Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Rabu, 17 Januari 2024

P1 K-9 Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi

Ketergantungan antarruang berdasarkan konsep ekonomi
sumber google



Judul / Tema

Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi                                              

 

Identitas

 

Mata Pelajaran

IPS

Kelas/Fase    

Kelas 9  

Materi

Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi

Pertemuan ke

    1    

 Guru Pengampu

Aprizal

Waktu Pembelajaran

Senin – Jumat   Kelas 9AB  JP ke 12   9A JP ke 9-10

 

 

KD

Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembagasosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat

 

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan Menganalisis ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi(produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar). dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Apersepsi 

Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita muhasabah selama kita libur semester ganjil, apakah ibadah kita semakin meningakt atau sebaliknya, bagaiaman siih pencapaian pembelajan yang kita dapatkan dan apa yang sudah kita fahamai.. ?  soo tentu semua dapat kalian sampaikan di muka kelas nanti yaa..

Materi

Salah satu kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi ialah sandang. Apa sih sandang itu? Sandang merupakan pakaian yang digunakan manusia untuk menutupi tubuh. Guys, ngomong-ngomong soal pakaian nih, kamu lebih sering belanja lewat toko daring atau datang langsung ke tokonya? Kayaknya di zaman perkembangan teknologi seperti saat ini, kamu pasti nggak asing deh dengan belanja melalui online.

 

Nah, inilah salah satu bentuk ketergantungan antarruang. Toko yang berada di Solo nggak mungkin mengantar langsung ke Jakarta. Begitu juga yang ada di Jakarta, mau cari sweater motif batik Pekalongan nggak mungkin datang langsung ke toko yang ada di Pekalongan.

 

Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Ada ribuan spesies tumbuhan dan hewan yang hidup di Indonesia. Kenapa ya Indonesia bisa memiliki keanekaragaman hayati yang begitu banyak? Ini karena Indonesia memiliki iklim tropis dan curah hujan yang cukup tinggi. Maka kamu jangan heran jika dari sektor pertanian dan perkebunan, Indonesia memilki berbagai macam tanaman yang bisa dijadikan komoditas.

di sektor perkebunan dan pertanian, Indonesia juga kaya akan sumber daya pertambangannya. Kamu pasti tahu dong tambang emas yang ada di Papua? Freeport. Kebayang nggak sih, itu wujudnya sebuah gunung yang kandungan di dalamnya emas, nikel, dan perak. Harusnya, Indonesia bisa menjadi negara yang maju seperti Amerika Serikat, Inggris, atau negara di Eropa lainnya. Tapi kenapa masih ada kemiskinan di Indonesia?

Selain karena faktor sumber daya manusia yang belum cukup, pengelolaan hasil tambang itu diperlukan modal yang besar dan teknologi/peralatan yang canggih. Inilah yang menyebabkan beberapa tempat penambangan di Indonesia masih dilakukan oleh perusahaan asing.

Apakah hanya sektor pertanian dan pertambangan saja kekayaan yang dimiliki Indonesia? Coba lihat fakta berikut ini.

Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

Selain sumber daya alam, kualitas sumber daya manusia juga memengaruhi dalam ketergantungan antarruang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau teknologi canggih yang digunakan dalam proses penambangan tersebut, berasal dari luar negeri. Begitu pula pengoperasiannya. Kita sebagai bangsa Indonesia, tentunya berharap jika suatu saat nanti baik pengoperasian atau penciptaan alat-alat berteknologi canggih bisa diproduksi di dalam negeri.

Di Indonesia, tenaga kerja yang ada memiliki beberapa karakteristik seperti:

1. pendidikan yang masih rendah;

2. angka pengangguran masih cukup tinggi;

3. kompetensi dan etos kerja yang masih rendah; dan

4. masih belum bisa move on dengan budaya kerja agraris (menggantungkan pada alam).

 

 

Pemanfaatan Kewirausahaan dan Pemanfaatan Modal

Dalam konsep ekonomi nasional, wirausaha itu sendiri punya peranan yang cukup penting. Bukan hanya menyerap tenaga kerja aja Squad, wirausaha juga bisa menjadi salah satu sumber penerimaan pajak. Di era modern seperti ini banyak kok usaha-usaha yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Pernah mendengar kata “start-up”? Nah, di era kemajuan teknologi seperti saat ini, ada peluang tuh buat kamu nantinya bisa membuat sebuah start-up.

Kegiatan wirausaha itu sendiri nggak terlepas dari yang namanya modal. Modal itu nggak cuma uang. Bisa berupa alat-alat penunjang produksi juga. Modal ini menjadi faktor yang cukup penting. Kenapa? Yaaa…kalau modalnya kurang, maka proses produksi dan distribusi bakalan terganggu. Ujung-ujungnya, sebuah usaha bisa gulung tikar kalau modalnya kurang.

Umumnya, negara-negara berkembang seperti Indonesia, memiliki modal yang minim untuk melakukan suatu proses produksi. Tapi, punya bahan baku yang melimpah. Nah, pemerintah itu melakukan inisiatif untuk menutupi kekurangan modal, negara berkembang menawarkan kerjasama dalam penanaman modal dari pihak asing.

Evalasi

Deskripsikan Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

Refleksi

Perdagangan antarnegara dan wilayah terjadi sebagai usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang beragam. Kebutuhan yang berbeda-beda ini tidak dapat ditopang oleh hasil sumber daya alam serta manusia dari satu wilayah tertentu.

Hal ini dikarenakan kemampuan suatu negara dan wilayah untuk menghasilkan barang dan jasa tidaklah sama. Perbedaan ini dipengaruhi oleh banyak hal, seperti luas daerah, letak geografis, iklim cuaca dan potensi sumber daya dari masing-masing daerah. Maka dari itu dibutuhkan interaksi dengan ruang lainnya agar kebutuhan hidup manusia terpenuhi. Contohnya interaksi yang terjadi antara penduduk di daerah pegunungan dan pesisir pantai.

Tidak ada komentar: