Aktivitas Kehidupan Masyarakat Masa Lalu
Identitas
Mata
Pelajaran |
IPS |
Kelas/Fase |
Fase D
kelas 7 |
Materi |
Aktivitas
Kehidupan Masyarakat Masa Lalu |
Pertemuan
ke |
4 ( 6 JP) |
Guru
Pengampu |
Aprizal |
Waktu
Pembelajaran |
Senin - Kamis,
kelas 7 |
CP
Capaian Pembelajaran: Pada akhir
fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan
diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu
menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik
masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan
mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman
kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu
memahami bagaimana
masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu
menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan
perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran
terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat
menganalisis perkembangan
ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan
potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian
dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang
sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif. |
Tujuan Pembelajaran
Melalui pemahaman dan penyampaian
materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan Aktivitas
kegiatan Ekonomi dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan
Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya
belajar siswa.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi
robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal
mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi
aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Apersepsi
Sebelum kita
memasuki materi hari ini, mari kita ingat lagi tentang Pengertian Kegiatan
Ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku manusia yang
bertujuan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Kegiatan ekonomi
terdiri dari produksi, distribusi, dan konsumsi.
Nah, untuk orang
atau pihak yang melakukan kegiatan ekonomi disebut dengan pelaku ekonomi. Yuuks
kita kaitkan dengan materi berikut ini….
Materi
1. Aktivitas Kehidupan
Masyarakat Masa Lalu
a. Aktivitas Kehidupan Masyarakat Masa Hindu-Buddha
Berikut ini proses
penyebaran dan perkembangan budaya India melalui teori-teori dari berbagai ahli
berikut.
·
Teori Brahmana
Agama Hindu masuk ke
Indonesia dibawa oleh Brahmana karena Brahmana adalah kasta yang memahami
dengan benar kitab Weda dan bertanggung jawab untuk menyebarkan agama Hindu.
·
Teori Waisya
Menurut teori ini,
penyebaran budaya India dilakukan oleh pedagang India melalui jalur laut.
Perdagangan pada masa itu sedang berkembang karena jalur sutera yang
menghubungkan India-Tiongkok melalui jalur laut dan melalui wilayah Nusantara.
·
Teori Ksatria
Agama Hindu masuk ke
Indonesia oleh para prajurit India yang ingin menaklukan Nusantara. Mereka
melakukan penyebaran agama Hindu melalui penaklukan wilayah atau prajurit yang
melarikan diri setelah kalah perang.
·
Teori Arus Balik
Berdasarkan teori ini,
penduduk Nusantara yang ulung dalam berlaut melakukan interaksi di negeri India
dan pulang ke Nusantara untuk menyebarkan agama Hindu yang mereka pelajari
Aktivitas kehidupan
masyarakat pada masa Hindu-Buddha dipengaruhi oleh beberapa Kerajaan.
1)
Kerajaan Kutai
Martadipura: Gerbang Masa Sejarah Nusantara
Kerajaan Kutai
terletak di Kalimantan Timur, di tepi Sungai Mahakam dan dibuktikan dengan
ditemukannya 7 buah prasasti berbentuk Yupa. Parasasti Yupa bertuliskan huruf
Pallawa dengan bahasa Sansekerta.
Pada salah satu Yupa
diketahui bahwa Raja yang memerintah adalah Mulawarman, anak dari Aswawarman
cucu dari Kudungga.
2)
Kerajaan Tarumanagara:
Penanda Peradaban Sejarah Nusantara di Pulau Jawa
Pada sekitar tahun
400-500 M, di Jawa Barat terdapat kerajaan Tarumanagara. Raja yang berkuasa
adalah Purnawarman. Kerajaan Tarumanagara diidentifikasi dari berbagai penemuan
dari prasasti di Ciaruteun, Kebon Kopi, Jambu, Pasir Awi, Muara Cianten (Bogor)
dan Tugu, Cilincing (Jakarta). Sementara di desa Lebak, Banten Selatan
ditemukan Prasasti Munjul. Prasasti-prasasti tersebut ditulis dengan huruf
Pallawa dan berbahasa Sanskerta yang diubah dalam bentuk syair.
3)
Kedatuan Sriwijaya:
Sang Penguasa Perairan Nusantara
Sriwijaya merupakan
bentuk kekuasaan dengan sistem kedatuan. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan
termegah yang ada di Indonesia pada abad ke-7. Prasasti Kedukan Bukit pada
tahun 605 tahun Saka (683 M) menceritakan perjalanan suci yang dilakukan oleh
Daputra Hyang dengan perahu. Ia berangkat dari Minangatamwan dengan membawa
tentara sebanyak 20.000 orang dan berhasil menaklukan beberapa daerah.
Perjalanan ini membawa kemenangan bagi Sriwijaya dan membawa kemakmuran.
4)
Kerajaan Mataram Kuno:
Nuansa Kemewahan Peradaban Nusantara di Pulau Jawa
Kerajaan Mataram Kuno
mulai dikenal melalui prasasti yang ditemukan di Desa Canggal (barat daya
Magelang). Prasasati ini ditulis dalam huruf Pallawa dan diterjemahkan dalam
bahasa Sanskerta yang indah dengan bertuliskan angka 732M. Isi dari Prasasti
Canggal memperingati pendirian sebuah lingga (lambang Siwa) di daerah
Kunjarakunja oleh Sanjaya. Di Kerajaan Mataram terdapat dua wangsa yaitu
Sanjaya dan Syailendra yang memperebutkan kekuasaan.
5)
Kerajaan Singhasari:
Pendiri Dinasti Penguasa Nusantara
Raja pertama Kerajaan
Singhasari adalah Ken Arok. Kitab Pararaton dan Negarakrtagama menyebutkan, Ken
Arok semula anak orang biasa dari Desa Pangkur. Ia lahir dari seorang anak
petani yang kawin dengan dewa. Setelah itu, ia diangkat anak oleh seorang pendeta
yang mengabdi di Tumapel. Penguasa di Tumapel saat itu adalah Tunggul Ametung.
Ken Arok jatuh cinta kepada istri dari Tunggul Ametung yaitu Ken Dedes.
6)
Kerajaan Majapahit:
Supremasi Kejayaan Nusantara
Raden Wijaya merupakan
pendiri dari kerajaan Majapahit. Raden Wijaya terkenal menjadi raja yang tegas
dan bijaksana. Raden Wijaya wafat pada tahun 1309 dan dilanjutkan tahtanya oleh
Jayanegara.
b.
Aktivitas
Kehidupan Masyarakat Masa Islam
Peradaban Hindu-Buddha
mengalami kemunduran salah satunya karena penyebaran Islam yang sudah sampai di
Nusantara. Islam sebagai sebuah agama masuk dan berkembang pada masa
Hindu-Buddha.
Islam masuk dari
daerah asalnya yaitu Arab karena dibawa oleh para pedagang Arab. Islam masuk ke
Nusantara tidak langsung dari Arabia tapi melalui ajaran tasawuf yang
berkembang di India. Daerah yang menjadi asal mula ajaran tasawuf adalah
Gujarat.
Islam masuk ke
Nusantara melalui Tiongkok berdasarkan kepada Sultan Demak yang merupakan
keturunan Tiongkok dan Wali Sanga adalah peranakan Tiongkok.
Berbagai media dakwah
untuk penyebaran Islam adalah sebagai berikut
Perdagangan
Kerajaan-kerajaan
Islam yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut.
1. Samudra Pasai: Garda Terdepan Nusantara
2. Aceh Darussalam: Benteng Tangguh Islam di Nusantara
3. Demak : Tunas Supremasi Kejayaan Nusantara
4. Banten: Garda Pulau Jawa
5. Makassar: Simbol Kegigihan Nusantara Melawan
Supremasi Asing
6. Mataram: Pewaris Supremasi Nusantara dari Jawa
Bagian Selatan
7. Ternate Tidore: Emas dari timur Nusantara
8. Banjarmasin: Perisai Penjajahan di Kalimantan
Evaluasi
1.
Bagaimana
keberagaman umat beragama di lingkunganmu
2.
Dapatkah
kamu memberikan deskripssi tentang bukti peninggalan kehidupan masa lalu di
zaman hindu-budha dan islam
Refleksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar