Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Rabu, 11 Januari 2023

P2 Pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial, ekonomi, pekerjaan, pendidikan dan kesejahteraan

Rabu 11  Januari   2023

IX .A  Selasa 78 Rabu 78

IX. B  Selasa 45 Jumat 45

IX. C  Kamis 34 Jumat 23

IX. D  Senin 56 Selasa 12

IX. E  Selasa 910 Rabu 910

IX. F  Senin 12 Rabu 12

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Selamat pagi anak-anakku  kelas IX yang  cerdas

Bagaimana kabarnya hari ini? sehat semua yaa.. alhamdulillah..

In syaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, jangan lupa tadarus serta sholat dhuha yaa....! sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai...     

aamiin

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS

Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari

Materi di awal semester Genap bagi kelas IX 

Baiklah silakan baca dan pahami materi pengantar  berikut  berikut ini :










 

Kompetensi Dasar

3.3   Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

 

Tujuan Pembelajaran

Menganalisa pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial, ekonomi, pekerjaan, pendidikan dan kesejahteraan.

 

Materi Pokok

Ketergantungan antarruang dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat

 

Sub Materi

pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial, ekonomi, pekerjaan, pendidikan dan kesejahteraan

 

Penjelasan ringkas

Pernahkah kalian  membayangkan apa yang terjadi apabila jika suatu wilayah tidak berhubungan dengan wilayah lain? Soo… tentu akan banyak  keterbatasan yang terjadi apabila suatu wilayah tidak mau atau enggan berhubungan dengan wilayah yang lainnya. 

Selanjutnya, jika suatu wilayah sudah berhubungan dengan wilayah yang lainnya apa sajakah yang akan terjadi? 

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, perhatikan penjelasan dalam berikut ini.


Pengaruh Ketergantungan Antarruang terhadap Migrasi Penduduk

Kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan kota-kota lainnya berdiri pusat-pusat industri, perdagangan dan banyak perusahaan lainnya. Untuk mencukup kebutuhan tenaga kerja di kota, hampir sebagian besar perusahaan merekrut karyawan yang berasal dari daerah lain. Banyak pekerja dari luar daerah berdatangan ke kota dengan motivasi mendapat pekerjaan dan kehidupan yang layak. Di daerah asalnya lapangan pekerjaan tidak memadai atau sangat terbatas. Mereka akan mengadu nasib ke kota-kota yang masih tersedia lapangan pekerjaan. Munculnya pusat industri, perdagangan dan komplek perkantoran mampu menyerap banyak tenaga kerja. Misalnya : dibangunnya sentra perniagaan di kota, perusahaan di bidang jasa layan antar pemesan makanan dan jasa layan antar penumpang.

 

Migrasi tidak sebatas  pada satu wilayah atau daerah saja, misalnya migrasi dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya.Adapula yang migrasi antarpulau dan antarnegara, misalnya transmigrasi.Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduknya ke pulau yang jarang penduduknya.Di pulau yang penduduknya padat, lahan semakin terbatas, kondisi seperti ini membuat lapangan pekerjaan terbatas.Salah satu jalan keluar yang harus diambil adalah transmigrasi.

 

Pengaruh Ketergantungan Antarruang terhadap Transportasi

Sistem dan alat transportasi yang digunakan di suatu wilayah sangat dipengaruhi oleh mobilitas manusia atau barang.Kota-kota besar di Pulau Jawa sudah memiliki sarana dan prasarana transportasi yang sangat maju misalnya : jalan tol, pelabuhan, bandara internasional, stasiun kereta api, stasiun MRT. Alat transportasi yang digunakan misalnya : pesawat, busway, dan kereta cepat. Jika dibandingkan dengan daerah lain, transportasi di pulau Jawa sudah sangat maju, hal ini dikarenakan tingkat mobilitas manusia, barang dan jasa sangat tinggi.

Pengaruh Ketergantungan Antarruang terhadap Lembaga Sosial dan Ekonomi

Perpindahan penduduk atau mobilitas penduduk di beberapa wilayah di Indonesia, misalnya dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa atau sebaliknya berpengaruh terhadap lembaga sosial dan lembaga ekonomi. Perpanduan budaya seperti perkawinan antarsuku bahkan antarbangsa menjadi hal yang biasa. Perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi yang makin cepat menunjang terjadinya perpaduan seni dan budaya antar daerah.

 

 Refleksi kegiatan (berikan jawabannmu di kolom komentar)

ü Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang  

     dihasilkan disukai  masyarakat ?

ü Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka

     usaha : modal atau kreativitas?

ü Bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dengan industri

     kreatif ?

ü Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan   

     ekspor Indonesia ke negara lain?


Referensi:

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/modul-pjj-ips-kelas-9-semester-genap/

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-daring-ips-kelas-9-semester-2

Kurnia A. (2017) IPS Terpadu SMP Kelas IX. Edisi ke-2. Jakarta: Yudhistira

Artikel diperbarui pada 15 Desember 2020

https://www.didno76.com/2020/08/materi-ips-smpmts-kelas-9-semester-2.html

https://wahyubarmanto.blogspot.com/p/pengaruh-ketergantungan-antarruang.html

https://www.kerabatbelajar.com/2022/01/pengaruh-ketergantungan-antarruang-migrasi-penduduk.html


13 komentar:

Nabila Sapitri mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama: Nabila Sapitri
Kelas: 9A
Ket: hadir
Jawaban :
1. Hal yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat adalah dengan selalu berinovasi dalam mengembangkan produknya, dengan mengikuti perkembangan pasar yang sedang berjalan, dan harus fokus dengan apa yang menjadi tujuan awal dalam usahanya.
2. Hal yang lebih dibutuhkan oleh seseorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreativitas adalah kreativitas. Karena dengan adanya kreativitas, usaha bisa tetap berjalan. Sedangkan jika hanya mempunyai modal tanpa kreativitas, maka usaha akan susah berkembang karena usaha butuh kreativitas.
3. Hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif adalah Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif itu sendiri. Bisa dikatakaan Industri kreatif adalah sebuah proses dalam membuat sebuah produk untuk diperjualbelikan untuk memenuhi sebuah pendapatan yang lebih baik. Ekonomi Kreatif adalah sebuah Konsep yang menampung masuknya sebuah inovasi, dan informasi. Sedangkan Industri Kreatif adalah bentuk usaha menjalankan kreatifas dan informasi dengan bantuan sumber daya manusia agar dapat menciptakan sebuah produk yang dapat diperjualbelikan.
4. Dalam konteks kegiatan ekspor, prospek dari industri kreatif di Indonesia sangatlah besar terutama dengan adanya dukungan dari pemerintah, seperti perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan juga pembangunan sarana promosi.
Hal ini juga dibuktikan dengan dari seluruh kegiatan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia, industri kreatif berhasil menyumbangkan 15 persen dari total kegiatan ekspor tersebut. Ruang lingkup industri kreatif yang menjadi unggulan dalam kegiatan ekspor adalah kerajinan dan juga fesyen.
Terimakasih atas materinya hari ini

Kayla Assyfa mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama:Kayla Assyfa Listhon
Kelas:9A
Jawaban:

1.hal yang harus dimiliki seorang pengusaha produksi yang di hasilkan di sukai masyarakat adalah mampu berinovasi dalam mengembangkan produknya,dengan mengikuti perkebambangan pasar yang sedang berjalan.
Banyak hal yang bisa dilakukan dalam merintis suatu usaha,seseorang harus tau kebutuhan masyarakat.
2.hal mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha diantara modal dan kreativitas?
Di antara keduanya yang lebih utama adalah suatu kreativitas
Keduanya memang di perlukan dalam merintis suatu usaha.jika tidak mempunyai modal akan sulit diproduksikan dan di pasarkan,namun hal yang lebih penting adalah suatu kreativitas,ide yang inovatif seseorang untuk menciptakan produk unik dan dibutuhkan masyarakat.
3.apabila industri kreatif semakin berkembang dan banyak diminati,maka ekonomi kreatif juga akan semakin meningkat dan dapat mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.
4.industri kreatif memanfaatkan kreatifitas dan keterampilan seseorang dalam menciptakan sebuah produk dan jasa.
Secara garis besar industri garis besar,industri kreatif di Indonesia mampu memberikan kontribusi yang sangat besar.industri ini mampu menyumbang 7.38% dari total penumbuhan ekonomi nasional.

Terimakasih pak atas materinya
Wassalamualaikum wr.wb

Haikallllll mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : M Haekal Qadafi
Kelas : IX A

1 Menjaga kualitas produk Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen

2kreativitas, Jika seseorang hanya memiliki modal tanpa kreativitas, maka modal tersebut akan habis dengan sendirinya tanpa menghasilkan untung

3 Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif

4 industri kreatif menyumbang sebesar 15% dari total penghasilan ekspor nasional

Fadhil Muhammad mengatakan...

Nama:Fadhil Muhammad
Kelas : 9A

Jawaban :
1. menurut pemikiran dan jawaban saya, pengusaha harus memiliki produk yang bermanfaat, penjual harus memiliki attitude yang baik ke pembeli, produk juga memiliki kualitas yang bagus, dan pelayanan yang baik ke pembeli. Karna beberapa kasus di negara Indonesia ini banyak sekali kasus dimana sebuah perusahaan makanan atau apapun itu memiliki produk yang terkenal tetapi karna satu hal kejadian ketika pelayan perusahaan itu melayani pembeli dengan kasar dan pembeli memvideokan tersebut hingga viral dan membuat perusahaan itu sendiri hancur itu lah mengapa menurut saya attitude dalam melayani pembeli adalah terdepan.

2. jika secara logika modal lebih penting dalam kreativitas karna mau sebanyak apapun ide atau kreativitas kalian tetap susah membuat itu terkenal jika tidak memiliki modal, dan jika memiliki modal mau kalian tidak kreativitas pun bisa saja produk yang akan dijual bisa terkenal karna kalian bisa mengambil seperti produk yang terkenal belakangan itu

3.Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif. Dengan adanya hubungan antara keduanya, bisa diartikan bahwa ekonomi kreatif merupakan proses produk/jasa yang dibuat sedangkan industri kreatif merupakan bentuk prosesnya. Industrikreatif berperan penting terhadap kemajuan ekonomi kreatif yang berjalan dalam suatu negara.

4.Industri kreatif telah menjadi poros ekonomi baru. Hal ini terlihat dalam 5 tahun terakhir bahwa penjualan produk dan jasa sektor ini mampu meningkatkan kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional. Indonesia telah banyak sekali meng-ekspor SDA (sumber daya alam) ke beberapa negara lain, hal ini sangat menguntungkan apabila adanya kesepakatan yang telah distujui dan masyarakat disana sangat menyukai hasil ekspor dari Indonesia.

TERIMA KASIH WASSALAMUALAIKUM WR.WB

Iispratiwi mengatakan...

Assalamualaikum wr. wb.
Nama: iis nur komaria pratiwi
Kelas: IXA
Keterangan: hadir
Jawaban:
1. Pengusaha harus terus meningkatkan kualitas produknya, memasarkan produk dengan cara yg menarik dengan mengikuti setiap perubahan yang tergolong berganti dengan cepat.

2. Kreativitas tentu sangat amat diperlukan untuk memasarkan produk produk, namun modal juga dibutuhkan karena itu adalah pendorong pertama dalam membuat usaha.

3. Ekonomi kreatif adalah proses produk atau jasa dibuat sedangkan industri kreatif merupakan bentuk proses bisnisnya. Industri kreatif adalah bagian dari ekonomi kreatif.

4. Memberikan kontribusi yang sangat besar, industri kreatif mampu menyumbang 7,38% dari total pertumbuhan ekonomi nasional, di bidang ekspor, industri kreatif menyumbang sebesar 15% dari total penghasilan ekspor nasional.

Terima kasih, wassalamu'alaikum wr. wb. 🙏🏻

Karina octa mengatakan...

Nama : Karina Octa Vinny Hidayat
Kelas : 9A
Jawaban :
1. Dengan cara menjaga dan meningkatkan kualitas produk,memberikan layanan yang baik untuk konsumen.
2. Kreativitas, karena seseorang yang memiliki kreativitas bisa menggunakan kemampuannya bukan hanya saat memulai bisnis, namun juga saat mencari modal untuk bisnis tersebut.
3. Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif adalah proses produk atau jasa dibuat sedangkan industri kreatif merupakan bentuk proses bisnisnya. Dengan begitu, adanya industri kreatif berperan penting terhadap kemajuan ekonomi kreatif yang berjalan dalam suatu negara.
4. Industri kreatif telah menjadi poros ekonomi baru. Hal ini terlihat dalam 5 tahun terakhir bahwa penjualan produk dan jasa sektor ini mampu meningkatkan kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional. Indonesia telah banyak sekali meng-ekspor SDA (sumber daya alam) ke beberapa negara lain, hal ini sangat menguntungkan apabila adanya kesepakatan yang telah distujui dan masyarakat disana sangat menyukai hasil ekspor dari Indonesia.

Terima Kasih atas materinya pak
Wassalamu'alaikum

Dennis keandra Hermawan mengatakan...

Assalamualaikum
Nama dennis keandra hermawan
Kelas 9A
Hadir
Terimakasih atas materinya pi

Soal dan jawaban

Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang

dihasilkan disukai masyarakat ? Menjaga kualitas produk Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen Produk harus inovatif Jeli terhadap peluang Strategi promosi yang efektif Memperhatikan selera pasar.

ü Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka

usaha : modal atau kreativitas?seseorang yang memiliki kreativitas bisa menggunakan kemampuannya bukan hanya saat memulai bisnis, namun juga saat mencari modal untuk bisnis tersebut.

ü Bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dengan industri

kreatif ?Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif Ekonomi kreatif adalah proses produk atau jasa dibuat sedangkan industri kreatif merupakan bentuk proses bisnisnya

ü Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan

ekspor Indonesia ke negara lain?industri kreatif menyumbang sebesar 15% dari total penghasilan ekspor nasional

clarysta mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama : Clarysta Nur Athifa
Kelas : XI
Ket : Hadir
Jawaban:
1.Mampu berinovasi dalam mengembangkan produknya,dengan mengikuti perkembangan pasar yang sedang berjalan.selain itu,pengusaha harus fokus dengan apa yang menjadi tujuan awal dalam usahanya

2.Suatu kreativitas,kreativitas pada dasarnya lebih penting ketimbang modal karena kita bisa memulai kegiatan ekonomi kreatif tanpa memerlukan modal yang besar dan bahkan bisa dimulai dengan tanpa modal

3.Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif,dimana industri kreatif menghasilkan produk produk yang membutuhkan kreativitas yang biasanya berunsur nilai budaya dan dilakukan sebagai kegiatan ekonomi

4. Memberikan kontribusi yang sangat besar, industri kreatif mampu menyumbang 7,38% dari total pertumbuhan ekonomi nasional, di bidang ekspor, industri kreatif menyumbang sebesar 15% dari total penghasilan ekspor nasional.

muhamad fatih riski peratama mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Nama saya Muhammad Fatih Rizky Pratama 9A.

Saya ingin menjawab beberapa pertanyaan dari bapak guru, menurut saya:
1. Jika pengusaha ingin produknya bisa disukai oleh masyarakat, pengusaha tersebut harus melihat volatility atau perubahan yang sangat cepat, sehingga pengusaha tersebut harus memikirkan barang/jasa apa yang jika diperjualbelikan masih bisa bertahan sampai kedepannya.

2. Menurut saya, Kreativitas akan sangat dibutuhkan oleh wirausaha, Kenapa? karena kreativitas bisa mendorong peningkatan pendapatan dengan mempromosikan kepedulian sosial, keragaman budaya, pengembangan manusia tanpa modal yang terlalu banyak. Ekonomi dengan mengandalkan kreativitas juga adalah suatu pilihan strategi perkembangan yang membuthkan tindakan lintas dan kebijakan inovatif.

3. Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif. Dengan adanya hubungan antara keduanya, bisa diartikan bahwa ekonomi kreatif merupakan proses produk/jasa yang dibuat sedangkan industri kreatif merupakan bentuk prosesnya. Industrikreatif berperan penting terhadap kemajuan ekonomi kreatif yang berjalan dalam suatu negara.

4.Industri kreatif telah menjadi poros ekonomi baru. Hal ini terlihat dalam 5 tahun terakhir bahwa penjualan produk dan jasa sektor ini mampu meningkatkan kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional.


Terima kasih Pak atas materinya.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Ahmad riski fatahillah mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Ahmad Rizqi fatahillah
Kelas:9A
-yang harus di lakukan oleh pengusaha adalah mengikuti apa yang sedang ramai di minati konsumen dan mengikuti saran dan kritik dari konsumen

-keduanya sama" di butuhkan untuk membuka usaha jika pengusaha hanya memiliki modal tanpa kreatifitas dia tidak akan bisa memikirkan apa yang harus di lakukan untuk memenuhi keinginan pasar

-keduanya saling di butuhkan karena berperan penting terhadap kemajuan ekonomi kreatif yang berjalan dalam suatu negara.

-Industri kreatif di Indonesia mampu memberikan kontribusi yang sangat besar. Industri ini mampu menyumbang 7,38% dari total pertumbuhan ekonomi nasional.Di bidang ekspor, industri kreatif menyumbang sebesar 15% dari total penghasilan ekspor nasional. Angka ini telah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya

Terimakasih

Khalista Sheila L mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb.
Saya Khalista Sheila Lathifah.
Dari kelas 9A.
Saya akan menjawab pertanyaan:

1. Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?
= Memproduksi barang yang dibutuhkan warga di daerah tersebut, meningkatkan pelayanan, menjaga kualitas produk, memberi diskon.



2. Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha modal atau kreativitas?
= Menurut saya pribadi, ketika ingin membuka usaha, akan membuka usaha yang sesuai dengan keterampilan dan kreativitas saya. Karena jika hanya mengandalkan modal tanpa kreativitas usaha kita bisa hancur dan bangkrut. Tetapi bila ada kreativitas tapi tidak ada modal juga akan sia-sia, kita harus kerja keras untuk dapat modal yang cukup untuk membuka usaha. Intinya modal dan kreativitas sama pentingnya & seseorang yang ingin membuka usaha harus memiliki keduanya.



3. Bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dengan industri kreatif ?
= Ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi yang sebagian besar pelakunya menghabiskan waktu untuk menghasilkan ide. Ekonomi kreatif juga menampung inovasi dan informasi, industri kreatif yang menjalankan kreativitas, inovasi, informasi dengan bantuan SDM agar dapat menghasilkan produk yg dapat dijual belikan.



4. Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain?
= Prospeknya sangat besar bagi ekspor indonesia ke negara lain, misalnya kopi dari lampung di ekspor ke negara lain dan masyarakat disana menyukai dan selalu membeli kopi dari lampung. Hal ini dapat meningkatkan perekonomian dan mendukung bidang ekspor produk Indonesia, industri kreatif menyumbang sebesar 15% dari total penghasilan ekspor nasional.

Terimakasih papi atas materinya🙏🏻.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Alif mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Alif Fairuz Ramadhan
Kelas:9a

- Pengusaha harus terus meningkatkan kualitas produknya, memasarkan produk dengan cara yg menarik dengan mengikuti setiap perubahan yang tergolong berganti dengan cepat

- Kreativitas tentu sangat amat diperlukan untuk memasarkan produk produk, namun modal juga dibutuhkan karena itu adalah pendorong pertama dalam membuat usaha

- Ekonomi kreatif adalah proses produk atau jasa dibuat sedangkan industri kreatif merupakan bentuk proses bisnisnya. Industri kreatif adalah bagian dari ekonomi kreatif

- Memberikan kontribusi yang sangat besar, industri kreatif mampu menyumbang 7,38% dari total pertumbuhan ekonomi nasional, di bidang ekspor, industri kreatif menyumbang sebesar 15% dari total penghasilan ekspor nasional


Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb

Keysha yasinta mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: keysha yasinta
Kelas: 9A
Jawaban:

1. Hal yg harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yg dihasilkan disukai oleh masyarakat adalah dengan cara endorse/ endorsement public figure.
2. kreativitas dan juga modal, seseorang yang memiliki kreativitas bisa menggunakan kemampuannya bukan hanya saat memulai bisnis, namun juga saat mencari modal untuk bisnis tersebut.
3. Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif adalah proses produk atau jasa dibuat sedangkan industri kreatif merupakan bentuk proses bisnisnya. Dengan begitu, adanya industri kreatif berperan penting terhadap kemajuan ekonomi kreatif yang berjalan dalam suatu negara
4. Industri kreatif telah menjadi poros ekonomi baru. Hal ini terlihat dalam 5 tahun terakhir bahwa penjualan produk dan jasa sektor ini mampu meningkatkan kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional. Indonesia telah banyak sekali meng-ekspor SDA (sumber daya alam) ke beberapa negara lain, hal ini sangat menguntungkan apabila adanya kesepakatan yang telah distujui dan masyarakat disana sangat menyukai hasil ekspor dari Indonesia.