Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Sabtu, 01 Juni 2024

Elaborasi Pemahaman Modul Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewan

 

Refleksi Visi Guru Penggerak

Telah dimulai: 20 Apr at 19:04

Instruksi

 

Setelah Calon Fasilitator melakukan seluruh proses pembelajaran terkait dengan Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Bapak/Ibu diminta untuk melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang disajikan.

 

Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.3?

Dengan memahami modul 1.3, akan mendapatkan tentang pentingnya visi dalam menggerakkan perubahan di sekolah. Visi bukan hanya sebuah jargon, akan tetapi pandangan masa depan yang menginspirasi, memotivasi, untuk  mengajak semua anggota komunitas sekolah dalam  berkolaborasi menuju tujuan bersama.

 

Selanjutnya mendalami  pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) yang merupakan alat manajemen perubahan yang berfokus pada kekuatan, potensi, dan aset yang dimiliki oleh setiap individu dalam organisasi. Pendekatan ini mengajarkan kita untuk memulai dari hal-hal positif yang sudah ada dalam sekolah, menggali kekuatan tersebut, dan menyelaraskannya dengan visi sekolah. Konteks perubahan di sekolah, pendekatan IA mengajarkan kita tentang langkah-langkah nyata yang dapat diikuti, seperti menerapkan metode BAGJA. Lebih dari itu, yang paling esensial dalam pendekatan inkuiri apresiatif adalah memiliki daya dorong dalam mendorong individu atau komunitas untuk menemukan  impian yang paling memanggil' sehingga masing-masing individu dan komunitas termotivasi untuk mentransformasikan impian tersebut dalam tindakan.

 

Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Untuk perbaikan melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP perlu memahami arti penting  Profil Pelajar Pancasila dalam penjabaran kalimat visi. Pemahaman bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari upaya untuk mencapai visi. Visi yang dikembangkan sesuai dengan visi CGP yang sesuai dengan visi sekolah nya. Alurnya  Visi – Prakarsa Perubahan – BAGJA. Jadi perumusan visi melalui prakarsa perubahan. Dan yang akan saya lakukan untuk melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP adalah pendampingan CGP dengan kehadiran penuh, membimbing  pengerjaan LMS, serta siap berdiskusi untuk menemukan hal yang diinginkan CGP.  

 

Setelah Calon Fasilitator melakukan seluruh proses pembelajaran terkait dengan Modul 1.4. Positif Displin, Bapak/Ibu diminta untuk melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang disajikan.

Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.4?

Ada banyak hal  yang dapat di pelajari di aktifitas modul 1.4 Disiplin Positif, diantaranya:

  • 1     Disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan.
  • 2.      Teori motivasi perilaku, hukuman, dan penghargaan, restitusi.
  • 3.      Keyakinan kelas.
  • 4.      Kebutuhan dasar manusia dan dunia berkualitas.
  • 5.      Restitusi : 5 Posisi kontrol.
  • 6.      Segitiga restitusi.

Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Yang dapat saya lakukan dalam perbaikan melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP diantarannya adalah

1.      Bagaimana memberikan motivasi untuk membuat prakarsa perubahan diri berdasarkan visi yang telah dibuat sesuai dengan kelas CGP

2.      Mendampingi CGP menemukan visi yang selaras dengan visi sekolah, yang nantinya akan memberikan perubahan yang berarti bagi iklim sekolah menjadi budaya positif yang baik.


Tidak ada komentar: