Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX/ Genap |
Hari/Tanggal : Minggu Pertama Februari (1 - 2 Feb 2021 Alokasi Waktu : 2 JP |
KD 3 : 3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. |
KD 4 : 4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. |
IPK Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat |
IPK Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat |
Materi |
Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat |
Tujuan Pembelajaran |
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Project based Learning (PJBL) yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam |
Sumber Belajar |
Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: https://aprizal79.blogspot.com, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan |
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit ) |
Waktu |
|
|
Kegiatan Pendahuluan Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan perdagangan internasional Misalnya: apa saja keunggulan ekonomi yang dapat kamu lihat disekitarmu? Faktor apa saja yang mempengaruhinya? |
15 menit |
Model : Problem Based Learning |
Kegiatan Inti 1. Peserta didik diminta mengamati tentang contoh gambar berkaitan dengan keunggulan ekonomi seperti gambar PT Freeport, pecan raya, batik, dan sebagainya. 2. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui ruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar). 3. Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa 4. Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Contoh: 1) Apa saja yang termasuk dalam keunggulan ekonomi bangsa? 2) Dimana saja kita dapat menemukan pusat keunggulan ekonomi bangsa? 5. Dengan berdiskusi peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data 6. Setiap kelompok membagi kelompoknya menjadi 2 subkelompok, subkelompok tetap tinggal dalam kelompok untuk menerima tamu, dan subkelompok 2 sebagai kelompok yang berkunjung ke kelompok lain. 1) Kelompok yang bertugas berkunjung ke kelompok lain menerima keterangan tugas kelompok tuan rumah serta memberi masukan untuk penyempurnaannya 2) Kelompok yang berkunjung ke kelompok lain kembali ke kelompok asal untuk mendiskusikan 3) Dalam kegiatan ini peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data 4) Peserta didik juga diminta mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan. a. Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan. b. Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan. |
90 menit |
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa 1 |
||
Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan mempresetasika hasilnya
|
||
Alat dan Bahan : Gambar/Vidio perdagang Internasional Power poin
|
||
Penutup
|
1. Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat kesimpulan 2. Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, penilaian projek. |
15 menit |
Teori keunggulan mutlak (theory of absolute advantage) merupakan teori yang dikemukakan oleh Adam Smith. Menurut teori perdagangan ini perdagangan antar dua negara terhadap dua jenis barang akan terjadi jika masing-masing negara mempunyai kekuatan dalam memproduksi barang tertentu.
Keuntungan yang diperoleh oleh dua negara tersebut akan mengimpor barang-barang lain dengan harga murah daripada memproduksi sendiri. Dengan cara ini negara-negara yang mempunyai keunggulan mutlak (absolute advantage) dan mengimpor barang yang mempunyai kerugian mutlak (absolute disadvantage).
Menurut teori ini suatu negara dapat disebut memiliki keunggulan mutlak dari negara lain jika negara tersebut memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain. Sebagai contoh Aktivitas Kelompokmisalnya Indonesia dengan Thailand memproduksi dua jenis barang yaitu pakaian dan tas dengan asumsi masing-masing negara tersebut menggunakan tenaga dan waktu yang digunakan sama. Ternyata Indonesia mampu menghasilkan barang pakaian lebih banyak, sedangkan Thailand menghasilkan tas lebih banyak. Indonesia memiliki keunggulan mutlak untuk menghasilkan pakaian dan Thailand memiliki keunggulan mutlak untuk menghasilkan tas.
Teori keunggulan komparatif ini melengkapi teori keunggulan mutlak yang telah dijelaskan di atas. Keunggulan komparatif menyatakan bahwa suatu negara mampu menghasilkan barang dan jasa lebih
banyak dengan biaya murah daripada negara lain.
Sebagai contoh Indonesia mampu memproduksi kopi atau sawit secara secara murah, tetapi tidak mampu memproduksi timah seperti halnya Malaysia yang bisa memproduksi timah dengan murah. Ini artinya Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi atau sawit dan Malaysia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi timah.
Keuntungan keunggulan komparatif yaitu dapat meningkatkan standar kehidupan dan pendapatannya jika negara tersebut melakukan spesialisasi produksi barang atau jasa yang memiliki produktivitas dan efisiensi tinggi.
Keikutsertaan Indonesia dalam perdagangaan internasional dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Tantangan yang dihadapi dalam perdagangan internasional dalam era perdagangan bebas akan berdampak yang kurang menguntungkan, antara lain eksploitasi ekonomi, pudarnya identitas kebudayaan dan ancaman fisik lingkungan.
Eksploitasi sumber daya alam berdampak pada perusakan lingkungan hidup. Perdagangan bebas juga bisa membuka akses meluasnya budaya barat dalam berbagai kehidupan masyarakat Indonesia. Peluang yang dapat dilakukan dalam era perdagangan bebas yaitu dengan mengandalkan kekayaan sumber daya alam dan melimpahnya tenaga kerja yang dimiliki untuk menghasilkan produk yang mampu bersaing di pasar internasional dengan biaya produksi murah.
- Bentuk kelompok dengan anggota antara 3–4 orang per kelompok
- Materi diskusi masing-masing kelompok: a. Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? b. Bagaimana peluang produk masyarakat dapat menembus pasar internasional? c. Apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional?
- Tuliskan jawaban kelompok pada selembar kertas
- Presentasikan hasil diskusi di depan kelompok lain
- Tanggapi atau jawab apabila ada tanggapan/pertanyaan dari kelompok lain
Pertanyaan | Jawaban |
---|---|
Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? |
|
Bagaimana peluang produk masyarakat dapat menembus pasar internasional? | Peluang produk masyarakat untuk bisa menembus pasar internasional sangat luas karena produk tersebut memiliki beberapa keunggulan. Beberapa produk masyarakat seperti batik, alat-alat rumah tangga, mebel, rotan, produk hasil makanan, obat-obatan tradisional merupakan produk-produk yang sudah dikenal dalam perdagangan internasional.. |
Apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional? |
|
PROYEK 1
Bidang Studi KD |
IPS ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat |
Materi Kelas/Semester Hari /tanggal |
Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat ……………………… |
54 komentar:
Terimakasih pak
Sherly 9f
Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G
Trimakasih pak
Nurliza dasyu 9G
terimakasih pak
raya aurelli 9g
terimakasih pak
bunga nur 9f
Terimakasih pak atas materinya bagas fadhil haryanto 9F
terima kasih pak
Aina niken r 9E
Terima kasih pak
Gayoh asa mahaviro 9E
Terimakasih pak
Risky 9e
Terima kasih pak
Klara Rahma 9e
Terimakasih pak
wiarya winata 9e
Terima kasih pak
Lingga diva s 9E
Terima kasih pak
Neli Rahma Wati 9E
Terima kasih pak
Aina niken r 9E
Terima kasih pak
Banyu laksana bimantara 9E
Terima kasih pak
Dhaffa.farras 9E
Terima kasih pak
M.Faqih rahman 9E
Terimakasih pak
Amanda triadhana 9e
Trimakasih pak
M.Rafi fazli 9E
Baik pak terima kasih
Athallah Rafif A 9e
Baik pak terima kasih
balqis zahra fairus 9e
terimakasih pak
varen granata 9E
Terimakasih pak
-annisa Lutfiah cessaria 9E
terimakasih pak
farida febrian f 9E
terimakasih pak
melda rizta v 9E
Terima kasih bu
Dinda azizah 9e
Terimakasih materi penjelasan tsb pak
Affan fazle mawla 9G
Terima kasih pak wendy 9G
Terima kasih pak
__Suci Ramadhani 9G
trimakasih pak
zaskia ramadhina 9g
terimakasih pak
raya aurelli 9g
Terimakasih pak
Dimas Adjie wicaksono 9f
Terima kasih pak
Dewinta Fortuna Augustin 9f
Trimakasih pak atas materinya hari ini
9G
Trimakasih pak atas materinya hari ini
Aditya zikri 9G
terimakasih pak
natasya fanesia 9g
terimakasih pak
natasya 9g
Terimakasih pak
Gama thorfa riyadi 9f
Terimakasih pak
M.aqdam setiawan 9f
Terimakasih pak atas materinya bagas fadhil haryanto 9F
Terimakasih pak
Luthfia 9F
Terimakasih pak
Risky 9e
Terimakasih pak
Salsabila Elfaliyanti 9E
Terima kasih pak
Banyu laksana bimantara 9E
Terimakasih pak
Amanda triadhana 9e
Terima kasih pak
Klara Rahma 9e
Terima kasih pak
Balqis zahra fairus 9e
terima kasih pak
Aina niken r 9E
terima kasih pak
Aina niken r 9E
Baik pak terima kasih
M.dhaffa.farras 9E
Trimakasih pak
M.Rafi fazli 9E
Terima kasih pak
M.Faqih rahman 9E
Terimakasih pak
Nur Arafah siano 9e
Terima kasih pak
Raksa Wiguna Bimasenda Ali 9e
Posting Komentar