Identitas
Mata Pelajaran | : | IPS |
Kelas | : | 8 AB / Fase D |
Materi | : | Kisi kisi IPS SAT Kelas VIII Fase D |
Pertemuan ke | : | 1 |
Guru Pengampu | : | |
Waktu Pembelajaran | : | Senin 26 Mei 2025 |
CP
Di akhir kelas 8, Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah Nusantara Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju. Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju. |
Tujuan Pembelajaran
Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan dan menganalisis Kisi kisi IPS SAT Kelas VIII Fase D dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan kesiapan siswa.
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.
Spalgaiss… sudah ingatkan sekarang.
Mari kita lanjut dan hubungkan materi minggu lalu dengan materi hari ini. Simak yah.
Materi
Disajikan
gambar Peserta didik mampu menganalisa kondisi geografis Indonesia. |
Melalui
pernyataan Peserta didik dapat menganalisis faktor penyebab
penjelajahan samudra di Indonesia |
Disajikan
Peta Peserta didik
mampu mendeskripsikan kedatangan bangsa Barat di Indonesia |
Melalui
analisa dan pernyataan Peserta didik mampu menganalisis berbagai
perlawanan terhadap persekutuan dagang di Indonesia |
Melalui
ilustrasi dan gambar Peserta didik mampu menghubungkan kolonialisme dan
imperialisme dengan perubahan kondisi masyarakat. |
Melalui
pernyataan Peserta didik dapat menganalisis perubahan kehidupan masyarakat akibat
penjajahan dan pendudukan dari berbagai aspek seperti, ekonomi, pendidikan,
budaya, sosial, geografi, dan politik |
Disajikan pernyataan dan gambar Peserta
didik mampu mendeskripsikan penyebab pergerakan
nasional |
Melalui
pernyataan dan gambar Peserta didik mampu menganalisis organisasi pergerakan nasional di
Indonesia |
Peserta didik mampu menganalisis upaya
pergerakan pada zaman pendudukan Jepang |
Disajikan pernyataan dan gambar Peserta
didik mampu menganalisis persiapan dan pelaksanaan kemerdekaan Indonesia |
Peserta didik mampu menganalisis hubungan
kondisi geografis Indonesia dengan pemerataan pembangunan di Indonesia |
Peserta didik mampu mendeskripsikan lembaga
keuangan. |
Disajikan gambar dan pernyataan Peserta didik
dapat menganalisis manfaat lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan
rakyat |
Disajikan wacana literasi Peserta didik
mampu memahami penyebab konflik sosial |
Disajikan
gambar Peserta didik mampu menganalisis dampak negatif dan positif adanya konflik sosial |
Disajikan
gambar Peserta
didik dapat menganalisis solusi penyelesaian konflik sosial |
Peserta
didik mampu mendeskripsikan integrasi sosial. |
Peserta didik dapat menganalisis faktor pendorong Integrasi sosial |
Peserta didik dapat menganalisis kegiatan
ekonomi pada masa awal kemerdekaan. |
Disajikan tabel kebijakan ekonomi Peserta
didik dapat membandingkan kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal
kemerdekaan hingga saat ini |
Peserta didik dapat menganalisis kegiatan
ekonomi pada masa orde baru |
Peserta didik dapat membandingkan kondisi
perekonomian Indonesia pada masa orde baru dengan kondisi perekonomian
Indonesia masa sekarang |
Peserta didik dapat menganalisis kegiatan
ekonomi pada masa reformasi |
Peserta didik dapat membuat pengembangan
kegiatan ekonomi era digital |
Peserta didik dapat menganalisis kegiatan
ekonomi ekspor dan impor |
Peserta didik dapat menyusun strategi yang untuk
meningkatkan kualitas ekspor |
Peserta didik dapat menganalisis peran
organisasi internasional dibidang ekonomi terhadap pertumbuhan ekonomi
Indonesia. |
Peserta didik dapat memproyeksikan peran Indonesia pada
organisasi ekonomi dunia. |
Peserta didik dapat membandingkan
perekonomian tradisional dengan perekonomian digital |
Peserta didik dapat menyusun strategi
pengembangan ekonomi pada era revolusi Industri 4.0 |
Peserta didik dapat menyusun strategi
pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul. |
Peserta didik dapat memproyeksikan
pertumbuhan penduduk Indonesia. |
Peserta didik dapat menyusun strategi
pengembangan sumber daya manusia unggul. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar