Senin , 7 Februari
2022
Kelas VIII C
JP 5-6
Assalamu'alaikum
Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi
robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal
mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi
aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Selamat pagi
anak-anakku kelas VIII yang cerdas
Bagaimana
kabarnya hari ini? sehat semua yaa.. alhamdulillah..
In syaa allah
kalian sudah sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta sholat dhuha
yaa....! sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai...
aamiin
Semoga kita
semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah
Swt. aamiin
Alhamdulillah
hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.
Sebelum kita
mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.
Anak-anakku,
pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari
Materi awal
di semester Genap bagi kelas VIII
Baiklah
silakan baca dan kerjakan soal penilaian pengetahuan berikut
berikut ini. ... .
Kegiatan Perdagangan Antar
Daerah Dan Antarpulau
KD
3.2 Menganalisis
keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran
serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi
kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan
negara-negara ASEAN.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Memaparkan contoh kegiatan perdagangan antar
daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor).
Keunggulan masing-masing
daerah disebabkan karena perbedaan potensi daerah yang satu dengan potensi
daerah yang lain. Perbedaan potensi daerah juga bisa terjadi karena perbedaan
teknologi. Setiap daerah memiliki keunggulan komparatif tersendiri.
Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan
Perdagangan Internasional, contoh: Lampung memiliki keunggulan komparatif dalam
memproduksi kopi dan Jawa Barat memiliki keunggulan komparatif dalam
memproduksi beras. Dalam ilmu ekonomi, kedua daerah akan saling menguntungkan
jika bersedia bertukar kopi dan beras.
Keuntungan dari pertukaran sumber daya inilah
yang menyebabkan terjadinya interaksi antarruang terhadap kegiatan ekonomi,
sosial, budaya dan perdagangan di Indonesia dan ASEAN.
Perdagangan antardaerah atau
antarnegara akan terjadi jika ada produk yang diperdagangkan. Untuk
menghasilkan produk, diperlukan kegiatan ekonomi berupa aktivitas produksi.
Aktivitas produksi akan menghasilkan produk. Produk apa yang dihasilkan
bergantung pada sumber daya yang dimiliki oleh suatu daerah.
Jawa Barat memproduksi minyak, teh, susu, sutra alam, baterai,
kertas, semen, beras, dan pupuk. Kalimantan Timur memproduksi kayu lapis, gas
alam cair, minyak bumi, tenun, kristal, dan timah. Jawa Barat menawarkan beras, susu, teh ke
Kalimantan Timur, begitu juga sebaliknya Kalimantan Timur menawarkan minyak
bumi, tenun, kayu lapis ke Jawa Barat, sehingga muncul penawaran dan permintaan
dari kedua daerah tersebut. Dengan demikian, antara Jawa Barat dan Kalimantan
Timur terjadi interaksi ekonomi.
Untuk memahami pengertian perdagangan dan perdagangan antarpulau serta perdagangan internasional, simak uraian materi berikut :
1. Perdagangan dan
Perdagangan Antardaerah/Antarpulau
a. Pengertian Perdagangan dan Perdagangan
Antarpulau
Perdagangan atau perniagaan merupakan kegiatan tukar
menukar barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama tanpa ada unsur
pemaksaan. Perdagangan antardaerah atau antarpulau merupakan perdagangan yang
dilakukan oleh penduduk atau lembaga suatu daerah atau pulau dengan penduduk
atau lembaga suatu daerah atau pulau lain dalam satu batas wilayah negara atas
dasar kesepakatan bersama.
b. Tujuan Perdagangan Antarpulau
Pada saat sekarang ini, perdagangan antardaerah
atau antarpulau tidak lagi dengan cara tradisional, walaupun masih ada beberapa
wilayah yang masih mempertahankan cara tradisional. Jual beli online telah
memudahkan masyarakat untuk melakukan perdagangan lintas daerah bahkan lintas
negara. Dengan bantuan alat komunikasi, jasa kirim, serta internet, jarak bukan
lagi masalah. Perdagangan antarpulau dilakukan oleh beberapa pelaku ekonomi
dengan beberapa tujuan.
Tujuan adanya perdagangan antarpulau antara
lain adalah sebagai berikut;
Memperoleh Keuntungan
Memperluas Jangkauan Pasar
c. Faktor Pendorong dan
Manfaat Perdagangan Antarpulau/Antardaerah
1) Faktor Pendorong Perdagangan
Antarpulau/Antardaerah
Perbedaan Faktor Produksi yang Dimiliki
Faktor pendorong perdagangan antardaerah antara
lain perbedaan faktor produksi yang dimiliki, terutama faktor produksi alam.
Perbedaan Tingkat Harga Antardaerah
Selain perbedaan kekayaan alam, perbedaan tingkat
harga antardaerah juga mendorong terciptanya perdagangan antardaerah.
2) Manfaat Perdagangan Antarpulau/Antardaerah
Manfaat dari perdagangan antarpulau/antardaerah antara lain
adalah;
a) Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan
bagi konsumen
b) Meningkatkan produktivitas
c) Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat
2. Perdagangan Antarnegara
Pada zaman sekarang, batas dan jarak bukan lagi
menjadi penghalang bagi seseorang atau badan untuk melakukan perdagangan.
Bahkan antarnegara pun dapat melakukan perdagangan dengan mudah. Perdagangan
antarnegara yang dimaksud adalah individu atau lembaga dari negara kita yang
menjual atau membeli barang dari individu atau badan yang ada di luar negeri. Terjadinya
aktivitas perdagangan antaranegara akan menimbulkan aktivitas yang dinamakan
ekspor dan impor.
a. Pengertian dan
ruang Lingkup Perdagangan Antarnegara/Internasional
Perdagangan antarnegara atau sering disebut
perdagangan internasional merupakan aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh
masyarakat suatu negara dengan masyarakat negara lain atas dasar kesepakatan
bersama. Masyarakat yang dimaksud dapat berupa individu, kelompok, lembaga,
pemerintah suatu negara dengan negara lain. Ruang lingkup perdagangan
antarnegara berkaitan dengan beberapa kegiatan, yakni;
·
Perpindahan
barang dan jasa dari suatu negara ke negara yang lain.
·
Perpindahan
modal melalui investasi asing dari luar negeri ke dalam negeri.
·
Perpindahan
tenaga kerja dari suatu negara ke negara lain.
·
Perpindahan
teknologi dengan mendirikan pabrik-pabrik di negara lain.
·
Penyampaian
informasi tentang kepastian adanya bahan baku dan pangsa pasar.
b. Aktivitas Perdagangan Antarnegara
Aktivitas perdagangan antarnegara terkait dengan
dua aktivitas yang disebut dengan ekspor dan impor. Untuk memahami kedua
istilah tersebut kalian baca ulasan berikut;
1) Ekspor
Ekspor merupakan kegiatan menjual barang
atau produk ke luar negeri. Ekspor dilakukan oleh seseorang atau badan. Pelaku
ekspor ini disebut eksportir. Tujuan utama kegiatan ekspor adalah
untuk memperoleh keuntungan. Barang yang diekspor akan dibayar oleh pihak
pembeli dengan alat pembayaran berupa mata uang asing atau mata uang luar Mata
uang asing ini selanjutnya ditukarkan menjadi Rupiah pada bank dalam negeri. Mata
uang asing ini ditampung oleh pemerintah dan disebut sebagai devisa
negara. Devisa yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai impor.
2) Impor
Impor merupakan kegiatan membeli barang
dari luar negeri. Seseorang atau badan yang melakukan impor disebut
importir. Seorang importir membayar barang yang ia beli dengan mata
uang asing. Importir dapat menukarkan uang rupiah mereka dengan mata uang asing
di bank dalam negeri. Selanjutnya, digunakan untuk membayar barang yang
diimpor. Barang-barang yang di impor oleh Indonesia terdiri dari dua macam,
yakni migas dan non-migas. Barang-barang yang termasuk dalam kelompok migas
antara lain minyak tanah, bensin, solar, dan elpiji. Adapun barang-barang yang
termasuk dalam kelompok non-migas antara lain adalah karet, kopi, ikan, kayu
lapis, kelapa sawit, serta barang tambang nonmigas seperti nikel dan batubara.
c.
Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor
1) Memberi Kemudahan Kepada Produsen Barang
Ekspor
Dalam kebijakan yang pertama ini, untuk
meningkatkan ekspor, pemerintah dapat memberikan beberapa kemudahan bagi
produsen barang ekspor. Kebijakan yang mendukung peningkatan ekspor antara lain
berupa kemudahan mengurus perizinan serta memberikan fasilitas kepada produsen
barang ekspor. Fasilitas dapat berupa pemberian bantuan teknologi, pelatihan
inovasi produk, bantuan kredit dengan bunga rendah. Hal ini akan menjadikan produsen
menjadi semangat untuk berproduksi. Harga faktor produksi yang murah dapat
menurunkan harga jual sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan.
2) Menjaga Kestabilan Nilai Tukar Rupiah
Kestabilan nilai tukar rupiah sangat penting
bagi eksportir karena nilai tukar Rupiah yang stabil terhadap mata uang asing
akan mempermudah para eksportir untuk menghitung biaya produksi produk
ekspornya. Dengan kepastian nilai Rupiah, para eksportir lebih mudah dalam
menentukan harga produknya di pasar internasional. Keadaan ini akan mengurangi
tingkat keraguan eksportir untuk melakukan ekspor pada produk mereka.
