Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 26 April 2024

P 19-22 K -7 Tema Pemberdayaan Masyarakat (23 april - 3 Mei 2024))

 Identitas

Mata Pelajaran

IPS

Kelas/Fase

Fase D kelas 7

Materi

 Pemberdayaan Masyarakat

Pertemuan ke

 18    ( 4 JP)

Guru Pengampu

Aprizal

Waktu Pembelajaran

Senin - Kamis, kelas 7

 

CP

 Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif.

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan Aktivitas kegiatan Ekonomi dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 Apersepsi 

Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita  ingat lagi tentang Permasalahan Sosial BudayaSelain permasalahan sejarah lokal, masih terdapat permasalahan sosial budaya yang mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia

Yuuks kita kaitkan dengan materi Pemberdayaan Masyarakat

 Materi



D. Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat

Peran komunitas sangat penting dalam membangun kehidupan sosial budaya yang baik di masyarakat. Berikut adalah beberapa peranan komunitas dalam kehidupan masyarakat:

o    Memupuk rasa kebersamaan: Komunitas dapat memupuk rasa solidaritas dan kebersamaan antar anggotanya. Dengan adanya komunitas, masyarakat dapat saling mendukung dan bekerja sama dalam menghadapi permasalahan sosial budaya yang ada.

o    Meningkatkan kesadaran masyarakat: Komunitas dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu sosial budaya yang penting. Melalui diskusi dan kegiatan komunitas, masyarakat dapat menjadi lebih peka terhadap permasalahan yang ada di sekitar mereka.

o    Pengembangan potensi individu: Komunitas juga dapat menjadi ruang bagi masyarakat dalam mengembangkan potensi individu. Melalui komunitas, masyarakat dapat berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang membantu dalam pemberdayaan diri sendiri.

o    Memperkuat nilai-nilai budaya: Komunitas juga memiliki peran penting dalam memperkuat dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat. Dengan aktifnya komunitas dalam menjaga tradisi, adat istiadat, dan seni budaya, maka nilai-nilai tersebut akan tetap hidup dan berkembang.

o    Mendorong partisipasi masyarakat: Komunitas dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam kehidupan sosial budaya. Melalui komunitas, masyarakat dapat turut serta dalam kegiatan, acara, atau program yang berkaitan dengan permasalahan sosial budaya yang mereka hadapi.

Kesimpulan

Melalui langkah-langkah seperti pendapatan, tabungan, investasi, literasi keuangan, dan pengelolaan keuangan keluarga, serta peran komunitas yang membentuk solidaritas dan kesadaran masyarakat, diharapkan permasalahan sosial budaya dapat teratasi dan masyarakat Indonesia dapat hidup dalam harmoni dan kesejahteraan.


Evaluasi :

Berikan contoh Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat yang ada di lingkungan tempat tinggal mu?

10 komentar:

Raihan Zailani Putra mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Raihan Zailani Putra mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Raihan Zailani Putra mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kevinn mengatakan...

Assalamualaikum
Kevin Julio Harahap
9a
Hadir

Nisaa mengatakan...

Assalamu'alaikum
Kirana Tungga Dewi
9a
Hadir

Callysta mengatakan...

Assalamualaikum
Callysta
9a
Hadir

Nisaa mengatakan...

Assalamu'alaikum
Khorunnisa
9a
Hadir

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
M Bagus Muzakki Noverian
9a
Hadir

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
Rendy Cahya Andriyansyach
9a
Hadir

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
M.Bagas Alif
9a
Hadir