat kedudukan
seseorang .
Fator-faktur Pendorong Mobilitas Sosial :
1. Struktural ; Struktur masyarakat Indonesia sangat
terbuka ,orang miskin dapat mengalami mobilitas sosial setinggi -tingginya ,
bahkan bisa menjadi presiden .
2. Individu ;Setiap Individu memiliki perbedaan dalam
hal sikap .pengetahuandan ketrampilan .
3. Sosial ;Saat dilahirkan , tidak ada satu manusia
pun dapat memilih status . Apabila tidak puas dengan kedudukan yang diwariskan
oleh orangtuanya , ia dapat mencari kedudukannya sendiri di lapisan sosial yang
lebih tinggi
4. Ekonomi Keadaan ekonomi yang baik memudahkan
individu dan kelompok melakukan mobilitas sosial .
5. Politik : Indonesia memiliki stabilitas politik
yang baik , sehingga para pemimpin dapat menjalankan pembangunan dengan baik .
6. Kemudahan Akses Pendidikan : Pada zaman
penjajahan , pendidikan sulit didapatbangsa Indonesia . Sebagian besar
masyarakat tidak bisa membaca.
Faktor-faktor Penghambat Mobilitas Sosial
- Kemiskinan
: Salah satu penyebab kemiskinan adalah pendidikan yang rendah ,
yang berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia Akibatnya , tingkat
kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan terbatas .
- Diskriminasi
: Diskriminasi berarti pembedaan perlakuan karena alasan perbedaan suku ,
ras ,agama ,golongan . pada masa penjajahan terjadi diskriminasi
pemerintah Hindia Belanda terhadap masyarakat keturunan Eropa dan
masyarakat Indonesia .
A Pilihan
Ganda
1.
Pak Amir mengajar SMA sebagai guru. Setelah beberapa tahun, ia kini
menjabatsebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Kasus ini merupakan
contoh mobilitas sosial . . . .
a.
horizontal
b.
antargenerasi
c.
vertikal naik
d.
vertikal turun
e.
geografis
2.
Faktor pendorong bagi kelompok masyarakat tidak mampu untuk melakukan mobilitas
sosial adalah . . . .
a.
status sosial
b.
keadaan ekonomi
c.
pendidikan rendah
d.
situasi politik
e.
penyebab struktural
3.
Perhatikan beberapa contoh saluran mobilitas sosial di bawah ini:
1)
PGRI
2)
APKOM DIY
3)
IDI
4)
PBB
5)
IMI
Yang
termasuk contoh saluran mobilitas sosial pada bidang organisasi profesi adalah
. . . .
a.
1 dan 2
b.
1 dan 3
c.
2 dan 4
d.
2 dan 5
e.
4 dan 5
4.
Di bawah ini contoh faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural
adalah . . . .
a.
seorang anak yang memiliki sikap ulet dan tekun
b.
seorang anak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi
c.
seorang anak yang migrasi ke daerah lain karena ada konflik
d.
seorang anak desa yang mencari pekerjaan di kota
e.
seorang anak yang memiliki keluarga kerajaan
5.
Di bawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik,
adalah . . . .
a.
mematuhi norma-norma yang berlaku
b.
menyesuaikan gaya hidup hedonis
c.
berpegang teguh pada nilai-nilai sosial
d.
ikut kegiatan sosial masyarakat
e.
menyesuaikan dengan budaya sekitar
6.
Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia memiliki dampak positif,
kecuali . . . .
a.
potensi dalam bidang pariwisata
b.
bangsa menjadi lebih luwes
c.
objek kajian budaya internasional
d.
kegagalan komunikasi bahasa
e.
adanya warisan kearifan lokal yang kaya
7.
Perhatikan nama suku bangsa Indonesia
1)
Minangkabau
2)
Gayo
3)
Osing
4)
Aneuk Jamee
5)
Ngaju
Yang
termasuk suku bangsa Indonesia berasal dari provinsi NAD adalah . . . .
a.
1 dan 2
b.
1 dan 3
c.
2 dan 3
d.
2 dan 4
e.
4 dan 5
8.
Yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah . . . .
a.
mendokumentasikan pagelaran budaya daerah
b.
mempelajari tarian adat daerah
c.
mempelajari lagu daerah
d.
mengarang lagu bahasa daerah
e.
mempelajari seni bela diri karate
9.
Pluraritas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan . . . .
a.
keseragaman agar tercapai kedamaian
b.
mempelajari tarian adat daerah
c.
mempelajari lagu daerah
d.
mengarang lagu bahasa daerah
e.
mempelajari seni bela diri karate
10.
Tari-tarian daerah pada saat ini beralih fungsi untuk acara . . . .
a.
keagamaan
b.
sesaji
c.
penyambutan tamu
d.
syukuran
e.
perang
11.
Konflik antara buruh dan pengusaha kerap sekali naik ke pengadilan. Pemberian
upah yang tidak sesuai menjadi salah satu alasan. Kasus di atas menggambarkan
konflik terjadi karena faktor . . . .
a.
perbedaan budaya
b.
perbedaan kepribadian
c.
perbedaan keluarga
d.
perbedaan kepentingan
e.
perbedaan perbedaan kasta
12.
Individu atau kelompok ini memandang bahwa pendapat atau idenya paling benar
sehingga memenangkan konflik dengan cara menguasai lawan adalah jalan untuk
mencapai tujuan. Hal ini merupakan contoh cara menangani konflik, yaitu . . . .
a.
menghindar
b.
memaksakan kehendak
c.
menyesuaikan keinginan orang lain
d.
kolaborasi
e.
tawar-menawar
13.
Berikut ini adalah faktor yang memengaruhi cepat lambatnya proses integrasi,
kecuali . . . .
a.
homogenitas kelompok
b.
heterogenitas kelompok
c.
mobilitas geografis
d.
efektivitas komunikasi
e.
besar kecilnya kelompok
14.
Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial adalah . . . .
a.
adanya intoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda
b.
kesempatan yang seimbang dalam bidang ekonomi
c.
adanya perkawinan campur
d.
adanya sikap yang terbuka dengan golongan yang berkuasa
e.
adanya persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan
15.
Integrasi sosial dalam kehidupan dapat terwujud dengan adanya . . . .
a.
tidak ada kesepahaman antarkelompok
b.
konsensus bersama tentang nilai
c.
masyarakat yang melanggar norma
d.
nilai dan norma baru saja dicanangkan
e.
kebutuhan masyarakat sulit dicukupi
B. Essai
1. Jelaskan perbedaan
dengan disertai contoh mobilitas sosial naik dan mobilitas sosial turun!
2. Untuk mendapatkan
jabatan politik tertentu, tentu terdapat persaingan yang dapat memunculkan
konflik sosial. Apa cara kalian untuk meminimalisir interaksi sosial tersebut
agar tidak memicu konflik?
3. Mengapa faktor
ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?
4. Hal apa saja yang
menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia?
5. Apa perbedaan antara
asimilasi dan akulturasi?
7 komentar:
Assalamualaikum
Nama:m.el ramzi ramadan
Kelas:8D
Ket:hadir
Terimakasih
Assalamu'alaikum
Nama: putri aulia
Kelas: 8d
Ket: hadir
Terimakasih
Assalamualaikum
Nama: Syntia Wulandari
Kelas:8D
Ket:hadir
Terimakasih
assalamualaikum
nama: asyia mutiara b
kelas:8D
Ket:hadir
Terimakasih
assalamualaikum
nama: Olivia Almufenza
kelas: 8D
Ket: hadir
terimakasih 🙏
Assalamu'alaikum
Nama :Aprilia Windra Bekti
Kelas : 8d
Keterangan : hadir
Terimakasih, wassalamu'alaikum
Assalamualaikum
Nama:Fachri Ramadhan
Kelas:8D
Ket:hadir
Terimakasih
Posting Komentar