3) Membuat Perjanjian Dagang Internasional
Perjanjian mengenai perdagangan internasional
telah banyak dilakukan oleh beberapa negara. Perjanjian ini mencakup kesediaan
masing-masing negara untuk menjadi pembeli atau penjual suatu barang, sehingga
masing-masing negara memperoleh keuntungan. Penjual atau eksportir mempunyai
pasar dengan perlindungan istimewa dari perjanjian tersebut. Selain itu,
pembeli juga dapat mempunyai penjual yang telah memenuhi kriteria sesuai
perjanjian.
4) Meningkatkan Promosi
Dalam rangka mengenalkan produk dalam negeri di
pasaran internasional, promosi menjadi hal yang sangat penting. Pelaksanaan
promosi dapat berupa kegiatan pameran dagang, festival olah raga, seni, maupun
kegiatan lainnya yang dapat berfungsi sebagai promosi. Promosi dagang tersebut
dilakukan oleh individu, lembaga swasta, maupun pemerintah. Pemerintah dapat
menangani promosi dan pusat informasi dagang di luar negeri. Contohnya,
kantor-kantor pusat promosi dagang Indonesia atau Indonesian Trade Promotion
Centre (ITPC), yang mengusahakan agar produk-produk Indonesia dikenal di luar
negeri. Pemerintah telah mengusahakan membuat berbagai kebijakan terkait dengan
ekspor untuk mendorong berkembangnya produsen dalam negeri. Akan tetapi, pada
pelaksanaannya, terdapat pula beberapa hal yang dapat memengaruhi lancar atau
tidaknya perkembangan ekspor suatu negara.
d. Faktor
pendorong ekspor
Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi
ekspor baik dari dalam ataupun luar negeri;
1) Keadaan Pasar Luar Negeri
Besar atau kecilnya permintaan dan penawaran
dari berbagai negara dapat memengaruhi harga di pasar dunia. Apabila permintaan
di pasar dunia lebih banyak dari pada penawaran, maka harga cenderung naik.
Sebaliknya, apabila penawaran lebih banyak dari permintaan, maka harga
cenderung turun. Keadaan ini akan memengaruhi para eksportir untuk meningkatkan
atau menurunkan ekspornya.
2) Keuletan Eksportir untuk Menangkap Peluang Pasar
Seorang eksportir harus pandai menangkap dan
memanfaatkan peluang pasar. Dengan kepandaian tersebut, mereka dapat memperoleh
wilayah pemasaran yang luas. Oleh karena itu, para eksportir harus ahli di
bidang strategi pemasaran.
3) Kondisi Sosial, Ekonomi, Politik Suatu Negara
Bidang ekonomi, sosial, dan politik merupakan
bidang yang terkait satu sama lain. Ketika ada ketidakstabilan pada salah satu
bidang, maka bidang lain akan terpengaruh. Contohnya: negara tujuan ekspor
sedang mengalami kerusuhan politik berupa perang antarsuku. Hal tersebut tentu
sangat memengaruhi keberlangsungan proses ekspor ke negara tersebut.
e. Manfaat Perdagangan Antarnegara
Menurut Sadono Sukirno (2010), manfaat perdagangan
antarnegara adalah sebagai berikut;
1) Memperoleh Keuntungan
Manfaat dari perdagangan adalah memperoleh
keuntungan. Dengan adanya spesialisasi, yaitu produk unggul yang khas di
tiap-tiap negara, produsen dapat menghasilkan produk dengan efisien.
Perdagangan antarnegara menyebabkan produsen bersemangat memaksimalkan
produktivitas mereka tanpa khawatir kelebihan produknya tidak akan terjual.
Sebab, mereka dapat menjualnya ke luar negeri.
2) Memperoleh Barang yang Tidak Dapat Diproduksi
di dalam Negeri
Setiap negara memiliki sumber daya yang belum
tentu dimiliki oleh negara lain, sehingga hasil produksi tiap negara pun
berbeda pula. Banyak faktor yang memengaruhi perbedaan tersebut, antara lain
kondisi geografi, iklim, penguasaan teknologi. Dengan adanya perdagangan
antarnegara, setiap negara dapat bertukar hasil produksi untuk memperoleh
barang yang tidak dapat diproduksi di negara mereka.
3) Menjalin Persahabatan Antarnegara
Jalinan persahabatan antarnegara menjadi hal yang
sangat penting di era globalisasi. Adanya perdagangan antarnegara akan lebih
memudahkan terjalinnya persahabatan. Hubungan yang baik di bidang ekonomi akan
memengaruhi hubungan di bidang yang lain, seperti pendidikan, kesehatan,
sosial, serta kemanusiaan.
4) Transfer Teknologi Modern
Untuk menggunakan barang-barang impor berteknologi
tinggi, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan tertentu. Maka, pada umumnya
importir memberikan pelatihan penggunaan teknologi tersebut. Hal ini akan
mempercepat terjadinya transfer teknologi modern.
f. Faktor-Faktor yang Mendorong Perdagangan Antarnegara
Banyak faktor yang mendorong suatu negara
melakukan perdagangan antarnegara, di antaranya;
·
Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri.
·
Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan
negara.
·
Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi.
·
Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru
untuk menjual produk tersebut.
·
Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga
kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil
produksi dan adanya keterbatasan produksi.
·
Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik, dan dukungan
dari negara lain.
·
Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di
dunia dapat hidup sendiri.
g. Perbedaan Perdagangan
Antarpulau dengan Perdagangan Antarnegara
Ada tiga perbedaan utama antara perdagangan antarnegara dan perdagangan domestik/perdagangan antarpulau, yaitu sebagai berikut;
1) Peluang Perdagangan yang Lebih Luas
Pada perdagangan antarnegara, suatu negara dapat
menjual barang/jasanya ke negara lain dan bisa membeli barang/jasa dari negara
lain. Dalam perdagangan antarpulau, kita hanya dapat melakukan perdagangan
antardaerah atau pulau dalam lingkup satu negara. Jika tidak ada perdagangan
antarnegara, orang Indonesia tidak bisa memiliki mobil, orang Amerika belum
dapat makan pisang, seluruh dunia tidak dapat menikmati film Hollywood, dan
lain sebagainya.
2)Adanya Kedaulatan Bangsa
Pada perdagangan antarnegara, bangsa-bangsa dapat
mengatur aliran barang/ jasa, tenaga kerja, dan keuangan. Negara-negara menunjukkan
kedaulatannya di sini. Sementara di perdagangan domestik, aliran perdagangan
berjalan secara bebas tanpa regulasi yang berarti dari negara.
3) Penggunaan Kurs Tukar
Dalam melakukan perdagangan antarnegara,
negara-negara menggunakan kurs tukar yang berbeda-beda. Ini berbeda dengan
perdagangan domestik yang hanya menggunakan satu kurs tukar. Perdagangan
antarnegara juga membutuhkan sistem keuangan antarnegara yang dapat memastikan
kelancaran aliran mata uang ini.
Batas dan jarak bukan lagi menjadi penghalang
adanya perdagangan antardaerah atau antarpulau bahkan antarnegara. Perbedaan
sumber daya serta keunggulan menjadi faktor utama terjadinya perdagangan
antardaerah dan antarnegara.
19 komentar:
Assalamualaikum
Nama : Chelsy Azzahra Zahira
Kelas : 8C
Ket : Hadir
Terima kasih
Assalamualaikum
Nama Nili Fatil Huda
Kls 8c
Ket Hadir
Terimakasih
Assalamualaikum
Nama:Naura putri Az-Zahra
Kelas:8c
Ket:hadir
Terimakasih
Assalamualaikum Wr.Wb.
Nama saya Moza Suci Ramadhania.
Kelas 8C.
Keterangan Hadir, Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Assalamualaikum
Nama : Satriatama Setiawan
Kelas : 8C
Ket : Hadir
Terimakasih
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama:Azarine Elvina Alesha
Kelas:8C
Ket:Hadir
Terima kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama:Azarine Elfrida Shakila
Kelas:8C
Ket:Hadir
Terima kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb
Assalamualaikum
Nama Martha evandra
Kelas 8C
Hadir
Assalamualaikum
Nama ..rakha satria Syah perdana
Kelas..8c
Ket ..hadir
Terima kasih
Assalammulaikum
Nama :Rahma kaila fitriansah
kelas :8c
ket hadir
terima kasih
Assalamualaikum
Nama:Aryagilda anfakhira Kurniawan
Kelas:8c
Assalamualaikum
Nama:septa tri marga
Kelas:8c
Ket:hadir
Terimakasih pak atas materinya hari ini
Wassalamu'alaikum wr wb
maureen qanita setiawan 8c
Assalamu'alaikum pak
Nama:Abdul Khodir Zailani
Kls:8C
Ket:Hadir
W assalamu'alaikum wr wb
assalamualaikum
nama:safira puteri samanda
kelas:8c
ket:hadir
Assalamu'alaikum
Nama = M Fadhel A.S
Kelas = 8C
maureen qanita setiawan 8c
Assalamualaikum
Nama:Razan Naufal
Kelas:8C
Ket:Hadir
Wassalamualaikum Wr Wb
Posting Komentar