Senin 30 Mei 2022
Kelas VIII E
JP 5-6
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Selamat pagi anak-anakku yang cerdas
Bagaimana kabarnya hari ini, jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa.. alhamdulillah..
In syaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta sholat dhuha yaa....! sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai...
aamiin
Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin
Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi berikut berikut. ... .
Materi Kisi kisi nomor 1.s.d 50
IPK |
Konten/Materi |
Indikator Soal
|
Menjelaskan
keunggulan komparatif dari daerah tertentu di Indonesia |
·
Keunggulan dan keterbatasan Antarruang
serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian. |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi keunggulan komparatif dari daerah tertentu di
Indonesia |
Memahami
Sumber Daya Alam di Sumatera Selatan |
Keunggulan dan keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai
pelaku ekonomi. |
Melalui tabel siswa dapat mengidentifikasi Sumber Daya Alam di Sumatera Selatan |
Menjelaskan
keunggulan Interksi antarruang dalam perdagangan |
Peserta didik mampu
mendiskripsikan keunggulan dan
keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi |
Siswa mampu mendiskripsikan Interksi antarruang dalam
perdagangan |
Menjelaskan peran pelaku ekonomi |
Peserta didik
mampu menggunakan
nalar
kehidupan
untuk memahami keunggulan dan
keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi |
Siswa mampu
memahami peran pelaku ekonomi |
Menjelaskan pendapatan rumah
tangga keluarga |
Peserta didik
mampu ·
menggunakan nalar
kehidupan
untuk memahami keunggulan dan
keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi |
Siswa mampu memahami pendapatan rumah tangga
keluarga |
Memahami
peran seorang wirausaha |
Peserta didik
mampu menganalisis ·
keunggulan dan
keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi |
Siswa mampu menganalisis peran seorang wirausaha |
Menjelaskan hubungan antara RTP dan RTK |
Peserta didik
mampu menganalisis
permintaan dan penawaran dengan
penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi |
Melalui gambar siswa mampu
menganalisis hubungan antara RTP dan RTK |
Menjelaskan usaha yang dikelola
oleh perusahaan BUMN |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi permintaan dan penawaran dengan penggunaan
teknologi untuk pelaku ekonomi |
Siswa mampu mengidentifikasi usaha yang
dikelola oleh perusahaan BUMN |
Menjelaskan
peran pelaku ekonomi Rumah Tangga Pemerintah
sebagai Regulator |
Peserta didik
mampu memahami
pengetahuan dan pemahaman tentang permintaan dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku
ekonomi |
Melalui pernyataan siswa
dapat memahami peran pelaku ekonomi Rumah Tangga Pemerintah sebagai Regulator |
Menjelaskan tentang
perdagangan antar pulau |
Peserta didik
mampu menganalisis pengetahuan dan pemahaman tentang permintaan dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku
ekonomi |
Melalui gambar siswa mampu menganalisis tentang
perdagangan antar pulau melalui jalur rute pelayaran. |
Menjelaskan Pengaruh
positif dari interaksi antarruang terhadap kegiatan ekonomi antar negara
ASEAN |
Peserta didik
mampu memahami
pengetahuan dan pemahaman tentang pengaruh
interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia
dan ASEAN |
Melalui pernyataan mampu memahami tentang Pengaruh positif dari interaksi
antarruang terhadap kegiatan ekonomi antar negara ASEAN |
Menjelaskan keunggulan
negara Indonesia dan Malaysia melalui biaya dan effisiensi produksi |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi
pengetahuan dan pemahaman tentang pengaruh interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, sosial, budaya
di Indonesia dan ASEAN |
Melalui tabel
siswa mampu mengidentifikasi keunggulan negara Indonesia dan Malaysia |
Menjelaskan tujuan perdagangan antar pulau |
Peserta didik
mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan
pemahaman
tentang:
Pengaruh
interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia
dan ASEAN |
Siswa mampu
mengidentifikasi tentang tujuan perdagangan antar pulau |
Menjelaskan
manfaat perdagangan antar daerah |
Peserta didik
mampu mendiskripsikan pengetahuan dan pemahaman tentan
pengaruh interaksi antaruang terhadap
kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia dan ASEAN |
Siswa
mampu mendiskripsikan manfaat perdagangan antardaerah |
Menjelaskan perdagangan antar negara |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi
pengetahuan dan pemahaman tentang pengaruh
interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia
dan ASEAN |
Melalui
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi tentang perdagangan antarnegara. |
Menjelaskan hasil
dari kegiatan ekspor berupa alat pembayaran internasional yang menopang
ekonomi negara. |
Peserta didik
mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan
pemahaman
tentang Kegiatan perdagangan antar daerah,
antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor). |
Siswa mampu
menyimpulkan hasil dari kegiatan ekspor berupa alat pembayaran
internasional. |
Menjelaskan barang
yang di ekspor oleh indonesia terdiri
dari barang migas |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi
pengetahuan dan pemahaman tentang kegiatan perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara
(ekspor-impor) |
Melalaui
tabel siswa mampu mengidentifikasi SDA yang diekspor
Indonesia berupa barang migas |
Menjelaskan
kegiatan impor dan ekspor |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi kegiatan perdagangan antar daerah, antarpulau, dan
antarnegara (ekspor-impor). |
Melalui
tabel pernyataan siswa mampu
membedakan kegiatan ekspor dan impor |
Menjelaskan
tentang kebijakan pemerintah dalam kegiatan ekspor |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi kegiatan perdagangan antar
daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor). |
Siswa mampu mengidentifikasi tentang kebijakan
pemerintah dalam kegiatan ekspor dan impor |
Menjelaskan kegiatan kelautan di Indonsia |
Peserta didik mampu
mengidentifikasi upaya mengembangkan
ekonomi maritim dan agrikultur. |
Melalui tabel siswa mampu mengidentifikasi kegiatan kelautan dan maritim |
Menjelaskan
pendukung
potensi kemaritiman di Indonesia |
Peserta didik
mampu mendiskripsikan upaya mengembangkan ekonomi maritim dan
agrikultur. |
Siswa mampu mendiskripsi pengembangan kemaritiman di
Indonesia |
Menjelaskan
ASEAN
Conetivity dalam pengembangan infrastruktur transportasi |
Peserta didik
mampu menggunakan nalar
kehidupan
untuk mendiskripsikan upaya
mengembangkan ekonomi maritim dan agrikultur. |
Siswa mampu mendiskripsikan ASEAN Conetivity |
Menjelaskan strategi
kebijakan pengembangan maritim di Indonesia dalam perubahan paradigma
pembangunan nasional berbasis darat ke laut |
Peserta didik
mampu mendiskripsikan
upaya mengembangkan
ekonomi maritim dan agrikultur. |
Siswa mampu mendiskripsikan strategi kebijakan
pengembangan maritim di Indonesia |
Menjelaskan
manfaat terbentuknya MEA |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi
upaya mengembangkan ekonomi
maritim dan agrikultur. |
Siswa mampu mengidentifikasi
tentang MEA |
Menjelaskan potensi
agrikultur tanaman andalan di Indonesia |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi upaya
mengembangkan ekonomi maritim dan agrikultur. . |
Melalui pernyataan siswa
mampu mengidentifikasi potensi agrikultur di Indonesia |
Menjelaskan hambatan dalam agrikultur
di Indonesia |
Peserta didik
mampu mendiskripsikan upaya
mengembangkan ekonomi maritim dan agrikultur |
Siswa mampu mendiskripsikan peran agrikultur di Indonesia |
Menjelaskan
contoh kegiatan ekofarming di Indonesia |
Peserta
didik mampu menganalisis upaya mengembangkan ekonomi maritim dan
agrikultur |
Siswa mampu menganalisis contoh kegiatan
ekofarming di Indonesia |
Menjelaskan redistribusi vertikal dan horizontal dalam
masyarakat |
Peserta didik mampu
menganalisis mengembangkan alternatif
pendistribusian pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat. |
Disajikan
gambar dan pernyataan siswa dapat menganalisis upaya yang dilakukan
pemerintah dalam redistribusi pendapatan |
Menjelaskan bentuk-bentuk redistribusi pendapatan |
Peserta didik
mampu mendiskripsikan mengembangkan alternatif pendistribusian pendistribusian
pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat. |
Siswa
dapat mendiskripsikan bentuk-bentuk redistribusi pendapatan |
Menjelaskan tentang pajak |
Peserta didik mampu
mendiskripsikan mengembangkan alternatif pendistribusian pendistribusian pendapatan
untuk kesejahteraan masyarakat |
Disajikan
gambar siswa mampu mendiskripsikan contoh
tentang pajak |
Menjelaskan tentang
bentuk redistribusi untuk
pemerataan distribusi pendapatan di
Indonesia |
Peserta didik mampu
mendiskripsika mengembangkan alternatif pendistribusian pendistribusian
pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat. |
Siswa
dapat mendiskripsikan program redistribusi untuk pemerataan distribusi pendapatan di Indonesia |
Menjelaskan kebijakan penegakan hukum dan
keadilan ekonomi |
Peserta didik mampu
mendiskripsikan mengembangkan alternatif pendistribusian pendistribusian
pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat. |
Siswa
dapat mendiskripsikan pentingnya pemerintah konsisten dalam mewujudkan
kebijakan penegakan hukum dan keadilan ekonomi |
Menjelaskan rempah rempah hasil bumi Nusantara yang
menjadi daya tarik bangsa eropa |
Peserta didik mampu
Mendiskripsikan kedatangan
bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia |
Melalui
pernyataan siswa mampu mendiskripsikan rempah-rempah di Indonesia |
Menjelaskan faktor pendorong kedatangan bangsa barat
ke nusantara. |
Peserta didik mampu
mendiskrisikan
pengetahuan dan pemahaman tentang
kedatangan bangsa-bangsa Eropa
dan perlawanan bangsa Indonesia |
Siswa mampu mendiskripsikan
latar belakang kedatangan bangsa barat datang ke Indonesia |
Menjelasakan tokoh pelaut bangsawan Portugis ke
Nusantara |
Peserta didik mampu
mengidentifikasi
pengetahuan
dan
pemahaman
tentang
kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan
perlawanan bangsa Indonesia. |
Melalui gambar siswa mampu
menunjukkan tokoh portugis yang menguasai Malaka 1511 |
Menjelaskan bentuk
monopoli dalam perdagangan yang
dilakukan VOC di Indonesia (Hak Oktroi) |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang: Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia |
Siswa
mampu mendiskripsikan bentuk monopoli dalam perdagangan yang dilakukan VOC di Indonesia (Hak Oktroi, kebijakan
ekstirpasi, Verplichte Leverantie, Preanger Stelsel) |
Menjelaskan faktor ekternal kemunduran dan
dibubarkannya VOC |
Peserta didik mampu
mengidentifikasi pengetahuan dan pemahaman tentang
kedatangan bangsa-bangsa Eropa
dan perlawanan bangsa Indonesia. |
Melalui pernyatan siswa mampu mengidentifikasi
faktor internal dan eksternal penyebab runtuhnya VOC |
Menjelaskan
tentang dampak negatif periode kekuasaan dan monopoli VOC bagi bangsa Indonesia |
Peserta didik
mampu mendiskripsikan pengetahuan dan pemahaman tentang: Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia |
Siswa mampu mendiskripsikan dampak negatif dan
positif atas kekuasaan dan monopoli VOC |
Menjelaskan
tentang Gunermur Jenderal yang membangun jalan raya pos anyer panarukan |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi pengetahuan dan pemahaman tentang: Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan
bangsa Indonesia. |
Siswa
mampu mengidentifikasi melalui gambar
sosok pembangunan Jalan Anyer-Panarukan |
Menjelaskan tentang tokoh liberal yang menggags sistem
sewa tanah di Indonesia |
Peserta didik mampu
mendiskripsikan
pengetahuan dan pemahaman tentang: Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia. |
Siswa
mampu mendiskripsikan sistem sistem sewa tanah (landrent system) |
Menjelaskan tentang
komoditas pertanian pada masa
tanam paksa oleh Gebernur Jenderal Johannes Van den Bosch |
Peserta didik mampu
mengidentifikasi
pengetahuan Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia |
Melalui pernyataan siswa
mampu mengidentifikasi komoditas pertanian pada masa tanam paksa
oleh Gebernur Jenderal Johannes Van den Bosch |
Menjelaskan perlawanan
rakyat Ternate yang dipimpin oleh
Sultan Baabullah terhadap Portugis |
Peserta didik mampu
mendiskripsikan
pengetahuan dan pemahaman tentang: Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia |
Siswa mampu mendiskripsikan perlawanan
rakyat Ternate yang dipimpin oleh
Sultan Baabullah terhadap Portugis |
Menjelaskan tentang pahlawan
nasional dalam perang jawa 1825-1830 |
Peserta didik mampu
mengidentifikasi pengetahuan dan pemahaman tentang: Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia. |
Melalui gambar siswa mampu mengidentifiksi pahlawan
nasional dalam perang jawa 1825-1830 |
Memahami perlawanan
Mataram terhadap VOC yang menghasilkan
perjanjian Gianti |
Peserta didik
mampu mendiskripsikan pengetahuan dan pemahaman tentang: Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia. |
Siswa mampu mendiskripsikan perlawanan Mataram
terhadap VOC |
Menjelaskan
tentang perjanjian Bongaya |
Peserta didik
mampu mendiskripsikan pengetahuan
dan
pemahaman
tentang:
kedatangan
bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia |
Melalui pernyatan siswa mampu memahami
perjanjian yang mengakhiri perlawanan Sultan Hasanudin di Makasar |
Menjelaskan faktor
ekternal berdirinya
pergerakan-pergerakan nasional di Indonesia |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi pengetahuan
dan
pemahaman
tentang kedatangan
bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia |
Siswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor berdirinya
pergerakan-pergerakan nasional di Indonesia |
Memahami organisasi-organisasi
pergerakan nasional yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi munculnya organisasi pergerakan dan tumbuhnya
semangat kebangsaan. |
Melalui tabel siswa mampu
mengidentifikasi organisasi-organisasi pergerakan nasional |
Menjelaskan pembagian
daerah pemerintahan militer di Indonesia masa kependudukan Jepang |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi
pengetahuan dan pemahaman tentang munculnya organisasi pergerakan dan tumbuhnya semangat kebangsaan. |
Melalui peta siswa mampu
mengidentifikasi gerakan tentara Jepang masuk ke Indonesia |
Menjelaskan pengaruh
pendidikan masa penjajahan Belanda dan perguruan tinggi tehknik masa Belanda |
Peserta didik mampu
mendiskripsikan
pengetahuan dan pemahaman tentang munculnya organisasi pergerakan dan tumbuhnya semangat kebangsaan. |
Siswa
mampu mendiskripsikan pengaruh pendidikan modern pada pendudukan Belanda |
Menjelaskan perubahan aspek dalam politik di masa Jepang (tentang
MIAI) |
Peserta didik
mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan
pemahaman
tentang
munculnya organisasi pergerakan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan. |
Siswa mampu mendikripsikan
perubahan dalam aspek Politik terhadap Indonesia |
Sumber : MKKS SMP BDL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar