Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Rabu, 22 November 2023

P23 K9 KISI – KISI PAS GANJIL

 

 

Judul / Tema

                                                   INDIKATOR  SOAL

 

Identitas

 

Mata Pelajaran

IPS

Kelas/Fase      

Kelas 9  

Materi

INDIKATOR SOAL PAS

Pertemuan ke

        

 Guru Pengampu

Aprizal

Waktu Pembelajaran

Senin  Kelas 9B  JP ke 12   9A JP ke 9-10

 

KD

3.2     Menganalisis perubahankehidupansosialbudaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi

arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang : KISI KISI SOAL PAS

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Apersepsi 

Sebagai persiapan memasuki PAS Ganjil, mari bersama kita cari tahu apa saja yang masuk dalam kategori PAS tahun ini yaa

 

Materi

 

Indikator Pencapaian

Nomor Soal

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi negara yang berada di benua Asia

 

1

Disajikan  pernyataan siswa dapat mengidentifikasi  karakteristik  salah satu benua di dunia

 

2

Disajikan  gambar peta benua-benua di dunia, siswa dapat  menentukan batas alam antarbenua

 

3

Siswa dapat mengidentifikasi negara-negara lintas dunia

4

Siswa dapat mendiskripsikan karakteristik pembagian region di Benua Asia

5

Siswa dapat mengidentifikasi flora di Mesir

6

Melalui pernyataan siswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab kemiripan budaya benua Australia dan benua Eropa

7

 

Siswa dapat mendiskripsikan bentuk muka bumi Ausrtalia

8

Siswa mampu mendiskripsikan Sumber daya alam benua asia yang mulai terancam persediaanya

9

Melalui ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan laju pertumbuhan penduduk Amerika

10

Siswa mampu mendiskripsikan etnis di Benua Eropa

11

 

Melalui pernyataan siswa mampu  mendiskripsikan ciri-ciri kependudukan di Benua Asia

12

Siswa mampu mendiskripsikan kebijakan pemerintah di benua Eropa dalam meningkatkan jumlah penduduk

13

Siswa dapat mendiskripsikan  indikator HDI di benua Asia

14

 

Melalui gambar piramida siswa mampu menganalisis kondisi kependudukan di suatu negara

15

Siswa mampu mengidentifikasi upaya mengatasi tingginya jumlah angkatan kerja

16

Siswa mampu mengidentifikasi Australia merupakan negara tujuan imigran penduduk dunia

17

Siswa dapat mengidentifikasi sosial budaya penduduk benua Afrika

18

Siswa dapat mendiskripsikan hasil karya seni di Asia

19

Siswa mampu mendiskripsikan kebudayaan di benua Australia

20

Siswa mampu mengidentifikasi faktor pendorong majunya suatu negara

21

Siswa dapat mengidentifikasi dampak interaksi antarruang Indonesia dan Jepang

22

Siswa dapat mengidentifikasi dampak negatif  interaksi antarruang

23

Siswa dapat mengidentifikasi  dampak interaksi antarnegara dalam bidang pendidikan

24

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk interaksi antarruang bidang politik

25

 

Siswa dapat mengidentifikasi pernyataan tentang perubahan sosial budaya

 

26

 

Siswa dapat mendiskripsikan tentang bentuk perubahan sosial

27, 28

Siswa dapat mendiskripsikan  faktor penyebab perubahan sosial

29

 

Siswa dapat mendiskripsikan faktor pendorong perubahan sosial dalam bidang pendidikan

30

Melaui pernyataan  siswa dapat mengidentifikasi penghambat perubahan sosial

31

Siswa dapat mendiskripsikan proses difusi dalam perubahan sosial budaya

32

 

Siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam  masyarakat melalui asimilasi

33

 

Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi

 

34

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk globalisasi bidang, budaya, komunikasi ekonomi dan iptek

35, 36

37, 38

Siswa dapat mendiskripsikan faktor penghambat modernisasi

39

Siswa dapat menganalisis dampak positif globalisasi kaitanya budaya lokal dengan kemajuan teknologi

40

Siswa dapat menganalisis dampak globalisasi bidang politik

41

Disajikan pernyataan siswa dapat menganalisis dampak negatif globalisasi

42, 43, 44

Siswa dapat mengidentifikasi upaya menghadapi globalisasi

45, 46

 47

Melalui gambar siswa mampu  mendiskripsikan tantangan menghadapai globalisasi

48

Siswa dapat mendiskripsikan globalisasi bidang transportasi

49

 

Siswa dapat mendiskripsikan globalisasi bidang IPTEK

50

 

Demikian kisi kisi, semoga dapat membantu.

Tidak ada komentar: