Tanggal
20 Mei 2023
Calon
Guru Penggerak Angkatan 7
Aprizal,
S. Pd
3.3
Mengelola program yang Berdampak Positif bagi Siswa
Tergerak
Bergerak
Menggerakkan
Semoga senantiasa
diberikan kesehatan, keberkahan, kelancaran serta mendapatkan perlindungan dari
Allah SWT.
Sahabat guru
penggerak,
Dalam pendidikan
guru, jurnal refleksi dipandang sebagai salah satu elemen kunci pengembangan
keprofesian karena dapat mendorong guru untuk mengaitkan teori dan praktik,
serta menumbuhkan keterampilan dalam mengevaluasi sebuah topik secara kritis
(Bain dkk, 1999).
Sebagai refleksi pembelajaran dan aktivitas yang telah dilakukan di Learning
Management System (LMS), setidaknya ada beberapa aktivitas pembelajaran yaitu
diawali dengan mempelajari konsep modul 3.3 Mengelola program yang Berdampak
Positif bagi Siswa Daya mulai dari diri,
Eksplorasi Konsep dilanjut kegiatan ruang kolaborasi, demostrasi kontekstual,
Elaborasi Konsep dan koneksi antar materi dan Aksi nyata.
Pada
refleksi modul 3.3 tentang materi mengelola program yang berdampak positif
bagi siswa, dalam merefleksi modul ini
saya gunakan adalah refleksi 4F ( Fact, Feeling, Findings, Future)
merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Modul
3.3 berbicara tentang sebuah sudut pandang tentang program yang berdampak
positif bagi siswa. Selama ini kegiatan siswa sering kali hanya sebuah
rancangan kegiatan yang harus diikuti dan dilaksanakan oleh siswa tanpa memberi
ruang kepada siswa untuk bersuara, memilih, mengusulkan dan merasa menjadi
bagian yang sesungguhnya dari sebuah kegiatan tersebut. Dengan memahami cara
pandang yang disampaikan pada modul ini diharapkan guru mampu menganalisa dan
mensandingkan sebuah program kegiatan yang dapat mendorong student
agency (yang dalam modul ini diterjemahkan sebagai kepemimpinan siswa).
Mendorong kepemimpinan siswa dalam program sekolah tidak hanya memungkinkan siswa
untuk belajar menjadi individu yang lebih bertanggung jawab, berdaya, dan
kontributif, tetapi juga pengalaman dan kebermaknaan yang mereka dapatkan dari sebuah
proses belajar mereka di dalam program sekolah tersebut sesungguhnya akan
memberikan bekal untuk mereka menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat,
sehingga disaat kita berbicara tentang dampak, maka dampak positif dari proses
belajar yang dilalui oleh siswa-siswa kita saat ini tentunya akan dapat terus
dirasakan oleh mereka di sepanjang hidupnya.
Berikut
penjabaran refleksi terkait pembelajaran modul 3.3 Mengelola program yang
Berdampak Positif bagi Siswa
Fact (Peristiwa)
Modul
3.3 diawali dengan Mulai Diri dengan tujuan CGP dapat melakukan refleksi
terhadap pengalaman belajar di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud
dengan program yang berdampak pada siswa.
Dalam kegiatan Ekplorasi diri, melalui kegiatan membaca, diskusi, dan
refleksi, CGP mampu mengkonstruksi pemahaman tentang kepemimpinan siswa
(students agency) serta kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila, suara
(voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) siswa dalam konsep
kepemimpinan siswa, lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan siswa,
pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan siswa.
Diruang
Kolaborasi berdasarkan pemahaman CGP terhadap konsep kepemimpinan siswa, CGP
akan bekerja dalam kelompok membuat gambaran umum sebuah program/kegiatan
sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan siswa. Selanjutnya CGP
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain serta saling
memberikan umpan balik yang positif dalam modul ini. Pemahaman yang telah
didapat pada langkah langkah sebelumnya akan dikembangkan menjadi prakarsa
perubahan dalam bentuk rencana program / kegiatan yang memanfaatkan model
manajemen perubahan BAGJA pada kegiatan Demonstrasi Kontekstual. Pemahaman
modul 3.3 juga dikuatkan bersama instruktur pada kegiatan Elaborasi pemahaman.
Struktur
modul pada program guru penggerak ini
saling terkait, pada kegiatan koneksi antar materi ini CGP membuat koneksi
antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat
sebuah sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada siswa. Kegiatan
akhir dari modul 3.3. ini adalah Aksi nyata diharapkan CGP dapat menjalankan
tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model
prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan
Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.
Feeling (Perasaan)
Materi
dalam modul 3.3 menguatkan cara pandang saya tentang bagaimana dapat mengelola
sebuah program yang memberi kesempatan kepada siswa untuk bersuara, memilih dan
memiliki rasa kepemilikan serta terlibat aktif. Hal ini dapat membuat saya
semakin termotivasi untuk menguatkan student agency di sekolah.
Finding (Pembelajaran)
Pembelajaran
yang dilakukan melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat
mengkonstruksikan pemahaman tentang kepemimpinan siswa (students agency) dan
kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila, suara (voice), pilihan (choice), dan
kepemilikan (ownership) siswa dalam konsep kepemimpinan siswa, lingkungan yang
mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan siswa, pentingnya melibatkan komunitas
untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan siswa.
Pada
modul ini, saya juga mempelajari
kepemimpinan siswa atau student agency dimana siswa mampu untuk berperan sebagai
pemimpin dalam pembelajarannya sendiri, siswa diberikan kesempatan untuk dapat
mengembangkan dirinya sehingga kapasitasnya dalam mengelola pembelajarannya
sendiri dapat dimaksimalkan untuk menemukan potensi kepemimpinannya agar selalu
berkembang menjadi lebih baik.
Saat
siswa menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran mereka sendiri, secara tidak
langsung mereka memiliki suara (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan
(ownership), selain itu juga dalam modul terdapat materi tentang 7
karakteristik lingkungan yang sangat mendukung dalam pengelolaan program yang
berdampak pada siswa yang meliputi:
1. Lingkungan
yang menyediakan kesempatan siswa untukmenggunakan pola pikir positif dan
merasakan emosiyang positif
2. Lingkungan
yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan
bijaksana, dimana siswa akan menjunjung tinggi nilai-nilai positif yang
didasari dengan nilai-nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah
3. Lingkungan
yang melatih keterampilan yang dibutuhkansiswa dalam proses pencapaian tujuan
akademik maupun nonakademik
4. Lingkungan
yang melatih siswa untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta
masyarakat dan lingkungan disekitarnya
5. Lingkungan
yang membuka wawasan siswa agar dapatmenentukan tujuan, harapan ataumimpi yang
manfaat dan menindaklanjuti kebaikannya melampauipemenuhan kepentingan
individu, kelompok maupungolongan
6. Lingkungan
yang menempatkan siswa sebagai fokusnya sehingga terlibat aktif dalam proses
belajarnya sendiri
7. Lingkungan
yang menumbuhkan daya lenting dan sikaptangguh siswa untuk terus bangkit
diberbagai kesempatan
Future (Penerapan
Masa Depan)
Dalam
penerapan dimasa depan setelah mempelajari, mendiskusikan, pendalami, dan
menerapkan materi pada modul 3.3 saya termotivasi untuk merancang dan mengelola
sebuah program yang berdampak paa siswa. Program ini adalah program yang memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mendapat
penghargaan dan apresiasi dengan mendengarkan suara siswa, memberi kesempatan
kepada siswa untuk memilih program yang sesuai dengan bakat, minat
dan passion serta melibatkan mereka secara aktif dalam kegiatan
tersebut. Salah satu program yang saya
rencanakan adalah membentuk komunitas PKS Spalga Reborn . Sebuah komunitas
yang menguatkan kemampuan siswa menjadi seorang influencer melalui
kegiatan antau konten yang menarik dan kekinian sesuai dengan kodrat zaman
mereka. Melalui komunitas ini siswa dapat mengasah kemampuan kedisiplinan, taat
berlalu lintas dan kemampuan membuat konten kreatif yang dapat mempengaruhi siswa
lain untuk tumbuh dan perkembang secara positif. Misalnya melalui konten atau
kegiatan para influencer akan mengajak siswa lain untuk menjalani hidup lebih
sehat,tertib berlalu lintas, sadar hukum berlalu lintas, bebas narkotika,
menjalani pergaulan yang sehat dan juga bagaimana mengembangkan potensidiri
agar lebih bisa berprestasi.
Demikian jurnal refleksi dwimingguan yang saya
buat, sebagai salah satu mengulas, mengukur dan merefleksi tentang pemahaman
materi pada modul ini. Semoga dalam ulasan di jurnal ini meberikan manfaat bagi
diri CGP sendiri maupun rekan guru.
Salam
guru Penggerak.
#janganlupabahagia #GuruBergerakIndonesiaMaju #Calongurupenggerak
2 komentar:
ASSALAMUALAIKUM
FATIR
9B
HADIR
ASSALAMUALAIKUM
REIHAN FAISAL
9B
HADIR
Posting Komentar