Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Senin, 29 Juli 2024

P4 K -8 Tema Proses Geografis dan Keragaman Sosial Budaya



  Identitas

Mata Pelajaran

IPS

Kelas/Fase

8 / Fase D

Materi

Proses Geografis dan Keragaman Sosial Budaya

Pertemuan ke

4  

Guru Pengampu

Aprizal

Waktu Pembelajaran

Senin - Kamis, 8A 8B (sesuai jadwal) (29 Juli 2024

 

CP

 Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase D, Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta erefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

 

 

Tujuan Pembelajaran

ü Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan menganalisis  luas dan letak wilayah Indonesia, letak geologis Indonesia serta cuaca dan iklim Indonesia dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.


Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita  ingat lagi tentang Proses Geografis Dan Keragaman Alam. Letak geografis Indonesia yang strategis memberikan negara ini kekayaan alam yang luar biasa. Terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, serta melintasi garis khatulistiwa, Indonesia menawarkan keragaman alam yang unik dan mempesona. Dari sabang hingga merauke, Indonesia memiliki berbagai jenis ekosistem, gunung, dan sungai yang menakjubkan. Mari sobat, kita jelajahi beberapa aspek penting dari letak geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap keragaman alamnya

Letak geografis Indonesia yang strategis memberikan negara ini kekayaan alam yang luar biasa. Terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, serta melintasi garis khatulistiwa, Indonesia menawarkan keragaman alam yang unik dan mempesona. Dari sabang hingga merauke, Indonesia memiliki berbagai jenis ekosistem, gunung, dan sungai yang menakjubkan. Mari anak anak, kita jelajahi  Proses Geografis dan Keragaman Sosial Budaya Indonesia.

 

Materi

 B. Pemanfaatan Sumber Daya Alam

 1. Potensi Sumber Daya Alam Indonesia

Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat kaya dan beragam. Negara kita merupakan salah satu produsen dan eksportir terbesar untuk komoditas seperti kelapa sawit, karet, kopi, dan rempah-rempah. Selain itu, kita juga memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti gas alam, batubara, dan bijih timah.

Potensi alam kita juga terlihat dari kekayaan laut Indonesia. Samudera Hindia dan Samudera Pasifik yang membentang di sekitar kepulauan Indonesia menyediakan dadakan laut yang sangat produktif, sehingga memungkinkan untuk pengembangan sektor perikanan dan kelautan.

 

2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia

Pemanfaatan sumber daya alam Indonesia harus dilakukan secara bijaksana dan berkelanjutan. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir, kita sering melihat eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya alam yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan hilangnya biodiversitas.

Untuk mencegah kerusakan lingkungan dan memastikan pemanfaatan yang berkelanjutan, banyak program pelestarian sumber daya alam di Indonesia dilakukan, seperti penanaman kembali hutan, konservasi satwa liar, dan penggunaan energi terbarukan. Selain itu, kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta sangat penting untuk mencapai tujuan pelestarian sumber daya alam kita.

Indonesia adalah negara yang majemuk atau beraneka ragam budayanya.  Keberagaman budaya ini disebabkan berbagai faktor, salah satunya faktor geografis.  Indonesia memiliki lokasi strategis, yaitu terletak diantara dua benua, benua Asia dan Australia, dan dua samudera, samudera Pasifik dan Hindia. Lokasi Indonesia ini berada di jalur perdagangan yang menghubungkan antara Eropa, Timur Tengah dan Asia Selatan (India) dengan Asia Timur (Jepang dan China) melalui perairan Indonesia.

Dengan lokasi strategis, banyak pedagang yang lewat di perairan Indonesia, terutama di Selat Malaka. Dengan demikian, di Indonesia mudah masuknya budaya asing yang di bawa melalui jalur perdagangan ini.  

Budaya dari luar ini kemudian menyatu melalui akulturasi dengan budaya asli Indonesia. Pengaruh yang masuk terhadap keberagaman budaya misalnya pengaruh budaya India seiring menyebarnya agama Hindu dan Buddha, serta kesenian seperti berbagai tarian tradisional di pulau Jawa dan Bali. Kemudian, jalur perdagangan ini juga membawa pengaruh agama Islam serta budaya China dan Eropa. Pengaruh ini dapat terlihat dari kata-kata serapan dalam bahasa, makanan yang diadaptasi dari luar, kesenian, arsitektur, dan bentuk budaya lain.

Evaluasi

Berikan gambaran tentang Proses Geografis dan Keragaman Sosial Budaya  sesuai dengan secara jelas dan kaitan nya dengan keberagaman Alam Indonesia.

 

Kesimpulan

Bagaimana anak anak, materi kali ini sangat real dan semakin cinta tanah air kan. ok. berikut kesimpulan materinya : Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat kaya dan beragam. Negara kita merupakan salah satu produsen dan eksportir terbesar untuk komoditas seperti kelapa sawit, karet, kopi, dan rempah-rempah. Selain itu, kita juga memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti gas alam, batubara, dan bijih timah.


Dengan letak yang strategis dan kondisi geologi yang baik Negara kita sangat diuntungkan, seperti banyaknya perdaganga yang melalui jalur Indonesia serta pertukaran budaya anatar negar. Tentunya pertukaran budaya antar negara akan difilter oleh nilai nilai luhur Pancasial sebagai pedoman hidup Bangsa Indonesia. 

semangat terus yaaa, belajar tanpa batas mengukir prestasi sepanjang hayat.


Referensi :
Buku IPS terbitan Kemdikbud Kurikulum Merdeka
Buku IPS terbitan Tiga serangkai Kurikulum merdeka
dan referensi lain yang sesuai.

Tidak ada komentar: