Judul / Tema
INDIKATOR SOAL
Identitas
Mata
Pelajaran |
IPS |
Kelas/Fase |
Kelas
9 |
Materi |
INDIKATOR
SOAL PAS |
Pertemuan
ke |
|
Guru Pengampu |
Aprizal |
Waktu
Pembelajaran |
Senin Kelas 9B JP ke 12 9A JP ke 9-10 |
KD
3.2 Menganalisis perubahankehidupansosialbudaya
Bangsa Indonesia dalam menghadapi
arus globalisasi
untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta
didik dapat mengamati permasalahan,
menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan
kelas tentang : KISI KISI SOAL PAS
Assalamu'alaikum
Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi
robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal
mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi
aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Apersepsi
Sebagai
persiapan memasuki PAS Ganjil, mari bersama kita cari tahu apa saja yang masuk
dalam kategori PAS tahun ini yaa
Materi
Indikator
Pencapaian |
Nomor Soal |
|
|
Siswa
dapat mengidentifikasi negara yang berada di benua Asia |
1 |
Disajikan pernyataan siswa dapat
mengidentifikasi karakteristik salah satu benua di dunia |
2 |
Disajikan gambar peta benua-benua di dunia, siswa
dapat menentukan batas alam antarbenua |
3 |
Siswa
dapat mengidentifikasi negara-negara lintas dunia |
4 |
Siswa
dapat mendiskripsikan karakteristik pembagian region di Benua Asia |
5 |
Siswa
dapat mengidentifikasi flora di Mesir |
6 |
Melalui
pernyataan siswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab kemiripan budaya
benua Australia dan benua Eropa |
7 |
Siswa
dapat mendiskripsikan bentuk muka bumi Ausrtalia |
8 |
Siswa
mampu mendiskripsikan Sumber daya alam benua asia yang mulai terancam
persediaanya |
9 |
Melalui
ilustrasi siswa mampu mendiskripsikan laju pertumbuhan penduduk Amerika |
10 |
Siswa
mampu mendiskripsikan etnis di Benua Eropa |
11 |
Melalui
pernyataan siswa mampu mendiskripsikan
ciri-ciri kependudukan di Benua Asia |
12 |
Siswa
mampu mendiskripsikan kebijakan pemerintah di benua Eropa dalam meningkatkan
jumlah penduduk |
13 |
Siswa
dapat mendiskripsikan indikator HDI di
benua Asia |
14 |
Melalui
gambar piramida siswa mampu menganalisis kondisi kependudukan di suatu negara
|
15 |
Siswa
mampu mengidentifikasi upaya mengatasi tingginya jumlah angkatan kerja |
16 |
Siswa
mampu mengidentifikasi Australia merupakan negara tujuan imigran penduduk
dunia |
17 |
Siswa
dapat mengidentifikasi sosial budaya penduduk benua Afrika |
18 |
Siswa
dapat mendiskripsikan hasil karya seni di Asia |
19 |
Siswa
mampu mendiskripsikan kebudayaan di benua Australia |
20 |
Siswa
mampu mengidentifikasi faktor pendorong majunya suatu negara |
21 |
Siswa
dapat mengidentifikasi dampak interaksi antarruang Indonesia dan Jepang |
22 |
Siswa
dapat mengidentifikasi dampak negatif
interaksi antarruang |
23 |
Siswa
dapat mengidentifikasi dampak
interaksi antarnegara dalam bidang pendidikan |
24 |
Siswa
dapat mengidentifikasi bentuk interaksi antarruang bidang politik |
25 |
Siswa
dapat mengidentifikasi pernyataan tentang perubahan sosial budaya |
26 |
Siswa
dapat mendiskripsikan tentang bentuk perubahan sosial |
27, 28 |
Siswa
dapat mendiskripsikan faktor penyebab perubahan
sosial |
29 |
Siswa
dapat mendiskripsikan faktor pendorong perubahan sosial dalam bidang
pendidikan |
30 |
Melaui
pernyataan siswa dapat
mengidentifikasi penghambat perubahan sosial |
31 |
Siswa
dapat mendiskripsikan proses difusi dalam perubahan sosial budaya |
32 |
Siswa
mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam masyarakat melalui asimilasi |
33 |
Siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi |
34 |
Siswa
dapat mengidentifikasi bentuk globalisasi bidang, budaya, komunikasi ekonomi
dan iptek |
35, 36 37, 38 |
Siswa
dapat mendiskripsikan faktor penghambat modernisasi |
39 |
Siswa
dapat menganalisis dampak positif globalisasi kaitanya budaya lokal dengan
kemajuan teknologi |
40 |
Siswa
dapat menganalisis dampak globalisasi bidang politik |
41 |
Disajikan
pernyataan siswa dapat menganalisis dampak negatif globalisasi |
42, 43, 44 |
Siswa
dapat mengidentifikasi upaya menghadapi globalisasi |
45, 46 47 |
Melalui
gambar siswa mampu mendiskripsikan
tantangan menghadapai globalisasi |
48 |
Siswa
dapat mendiskripsikan globalisasi bidang transportasi |
49 |
Siswa
dapat mendiskripsikan globalisasi bidang IPTEK |
50 |
Demikian kisi kisi,
semoga dapat membantu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar