Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Kamis, 09 November 2023

P22 Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia Diaspora Bangsa Indonesia


 

Identitas

Mata Pelajaran

IPS

Kelas/Fase

Fase D kelas 7

Materi

1.Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia Diaspora Bangsa Indonesia

Pertemuan ke

      dari     (      JP)

Guru Pengampu

Aprizal

Waktu Pembelajaran

Senin - Kamis, kelas 7

 

CP

Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan Aktivitas manusia zaman pra aksara dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

 

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Apersepsi 

1.Sebelum kita memasuki materi hari ini, masih ingatkah kalian tentang   Pra Aksara. Praaksara berasal dari gabungan kata, yaitu pra dan aksara. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Dengan demikian, yang dimaksud masa praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan. Masa praaksara disebut juga dengan masa nirleka (nir artinya tidak ada, dan leka artinya tulisan), yaitu masa tidak ada tulisan. Masa praaksara dikenal pula dengan masa prasejarah. Saat ini kita akan membahas Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia Diaspora Bangsa Indonesia

 


Materi

Berdasarkan bukti yang sudah ditemukan, kemudian tercetuslah empat teori yang berbeda tentang asal muasal leluhur bangsa Indonesia. 

Berikut ini akan menjelaskan empat teori asal muasal leluhur bangsa Indonesia. Simak, yuk!

1. Teori Yunan

Teori Yunan yang menyatakan asal muasal leluhur bangsa Indonesia ini pertama kali dicetuskan oleh Robert Barron van Heine. 

Teori ini menyatakan bahwa leluhur bangsa Indonesia berasal dari sebuah daerah bernama Yunan yang terletak di Tiongkok Selatan. Teori ini didukung oleh adanya kesamaan bahasa yang digunakan masyarakat Nusantara dengan bahasa masyarakat Kamboja.

Selain itu, teori Yunan juga didukung penemuan sebuah kapak tua di Nusantara yang memiliki kesamaan dengan kapak di Asia Tenggara. Penemuan itu menandakan adanya proses migrasi manusia di wilayah Asia Tenggara ke kepulauan di Nusantara. Menurut teori ini, ada tiga gelombang migrasi leluhur bangsa Indonesia, yakni Proto Meayu, Deutro Melayu, dan Melanosoid.  

Teori ini juga didukung oleh Mohammad Ali yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Mongol yang melakukan migrasi.

2. Teori Nusantara

Teori asal muasal leluhur Bangsa Indonesia selanjutnya adalah Teori Nusantara, teman-teman. Teori ini merupakan satu-satunya teori yang menyebutkan bahwa leluhur bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri, bukan dari luar. 

Teori Nusantara mengatakan bahwa bangsa Melayu merupakan bangsa dengan peradaban yang tinggi. Peradaban ini tidak mungkin bisa dicapai apabila tidak melalui proses perkembangan dari kebudayaan sebelumnya. 

Selain itu, ada juga kemungkinan jika orang Melayu merupakan keturunan dari Homo Soloensis dan Homo Wajakensis.

Teori Nusantara juga didukung oleh beberapa ahli ternama, seperti Muhammad Yamin, Gorys Keraf, dan J. Crawford.

3. Teori Out of Taiwan

Teori Out of Taiwan yang sekilas mirip dengan Teori Yunan ini pertama kali dicetuskan oleh Peter Bellwood. Teori ini menyatakan bahwa asal muasal leluhur bangsa Indonesia ini berasal dari Kepulauan Famosa, Taiwan, bukan daratan Tiongkok.

Mereka diperkirakan datang dari Taiwan melalui Filipina sekitar tahun 4.500-3.000 sebelum masehi. Sekitar tahun 3.500-2.000 SM, mereka melakukan migrasi ke Indonesia lewat Sulawesi dan akhirnya menyebar ke berbagai pelosok Nusantara.

Peter Bellwood mengungkapkan, bahasa Nusantara dikembangkan dari rumpun bahasa Austronesia yang digunakan leluhur di Taiwan. Selain itu, menurut hasil riset genetika, dari ribuan kromosom tidak ditemukan adanya kecocokan dengan pola genetika di wilayah Yunan.

O iya, perlu diketahui teori Out of Taiwan ini juga didukung oleh Harry Truman Simanjutak, seorang arkeolog asal Indonesia. 

4. Teori Out of Africa

Kalau teori sebelumnya banyak berhubungan dengan bahasa dan budaya, teori ini dibuktikan dengan penelitian DNA.Teori asal muasal leluhur bangsa Indonesia yang dicetuskan pertama kali oleh Max Ingman ini dijuluki dengan teori Out of Africa. 

Teori ini mengemukakan bahwa leluhur bangsa Indonesia berasal dari wilayah Afrika, teman-teman. Teori ini menyatakan bahwa homo sapiens merupakan spesies manusia modern yang merupakan leluhur bangsa Indonesia. 

Homo sapiens ini diperkirakan muncul sejak 120.000 tahun yang lalu, ketika Bumi sedang mengalami lonjakan populasi manusia. Spesies manusia purba ini kemudian menyebar ke seluruh dunia antara tahun 200.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. 

 

 

Evaluasi

Dapatkah kalian membuat salah satu alur persebaran dan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ?

Refleksi

Bangsa Indonesia dihuni oleh banyak orang dari berbagai suku, agama, dan budaya yang berbeda. Perbedaan tersebut berasal dari nenek moyang yang berbeda pula. Banyak teori yang mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Tiongkok, Melayu, dan bahkan Taiwan.


Tidak ada komentar: