Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Kamis, 05 Januari 2023

P1 Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi

 

Kamsi 5  Januari   2023

IX .A 

IX. B  

IX. C 34  

IX. D  

IX. E 

IX. F 

 

 

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Selamat pagi anak-anak kelas IX yang   cerdas

Bagaimana kabarnya hari ini?

In syaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta sholat dhuha yaa....! sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai...     

Aamiin

 

Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal’afiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.

Anak-anakku, pada awal pertemuan kali ini, kita akan mempelajari

Materi awal di semester Genap bagi kelas IX pada buku Bab III yang berjudul

 

Ketergantungan antarruang dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat

 

Baiklah silakan baca dan pahami materi berikut  berikut ini.

 

 

 

Kompetensi Dasar

3.2   Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

 

Tujuan Pembelajaran

·         Menganalisis ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar).

 

Materi Pokok

Ketergantungan antarruang dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat

 

Sub Materi

Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi

 

Penjelasan

 

Perdagangan antarnegara dan wilayah terjadi sebagai usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang beragam. Kebutuhan yang berbeda-beda ini tidak dapat ditopang oleh hasil sumber daya alam serta manusia dari satu wilayah tertentu. Tidak ada suatu negara yang mampu memenuhi semua kebutuhan negaranya sendiri karena ada barang tertentu yang tidak mereka produksi

Hal ini dikarenakan kemampuan suatu negara dan wilayah untuk menghasilkan barang dan jasa tidaklah sama. Perbedaan ini dipengaruhi oleh banyak hal, seperti luas daerah, letak geografis, iklim cuaca dan potensi sumber daya dari masing-masing daerah.

Maka dibutuhkan interaksi dengan ruang lainnya agar kebutuhan hidup manusia terpenuhi. Sebagai contohnya interaksi yang terjadi antara penduduk di daerah pegunungan dan pesisir pantai. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan membutuhkan pasokan ikan dari nelayan yang tinggal di pesisir pantai. Begitu juga sebaliknya, masyarakat pesisir sangat membutuhkan sayur-mayur yang dihasilkan dari daerah pegunungan. Kondisi ini akan akan terus berulang dan memicu terjadinya ketergantungan antarruang.  Ketergantungan antarruang dalam konsep ekonomi yang dikutip dari buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial (2020) terbitan Penerbit Duta

didefinisikan sebagai gambaran terjadinya kondisi yang saling mempengaruhi dan bergantung satu sama lain antar kelompok ruang di muka Bumi.

 

Kondisi ini muncul karena adanya proses interaksi khususnya dalam hal perdagangan. Konsep ruang sendiri menurut Geolog Sumaatmadja yang dilansir laman Rumah Belajar, dijelaskan sebagai tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang ditinggali oleh makhluk hidup. Ruang tidak hanya sebatas udara yang bersentuhan dengan permukaan bumi.

 

Namun mencakup area perairan, lapisan tanah hingga bebatuan yang ada di bumi. Batas ruang sendiri diartikan sebagai tempat dan segala unsur yang ada di dalamnya, mampu mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di permukaan bumi. Sebagai contoh ketergantungan antarruang terjadi dalam masyarakat adalah banyaknya penduduk desa yang ke kota untuk mencari pekerjaan. Sebab lapangan pekerjaan lebih banyak tersedia di kota, sedangkan di daerah pedesaan hanya terbatas pada sektor pertanian saja.

Sebab, aktivitas ekonomi yang meliputi proses produksi, distribusi dan konsumsi, saling berhubungan satu sama lain. Proses produksi tidak akan terjadi bila tidak ada kegiatan konsumsi, begitu juga sebaliknya. Sedangkan hasil dari produksi tidak akan sampai pada konsumen tanpa adanya kegiatan distribusi.

 

Mengutip Buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial (2020) terbitan Penerbit Duta, contoh ketergantungan antarruang dalam berbagai bidang ekonomi sebagai berikut:

 

1.      Ketergantungan Antarruang dalam Produksi

Produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu barang dan jasa maupun menciptakan benda baru. Proses produksi dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor produksi asli dan turunan. Faktor produksi asli meliputi sumber daya alam dan tenaga kerja. Sementara faktor produksi turunan terdiri atas modal dan kewirausahaan.


2. Ketergantungan Antarruang dalam Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan penyaluran dan penyebaran barang dari produsen kepada konsumen. Di era globalisasi ini, kegiatan distribusi banyak mengalami perubahan dan semakin terpengaruh oleh konsep ketergantungan antarruang. Jika dahulu orang harus mendatangi saluran-saluran distribusi untuk melakukan transaksi jual beli. Kini dengan hadirnya sistem online, transaksi ini dapat dilakukan melalui aplikasi daring. Selain itu, hadirnya aplikasi daring juga memudahkan distributor untuk menjual barangnya. Hal ini karena distributor dimudahkan dalam memenuhi pesanan dari konsumennya di seluruh daerah dengan bantuan jasa pengiriman barang.

 

3. Ketergantungan Antarruang dalam Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa. Kegiatan ini dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

4. Ketergantungan Antarruang dalam Penentuan Harga dan Pasar

Dalam kegiatan ekonomi harga dan pasar merupakan hal yang sangat vital. Harga adalah nilai tertentu yang dimiliki oleh barang dan jasa. Sedangkan pasar ialah tempat terjadinya proses interaksi jual beli antara pembeli dan penjual. Proses interaksi tersebut akan menghasilkan kesepakatan harga dari jumlah yang akan diperjualbelikan, disebut dengan harga pasar atau harga keseimbangan. Ketergantungan antarruang sangat berpengaruh pada proses pembentukan harga, seperti yang dilansir Modul Kemendikbud.

 



Refleksi tugas individu 

Kerjakan tugas beikut ini di kertas selembar



Referensi:

https://www.langsut.com/2022/08/ips-bab-3-kelas-9-ketergantuan.html

https://www.cahayapendidikan.com/2020/07/18/rangkuman-bab-3-materi-ips-kelas-9-kurikulum-2013/

https://www.cecepgaos.com/2021/02/rangkuman-materi-ips-kelas-9-bab-3.html

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/modul-pjj-ips-kelas-9-semester-genap/

 


14 komentar:

Abdul Khodir Zailani mengatakan...

Assalamu'alaikum
Nama : Abdul Khodir Zailani
Kls : 9C
Ket:Hadir
W assalamu'alaikum wrwb

Rasya dirsa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agnar mengatakan...

Nama : Muhammad agnar adinata alwi
maju terus pantang mundur ALLAH tidak tidur

moza suci mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Moza Suci Ramadhania
Semangat terus!!!

Zahra Rahmadani mengatakan...

Zahra Rahmadani
Alhamdulillah tahun 2023 semakin maju terus pantang mundur

nurhikmah sahputri harahap mengatakan...

alhamdulilah, lancar terus untuk smp al azhar 3🤗

Rasya dirsa mengatakan...

Assalamu'alaikum
Rasya Dirsa T
Ket hadir

Maulana Raul Akhtar mengatakan...


Assalamualaikum

Nama : Maulana Raul akthar
Kelas: 9c
Absen: tidak di ketahui

naura afra azzahra mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : Naura Afra Azzahra
Kelas : 9C
hadir

nurhikmah sahputri harahap mengatakan...

Nurhikmah Sahputri Harahap
alhamdulilah, lancar terus untuk smp al azhar 3🤗

Syaa mengatakan...

Assalamualaikum
Nama; Asya Aulia p
Kelas:9c
Absen:5
Wassalamualaikum wr wb

Saga mengatakan...

Assalamualaikum
Nama:Saga Dirgantara
Info ini sangat membantu 😁👆

Syntia Wulandari mengatakan...

Syntia Wulandari
Alhamdulillah tahun 2023 semakin maju terus pantang mundur

Razan Naufal mengatakan...

Assalamu'alaikum
Nama:Razan Naufal Rafif
Hadir Pak 😁