Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Senin, 18 September 2023

P12 Dinamika penduduk dan persebaran penduduk benua Amerika

                                                         Judul / Tema

Dinamika penduduk dan persebaran penduduk benua Amerika




Identitas

Mata Pelajaran                          : IPS

Kelas/Fase                                : Kelas 9   

Materi                                        : Dinamika penduduk  benua Amerika

Pertemuan ke                           :  1   dari   1  (tatap muka ke 12)

Guru Pengampu                       : Aprizal

Waktu Pembelajaran                : Senin  Kelas 9B  JP ke 12   9A JP ke 9-10

 

KD

3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor  alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

 Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang :

Menganalisis Dinamika penduduk dan persebaran penduduk benua Asia.

 

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Apersepsi 

Sebelum kita memasuki materi hari ini, masih ingatkah kalian tentang  Jepang, Inggris, Australia ataupun Mesir.  Negara negara tersebut  adalah negara yang menghiasi dan menghuni setiap benua yang ada lho..

Hewan endemik khasnya adalah Kangguru untuk australia, Unta untuk negara mesir bahkan satu-satunya negara yang mempunyai dua arus panas di lautnya dalah Jepang.  Dinamika penduduk benua Asia ini terjadi karena ada perubahan jumlah penduduk akibat ada kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi).  Penduduk merasakan adanya dinamika warga atau penduduk yang perubahan kondisi penduduknya dipengaruhi oleh berbagai budaya, etnik, dan agama atau kepercayaannya.

 

Anak-anakku, pada kesempatan kali ini kaitan materi tersebut akan kita bahas dalam materi pertemuan kali ini adalah dinamika penduduk benua Asia….

 

            Materi Pembelajaran

Seperti yang sudah Paps  jelaskan di awal, dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk yang disebabkan oleh beberapa faktor. Tentu kamu sudah mengerti bahwa pertumbuhan penduduk di setiap wilayah pasti berbeda-beda. Ada yang cepat namun juga ada yang lama hingga menyebabkan kekurangan penduduk. Baik kepadatan maupun kekurangan penduduk akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dari suatu wilayah. Misalnya dari segi kesehatan, ekonomi, pendidikan, pendapatan, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat setiap wilayah harus mempunyai data kependudukan yang baik dan jelas agar pertumbuhan suatu wilayah berjalan dengan maksimal dan mudah keluar dari proposal.

 

Semakin banyaknya pernikahan di usia muda, mitos “banyak anak banyak rejeki”, dan anggapan anak sebagai penerus keturunan menyebabkan angka kelahiran semakin tinggi. Jika suatu wilayah menerapakan pembatas jumlah anak (KB), mengutamakan karir atau pendidikan, maka angka kelahiran bisa jadi lebih rendah.

 

Untuk angka kelahiran ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

 

Angka kelahiran tinggi → Jumlahnya mencapai > 30 per tahun.

Angka kelahiran sedang → Jumlahnya sekitar 20 – 30 per tahun.

Angka kelahiran rendah → Jumlahnya hanya sekitar < 20 per tahun.

 

Kematian

Dianggap sebagai fenomena berkurangnya jumlah penduduk, angka kematian juga terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Angka kematian tinggi → Jumlahnya mencapai > 18 per tahun.

Angka kematian sedang → Jumlahnya sekitar 14 – 18 per tahun.

Angka kematian rendah → Jumlahnya hanya sekitar 9-13 per tahun.        

 

Migrasi

Adanya penduduk yang berpindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya dapat menumbuhkan maupun menurunkan angka penduduk pada suatu wilayah. Biasanya, penduduk yang melakukan migrasi memiliki tujuannya masing-masing dan berusaha akan menetap di wilayah yang baru.

Dinamika Penduduk Benua Amerika

Penduduk Benua Amerika pada tahun 2020 sebanyak 1,01 miliar jiwa. Negara dengan populasi jumlah penduduk terbanyak di Amerika adalah Amerika Serikat (331 juta jiwa). Seperti halnya Asia, sebaran penduduk Amerika juga tidak merata. Konsentrasi penduduk Amerika berada di bagian timur dan barat Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Karibia, serta bagian barat dan timur Amerika Selatan. Bagian tengah Benua Amerika umumnya lebih rendah kepadatan penduduknya. Sama halnya dengan wilayah paling utara dan paling selatan, kedua wilayah ini mendekati kutub utara dan kutub selatan. Benua Amerika memiliki kualitas penduduk yang bervariasi. Negara yang memiliki kualitas penduduk yang tinggi di antaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Argentina, dan Chile. Sedangkan, negara dengan kualitas penduduk yang tinggi adalah Meksiko, Brazil, dan sejumlah negara Amerika Latin lain. Lalu, negara dengan kualitas penduduk sedang adalah Paraguay, Bolivia dan sejumlah negara lain.

Suku Indian merupakan penduduk asli Amerika. Namun jumlah mereka terus menyusut karena terdesak perkembangan orang-orang kulit putih yang berdatangan ke Amerika sejak abad ke-15. Penduduk asli lainnya adalah suku Eskimo. Penduduk pendatang berasal dari berbagai benua yang terdiri atas tiga ras utama, yaitu Ras Negroid dari Afrika, ras Mongolia dari Asia, dan ras Kaukasoid yang berkulit putih dari Eropa. Dalam perkembangannya penduduk pendatang dan penduduk asli saling berbaur hidup bersama sehingga dapat dijumpai adanya penduduk campuran.

 

 

 

Evaluasi / Refleksi materi

Setelah kalian memahami materi diatas, dapatkah kalian :

1.   Menjelaskan Dinamika penduduk Amerika ? 

2.   Menjelaskan HDI tertinggi penduduk Amerika?

 

 

Kesimpulan

 

13 komentar:

ʚrraeyaaɞ mengatakan...

Assalamu'alaikum
Keysha Ozora aditya Putri
9A
Hadir

ʚrraeyaaɞ mengatakan...

Assalamualaikum
Andhika Putra Pratama
9A
Hadir

Andhika mengatakan...

Assalamualaikum
Andhika Rafi Pratama
9B
Hadir

???? mengatakan...

Assalamualaikum
M.Alfarizi T.
9B
Hadir

Faiz mengatakan...

Assalamu'alaikum
Muhammad Faiz Barkah
9B
Hadir

Nana mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM
FATIR
9B
HADIR

Aulia Rahmadani mengatakan...

Assalamualaikum
aulia rahmadani
9b
hadir

Shakila mengatakan...

Assalamualaikum
Shakila alissa p.
9B
Hadir

Salsabila mengatakan...

Assalamualaikum
Salsabila
9b
Hadir

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
Aisha Valeria Sakhi
9B
hadir

Syuza mengatakan...

Assalamualaikum
Syuza Hajimah alyaa jaya
9b
Hadir

Elyta Aaqila Rosalie mengatakan...

Assalamualaikum
Elyta Aaqila Rosalie
9B
hadir

Reihan faisal wicaksono mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM
REIHAN FAISAL
9B
HADIR