- CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A
(Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang
telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah
aksi nyata.
- CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah
dijalankan tersebut.
Ø
Pertanyaan Pemantik:
Bagaimana saya dapat menerapkan
rancangan program yang telah saya buat ke dalam bentuk aksi nyata?
Langkah-langkah apa yang bisa saya lakukan?
"Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir
dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah
pertama." (- Nadiem Makarim -)
Ø PRAKARSA PERUBAHAN
Mengembangkan Profil Pelajar
Pancasila yang mandiri dan kreatif melalui
Gelis Bucin (gerakan literasi sekolah menulis buku cinta yang
indah)
Ø
Latar
Belakang masalah
Gerakan literasi
sering diterjemahkan masyarakat sebagai gerakan membaca saja, membaca merupakan
bagian dari literasi, membaca tidak bisa dilepaskan dari dunia pendidikan.
Membaca adalah jalan untuk mendapatkan pengetahuan. Orang bijak mengatakan
bahwa buku adalah jendela dunia. Jika buku merupakan jendela dunia, membaca
adalah kunci untuk membuka jendela dunia tersebut. Literasi memiliki banyak
sekali manfaat, di antaranya yaitu dapat menumbuhkembangkan budi pekerti,
meningkatkan pengetahuan, mengoptimalkan kerja otak, serta melatih kemampuan
berpikir dan menganalisa.
Gerakan
literasi di SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung selama ini sebenarnya sudah berjalan
terutama pada saat awal kegiatan pembelajaran tatap muka. Akan tetapi, dengan
adanya pandemi, kegiatan literasi warga SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung mengalami
kemunduran. Hanya segelintir siswa dan guru yang masih membudayakan membaca di
sela-sela kegiatannya. Siswa cenderung lebih memilih gawai / androidnya untuk
bermai game online jika dibandingkan untuk membaca. Tentu ini suatu hal yang
memprihatinkan dalam dunia pendidikan, terutama di dunia anak di masa remaja
SMP.
Untuk
melancarkan kegiatan ini, tidak luput pula dari memanfaatkan tujuh aset yang
ada, sebagai contoh memanfaatkan fasilitas fisik, sosial, politik dan manusia untuk mengembangkan program gerakan literasi ini. Di dasari
dengan situasi diatas maka tercetus suatu progaram yang berpihak pada siswa
untuk memberikan suatu kebebasan bersuara, memilih dan merasa memiliki sehingga
mampu mengatasi kesenjangan yang ada serta mengatasi dan menampung aspirasi
siswa disekolah, program tersebut diberi nama Gelis Bucin
(gerakan literasi sekolah menulis buku cinta yang indah).
Ø Tujuan
Program Gelis Bucin
Gelis Bucin (gerakan
literasi sekolah menulis buku cinta yang indah) bertujuan untuk :
v Membudayakan
gemar menulis dan mebaca di SMP Al Al
Azhar 3 Bandar Lampung.
v Menciptakan
interaksi positif murid terhadap lingkungan sekitar dalam rangka meningkatkan
literasi siswa.
v Menumbuhkembangakan
karakter kemandirian dan kreatifitas siswa dalam literasi menulis dalam bentuk
puisi.
v Mengekspresikan
pemahaman literasi para murid
Ø Pelaksanaan
Program
Waktu pelaksanaan setiap jumat, pukul 13.00
serta di sela sela waktu siswa dan guru senggang di proses kegiatan belajar
(tentatif).
4 komentar:
ASSALAMUALAIKUM
FATIR
9B
HADIR
ASSALAMUALAIKUM
REIHAN FAISAL
9B
HADIR
Assalamualaikum
Andhika Rafi Pratama
9B
Hadir
Assalamualaikum
M.Alfarizi T.
9B
Hadir
Posting Komentar