Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 01 September 2023

3.3.9 Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang berdampak positif pada Murid

 

Ø  Tujuan Pembelajaran Khusus:  

  1. CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata. 
  2. CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.

Ø  Pertanyaan Pemantik:

Bagaimana saya dapat menerapkan rancangan program yang telah saya buat ke dalam bentuk aksi nyata? Langkah-langkah apa yang bisa saya lakukan?
"Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama."  (-
Nadiem Makarim -)

Ø  PRAKARSA PERUBAHAN

Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila  yang mandiri dan kreatif  melalui  Gelis Bucin (gerakan literasi sekolah menulis buku cinta yang indah)

 

Ø  Latar Belakang masalah

Gerakan literasi sering diterjemahkan masyarakat sebagai gerakan membaca saja, membaca merupakan bagian dari literasi, membaca tidak bisa dilepaskan dari dunia pendidikan. Membaca adalah jalan untuk mendapatkan pengetahuan. Orang bijak mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Jika buku merupakan jendela dunia, membaca adalah kunci untuk membuka jendela dunia tersebut. Literasi memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya yaitu dapat menumbuhkembangkan budi pekerti, meningkatkan pengetahuan, mengoptimalkan kerja otak, serta melatih kemampuan berpikir dan menganalisa.

 

Gerakan literasi di SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung selama ini sebenarnya sudah berjalan terutama pada saat awal kegiatan pembelajaran tatap muka. Akan tetapi, dengan adanya pandemi, kegiatan literasi warga SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung mengalami kemunduran. Hanya segelintir siswa dan guru yang masih membudayakan membaca di sela-sela kegiatannya. Siswa cenderung lebih memilih gawai / androidnya untuk bermai game online jika dibandingkan untuk membaca. Tentu ini suatu hal yang memprihatinkan dalam dunia pendidikan, terutama di dunia anak di masa remaja SMP.

Situasi yang semakin cenderung mengarahkan siswa menjadi malas menyentuh dan membaca buku, maka disela sela pembelajaran daring tersampaikan saran dan usul dari siswa akan kejenuhan belajar daring menggunakan HP, bahkan orang tua siswa pun merasa lelah mendampingi kegiatan daring yang secara tidak langsung membuat anak anak menjadi malas membaca. Dalam satu sesi tertentu tersampaiakan suatu kegitan untuk lebih variatif melaksanakan KBM di sekolah dengan kegiatan kreatifitas siswa. Sehingga CGP melakakukan suatu kegiatan bersama siswa berbentuk gerakan literasi menulis, yang kemudian siswa merasa bahwa inilah suatu metode atau cara untuk merubah suatu pandangan bahwa belajar menggunakan gawai tidak sepenuh baik. Dengan rasa antusia dan merasakan pilihan bahkan siswa merasa kegiatan ini adalah milik mereka, tentu saja membuat kegiatan ini menjadi suatu pilihan diantara kegiatan inovasi dalam belajar di sekolah.

 

Untuk melancarkan kegiatan ini, tidak luput pula dari memanfaatkan tujuh aset yang ada, sebagai contoh memanfaatkan fasilitas fisik, sosial, politik  dan manusia untuk mengembangkan  program gerakan literasi ini. Di dasari dengan situasi diatas maka tercetus suatu progaram yang berpihak pada siswa untuk memberikan suatu kebebasan bersuara, memilih dan merasa memiliki sehingga mampu mengatasi kesenjangan yang ada serta mengatasi dan menampung aspirasi siswa disekolah, program tersebut diberi nama Gelis Bucin (gerakan literasi sekolah menulis buku cinta yang indah).

 

Ø  Tujuan Program Gelis Bucin

Gelis Bucin (gerakan literasi sekolah menulis buku cinta yang indah) bertujuan untuk :

v  Membudayakan gemar menulis dan mebaca di  SMP Al Al Azhar 3 Bandar Lampung.

v  Menciptakan interaksi positif murid terhadap lingkungan sekitar dalam rangka meningkatkan literasi siswa.

v  Menumbuhkembangakan karakter kemandirian dan kreatifitas siswa dalam literasi menulis dalam bentuk puisi.

v  Mengekspresikan pemahaman literasi para murid

 

Ø  Pelaksanaan Program

Waktu pelaksanaan setiap jumat, pukul 13.00 serta di sela sela waktu siswa dan guru senggang di proses kegiatan belajar (tentatif).

4 komentar:

Nana mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM
FATIR
9B
HADIR

Reihan faisal wicaksono mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM
REIHAN FAISAL
9B
HADIR

Andhika mengatakan...

Assalamualaikum
Andhika Rafi Pratama
9B
Hadir

???? mengatakan...

Assalamualaikum
M.Alfarizi T.
9B
Hadir