Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Kamis, 21 Oktober 2021

Kelas VIII.E P11 Bab II Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial Dan Budaya (Kebangsaan)

 


Pertemuan 11

Hari Kamis , 21  Oktober  2021

Kelas VIII  E

JP. Ke  2  daring

 

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi anak-anakku  yang  cerdas

Bagaimana kabarnya hari ini?

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari

 

Baiklah silakan baca dan pahami materi berikut ini.

 KD

3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan

 sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.

 

 TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Ø  Memahami interaksi sosial sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kehidupan sosial budaya.






 

Materi

A. Mobilitas Sosial

Mobilitas Sosial adalah Perpindahan posisi seseorang atau sekelompokorang dari suatu lapisan ke lapisan lain . Atau seseorang yang berubah kedudukan (status )sosial darisuatu lapisan ke lapisan lain seperti menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari sebelum nya atau hanya berpindah peran tanpa berubah kedudukan

Bentuk -bentuk Mobilitas Sosial :

  1. Mobilitas Vertikal : Perpindahan seseorang atau kelompokdari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat .Mobilitas Sosial ada2 jenis yaitu : Sosial Climbing ( berpindah ke tingkat lebih tinggi ) dan Sosial Sinking ( berpindah ke tingkat lebih rendah )
  2. Mobilitas Horizontal : Perpindahan status sosial seseorang atau sekelompokorang dalam lapisan sosial yang sama , tidak terjadi perubahan derajat kedudukan seseorang .

Fator-faktur Pendorong Mobilitas Sosial  :

1. Struktural ; Struktur masyarakat Indonesia sangat terbuka ,orang miskin dapat mengalami mobilitas sosial setinggi -tingginya , bahkan bisa menjadi presiden .

2. Individu ;Setiap Individu memiliki perbedaan dalam hal sikap .pengetahuandan ketrampilan .

3. Sosial ;Saat dilahirkan , tidak ada satu manusia pun dapat memilih status . Apabila tidak puas dengan kedudukan yang diwariskan oleh orangtuanya , ia dapat mencari kedudukannya sendiri di lapisan sosial yang lebih tinggi

4. Ekonomi Keadaan ekonomi yang baik memudahkan individu dan kelompok melakukan mobilitas sosial .

5. Politik : Indonesia memiliki stabilitas politik yang baik , sehingga para pemimpin dapat menjalankan pembangunan dengan baik .

6. Kemudahan Akses Pendidikan  : Pada zaman penjajahan , pendidikan sulit didapatbangsa Indonesia . Sebagian besar masyarakat tidak bisa membaca.

Faktor-faktor  Penghambat Mobilitas Sosial

  1. Kemiskinan :  Salah satu penyebab kemiskinan adalah pendidikan yang rendah , yang berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia Akibatnya , tingkat kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan terbatas .
  2. Diskriminasi : Diskriminasi berarti pembedaan perlakuan karena alasan perbedaan suku , ras ,agama ,golongan . pada masa penjajahan terjadi diskriminasi pemerintah Hindia Belanda terhadap masyarakat keturunan Eropa dan masyarakat Indonesia .

 

 

 

Latihan

Pilihan Ganda

1. Pak Amir mengajar SMA sebagai guru. Setelah beberapa tahun, ia kini menjabatsebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Kasus ini merupakan contoh mobilitas sosial . . . .

a. horizontal

b. antargenerasi

c. vertikal naik

d. vertikal turun

e. geografis

 

2. Faktor pendorong bagi kelompok masyarakat tidak mampu untuk melakukan mobilitas sosial adalah . . . .

a. status sosial

b. keadaan ekonomi

c. pendidikan rendah

d. situasi politik

e. penyebab struktural

 

3. Perhatikan beberapa contoh saluran mobilitas sosial di bawah ini:

1) PGRI

2) APKOM DIY

3) IDI

4) PBB

5) IMI

 

Yang termasuk contoh saluran mobilitas sosial pada bidang organisasi profesi adalah . . . .

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 4

d. 2 dan 5

e. 4 dan 5

 

4. Di bawah ini contoh faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural adalah . . . .

a. seorang anak yang memiliki sikap ulet dan tekun

b. seorang anak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi

c. seorang anak yang migrasi ke daerah lain karena ada konflik

d. seorang anak desa yang mencari pekerjaan di kota

e. seorang anak yang memiliki keluarga kerajaan

 

5. Di bawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik, adalah . . . .

a. mematuhi norma-norma yang berlaku

b. menyesuaikan gaya hidup hedonis

c. berpegang teguh pada nilai-nilai sosial

d. ikut kegiatan sosial masyarakat

e. menyesuaikan dengan budaya sekitar

 

6. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia memiliki dampak positif, kecuali . . . .

a. potensi dalam bidang pariwisata

b. bangsa menjadi lebih luwes

c. objek kajian budaya internasional

d. kegagalan komunikasi bahasa

e. adanya warisan kearifan lokal yang kaya

 

7. Perhatikan nama suku bangsa Indonesia

1) Minangkabau

2) Gayo

3) Osing

4) Aneuk Jamee

5) Ngaju

 

Yang termasuk suku bangsa Indonesia berasal dari provinsi NAD adalah . . . .

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

e. 4 dan 5

 

8. Yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah . . . .

a. mendokumentasikan pagelaran budaya daerah

b. mempelajari tarian adat daerah

c. mempelajari lagu daerah

d. mengarang lagu bahasa daerah

e. mempelajari seni bela diri karate

 

9. Pluraritas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan . . . .

a. keseragaman agar tercapai kedamaian

b. mempelajari tarian adat daerah

c. mempelajari lagu daerah

d. mengarang lagu bahasa daerah

e. mempelajari seni bela diri karate

 

10. Tari-tarian daerah pada saat ini beralih fungsi untuk acara . . . .

a. keagamaan

b. sesaji

c. penyambutan tamu

d. syukuran

e. perang

 

11. Konflik antara buruh dan pengusaha kerap sekali naik ke pengadilan. Pemberian upah yang tidak sesuai menjadi salah satu alasan. Kasus di atas menggambarkan konflik terjadi karena faktor . . . .

a. perbedaan budaya

b. perbedaan kepribadian

c. perbedaan keluarga

d. perbedaan kepentingan

e. perbedaan perbedaan kasta

 

12. Individu atau kelompok ini memandang bahwa pendapat atau idenya paling benar sehingga memenangkan konflik dengan cara menguasai lawan adalah jalan untuk mencapai tujuan. Hal ini merupakan contoh cara menangani konflik, yaitu . . . .

a. menghindar

b. memaksakan kehendak

c. menyesuaikan keinginan orang lain

d. kolaborasi

e. tawar-menawar

 

13. Berikut ini adalah faktor yang memengaruhi cepat lambatnya proses integrasi, kecuali . . . .

a. homogenitas kelompok

b. heterogenitas kelompok

c. mobilitas geografis

d. efektivitas komunikasi

e. besar kecilnya kelompok

 

14. Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial adalah . . . .

a. adanya intoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda

b. kesempatan yang seimbang dalam bidang ekonomi

c. adanya perkawinan campur

d. adanya sikap yang terbuka dengan golongan yang berkuasa

e. adanya persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan

 

15. Integrasi sosial dalam kehidupan dapat terwujud dengan adanya . . . .

a. tidak ada kesepahaman antarkelompok

b. konsensus bersama tentang nilai

c. masyarakat yang melanggar norma

d. nilai dan norma baru saja dicanangkan

e. kebutuhan masyarakat sulit dicukupi

 

 

B. Essai

1. Jelaskan perbedaan dengan disertai contoh mobilitas sosial naik dan mobilitas sosial turun!

2. Untuk mendapatkan jabatan politik tertentu, tentu terdapat persaingan yang dapat memunculkan konflik sosial. Apa cara kalian untuk meminimalisir interaksi sosial tersebut agar tidak memicu konflik?

3. Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

4. Hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia?

5. Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi?

 

Referensi:

Ø  http://ditsmp.kemdikbud.go.id/download/modul-pjj-gasal-matematika-kelas-viii-2020

Ø  https://salamadian.com/pengertian-interaksi-sosial/

Ø  MGMP IPS SMP kota Bandar Lampung

8 komentar:

nurhikmah sahputri harahap mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Nurhikmah sahputri harahap
Kelas:8e
Ket:hadir
Terimakasih

Keisha F mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb Pak
Nama :Keisha Fardema
Kelas :8E
Ket :Hadir
Terima kasih Pak untuk materi nya hari ini☺️🙏
Wassalamualaikum wr.wb

Rasya mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Muhammad rasya daviera
Kelas:8e
Ket:hadir
Terimakasih

Maldiniramadan19 mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Muhammad Maldini Ramadhan
Kelas:8e
Ket:hadir
Terimakasih

Muhammad Rafi Daviera. mengatakan...

Assalamualaikum
Nama:Muhammad Rafi Daviera
Kelas:8E
Ket:Hadir
Terimakasih

diah andriyani mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Kaysan Hanif Rabbani Fikri
Kelas:8E
Ket:Hadir
Terimakasih

Akbar mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Akbar
Kls:8E
Ket:hadir
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu

faishal mengatakan...

Assalamualaikum
Nama syaa faishal wibowo
Kelas 8E
Keterangan hadir
Terima kasih
Wassalamualaikum wr wb