Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 08 September 2023

P11 Dinamika penduduk dan persebaran penduduk benua Asia

 

Judul / Tema

Dinamika penduduk dan persebaran penduduk benua Asia



Identitas

Mata Pelajaran                     : IPS

Kelas/Fase                           : Kelas 9   

Materi                                 : Dinamika penduduk dan persebaran penduduk benua Asia

Pertemuan ke                       :  1   dari   1  

Guru Pengampu                   : Aprizal

Waktu Pembelajaran             : Rabu 6 September 

                                             Kelas 9B  JP ke 12   9A JP ke 9-10  

 

KD

3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor  alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

 Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang :

Menganalisis Dinamika penduduk dan persebaran penduduk benua Asia.

 

Dinamika Penduduk Asia





 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Apersepsi 

Sebelum kita memasuki materi hari ini, masih ingatkah kalian tentang  Jepang, Inggris, Australia ataupun Mesir.  Negara negara tersebut  adalah negara yang menghiasi dan menghuni setiap benua yang ada lho..

Hewan endemik khasnya adalah Kangguru untuk australia, Unta untuk negara mesir bahkan satu-satunya negara yang mempunyai dua arus panas di lautnya dalah Jepang. 

Anak-anakku, pada kesempatan kali ini kaitan materi tersebut akan kita bahas dalam materi pertemuan kali ini adalah dinamika penduduk benua Asia….

 

Materi Pembelajaran

Dinamika penduduk benua-benua di dunia adalah perubahan-perubahan yang terjadi dari sisi jumlah, distribusi, dan komposisinya. Perubahan tersebut dapat terjadi karena adanya peristiwa kelahiran, kematian maupun karena adanya perpindahan penduduk atau migrasi.

 

Dinamika penduduk benua Asia ini terjadi karena ada perubahan jumlah penduduk akibat ada kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi).  Penduduk merasakan adanya dinamika warga atau penduduk yang perubahan kondisi penduduknya dipengaruhi oleh berbagai budaya, etnik, dan agama atau kepercayaannya.

 

Hanya ada beberapa negara di benua Asia yang punya jumlah penduduk pendatang (orang asing) yang besar yaitu Brunei Darussalam (37%), Hong Kong (39%), Singapura (39%), Makao (55%), dan Malaysia (8%).

 

Selain itu, ada juga negara-negara yang punya pertambahan warga lansia (usia tua) secara cepat adalah Jepang, China, Korea Selatan yang punya angka migrasi rendah.

Negara-negara yang termasuk sebagai pemasok penduduk migran, misalnya Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, dan Timor Leste.

 

Pada 2022, jumlah penduduk Benua Asia adalah 4.726.841.356 jiwa, jumlah itu bertambah besar sebesar 115, 78 juta jiwa dalan jangka waktu dua tahun sejak 2020.

Persebaran penduduk Asia terjadi secara tak merata, dan di antara negara-negara di Benua Asia memiliki beberapa negara dengan penduduk terbesar di dunia, misalnya China, India, dan Indonesia.

 

Wilayah Asia yang memiliki jumlah dan kepadatan penduduk tinggi terlihat di kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan.

Namun, wilayah-wilayah yang termasuk sebagai kawasan terpencil di Benua Asia relatif punya jumlah penduduk yang lebih sedikit.

 

Dinamika Penduduk Benua Asia

Dinamika Ras

Dilihat dari komposisi menurut rasnya, penduduk di Benua Asia terdiri dari tiga ras utama, yaitu:

Ras Mongoloid: Ras yang punya persebaran paling besar dan terbagi jadi tiga jenis ras, yaitu Asiatic Mongoloid, Malayan Mongoloid, dan American Mongoloid.

Ras Mongoloid di Indonesia terdapat dua golongan, yaitu Ras Proto Melayu (Melayu Tua) dan Ras Deutro Melayu (Melayu Muda).  Ras Proto Melayu terdiri dari suku Batak, Toraja, dan Dayak, sedangkan Ras Deutro Melayu yaitu suku Bugis, Jawa, Bali, dan Madura.

- Ras Kaukasoid: Populasi yang besar dan terpisah secara geografis di benua-benua di dunia.  Ras kaukasoid terbagi jadi empat subras, di antaranya: Nordic, Alpine, Mediteranian, Indic.

- Ras Negroid: Ras negroid terbagi jadi tiga rumpun yaitu negroid Afrika, Negrito, Negroid Melanesia, dan Australoid.

 

Ketiga ras itu lalu berbaur dan masuk dalam proses asimilasi lalu menghasilkan ras yang mendominasi di wilayah-wilayah tertentu, seperti:

Ras Kaukasoid/Ras Europoid: Asia Utara dan Asia Tengah.

Ras Mongoloid: Asia Timur dan Asia Tenggara.

Ras Kaukasoid: Asia Selatan.

Ras Negroid: Asia Selatan, Asia Barat (Timur Tengah).

Ras Negroid dan Kaukasoid: Asia Kecil, Asia Barat (Timur Tengah) wilayah Utara.

 

Skor Human Development Index (HDI)

Penduduk Asia punya kualitas yang bisa dilihat dan menggunakan ukuran tertentu yaitu Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

HDI adalah campuran indikator angka harapan hidup sejak lahir (Life Expectancy at Birth), pendidikan, dan penghasilan per kapita.

 

Jika sebuah negara punya skor HDI tinggi, maka bisa menjadi indikasi bahwa angka harapan hidup warganya lebih panjang, pendidikan berkualitas, dan penghasilan atau pendapatan per kapita lebih tinggi.

 

Berdasarkan indikator HDI, kualitas warga Asia ternyata bervariasi, sebagian ada yang skornya tinggi, sebagian lagi menunjukkan skor yang rendah.

Negara Asia yang punya skor HDI tertinggi di antaranya Singapura, Brunei Darussalam, Saudi Arabia, China, Jepang, dan Korea Selatan.

 

Agama dan Kepercayaan

Islam,Hindu,Sikh, Konfusianisme, Taoisme, Shinto,Buddha, Kristen dan Katolik

Yahudi (Judaism)

Dinamika agama-agama yang bermunculan di Asia ini lalu menyebar ke berbagai wilayah benua Asia dan dunia.

 

Evaluasi / Refleksi materi

Setelah kalian memahami materi diatas, dapatkah kalian :

1.   Menjelaskan Dinamika penduduk Asia ? 

2.   Menjelaskan HDI tertinggi penduduk Asia?

3.   Bagaimana kualitas warga Singapura, Brunei Darussalam, Saudi Arabia, China, Jepang, dan Korea Selatan yang tergolong tinggi dibanding negara asia lainnya?

4.   Bagaiman persebaran ras di Asia ?

 

 

Kesimpulan

Dinamika penduduk di Asia sangat bervariasi antar negara dan wilayah, sehingga setiap negara menghadapi tantangan dan peluang yang unik dalam mengelola populasi mereka. Perubahan demografis dan perkembangan sosial di Asia akan terus memengaruhi dinamika ekonomi dan politik di tingkat global.

 

 

 

 

 

 

 

 


 

15 komentar:

S.herli romadhona putri selfrin mengatakan...

S.herli romadhona putri selfrin 7d

S.herli romadhona putri selfrin mengatakan...

s.herli romadhona putri selfrin

ʚrraeyaaɞ mengatakan...

Assalamu'alaikum
Keysha Ozora Aditya Putri
9A
Hadir

ʚrraeyaaɞ mengatakan...

Assalamualaikum
Andhika Putra Pratama
9A
Hadir

Amira Nur Azizah mengatakan...

Assalamu'alaikum
Amira Nur Azizah
9A
Hadir

Nana mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM
FATIR
9B
HADIR

Andhika mengatakan...

Assalamualaikum
Andhika Rafi Pratama
9B
Hadir

Faiz mengatakan...

Assalamu'alaikum
Muhammad Faiz Barkah
9B
Hadir

???? mengatakan...

Assalamualaiku
M.Alfarizi T.
9B
Hadir

Aulia Rahmadani mengatakan...

Assalamualaikum
aulia rahmadani
9b
hadir

Salsabila mengatakan...

Assalamualaikum
Salsabila
9b
Hadir

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
Aisha Valeria Sakhi
9B
hadir

Reihan faisal wicaksono mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM
REIHAN FAISAL
9B
HADIR

Shakila mengatakan...

Assalamualaikum
Shakila alissa p.
9B
Hadir

Syuza mengatakan...

Assalamualaikum
Syuza Hajimah alyaa jaya
9b
Hadir