Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 11 Maret 2022

Kelas VIII.E P13 Bab IV Sub materi Perub. Masy. Indonesia Pada Masa Jepang

Jumat, 11  Maret 2022

Kelas VIII E

JP 3-4 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Selamat pagi anak-anakku  yang  cerdas

Bagaimana kabarnya hari ini? sehat semua yaa.. alhamdulillah..

In syaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta sholat dhuha yaa....! sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai...

aamiin

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi berikut  berikut. ... .

 


Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan  masa Jepang
 

  KD

3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan..

 TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah siswa mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat :

Mendeskripsikan bentuk perubahan masyarakat indonesia pada masa penjajahan

 

Materi

 

B. Perubahan Masyarakat pada Masa Penjajahan Jepang

1.    Perubahan dalam Aspek Geografi

Adanya eksploitasi kekayaan alam menjadi ciri penting pada masa pendudukan Jepang. Misi untuk memenangkan Perang Dunia II mendorong Jepang menjadikan Indonesia sebagai salah satu basisnya menghadapi tentara Sekutu. Jepang banyak membutuhkan banyak dukungan dalam menghadapi PD II. Lahan perkebunan yang ada pada masa Hindia Belanda merupakan lahan yang menghasilkan untuk jangka waktu yang lama. Jepang menggerakkan tanaman rakyat yang mendukung Jepang dalam PD II. Tanaman jarak dikembangkan sebagai bahan produksi minyak yang dibutuhkan sebagai mesin perang.

Kesengsaraan pada masa pendudukan Jepang menyebabkan besarnya angka kematian pada masa pendudukan Jepang. Migrasi terjadi terutama untuk mendukung perang Jepang menghadapi Sekutu. Banyak rakyat Indonesia yang ikut dalam romusha ataupun membantu pasukan Jepang di beberapa negara Asia Tenggara untuk membantu perang Jepang.

Sebagian dari mereka tidak kembali atau tidak diketahui nasibnya. Menurut catatan sejarah, jumlah tenaga kerja yang dikirim ke luar Jawa, bahkan ke luar negeri seperti ke Burma, Malaya, Vietnam, dan Mungthai/Thailand mencapai 300.000 orang. Ratusan ribu orang tersebut banyak yang tidak diketahui nasibnya setelah Perang Dunia II usai.

 2. Perubahan dalam Aspek Ekonomi

Sistem ekonomi perang Jepang membawa kemunduran dalam bidang perekonomian di Indonesia. Putusnya hubungan dengan perdagangan dunia mempersempit kegiatan perekonomian di Indonesia. Perkebunan tanaman ekspor diganti menjadi lahan pertanian untuk kebutuhan sehari-hari. Pembatasan ekspor menyebabkan sulitnya memperoleh bahan pakaian. Maka, rakyat Indonesia pun mengusahakannya sendiri. Pakaian yang terbuat dari benang goni menjadi tren pada masa pendudukan Jepang. Wajib setor padi dan tingginya pajak pada masa pendudukan Jepang menyebabkan terjadinya kemiskinan luar biasa. Angka kematian sangat tinggi. Sebagai contoh, di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah angka kematian mencapai 50%. Kemiskinan yang luar biasa berdampak pada penyakit-penyakit sosial lainnya. Gelandangan, pengemis, kriminalitas, semakin berkembang akibat lemahnya kekuatan ekonomi rakyat

3. Perubahan dalam Aspek Pendidikan

Kegiatan pendidikan dan pengajaran menurun. Sebagai contoh, gedung sekolah dasar menurun dari 21.500 menjadi 13.500 buah; gedung sekolah lanjutan menurun dari 850 menjadi 20 buah. Kegiatan perguruan tinggi macet. Sementara itu, pengenalan budaya Jepang dilakukan di berbagai sekolah di Indonesia. Bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa pengantar di berbagai sekolah di Indonesia.

Adapun bahasa Jepang menjadi bahasa utama di sekolah-sekolah. Tradisi budaya Jepang dikenalkan di sekolah-sekolah mulai dari tingkat rendah. Para siswa harus digembleng agar bersemangat Jepang (Nippon Seishin). Para pelajar juga harus menyanyikan lagu Kimigayo (lagu kebangsaan Jepang) dan lagu-lagu lain, menghormati bendera Hinomaru, serta melakukan gerak badan (taiso) dan seikerei.

4. Perubahan dalam Aspek Politik

Propaganda Jepang berhasil memengaruhi masyarakat Indonesia. Dengan alasan untuk membebaskan bangsa Indonesia dan penjajahan Belanda, Jepang mulai mendapat simpati rakyat. Dengan kebijakan yang kaku dan keras, secara politik organisasi pergerakan yang pernah ada sulit mengembangkan aktivitasnya. Bahkan, Jepang melarang dan membubarkan semua organisasi pergerakan politik yang pernah ada di masa kolonial Belanda. Hanya MIAI yang kemudian diperbolehkan hidup karena organisasi ini dikenal sangat anti budaya Barat (Belanda). Kempetai selalu memata-matai gerak-gerik organisasi pergerakan nasional. Akibatnya, muncul gerakan-gerakan bawah tanah.

Jepang berusaha mendapatkan simpati dan dukungan rakyat dan tokoh-tokoh Indonesia atas kekuasaannya di Indonesia. Akibatnya, hal ini menimbulkan beragam tanggapan dari para tokoh pergerakan nasional. Kelompok pertama adalah kelompok yang masih mau bekerja sama dengan Jepang, tetapi tetap menggelorakan pergerakan nasional. Para tokoh ini adalah mereka yang muncul dalam berbagai organisasi bentukan Jepang. Adapun kelompok kedua adalah mereka yang tidak mau bekerja sama dengan pemerintah Jepang dan melakukan gerakan bawah tanah.

Pada masa akhir pendudukan Jepang, terjadi revolusi politik di Indonesia, yakni kemerdekaan Indonesia. Peristiwa proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi momen penting perjalanan sejarah Indonesia selanjutnya. Kemerdekaan telah membawa perubahan masyarakat dalam segala bidang.

5. Perubahan dalam Aspek Budaya

Jepang berusaha ‘menjepangkan’ Indonesia. Ajaran Shintoisme diajarkan pada masyarakat Indonesia. Kebiasaan menghormat matahari dan menyanyikan lagu Kimigayo merupakan salah satu pengaruh pada masa pendudukan Jepang. Pengaruh budaya ini menimbulkan perlawanan di berbagai daerah. Kalian dapat mengamati terjadinya perlawanan masyarakat pada masa pendudukan Jepang. Salah satu penyebab perlawanan adalah penolakan terhadap kebiasaan menghormat matahari.

Perkembangan Bahasa Indonesia pada masa pendudukan Jepang mengalami kemajuan. Pada tanggal 20 Oktober 1943, atas desakan dari beberapa tokoh Indonesia, didirikanlah Komisi (Penyempurnaan) Bahasa Indonesia. Tugas Komisi adalah menentukan istilah-istilah modern dan menyusun suatu tata bahasa normatif serta menentukan kata-kata yang umum bagi bahasa Indonesia.

 Baiklah kids pemaparan materi kali ini cukup luaskan… dan masih banyak lagi periswtiwa heroik sekitar Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ok children, to close the material in our meeting today, Mr. will give an assignment or evaluation to find out how far you understand the material that we have discussed together.

Tugas kalian

1.   Setiap anak memberikan komen di kolom komentar  sesuai pemahaman kalian berdasarkan materi kita hari ini wajb follow ya

 

Sumber Referensi

https://sites.google.com/view/ips8bab4/c-tumbuh-dan-berkembangnya-semangat-kebangsaan/perubahan-masyarakat-indonesia-pada-masa-penjajahan

Buku IPS terbitan Kemdikbud revisi 2017

13 komentar:

Kheysha Dwi Anggraini mengatakan...

assalamualaikum
nama kheysha dwi anggraini
kelas 8e
ket hadir
terimakasih
wassalamualaikum wr.wb

Keisha F mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb Pak
Nama :Keisha Fardema
kelas :8E
ket :Hadir
Terima kasih Pak untuk materi ny hari ini☺️🙏
Wassalamualaikum wr.wb

Karina Octa Vinny Hidayat mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : Karina Octa Vinny Hidayat
Kelas : 8E
Ket : Hadir
Terima Kasih
Wassalamualaikum

Yuristian Lorriez mengatakan...

Assalamu'alaikum wr.wb
Nama: Yuristian Lorriez
Kls:8E
Ket:Hadir
Terima kasih atas materinyaa 🙏🏼☺️
W assalamu'alaikum wr.wb

Unknown mengatakan...

assalamualaikum
nama intan azzahwa
kelas 8e
ket hadir
trimakasih materinya

Fathiyah Zahra mengatakan...

Assalamualaikum, nama saya Fathiyah Zahra dari kelas 8E
Keterangan : Hadir | Absen 10
Terima kasih
Wassalamualaikum

Zahra mengatakan...

Assalamualaikum
Nama Bilqis Zahra sagita
kelas 8e | absen : 4
Keterangan hadir
Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb

Dennis keandra Hermawan mengatakan...

Assalamualaikum
Nama Dennis keandra Hermawan
Kelas 8E
Ket hadir
Terima kasih

nurhikmah sahputri harahap mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb.
Nama saya nurhikmah Sahputri Harahap
Kelas 8e
Keterangan Hadir

Jawab=
-Perubahan Masyarakat pada Masa Penjajahan Jepang
1.Perubahan dalam Aspek Geografi.
Adanya eksploitasi kekayaan alam menjadi ciri penting pada masa pendudukan Jepang.
2.Perubahan dalam Aspek Ekonomi.
Sistem ekonomi perang Jepang membawa kemunduran dalam bidang perekonomian di Indonesia.
3.Perubahan dalam Aspek Pendidikan.
Kegiatan pendidikan dan pengajaran menurun.
4.Perubahan dalam Aspek Politik.
Propaganda Jepang berhasil memengaruhi masyarakat Indonesia.
5.Perubahan dalam Aspek Budaya.
Jepang berusaha ‘menjepangkan’ Indonesia

Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Dennis keandra Hermawan mengatakan...

Assalamualaikum
Nama Dennis keandra Hermawan
Kelas 8E
Ket hadir
Jawab=
-Perubahan Masyarakat pada Masa Penjajahan Jepang
1.Perubahan dalam Aspek Geografi.
Adanya eksploitasi kekayaan alam menjadi ciri penting pada masa pendudukan Jepang.
2.Perubahan dalam Aspek Ekonomi.
Sistem ekonomi perang Jepang membawa kemunduran dalam bidang perekonomian di Indonesia.
3.Perubahan dalam Aspek Pendidikan.
Kegiatan pendidikan dan pengajaran menurun.
4.Perubahan dalam Aspek Politik.
Propaganda Jepang berhasil memengaruhi masyarakat Indonesia.
5.Perubahan dalam Aspek Budaya.
Jepang berusaha ‘menjepangkan’ Indonesia

Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Akbar mengatakan...

Assalamualaikum
Nama:akabr
Kelas 8E
Ket hadir
Jawab=
-Perubahan Masyarakat pada Masa Penjajahan Jepang
1.Perubahan dalam Aspek Geografi.
Adanya eksploitasi kekayaan alam menjadi ciri penting pada masa pendudukan Jepang.
2.Perubahan dalam Aspek Ekonomi.
Sistem ekonomi perang Jepang membawa kemunduran dalam bidang perekonomian di Indonesia.
3.Perubahan dalam Aspek Pendidikan.
Kegiatan pendidikan dan pengajaran menurun.
4.Perubahan dalam Aspek Politik.
Propaganda Jepang berhasil memengaruhi masyarakat Indonesia.
5.Perubahan dalam Aspek Budaya.
Jepang berusaha ‘menjepangkan’ Indonesia

Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Rasya mengatakan...

Assalamualaikum
Nama Muhammad rasya daviera
Kelas 8E
Ket hadir
Jawab=
-Perubahan Masyarakat pada Masa Penjajahan Jepang
1.Perubahan dalam Aspek Geografi.
Adanya eksploitasi kekayaan alam menjadi ciri penting pada masa pendudukan Jepang.
2.Perubahan dalam Aspek Ekonomi.
Sistem ekonomi perang Jepang membawa kemunduran dalam bidang perekonomian di Indonesia.
3.Perubahan dalam Aspek Pendidikan.
Kegiatan pendidikan dan pengajaran menurun.
4.Perubahan dalam Aspek Politik.
Propaganda Jepang berhasil memengaruhi masyarakat Indonesia.
5.Perubahan dalam Aspek Budaya.
Jepang berusaha ‘menjepangkan’ Indonesia

Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Muhammad Rafi Daviera mengatakan...

Assalamualaikum
Nama Muhammad Rafi Daviera
Kelas 8E
Ket Hadir

Jawab=
-Perubahan Masyarakat pada Masa Penjajahan Jepang
1.Perubahan dalam Aspek Geografi.
Adanya eksploitasi kekayaan alam menjadi ciri penting pada masa pendudukan Jepang.
2.Perubahan dalam Aspek Ekonomi.
Sistem ekonomi perang Jepang membawa kemunduran dalam bidang perekonomian di Indonesia.
3.Perubahan dalam Aspek Pendidikan.
Kegiatan pendidikan dan pengajaran menurun.
4.Perubahan dalam Aspek Politik.
Propaganda Jepang berhasil memengaruhi masyarakat Indonesia.
5.Perubahan dalam Aspek Budaya.
Jepang berusaha ‘menjepangkan’ Indonesia

Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.