Judul /
Tema
INTERKASI ANTAR WILAYAH
Identitas
Mata
Pelajaran IPS
Kelas/Fase Fase D kelas 7
Materi Interaksi antar Wilayah
Pertemuan ke 1
dari 2
Guru
Pengampu Aprizal
Waktu
Pembelajaran Senin, kelas 7D
CP
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran
akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis
hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat
dan memahami potensi sumber daya alam
serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis
hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan
kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk
dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan
masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.
Peserta didik juga mampu memahami
dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer.
Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik
memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia
menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah
isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi
yang positif
Tujuan Pembelajaran
Melalui
pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi
pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan memahai interaksi antar wilayah serta pentingnya interaksi antar wilayah
dengan baik
serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind
map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.
Assalamu'alaikum
Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi
robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal
mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi
aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Apersepsi
Alhamdulillah hari ini,
kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Semoga dalam proses
pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.
Sebelum kita memasuki
materi hari ini, masih ingatkah kalian tentang Nilai dan Norma. Nilai adalah sesuatu yang absolut, melekat pada objek, hadir dalam diri
manusia, dan identik dengan perilakunya.
Sementara itu, norma adalah aturan atau cara yang
diterapkan oleh masyarakat, agar sesuai dengan nilai yang dianut oleh
masyarakat setempat.
Untuk lebih jelasnya simak materi
ini…
Yuksss simak yaaa
Materi
Di bumi ini kita
tinggal di sebuah ruang, di mana masing-masing ruang tersebut memiliki
karakteristik yang berbeda-beda.
Ruang tersebut berbeda baik
dari kondisi alamnya, aktivitasnya, penduduknya, kebudayaannya dan lain
sebagainya.
Fenomena perbedaan satu tempat dengan tempat lain menjadikan
tempat tersebut unik. Interaksi merupakan peristiwa saling memengaruhi daya,
objek, atau tempat satu wilayah dengan wilayah lainnya. Setiap wilayah memiliki
potensi sumber daya dan kebutuhan yang berbeda dengan tempat lain. Hal inilah
yang mendasari terjadinya interaksi antarwilayah dalam rangka memenuhi
kebutuhan.
Sebagai contoh, perdesaan
menghasilkan sumber pangan yang dibutuhkan penduduk perkotaan. Kota
menghasilkan berbagai barang industri yang dibutuhkan penduduk perdesaan.
Interaksi juga dapat terjadi antara satu kota dan kota lain berupa pertukaran
barang dan jasa. Interakasi antara perdesaan dan perkotaan didasari atas
perbedaan karakteristik wilayah yang memengaruhi hasil produksi dan didukung
oleh jaringan jalan yang baik sehingga dapat terjadi pertukaran barang.
Evaluasi
Jelaskan interaksi antar ruang yang kamu fahami?
Jelaskan minimal 4 jenis interaksi
antar ruang?
Resume /
Refleksi guru dan siswa ?
“Suatu ruang yang tidak
bisa memenuhi kebutuhan penduduknya, menyebabkan adanya interaksi antarruang.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar