Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Selasa, 21 Februari 2023

P16 Perubahan & kesinambungan dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi


Senin - Jumat, 19- 23 Februari   2023

Aprizal

IPS

 

IX. A   Selasa  78  Rabu   78

IX. B   Selasa  45  Jumat 45

IX. C   Kamis   34  Jumat  23

IX. D   Senin   56  Selasa   12

IX. E   Selasa  910 Rabu  910

IX. F   Senin    12  Rabu    12



Kompetensi Dasar   

3.4. Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi,  pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

 

4.4. Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan  kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

 

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui Pembelajaran Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat

Ø  Menjelaskan perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan

 

Materi Pokok

Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan RI

 

Materi

Indonesia, negara archipelago yang terletak di antara benua Asia dan Australia, serta Samudra Hindia dan Pasifik ini, merupakan negara yang telah merdeka dan tepat di 2018 ini memasuki usia yang ke 73 tahun. Sejak masa kemerdekaan hingga awal reformasi tahun 1998, Indonesia telah mengalami berbagai perubahan yang tentunya menjadi sejarah lika-liku perkembangan tanah ibu pertiwi tercinta. Inilah…..  Perkembangan Politik, Ekonomi, Pendidikan, dan Budaya pada Awal Kemerdekaan.

 

     I.        Politik

Indonesia pernah menerapkan sistem demokrasi liberal, kemudian sistem itu diubah menjadi demokrasi terimpin. Perubahan-perubahan tersebut tentu membawa pengaruh terhadap perkembangan politik di Indonesia.

 1.  Perkembangan Politik pada Awal Kemerdekaan.

Pada awal kemerdekaan, situasi politik Indonesia masih mencari bentuknya. Hal ini ditandai dengan berbagai perubahan yang terjadi.

Contohya :

A.   Pembentukan struktur pemerintahan yang lengkap.

Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan, sebagai berikut:

 1.  Pengesahan UUD 1945

UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945. Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara

2. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Pada rapat yang sama diakukan pemilihan presiden dan wakil presiden. Dalam pemilihan tersebut Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta terpilih sebagai presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia

3. Pembagian wilayah Indonesia

Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

4. Pembentukan Kementerian

Setelah pembagian wilayah Indonesia, rapat panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) dilanjutkan untuk membentuk kementerian. Dalam rapat ini, diputuskan pembentukan kemetrian kementerian, diantaranya adalah debagai berikut:

a. Departemen dalam negeri

b. Departemen Luar Negeri

c. Departemen Kehakiman

d. Departemen Keuangan

e. Departemen Kemakmuran

f. Departemen Kesehatan

g. Departemen Pengajaran, Pendidikan, dan Kebudayaan

h. Departemen Sosial

i. Departemen Pertahanan

j. Departemen Perhubungan

k.Departemen Pekerjaan Umum

 

  5. Pembentukan Komite Nasional Indonesia

Pada tanggal 22 Agustus 1945, PPKI kembali menyelenggaraakan rapat pembentukan KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat). Tugas dan wewenang KNIP adalah menjalankan fungsi pengawasan dan berhak ikut serta dalam menetapkan Garis garis Besar Haluan Negara (GBHN).

6. Membentuk kekuatan pertahanan dan keamanan

Pada tanggal 23 Agustus, presiden Soekkarno mengesahkan Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai badan kepolisian yang bertugas menjaga keamanan. Selanjutnya, pada tanggal 5 Oktober dibentuk tentara nasional yag disebut dengan TKR (Tentara Keamanan Rakyat)

 

B.    Perubahan Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS)

Sejak merdeka, pemerintah Indonesia berupaya menjalankan pemerintahan sesuai dengan UUD 1945. Namun kenyataannya, hal-hal yang telah ditetapkan dalam UUD 1945 tidak dapat sepenuhnya dilaksanakan sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan oleh perubahan perubahan situasi politik di Indonesia. Situasi politik tersebut diantaranya adanya persetujuan Konferensi meja Bundar (KMB)

Pada 23 Agustus sampai 2 november 1949, Konferensi meja bundar (KMB) diselenggarakan di Den Haag, Belanda . dalam konferensi ini, Belanda mengakui RIS (Republik Indonesia Serikat) sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Pengakuan Belanda terhadap RIS memberikan keuntungan bagi Indonesia karena Belanda mengakui secara formal kedaulatan penuh negara Indonesia di bekas wilayah Hindia-Belanda Meskipun membawa keuntungan, pengakuan ini juga membawa dampak negatif republik Indonesia yang semula berbentuk negara kesatuan berubah menjadi negara serikat.

 

Akibatnya, Republik Indonesia hanya menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS. Adapun wilayah RIS seperti berikut.

 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah

3). Daerah Swapraja Daerah Swapraja meliputi Kota Waringin, Sabang, dan Padang kesatuan menjadi negara serikat mengharuskan adanya penggantian UUD Oleh karena itu, disusunlah naskah UUD Republik Indonesia Serikat yang diberi nama Konstitusi RIS. Selama berlakunya Konstitusi RIS 1949, UUD 1945 tetap berlaku, tetapi hanya untuk negara bagian Republik Indonesia.

C.    Indonesia Kembali Menjadi Negara Kesatuan Keadaan Republik Indonesia

     Hanya merupakan salah satu negara bagian di dalam RIS secara tidak langsung telah memperlemah posisi dan kedudukan Republik Indonesia. Hal inilah yang diharapka oleh Belanda karena negara-negara bagian bentukan Belanda tentu lebih memberikan dukungan kepada Belanda sebagai pembentuknya daripada kepada Pemerintah Republik Indonesia. Dalam perkembangannya, rencana Belanda untuk tetap menanamkan pengaruhnya di Indonesia melalui pembentukan RIS justru mengalami kegagalan. Hal ini justru disebabkan sejak proklamasi kemerdekaan sebenarnya rakyat Indonesia menghendaki bentuk negara kesatuan.

Terbentuknya RIS benar-benar dianggap tidak sesuai dengan jiwa dan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945. Pemerintahan RIS dinilai sebagai bentuk warisan penjajah yang dimaksudkan untuk dapat mempertahankan kekuasaannya di Indonesia. Tidak sampai 1 tahun setelah pembentukan RIS, muncul berbagai pergerakan di negara-negara bagian. Negara-negara ini hendak bergabung dengan RI untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada awal bulan Mei 1950, terjadi penggabungan negara-negara bagian dalam negara RIS sehingga hanya tinggal tiga negara bagian, yaitu negara Republik Ilmu Pengetahuan Sosial 95 Indonesia, Negara Indonesia Timur, dan Negara Sumatra Timur. Perkembangan berikutnya adalah munculnya kesepakatan antara RIS yang mewakili Negara Indonesia Timur dan Negara Sumatra Timur dengan Republik Indonesia untuk kembali ke bentuk negara kesatuan.

Kesepakatan tersebut kemudian dituangkan dalam Piagam Persetujuan tanggal 19 Mei 1950. Untuk mengubah negara serikat menjadi negara kesatuan, diperlukan suatu UUD Negara Kesatuan. Oleh karena itu, dibentuklah UUDS 1950 (UndangUndang Dasar Sementara) sebagai pengganti Konstitusi RIS. Pada tanggal 17 Agustus 1950, RIS resmi dibubarkan dan Indonesia kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    II.        Ekonomi

Pada awal Kemerdekaan, keadaan ekonomi bangsa Indonesia masih belum stabil. Hal ini disebabkan oleh masalah – masalah ekonomi yang terjadi saat itu. Misalnya : Inflasi yang terlalu tinggi (Hiperinflasi) dan blokade laut  yang dilakukan Belanda.

a. Permasalahan Inflasi

Beberapa bulan setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami inflasi yang terlalu tinggi (Hiperinflasi). Inflasi terjadi karena  uang Jepang beredar secara tak terkendali. Pada saat itu, pemerintah tidak dapat menyatakan mata uang Jepang tidak berlaku karena belum memiliki mata uang sendiri sebagai penggantinya. Kas Negara pun kosong, pajak dan bea masuk sangat kecil. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah mengambil kebijakan berlakunya mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia blanda dan mata uang pendudukan Jepang

b. Blokade Laut

Blokade laut yang dilakukan oleh Belanda dimulai pada bulan November 1945. Blokade ini menutup pintu keluar-masuk perdagangan Indonesia. Akibatnya, barang-barang dagangan milik Indonesia tidak dapat diekspor, dan Indonesia tidak dapat memperoleh barang-barang impor yang sangat dibutuhkan. Tujuan Belanda melakukan blokade ini adalah untuk meruntuhkan perekonomian Indonesia.

Dalam rangka menghadapi blokade laut ini, pemerintah melakukan berbagai upaya, di antaranya sebagai berikut:

1). Melaksanakan Program Pinjaman Nasional

Program pinjaman nasional dilaksanakan oleh Menteri Keuangan Ir. Surachman dengan persetujuan dari Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP). Pinjaman yang direncanakan sebanyak 1 miliar rupiah dan dibagi atas dua tahap. Pinjaman akan dibayar kembali selambat-lambatnya dalam waktu 40 tahun. Pada bulan Juli 1946, seluruh penduduk Jawa dan Madura diharuskan menyetorkan sejumlah uang kepada Bank Tabungan Pos dan rumah-rumah pegadaian. Pelaksanaan pinjaman ini dinilai sukses. Kesuksesan merupakan bukti dukungan rakyat terhadap negara. Tanpa dukungan dan kesadaran rakyat yang tinggi, dapat dipastikan negara akan mengalami kebangkrutan.

2). Melakukan Diplomasi ke India Pada tahun 1946.

Indonesia membantu pemerintah India yang tengah menghadapi bahaya kelaparan dengan mengirimkan beras seberat 500.000 ton. Sebagai imbalannya, pemerintah India menjanjikan akan mengirimkan bahan pakaian yang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Selain bersifat ekonomis, pengiriman bantuan india juga bersifat politis karena India merupakan negara asia yang paling aktif mendukung perjuanagn diplomatik dalam rangka solidaritas negara-negara Asia.

3). Mengadakan Hubungan Dagang Langsung ke Luar Negeri.

Usaha mengadakan hubungan dagang ke luar negeri itu dirintis oleh banking and Tranding Coperation (BTC) suatu badan perdagangan semipemerintah. BTC berhasil mengadakan kontak dengan perusahaan swasta Amerika Serikat. Dalam transaksi pertama, pihak Amerika Serikat bersedia membeli barang-barang ekspor seperti gula, teh, dan karet. Usaha lain untuk mengadakan hubungan dagang langsung ke luar negeri juga dilakukan melalui Sumatra. Tujuan utamanya adalah Singapura dan Malaya. Usaha ini dilakukan dengan perahu layar dan kapal motor cepat. Pelaksanaan penembusan blokade dilakukan oleh angkatan laut Republik Indonesia dengan bantuan dari pemerintah daerah penghasil barang-barang ekspor. Melalui upaya ini, Indonesia berhasil menjual barang-barang ekspor dan memperoleh barang-barang impor yang dibutuhkan.

   III.         Pendidikan

Pada zaman penjajahan kesempatan untuk memperoleh pendidikan bagi anak anak Indonesia sangat terbatas. Dari sejumlah anak-anak usia sekolah, hanya sebagian kecil saja yang sempat menikmati sekolah. Akibatnya, sebagian besar penduduk Indonesia masi buta huruf. Oleh karena itu segera setelah proklamasi kemerdekaan pemerintah mengangkat Ki hajar dewantara sebagai mentri Pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan (PpdanK) Ki hajar Dewantara menjabat jabatan ini hanya selama 3 bulan. Kemudian, jabatan Menteri PP dan K dijabat oleh Mr. T.S.G. Mulia yang hanya menjabat selama 5 bulan. Selanjutnya, jabatan Menteri PP dan K dijabat oleh Mohammad Syafrei kemudian ia digantikan oleh Mr. Suwandi

Pada masa jabatan Mr. Suwandi, dibentuk Panitia Penyelidik Pengajaran Republik Indonesia yang bertugas untuk meneliti dan merumuskan masalah pengajaran setelah Kemerdekaan. Setelah menyelesaikan tugasnya, panitia ini menyampaikan saran-saran kepada pemerintah. Kemudian, disusunlah dasar struktur dan sistem pendidikan di Indonesia. Tujuan umum pendidikan di Indonesia merdeka adalah mendidik anak-anak menjadi warga negara yang berguna, yang diharapkan kelak dapat memberikan pengetahuannya kepada negara. Dengan kata lain, tujuan pendidikan pada masa itu lebih menekankan pada penanaman semangat patriotisme. Ilmu Pengetahuan Sosial 119 Pendidikan pada awal Kemerdekaan terbagi atas 4 tingkatan, yaitu: pendidikan rendah, pendidikan menengah pertama, pendidikan menengah atas, dan pendidikan tinggi. Pada akhir tahun 1949, tercatat sejumlah 24.775 buah sekolah rendah di seluruh Indonesia. Untuk pendidikan tinggi, sudah ada sekolah tinggi dan akademi di beberapa kota seperti Jakarta, Klaten, Solo dan Yogyakarta. Selain itu, ada pula universitas seperti Universitas Gajah Mada

  IV.         Budaya

Perkembangan budaya sebenarnya sudah terjadi sejak Indonesia belum merdeka. Banyak seniman yang melakukan perjuangan dengan menggunakan karya seninya, seperti lukisan, puisi, prosa. Misalnya, Raden Saleh melakukan kritik terhadap penjajah Belanda dengan menggunakan media seni lukis. Lukisan yang dibuat oleh Raden Saleh menggambarkan suatu penderitaan rakyat Indonesia dan juga kekejaman dari penjajah Belanda.



Evaluasi / refleksi


Buatlah kronologi kejadian bidang politik di masa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia secara runtun?






Sumber Referensi

1.      https://buku.kemdikbud.go.id/

2.      https://www.sma-syarifhidayatullah.sch.id/2021/06/kedatangan-bangsa-eropa-ke-nusantara.html

3.      https://www.ruangguru.com/

4.      https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5832919/apa-saja-perubahan-sosial-budaya-pasca-proklamasi-kemerdekaan-ini-penjelasannya.

5.      Link Blog  : https://aprizal79.blogspot.com/

6.      Link Video: https://www.youtube.com/watch?v=mOhID6SLCM4

7.      https://books.google.co.id/books?id=sftFDwAAQBAJ&pg=PA214&lpg=PA214&dq=Perubahan+dan+kesinambungan+(geografis,+politik,+ekonomi,+pendidikan,+sosial,+budaya)+masyarakat+Indonesia+pada+masa+awal+kemerdekaan,+proklamasi+kemerdekaan+RI&source=bl&ots=gvvZztxlwU&sig=ACfU3U3Ae3hKS7wSOx01_1xVG_BjEIgCag&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwii3b_116H9AhWm4XMBHbEoB20Q6AF6BAgZEAM#v=onepage&q=Perubahan%20dan%20kesinambungan%20(geografis%2C%20politik%2C%20ekonomi%2C%20pendidikan%2C%20sosial%2C%20budaya)%20masyarakat%20Indonesia%20pada%20masa%20awal%20kemerdekaan%2C%20proklamasi%20kemerdekaan%20RI&f=false

8.      Ilmu Pengetahuan Sosial  Kurikulum 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2018 (revisi) Bab IV (Indonesia dari Masa Kemerdekaan hingga Masa Reformasi)

9.      Sardiman AM, Lestariningsih AD. (2017) Sejarah Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud



Contoh mindmap kronologi 


34 komentar:

hafizaaa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Haikallllll mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : M Haekal Qadafi
Kelas : IX A
Ket : Hadir
Terimakasih atas materinya
Wassalamu'alaikum wr wb

ALBHI ZAFARAN mengatakan...

Assalamu'alaikum
Nama : albhi zafaran
Kelas: 9a
Terimakasih

Alif mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : Alif Fairuz Ramadhan
Kelas : IX A
Ket : Hadir
Terimakasih atas materinya
Wassalamu'alaikum wr wb

Were fadhil adinegoro mengatakan...

Assalamualaikum
nama were fadhil
kelas 9A
hadir
terimakasi

ALBHI ZAFARAN mengatakan...

Assalamu'alaikum
Nama : albhi zafaran
Kelas: 9a
Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan
2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara
3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah
4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945
5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta
6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

Terimakasih

Haikallllll mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : M Haekal Qadafi
Kelas : IX A
Ket : Hadir
1.Apa yang dikirimkan indonesia saat india mengalami bahaya kelaparan?
Jawab : indonesia memberikan beras seberat 500.000ton kepada india

2.Kenapa setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami inflasi yang terlalu tinggi?
Jawab : karena Pada saat itu, pemerintah tidak dapat menyatakan mata uang Jepang tidak berlaku karena belum memiliki mata uang sendiri sebagai penggantinya. Kas Negara pun kosong, pajak dan bea masuk sangat kecil. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah mengambil kebijakan berlakunya mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia blanda dan mata uang pendudukan Jepang.

3.Dimana konferensi meja bundar diselenggarakan?
Jawab : di DenHaag, belanda

4.Kapan kebentuknya KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat)?
Jawab : Pada tanggal 22 Agustus 1945

5.Siapa yang terpilih untuk menjadi presiden dan wakil presiden pertama di indonesia?
Jawab : Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia

6.Bagaimana cara indonesia membangun diplomasi ke india pada tahun 1946?
Jawab : Indonesia membantu pemerintah India yang tengah menghadapi bahaya kelaparan dengan mengirimkan beras seberat 500.000 ton. Sebagai imbalannya, pemerintah India menjanjikan akan mengirimkan bahan pakaian yang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Selain bersifat ekonomis, pengiriman bantuan india juga bersifat politis karena India merupakan negara asia yang paling aktif mendukung perjuangan diplomatik dalam rangka solidaritas negara-negara Asia.

Wassalamu'alaikum wr wb

rayhan mengatakan...

nama: M.rayhansyah dhiyaqusay
kelas: 9A
no. absen: 23
hadir



jawaban:
Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terbagi menjadi lima peristiwa, yaitu pengeboman kota Hiroshima serta Nagasaki, peristiwa Dalat, peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah proklamasi, dan puncak proklamasi.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada 17 Agustus 1945, adalah puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka melepaskan diri dari penjajahan. Adapun peristiwa tersebut terjadi secara kronologis. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dilihat dalam lima peristiwa yang berhubungan, yaitu sebagai berikut.

• 6 dan 9 Agustus 1945: Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat.
•12 Agustus 1945: Sukarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.
• 16 Agustus 1945: Dini hari, Sukarno dan Moh. Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio.
• 16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Sukarno dan Moh. Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.
• 17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Sukarno dan Moh. Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.

Ahmad riski fatahillah mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Ahmad Rizqi fatahillah
Kelas:9A
Ket:hadir

Jawaban: Kemerdekaan Republik Indonesia adalah suatu proses yang sangat panjang. Kronologinya dimulai dari kekalahan Jepang terhadap sekutu pada Perang Dunia II, hingga Soekarno dan Moh Hatta dapat memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia

Banyak sekali yang terjadi saatu itu
Di antaranya

6 Agustus 1945: Kota Hiroshima Jepang dijatuhi bom atom pertama oleh Amerika Serikat.
7 Agustus 1945: BPUPKI dibubarkan dan dibentuk PPKI.
9 Agustus 1945: Kota Nagasaki Jepang dijatuhi bom atom kedua oleh Amerika Serikat

1. Pengesahan UUD 1945

UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945. Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara

2. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Pada rapat yang sama diakukan pemilihan presiden dan wakil presiden. Dalam pemilihan tersebut Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta terpilih sebagai presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia

3. Pembagian wilayah Indonesia

Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

4. Pembentukan Kementerian

Setelah pembagian wilayah Indonesia, rapat panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) dilanjutkan untuk membentuk kementerian.

5. Pembentukan Komite Nasional Indonesia

Pada tanggal 22 Agustus 1945, PPKI kembali menyelenggaraakan rapat pembentukan KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat). Tugas dan wewenang KNIP adalah menjalankan fungsi pengawasan dan berhak ikut serta dalam menetapkan Garis garis Besar Haluan Negara (GBHN).

6. Membentuk kekuatan pertahanan dan keamanan

Pada tanggal 23 Agustus, presiden Soekkarno mengesahkan Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai badan kepolisian yang bertugas menjaga keamanan. Selanjutnya, pada tanggal 5 Oktober dibentuk tentara nasional yag disebut dengan TKR (Tentara Keamanan Rakyat)

Dan terjadi masalah pada bidang ekonomi,pendidikandan budaya

Anonim mengatakan...

Nama: Muhammad Marindo
Kelas:9A
21
Hadir

Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terbagi menjadi lima peristiwa, yaitu pengeboman kota Hiroshima serta Nagasaki, peristiwa Dalat, peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah proklamasi, dan puncak proklamasi.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada 17 Agustus 1945, adalah puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka melepaskan diri dari penjajahan. Adapun peristiwa tersebut terjadi secara kronologis. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dilihat dalam lima peristiwa yang berhubungan, yaitu sebagai berikut.

-6 dan 9 Agustus 1945: Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat.

-12 Agustus 1945: Sukarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

-16 Agustus 1945: Dini hari, Sukarno dan Moh. Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio.

-16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Sukarno dan Moh. Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

-17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Sukarno dan Moh. Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.

Unknown mengatakan...

nama:m,arafi wijaya
kelas:9e


Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada 17 Agustus 1945, adalah puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka melepaskan diri dari penjajahan. Adapun peristiwa tersebut terjadi secara kronologis. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dilihat dalam lima peristiwa yang berhubungan, yaitu sebagai berikut.

-6 dan 9 Agustus 1945: Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat.

-12 Agustus 1945: Sukarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

-16 Agustus 1945: Dini hari, Sukarno dan Moh. Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio.

-16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Sukarno dan Moh. Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

-17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Sukarno dan Moh. Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56

terimakasih

Jihan Salsabila Aulia mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama : JIHAN SALSABILA AULIA
Kelas : 9e
Ket : Hadir
1.Apa yang dikirimkan indonesia saat india mengalami bahaya kelaparan?
Jawab : indonesia memberikan beras seberat 500.000ton kepada india

2.Kenapa setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami inflasi yang terlalu tinggi?
Jawab : karena Pada saat itu, pemerintah tidak dapat menyatakan mata uang Jepang tidak berlaku karena belum memiliki mata uang sendiri sebagai penggantinya. Kas Negara pun kosong, pajak dan bea masuk sangat kecil. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah mengambil kebijakan berlakunya mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia blanda dan mata uang pendudukan Jepang.

3.Dimana konferensi meja bundar diselenggarakan?
Jawab : di DenHaag, belanda

4.Kapan kebentuknya KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat)?
Jawab : Pada tanggal 22 Agustus 1945

5.Siapa yang terpilih untuk menjadi presiden dan wakil presiden pertama di indonesia?
Jawab : Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia

6.Bagaimana cara indonesia membangun diplomasi ke india pada tahun 1946?
Jawab : Indonesia membantu pemerintah India yang tengah menghadapi bahaya kelaparan dengan mengirimkan beras seberat 500.000 ton. Sebagai imbalannya, pemerintah India menjanjikan akan mengirimkan bahan pakaian yang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Selain bersifat ekonomis, pengiriman bantuan india juga bersifat politis karena India merupakan negara asia yang paling aktif mendukung perjuangan diplomatik dalam rangka solidaritas negara-negara Asia.
terimakasih wassalammualaikum wr.wb

Alvinaditya mengatakan...

Assalamu'alaikum
Nama : alvin Aditya Nugraha
Kelas: 9e

Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan
2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara
3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah
4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945
5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta
6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : kaysan hanif r.f
Kelas : 9E

1.Apa yang dikirimkan indonesia saat india mengalami bahaya kelaparan?
Jawab : indonesia memberikan beras seberat 500.000ton kepada india

2.Kenapa setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami inflasi yang terlalu tinggi?
Jawab : karena Pada saat itu, pemerintah tidak dapat menyatakan mata uang Jepang tidak berlaku karena belum memiliki mata uang sendiri sebagai penggantinya. Kas Negara pun kosong, pajak dan bea masuk sangat kecil. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah mengambil kebijakan berlakunya mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia blanda dan mata uang pendudukan Jepang.

3.Dimana konferensi meja bundar diselenggarakan?
Jawab : di DenHaag, belanda

4.Kapan kebentuknya KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat)?
Jawab : Pada tanggal 22 Agustus 1945

5.Siapa yang terpilih untuk menjadi presiden dan wakil presiden pertama di indonesia?
Jawab : Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia

6.Bagaimana cara indonesia membangun diplomasi ke india pada tahun 1946?
Jawab : Indonesia membantu pemerintah India yang tengah menghadapi bahaya kelaparan dengan mengirimkan beras seberat 500.000 ton. Sebagai imbalannya, pemerintah India menjanjikan akan mengirimkan bahan pakaian yang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Selain bersifat ekonomis, pengiriman bantuan india juga bersifat politis karena India merupakan negara asia yang paling aktif mendukung perjuangan diplomatik dalam rangka solidaritas negara-negara Asia.

Wassalamu'alaikum wr wb

arya gilda anfakhira mengatakan...

Kelas: 9e
Nama:Aryagilda Anfahira
Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan
2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara
3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah
4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945
5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta
6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

Terimakasih

Chelsea Aprilia Susanti mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb.
Nama : Chelsea Aprilia S
Kelas : 9E

Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terbagi menjadi lima peristiwa, yaitu pengeboman kota Hiroshima serta Nagasaki, peristiwa Dalat, peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah proklamasi, dan puncak proklamasi.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada 17 Agustus 1945, adalah puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka melepaskan diri dari penjajahan. Adapun peristiwa tersebut terjadi secara kronologis. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dilihat dalam lima peristiwa yang berhubungan, yaitu sebagai berikut.

1. 6 dan 9 Agustus 1945: Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat.

2. 12 Agustus 1945: Sukarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

3. 16 Agustus 1945: Dini hari, Sukarno dan Moh. Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio.

4. 16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Sukarno dan Moh. Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

5. 17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Sukarno dan Moh. Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.

dalam catatan sejarah Politik Indonesia, disebutkan bahwa Soekarno dan Hatta dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada 18 Agustus 1945.
Sistem pemerintahan yang diterapkan untuk Indonesia Presidensial. Soekarno kemudian membentuk kabinet presidensial untuk memenuhi alat kelengkapan negara.
Sistem pemerintahan presidensial sifatnya terpusat atau tersentral pada Soekarno-Hatta, karena saat itu, rakyat Indonesia mempercayakan Indonesia kepada mereka, guna menghindari absolutisme atau kekuasaan mutlak dari satu pihak, pemerintah Indonesia kemudian mengeluarkan tiga maklumat, Yaitu :
1. Maklumat Wakil Presiden Nomor X tanggal 16 Oktober 1945, berisi ketetapan KNIP yang diubah menjadi lembaga legislatif.
2. Maklumat Pemerintah tanggal 3 November 1945, memuat pembentukan partai politik di Indonesia.
3.Ketiga, Maklumat Pemerintah tanggal 14 November 1945, berisi perubahan sistem pemerintahan Indonesia dari presidensial ke demokrasi parlementer.

Kumpulan peristiwa sejarah Indonesia mencatat, dalam sistem demokrasi parlementer, kedaulatan sepenuhnya ada di tangan rakyat. Karena pemerintahan bersifat parlementer, Soekarno perlu membentuk kabinet lagi. Namun, kabinet bentukan Soekarno tidak ada yang bertahan lama.
Kesimpulannya, keadaan politik Indonesia pada awal kemerdekaan secara umum dapat dikatakan belum terjadi, karena :
• Baru saja merdeka dan Indonesia masih berada dalam masa pencarian sistem pemerintahan yang cocok
• Besarnya persaingan di antara partai politik untuk menjadi yang terunggul, terpopuler dan paling berpengaruh atau berkuasa pada saat itu
• Kabinet yang sering berganti dalam waktu singkat, sehingga program kerjanya tidak pernah dapat terlaksana, sehingga menimbulkan ketidakstabilan ekonomi, politik, sosial dan keamanan.
• Jepang masih mempertahankan status quo saat itu, yang sangat ditentang oleh rakyat, sehingga terjadi pertempuran Kedatangan sekutu yang diboncengi NICA, untuk menduduki kembali Indonesia, sehingga menimbulkan peperangan di berbagai daerah.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.




Rasya mengatakan...

Assalamu'alaikum
Nama : Muhammad rasya daviera
Kelas: 9e

Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan
2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara
3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah
4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945
5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta
6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

Gatau mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Xavier Radhitya
Kelas: IX E
Ket: Hadir



Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan
2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara
3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah
4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945
5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta
6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta


Wassalamu'alaikum wr wb

Chantika Putri mengatakan...

Nama : Chantika Putri
Kelas : 9E

Buatlah kronologi kejadian bidang politik di masa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia secara runtun ?

1. Apa saja Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ?

• Yaitu pengeboman kota Hiroshima serta Nagasaki, peristiwa Dalat, peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah proklamasi, dan puncak proklamasi.


2. Kenapa setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami inflasi yang terlalu tinggi ?

• Hal itu terjadi karena (inflasi) uang Jepang beredar secara tak terkendali.

3. Kapan terbentuk nya KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) ?

• Terbentuk nya pada tanggal 22 Agustus 1945.

4. Dimana konferensi meja bundar diselenggarakan ?

• Diselenggarakan di DenHaag, Belanda.

5. Siapa yang terpilih untuk menjadi presiden dan wakil presiden pertama di indonesia?

• Dalam pemilihan Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta terpilih sebagai presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia.

6. Bagaimana cara, indonesia membangun diplomasi ke india pada tahun 1946 ?

• Indonesia membantu pemerintah India yang tengah menghadapi bahaya kelaparan dengan mengirimkan beras seberat 500.000 ton. Dan juga pemerintah india memberikan imbalan, dengan menjanjikan akan mengirimkan bahan pakaian yang sangat di butuhkan rakyat indonesia.

agustinatrirasya mengatakan...

Nama : Agustina trirasya widyawati
Kelas : 9e


Jawaban:
Kemerdekaan Republik Indonesia adalah suatu proses yang sangat panjang. Kronologinya dimulai dari kekalahan Jepang terhadap sekutu pada Perang Dunia II, hingga Soekarno dan Moh Hatta dapat memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia

Banyak sekali yang terjadi saatu itu
Di antaranya

6 Agustus 1945: Kota Hiroshima Jepang dijatuhi bom atom pertama oleh Amerika Serikat.
7 Agustus 1945: BPUPKI dibubarkan dan dibentuk PPKI.
9 Agustus 1945: Kota Nagasaki Jepang dijatuhi bom atom kedua oleh Amerika Serikat

1. Pengesahan UUD 1945

UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945. Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara

2. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Pada rapat yang sama diakukan pemilihan presiden dan wakil presiden. Dalam pemilihan tersebut Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta terpilih sebagai presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia

3. Pembagian wilayah Indonesia

Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

4. Pembentukan Kementerian

Setelah pembagian wilayah Indonesia, rapat panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) dilanjutkan untuk membentuk kementerian.

5. Pembentukan Komite Nasional Indonesia

Pada tanggal 22 Agustus 1945, PPKI kembali menyelenggaraakan rapat pembentukan KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat). Tugas dan wewenang KNIP adalah menjalankan fungsi pengawasan dan berhak ikut serta dalam menetapkan Garis garis Besar Haluan Negara (GBHN).

6. Membentuk kekuatan pertahanan dan keamanan

Pada tanggal 23 Agustus, presiden Soekkarno mengesahkan Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai badan kepolisian yang bertugas menjaga keamanan. Selanjutnya, pada tanggal 5 Oktober dibentuk tentara nasional yag disebut dengan TKR (Tentara Keamanan Rakyat)

Dan terjadi masalah pada bidang ekonomi,pendidikandan budaya

terimakasih atas materinya hari ini pak

varel mengatakan...

Assalamualaikum
Nama varel zamba
Kelas 9 E
Ket : Hadir
1.Apa yang dikirimkan indonesia saat india mengalami bahaya kelaparan?
Jawab : indonesia memberikan beras seberat 500.000ton kepada india

2.Kenapa setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami inflasi yang terlalu tinggi?
Jawab : karena Pada saat itu, pemerintah tidak dapat menyatakan mata uang Jepang tidak berlaku karena belum memiliki mata uang sendiri sebagai penggantinya. Kas Negara pun kosong, pajak dan bea masuk sangat kecil. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah mengambil kebijakan berlakunya mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia blanda dan mata uang pendudukan Jepang.

3.Dimana konferensi meja bundar diselenggarakan?
Jawab : di DenHaag, belanda

4.Kapan kebentuknya KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat)?
Jawab : Pada tanggal 22 Agustus 1945

5.Siapa yang terpilih untuk menjadi presiden dan wakil presiden pertama di indonesia?
Jawab : Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia

6.Bagaimana cara indonesia membangun diplomasi ke india pada tahun 1946?
Jawab : Indonesia membantu pemerintah India yang tengah menghadapi bahaya kelaparan dengan mengirimkan beras seberat 500.000 ton. Sebagai imbalannya, pemerintah India menjanjikan akan mengirimkan bahan pakaian yang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Selain bersifat ekonomis, pengiriman bantuan india juga bersifat politis karena India merupakan negara asia yang paling aktif mendukung perjuangan diplomatik dalam rangka solidaritas negara-negara Asia.

Kenny mengatakan...

Assalamualaikum
Nama:kenny Marcel Susanto
Kelas: 9e

Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan
2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara
3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah
4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945
5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta
6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

Muyi007 mengatakan...

Assalamualaikum
Nama :Muhammad Yusuf Isa
Kelas:9E

Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan
2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara
3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.
2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah
4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945
5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta
6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

Rohmat mengatakan...

Assalamualaikum
Nama =Rohmat Rizkulloh
Kelas = IX E
Keterangan=Hadir

➡️.Apa yang dikirimkan indonesia saat india mengalami bahaya kelaparan?
Jawab : indonesia memberikan beras seberat 500.000ton kepada india.

➡️.Kenapa setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami inflasi yang terlalu tinggi?
Jawab : karena Pada saat itu, pemerintah tidak dapat menyatakan mata uang Jepang tidak berlaku karena belum memiliki mata uang sendiri sebagai penggantinya. Kas Negara pun kosong, pajak dan bea masuk sangat kecil. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah mengambil kebijakan berlakunya mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia blanda dan mata uang pendudukan Jepang.

➡️.Dimana konferensi meja bundar diselenggarakan?
Jawab : di DenHaag, belanda.

➡️.Kapan kebentuknya KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat)?
Jawab : Pada tanggal 22 Agustus 1945.

➡️.Siapa yang terpilih untuk menjadi presiden dan wakil presiden pertama di indonesia?
Jawab : Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia.

➡️.Bagaimana cara indonesia membangun diplomasi ke india pada tahun 1946?
Jawab : Indonesia membantu pemerintah India yang tengah menghadapi bahaya kelaparan dengan mengirimkan beras seberat 500.000 ton. Sebagai imbalannya, pemerintah India menjanjikan akan mengirimkan bahan pakaian yang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Selain bersifat ekonomis, pengiriman bantuan india juga bersifat politis karena India merupakan negara asia yang paling aktif mendukung perjuangan diplomatik dalam rangka solidaritas negara-negara Asia.

Wassalamu'alaikum wr wb🙏

Bilqis Zahra sagita mengatakan...

Nama Bilqis Zahra Sagita
Kelas 9e
Keterangan hadir

1.Apa yang dikirimkan Indonesia saat India mengalami bahaya kelaparan?
•diplomasi beras dilakukan pada masa kabinet Sjahrir. Sjahrir menawarkan 500.000 ton beras kepada India pada saat terjadi bencana kelaparan di India. Pada proses diplomasi beras beberapa pelabuhan di Indonesia digunakan untuk pelaksanaan pengiriman beras.

2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
•Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara.

6 Agustus 1945: Kota Hiroshima Jepang dijatuhi bom atom pertama oleh Amerika Serikat.

7 Agustus 1945: BPUPKI dibubarkan dan dibentuk PPKI.

9 Agustus 1945: Kota Nagasaki Jepang dijatuhi bom atom kedua oleh Amerika Serikat.

9 Agustus 1945: Jenderal Terauchi memanggil Soekarno, Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat, Saigon (Vietnam).

12 Agustus 1945: Soekarno, Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : Nasywa Sasi Kirana
Kelas: 9E
Ket : Hadir
jawaban :
Kemerdekaan Republik Indonesia adalah suatu proses yang sangat panjang. Kronologinya dimulai dari kekalahan Jepang terhadap sekutu pada Perang Dunia II, hingga Soekarno dan Moh Hatta dapat memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia, Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terbagi menjadi lima peristiwa, yaitu pengeboman kota Hiroshima serta Nagasaki, peristiwa Dalat, peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah proklamasi, dan puncak proklamasi.


-6 dan 9 Agustus 1945: Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat.

-12 Agustus 1945: Sukarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

-16 Agustus 1945: Dini hari, Sukarno dan Moh. Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio.

-16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Sukarno dan Moh. Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

-17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Sukarno dan Moh. Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.

Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan

2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara

3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah

4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945

5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta

6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta
wa'alaikumussalam

Keisha F mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Nama : Keisha Fardema
Kelas: 9E
Ket : Hadir
jawaban :
Kemerdekaan Republik Indonesia adalah suatu proses yang sangat panjang. Kronologinya dimulai dari kekalahan Jepang terhadap sekutu pada Perang Dunia II, hingga Soekarno dan Moh Hatta dapat memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia, Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terbagi menjadi lima peristiwa, yaitu pengeboman kota Hiroshima serta Nagasaki, peristiwa Dalat, peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah proklamasi, dan puncak proklamasi.


-6 dan 9 Agustus 1945: Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat.

-12 Agustus 1945: Sukarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

-16 Agustus 1945: Dini hari, Sukarno dan Moh. Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio.

-16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Sukarno dan Moh. Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

-17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Sukarno dan Moh. Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.

Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan

2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara

3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah

4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945

5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta
6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta
terimakasih
wassalamualaikum wr.wb

harsha mengatakan...

Nama: Azarine Elfrida Shakila
kelas:9e
Ket: hadir

1.Apa saja yang di putuskan dalam rapat penentuan kementerian.
:
a. Departemen dalam negeri
b. Departemen Luar Negeri
c. Departemen Kehakiman
d. Departemen Keuangan
e. Departemen Kemakmuran
f. Departemen Kesehatan
g. Departemen Pengajaran, Pendidikan, dan Kebudayaan
h. Departemen Sosial
i. Departemen Pertahanan
j. Departemen Perhubungan
k.Departemen Pekerjaan Umum

2.Kenapa perubahan bentuk negara kesatuan republik indonesia (nkri) menjadi republik indonesia serikat (ris)
:
karena setelah perjanjian KMB, Indonesia resmi berubah menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS). Hal tersebut dilakukan agar Indonesia mendapat pengakuan kedaulatan dari dunia internasional. Republik Indonesia Serikat terdiri dari terdiri dari 7 negara bagian dan 9 daerah otonom, Republik Indonesia menjadi negara bagian RIS.

3.kapan Blokade laut di mulai oleh Belanda ?
:
Blokade laut dimulai pada bulan November 1945.

4.dimana negara RIS melakukan perubahan Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi Republik Indonesia serikat (RIS)
:
1.Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.
2.Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah.

5. siapa presiden dan wakil presiden yang terpilih dalam rapat pemilihan?
:
Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta terpilih sebagai presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia

6.Bagaimana cara indonesia membangun diplomasi ke india pada tahun 1946
: Indonesia membantu pemerintah India yang tengah menghadapi bahaya kelaparan dengan mengirimkan beras seberat 500.000 ton. Sebagai imbalannya, pemerintah India menjanjikan akan mengirimkan bahan pakaian yang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Selain bersifat ekonomis, pengiriman bantuan india juga bersifat politis karena India merupakan negara asia yang paling aktif mendukung perjuangan diplomatik dalam rangka solidaritas negara-negara Asia.

terima kasih.

R mengatakan...

engatakan...
Assalamu'alaikum
Nama : robby sutisna
Kelas: 9e
Apa yg dimaksud pembentukan struktur pemerintahan?
: Saat proklamasi kemerdakaan tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia belum memiliki struktur pemerintahan yang lengkap karena Indonesia belum menentukan kepala pemerintahan dan belum menerapkan sistem administrasi yang jelas. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia segera membentuk kelengkapan pemeritahaan
2. Kenapa UUD 1945 ditetapkan dalam rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945?
: Dengan ditetapkannya UUD 1945, oada rapat tersebut Indonesia memiliki landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegara
3. Dimana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagian saja dari RIS?
: 1). Negara Bagian Negara bagian meliputi Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

2). Satuan-Satuan Kenegaraan Satuan kenegaraan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Banjar, Dayak Besar, Bangka, Belitung, Riau, dan Jawa Tengah
4. Kapan pengesahan UUD 1945?
: pada tanggal 18 Agustus 1945
5. Siapa presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia?
Ir Soekarno dan Drs. M. Hatta
6. Bagaimana pembagian wilayah Indonesia?
: Pada rapat PPKI yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 1945 diputuskan pembagian wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi di seluruh bekas penjajahan Hindia-Belanda. 8 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusatenggara), Sumatra, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surakarta

harsha mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb
Nama: Azarine Elvina Alesha
Kelas: 9E

1. Apa saja upaya yg dilakukan pemerintah untuk menghadapi blokade laut?
JAWAB:
- Melaksanakan Program Pinjaman Nasional
- Melakukan Diplomasi ke India Pada tahun 1946
- Mengadakan Hubungan Dagang Langsung ke Luar Negeri.

2. Mengapa Mr. Suwardi membentuk Panitia Penyelidik Pengajaran Republik Indonesia pada saat setelah kemerdekaan Indonesia?
JAWAB:
tujuan dibentuknya Panitia Penyelidik Pengajaran Republik Indonesia agar warga negara menjadi warga negara yg berguna dan yang diharapkan kelak dapat memberikan pengetahuannya kepada negara. Dengan kata lain, tujuan pendidikan pada masa itu lebih menekankan pada penanaman semangat patriotisme.

3. Kapan RIS resmi dibubarkan dan Indonesia kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?
JAWAB:
Pada tanggal 17 Agustus 1950

4. Dimana diselenggarakannya konferensi meja bundar (KMB)?
JAWAB:
Pada 23 Agustus sampai 2 november 1949, Konferensi meja bundar (KMB) diselenggarakan di Den Haag, Belanda.

5. Siapa menteri yg melaksanakan Program Pinjaman Nasional?
JAWAB:
Menteri Keuangan Ir. Surachman

6. Bagaimana cara Raden Saleh untuk mengkritik penjajah Belanda?
JAWAB:
Raden Saleh melakukan kritik terhadap penjajah Belanda dengan menggunakan media seni lukis. Lukisan yang dibuat oleh Raden Saleh menggambarkan suatu penderitaan rakyat Indonesia dan juga kekejaman dari penjajah Belanda.

TERIMA KASIH
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Muhammad Rafi Daviera mengatakan...

Nama:Muhammad Rafi Daviera
Kelas:9E

1.Apa barang ekspor yang dibeli pihak Amerika Serikat?
-Gula, Teh, dan Karet

2.Kenapa Belanda ingin melakukan blokade laut pada Indonesia?
-Karena Belanda ingin meruntuhkan perekonomian Indonesia yg disebabkan oleh blokade laut

3.Kapan diputuskannya wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi?
-19 Agustus 1945

4.Dimana Indonesia mengirimkan beras seberat 500.000 ton?
-India pada tahun 1946

5.Siapa menteri pendidikan Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan?
-Setelah proklamasi kemerdekaan pemerintah mengangkat Ki hajar dewantara sebagai mentri Pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan (PpdanK) Ki hajar Dewantara menjabat jabatan ini hanya selama 3 bulan.

6.Bagaimana Negara Indonesia hendak bergabung dengan RI untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?
-Pada awal bulan Mei 1950, terjadi penggabungan negara-negara bagian dalam negara RIS sehingga hanya tinggal tiga negara bagian, yaitu negara Republik Ilmu Pengetahuan Sosial 95 Indonesia, Negara Indonesia Timur, dan Negara Sumatra Timur. Perkembangan berikutnya adalah munculnya kesepakatan antara RIS yang mewakili Negara Indonesia Timur dan Negara Sumatra Timur dengan Republik Indonesia untuk kembali ke bentuk negara kesatuan.

Gilang mengatakan...

Assalamualaikum Wr Wb
Nama: Rizky Rafi Gilang.P
Kls:9E


Jwb=
1. Apa yg terjadi pasca KMB? Belanda mengakui kedaulatan indonesia dan bentuk pemerintahan yg berserikat
2. Kenapa belanda melakukan blokade laut? Agar indonesia tidak bisa melakukan ekspor impor kpd dunia luar
3. Kapan uud 1945 dibentuk? 18 agustus 1945
4. Di mana KMB dilaksanakan? Den hag, belanda
5. Siapa presiden dan wakil presiden republik indonesia yg pertama? Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta
6. Bagaimana cara mengatasi masalah ekonomi indonesia dimasa awal kemerdekaan? Melaksanakan program pinjaman nasional, hubungan diplomasi dgn india, hubungan dagang luar negeri, dll

fayyaza wijaya mengatakan...

Nama: Fayyaza Wijaya
Kelas : 9A

Buatlah kronologi kejadian bidang politik di masa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia secara runtun?

•Apa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam bidang politik?
Proklamasi Indonesia membuat Indonesia semakin memiliki kedaulatan rakyat, yakni berupa pengakuan dari segenap rakyat Indonesia bahwa pemerintah Indonesia merupakan pemegang kekuasaan tertinggi serta terlepas dari belenggu penjajah.

•Kenapa setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami inflasi yang terlalu tinggi?
Pada masa awal kemerdekaan, Indonesia menghadapi lonjakan inflasi yang tinggi. Inflasi tersebut dikarenakan oleh beberapa hal, termasuk beredarnya mata uang Jepang dalam jumlah yang tidak terkendali.

•Dimana diselenggarakannya konferensi meja bundar (KMB)?
Pada 23 Agustus sampai 2 november 1949, Konferensi meja bundar (KMB) diselenggarakan di Den Haag, Belanda.

•Kapan RIS resmi dibubarkan dan Indonesia kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?
Pada tanggal 17 Agustus 1950

•Siapa yang melaksanakan program pinjaman nasional?
Program pinjaman nasional dilaksanakan oleh Menteri Keuangan Ir. Surachman

•Bagaimana politik awal kemerdekaan Indonesia?
Secara politik, keadaan Indonesia di awal kemerdekaan belum mapan, terjadi ketegangan, kekacauan dan berbagai insiden. Hal ini dikarenakan masih adanya sisa pasukan Jepang dan datangnya kembali Belanda untuk berkuasa di Indonesia.


Nili Fatil Huda mengatakan...

Nama Nili Fatil Huda
Kelas 9a
1.Bagaimana kronologi terjadinya peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia?
Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terbagi menjadi lima peristiwa, yaitu pengeboman kota Hiroshima serta Nagasaki, peristiwa Dalat, peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah
proklamasi, dan puncak proklamasi

2.Di manakah tempat dirundingkan nya proklamasi kemerdekaan?
Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia otentik dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Jalan ini kini bernama Jalan Proklamasi, ditandai dengan adanya Tugu Proklamasi di kawasan ini. Pembacaan Proklamasi dihadiri oleh sekitar 500 orang dari berbagai kalangan

3.Apakah akibat dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia? Proklamasi Kemerdekaan membuat Indonesia merasa bebas dari penjajahan serta memegang penuh atas hak dan kedaulatan negara

4.Bagaimana dampak proklamasi dalam bidang sosial?
Bidang Sosial

Salah satu makna proklamasi bagi bangsa Indonesia dalam aspek sosial, adalah menolak segala bentuk diskriminasi yang rasial dan segera dihapuskan. Selain itu juga, untuk memaknai perjuangan, maka semua warga negara Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban secara bebas dalam segala bidang

5.Siapa saja tokoh yang merumuskan teks Proklamasi?
Ir Soekarno Bung Karno dipilih menjadi ketua PPKI. Bung Karno bersama dengan Bung Hatta dan Ahmad Subarjo merumuskan naskah Prklamasi. Bahkan rumusan awal naskah proklamasi adalah tulisan tangan Bung Karno. Setelah naskah diketik oleh Sayuti Melik, Bung Karno dan Hatta menandatanganinya atas nama Bangsa Indonesia

6.Manakah yang menjelaskan makna proklamasi dalam bidang politik?
Proklamasi Indonesia membuat Indonesia semakin memiliki kedaulatan rakyat, yakni berupa pengakuan dari segenap rakyat Indonesia bahwa pemerintah Indonesia merupakan pemegang kekuasaan tertinggi serta terlepas dari belenggu penjajah