https://www.youtube.com/watch?v=t7tCrxM0SIc
Mata Pelajaran | |
Kelas/Fase | 8D / Fase D |
Materi | Pemanfaatan Lingkungan dan Perencanaan Ekonomi |
Pertemuan ke | 31 |
Guru Pengampu | Aprizal |
Waktu Pembelajaran | Kamis 18 September 2025 |
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
Menjelaskan Peserta didik mampu menganalisis perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan politik pada masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia serta memberikan contoh warisan budaya dari masa tersebut. (Mengacu pada CP IPS Fase D)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan menganalisis Pemanfaatan Lingkungan dan Perencanaan Ekonomi dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan kesiapan siswa..
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Perencanaan ekonomi adalah proses pengambilan keputusan tentang cara mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan ekonomi tertentu. Dalam konteks modern, perencanaan ekonomi tidak hanya tentang keuntungan, tetapi juga tentang keberlanjutan dan kesejahteraan sosial. Nahhh jika sudah mengerti Pemanfaatan Lingkungan dan Perencanaan Ekonomi kan.. maka kita dapat membahas dan menelaah literasi materi berikut yaaa...
Materi Pokok
Ragam Pemanfaatan Lingkungan Sekitar
Pemanfaatan lingkungan oleh manusia sangat beragam, tergantung pada kondisi geografis, sosial, dan ekonomi suatu wilayah.
Lingkungan Alam:
Untuk Kebutuhan Hidup Sehari-hari: Pemanfaatan air sungai atau mata air untuk minum, mandi, dan irigasi. Pemanfaatan tanah untuk pertanian dan perkebunan. Pemanfaatan hasil hutan (kayu, rotan) untuk bahan bangunan.
Untuk Kegiatan Ekonomi:
Pertanian: Lahan subur dimanfaatkan untuk menanam padi, jagung, atau sayuran.
Perkebunan: Dataran tinggi dimanfaatkan untuk menanam teh, kopi, atau sayuran.
Perikanan: Laut, danau, atau sungai dimanfaatkan sebagai sumber perikanan tangkap maupun budidaya.
Pertambangan: Tanah yang mengandung mineral atau batu bara dimanfaatkan untuk penambangan.
Pariwisata: Keindahan alam seperti pegunungan, pantai, dan danau dimanfaatkan untuk menarik wisatawan.
Lingkungan Sosial:
Interaksi Sosial: Lingkungan sosial seperti pasar, sekolah, atau kantor dimanfaatkan untuk berinteraksi, bertukar pengetahuan, dan melakukan kegiatan ekonomi.
Kearifan Lokal: Pengetahuan tradisional atau kearifan lokal dimanfaatkan untuk mengelola lingkungan secara berkelanjutan, misalnya sistem terasering sawah di Bali atau Hutan Larangan Adat di beberapa daerah.
3. Dampak Pemanfaatan Lingkungan Sekitar
Pemanfaatan lingkungan tidak selalu berdampak positif. Jika dilakukan secara berlebihan atau tidak bertanggung jawab, akan menimbulkan dampak negatif.
Dampak Positif:
Terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, dan papan.
Menciptakan lapangan pekerjaan.
Mendorong pertumbuhan ekonomi.
Memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dampak Negatif:
Lingkungan Alam: Banjir dan tanah longsor akibat penebangan hutan. Pencemaran udara, air, dan tanah akibat limbah industri. Rusaknya ekosistem laut akibat penangkapan ikan yang berlebihan.
Lingkungan Sosial: Munculnya ketidaksetaraan akibat eksploitasi sumber daya alam oleh pihak tertentu. Hilangnya kearifan lokal dan budaya akibat masuknya pengaruh luar.
4. Prinsip Pemanfaatan Lingkungan Berkelanjutan
Untuk menghindari dampak negatif, pemanfaatan lingkungan harus dilakukan dengan prinsip keberlanjutan. Artinya, kita harus memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak agar tetap tersedia untuk generasi mendatang. Contohnya:
Melakukan reboisasi (penghijauan) setelah penebangan hutan.
Menggunakan teknologi ramah lingkungan.
Mengelola limbah dengan baik.
Menerapkan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle).
Evaluasi Pembelajaran
Berikut adalah contoh soal evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa.
Soal Esai
Jelaskan perbedaan antara pemanfaatan lingkungan alam dan lingkungan sosial, lalu berikan masing-masing dua contohnya!
Menurut pendapatmu, mengapa kearifan lokal sangat penting dalam upaya menjaga lingkungan? Berikan contohnya yang kamu ketahui!
Bayangkan kamu adalah seorang pengusaha yang ingin membangun pabrik di desa. Jelaskan tiga langkah yang akan kamu lakukan agar pabrikmu tidak merusak lingkungan sekitar dan tetap memberikan manfaat bagi masyarakat desa!
Rangkuman Materi
Lingkungan sekitar adalah sumber daya alam dan sosial yang dimanfaatkan manusia.
Pemanfaatan lingkungan mencakup berbagai kegiatan, mulai dari pertanian, perikanan, pertambangan, hingga pariwisata.
Ada dampak positif (pemenuhan kebutuhan) dan dampak negatif (kerusakan lingkungan) dari pemanfaatan lingkungan.
Prinsip keberlanjutan adalah kunci untuk memanfaatkan lingkungan secara bijak agar tidak merusak dan tetap dapat dinikmati di masa depan.
Daftar Pustaka
Sujarwanto, dkk. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sujarwanto, dkk. (2021). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Walhi (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia). Laporan-laporan terkait isu lingkungan di Indonesia.
Situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar