Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Rabu, 24 Juli 2024

P1 - 1 Kelas - 8 Tema Proses Geografis dan Keragaman Alam

 Identitas

Mata Pelajaran

IPS

Kelas/Fase

Fase D kelas 8

Materi

 Proses Geografis dan Keragaman Alam 

Pertemuan ke

 1 - 1   ( 4 JP)

Guru Pengampu

Aprizal

Waktu Pembelajaran

Senin - Jumat (sesuia jadwal KBM)

CP

Pada akhir Fase D, Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam. Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta erefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

  

Tujuan Pembelajaran

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

 Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Apersepsi 

Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita  ingat lagi tentang Proses Geografis dan Keragaman Alam. Bagaimana liburan kalian, apa yang kalian rasakan dan temukan selama liburan ini.... ada yang mau bercerita ?


ok guys... kita lanjut yaaaach.

Yuuks kita kaitkan dengan materi Proses Geografis dan Keragaman Alam

 

Materi

Proses

Geografis Memengaruhi Keragaman Alam Indonesia

Letak geografis Indonesia yang strategis memberikan negara ini kekayaan alam yang luar biasa. Terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, serta melintasi garis khatulistiwa, Indonesia menawarkan keragaman alam yang unik dan mempesona. Dari sabang hingga merauke, Indonesia memiliki berbagai jenis ekosistem, gunung, dan sungai yang menakjubkan. Mari sobat, kita jelajahi beberapa aspek penting dari letak geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap keragaman alamnya!

Letak geografis adalah posisi suatu wilayah berdasarkan kenyataan di permukaan bumi. Coba kalian perhatikan gambar di atas!  Berdasarkan letak geografis, Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia serta diantara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Pasifik.

Letak geografis suatu wilayah memiliki pengaruh langsung terhadap keragaman alamnya karena berbagai faktor seperti iklim, topografi, dan interaksi antara ekosistem yang berbeda.

Letak geografis dapat menentukan jenis iklim yang dominan di suatu wilayah. Iklim yang berbeda, seperti iklim tropis, subtropis, atau gurun, menciptakan kondisi yang berbeda untuk pertumbuhan dan perkembangan organisme sehingga terdapat spesies yang unik di masing-masing iklim.

Topografi yang berbeda, seperti pegunungan, dataran rendah, dan daerah pesisir,juga  mempengaruhi kondisi lingkungan secara signifikan. Topografi yang berbeda ini memberikan kesempatan bagi organisme untuk berkembang dan beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang spesifik.

Letak geografis yang terisolasi atau sulit dijangkau juga dapat menciptakan kondisi yang unik. Pulau-pulau terpencil atau wilayah pegunungan yang sulit dijangkau oleh manusia cenderung memiliki spesies endemik yang hanya ditemukan di wilayah tersebut.

Selain letak geografis, Indonesia juga memiliki letak astronomis dan letak geologis,

Letak astronomis merupakan posisi suatu tempat berdasarkan garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian). Indonesia berada di antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-144°BT. Dampak letak astronomis tersebut menyebabkan perbedaan waktu. Berdasarkan hal tersebut terdapat tiga pembagian zona waktu di Indonesia yaitu, Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).Setiap zona waktu di Indonesia memiliki perbedaan waktu satu jam,sehingga Waktu Indonesia Timur (WIT) lebih awal 2 jam dibandingkan dengan Waktu Indonesia Barat (WIB).

Sedangkan letak geologis adalah posisi suatu wilayah yang didasarkan pada struktur geologi atau susunan batuan di sekitarnya. Secara geologis, Indonesia dilalui dua jalur pegunungan dunia yaitu pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Letak tersebut menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api aktif. Kalau banyak gunung aktif pastinya tanahnya subur, sobat. Jadi Indonesia memiliki banyak keanekaragaman flora dan fauna.

 

Evaluasi

Bagaimana proses Geografis memengaruhi keragaman alam Indonesia?  Dan bagaimana proses Geografis memengaruhi keragaman sosial budaya?

 

Refleksi

Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap materi yang telah dibahas secara bersama, guru meminta siswa untuk menyampaikan pemahaman materi yang telah diterima dan memberikan saran pendapat serta perasaan dalam proses pebelajaran hari ini, dan guru juga menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya. 


Tidak ada komentar: