Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 06 Oktober 2023

P17 INDIKATOR ASESMEN STS GANJIL fase D Kelas 7

 

Judul / Tema

INDIKATOR ASESMEN SUMATIF TENGAH SEMESTER GANJIL

 

                                                           

Identitas

 

Mata Pelajaran

IPS

Kelas/Fase

Fase D kelas 7

Materi

INDIKATOR ASESMEN STS GANJIL

Pertemuan ke

  

Guru Pengampu

Aprizal

Waktu Pembelajaran

Kamis , kelas 7ABCD

 

 

CP

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan  lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan  memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.

Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan memahai tentang aktivitas memenuhi kebutuhan hidup manusia  dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

 

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Apersepsi

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.   

 

Sebelum kita memasuki materi hari ini, masih ingatkah kalian tentang Interaksi antarwilayah. Interaksi antarwilayah adalah hubungan yang terjadi antara dua wilayah atau lebih. Interaksi antarwilayah dapat berupa interaksi ekonomi, sosial dan interaksi budaya. Interaksi antarwilayah meruapaka kegiatan yang memiliki hubungan timbal balik antar kedua wilayah atau yang saling membutuhkan.

 

Yuksss simak yaaa

 

Indikator Asesmen Sumatif Tengah Semester Ganjil

 

1.      Siswa dapat meyimpulkan tentang keluarga

2.      Siswa dapat menjelaskan silsilah keluarga berupa pernyataan.

3.      Siswa dapat menyebutkan letak absolut

4.      Siswa dapat menyimpulkan contoh letak absolut

5.      Siswa dapat menjelaskan keuntungan letak geografis Indonesia

6.      Siswa mampu menyebutkan zona waktu Indonesia

7.      Siswa mampu mengkaitkan tentang cerita rakyat sebagai sumber

8.      Siswa dapat menyebutkan sumber lisan

9.      Siswa dapat mendeskripsikan manusia sebagai mahluk ekonomi

10. Siswa mampu mengidentfikasi pemenuhan kebutuhan

11. Siswa dapat mengidentifikasi agens sosialiasi pertama dan terpenting

12. Siswa dapat menyebtukan agens sosialiasi dalam keluarga

13. Siswa dapat mengidentifikasi kebutuhan sehari-hari

14. Sisw dapat mengidentifikasi tentang keinginan

15. Siswa dapat mengurutkan skala prioritas pengerjaan tugas/kebutuhan

16. Siswa dapat menyebutkan  golongan kebutuhan manusia

17. Siswa dapat menjelaskan barang sebagai pemuas kebutuhan manusia

18. Siswa dapat mengidentifikasi jenis kebutuhan

19. Siswa dapat mengidentifikasi pra sejarah

20. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri zaman pra sejarah

7 komentar:

Aulia Rahmadani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Andhika mengatakan...

Assalamualaikum
Andhika Rafi Pratama
9B
Hadir

Shakira Maharani mengatakan...

Assalamualaikum
Shakira Maharani Harnawan
9B
Hadir

Khairunnisa m sasikirana mengatakan...

Assalamualaikum
Khairunnisa m sasikirana
9b
Hadir

M.Davar AR mengatakan...

Assalamualaikum
M.Davar Akiva R
9B
Hadir

Ahmad Albari mengatakan...

Assalamualaikum
Ahmad Albari Amin
9B
Hadir

M.Avatar kartadilaga mengatakan...

Assalamu'alaikum
M.Avatar kartadilaga
9B
Hadir