Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 08 September 2023

P13 Membahasa latihan soal Sosialisasi dan Nilai serta Norma (menganalisa gambar dan memberikan argumentasi)

                                                         Judul / Tema

Membahas Latihan Sosialisasi


Identitas

Mata Pelajaran              :IPS

Kelas/FaseFase             :D kelas 7

Materi                             :Sosialisasi

Pertemuan                     :ke1   dari   2

Guru Pengampu           : Aprizal

Waktu Pembelajaran   :  Jumat 7C 45

            CP

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan  lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan  memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.

Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif


Tujuan Pembelajaran

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat menjelaskan hakikat bersosialisasi, menjelaskan agen agen sosialisasi seta proses sosialisasi  dengan baik serta mempresentasikan di depan kelas menggunakan Canvas, PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa




Evaluasi

Jelaskan sosialisasi  yang kamu fahami?

Jelaskan  minimal 4 jenis sosialisasi yang kamu fahami?

Berikan penjelasannmu terkait gambar berikut ini




Pembahasan Latihan A.

1. Sosialisasi Pengertian adalah 

Secara umum pengertian sosialisasi adalah suatu proses belajar yang dilakukan oleh seorang individu untuk bertingkah laku berdasarkan batasan-batasan yang telah ada dan diakui di dalam masyarakat. Bisa juga arti sosialisasi yaitu suatu proses dalam hidup seorang individu untuk mempelajari berbagai macam kebiasaan seperti cara hidup, nilai-nilai dan norma-norma sosial yang terdapat dalam masyarakat dengan maksud supaya dapat di terima oleh masyarakat. Dengan proses tersebut seorang individu akan mengadopsi kebiasaan, sikap maupun ide orang lain sehingga dapat dipercaya dan diakui.


2. Jenis Sosialisasi

Berdasarkan penjelasan di atas, jenis-jenis sosialisasi yang dapat dikaji dari media sosialisasi tersebut di atas terbagi menjadi empat jenis sosialisasi:

💛Formal.

Sosialisasi ini melalui lembaga atau institusi yang dibentuk oleh pemerintah dan masyarakat dan memiliki tugas khusus dalam mensosialisasikan peraturan, kebijakan, nilai dan norma sosial, dan sejumlah peranan yang harus dipelajari oleh masyarakat. Jenis sosialisasi ini dapat terlihat di sekolah, kantor kelurahan/kabupaten, dewan adat, dan lainnya.

❤Informal.

 Sosialisasi ini dapat dijumpai dalam pergaulan sehari-hari dan lebih bersifat kekeluargaan, misalnya arisan keluarga, rapat keluarga, dan lain sebagainya.

💙Sosialisasi primer.

 Sosialisasi ini merupakan sosialisasi pertama yang dijalani oleh individu pada waktu kecil untuk belajar menjadi anggota masyarakat (keluarga). Individu yang melakukan sosialisasi primer ini berumur antara 1 hingga 5 tahun atau pada saat mereka belum mulai masuk sekolah. Pada sosialisasi primer ini, peran orang tua dan saudara sangat berpengaruh besar dan penting dalam pembentukan kepribadian seorang anak.

💜Sosialisasi sekunder.

 Sosialisasi yang merupakan lanjutan dari sosialisasi primer dimana proses ini mulai memperkenalkan individu ke dalam kelompok tertentu di suatu masyarakat. Proses ini meliputi dua bentuk yaitu resosialisasi dan desosialisasi. Pada resosialisasi, seorang individu diberikan identitas diri yang baru, dan pada desosialisasi, seorang individu akan mengalami peniadaan identitas diri yang lama.


 3. Berikut analisis gambar tersebut

 💫Keluarga, sebagai agen sosialisasi pertama dan terpenting. Keluarga terdiri atas 2  macam, sistem keluarga inti (ayah, ibu, saudara kandung, dan angkat yang tinggal  dalam 1 rumah) dan sistem keluarga kekerabatan (kakek, nenek, paman, dan bibi).

👫Sekolah, sebagai tempat untuk berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai    macam latar belakang. Latar belakang yang dimaksud seperti agama, kelas sosial,  budaya, jenis kelamin, dan lainnya.

👪Kelompok sepermainan, sebagai interaksi antara teman sebaya maupun tidak sebaya.

🎥Media massa, sebagai media atau sarna komunikasi terhadap masyarakat luas. Contohnya meliputi televisi, surat kabar, majalah, film, radio, hingga media sosial


Pembahasan Latihan B. 

           

1.        Apa yang dimaksud dengan keberadaan diri dan keluarga?

Jawaban:

Keberadaan diri dan keluarga adalah kondisi keberadaan individu dan keluarga dalam lingkungan sosial dan fisik tertentu, yang meliputi aspek geografis, sosial, budaya, dan ekonomi.

 

2.    Jelaskan  pentingnya untuk mengenal lokasi tempat tinggal?

Jawaban:

Penting untuk mengenal lokasi tempat tinggal karena akan membantu individu dan keluarga dalam memahami kondisi lingkungan sekitar, memperoleh akses terhadap berbagai fasilitas atau layanan, serta memperkuat rasa memiliki terhadap lingkungan sekitar.

3.      Apa yang dimaksud dengan sosialisasi dalam masyarakat?

Jawaban:

Sosialisasi dalam masyarakat adalah proses pembelajaran dan penyesuaian individu dan keluarga terhadap norma, nilai, dan perilaku yang berlaku dalam masyarakat. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian yang sesuai dengan tuntutan lingkungan sosial yang ada.

 

4.    Apa saja aktivitas memenuhi kebutuhan dalam keluarga awal kehidupan?

Jawaban:

Aktivitas memenuhi kebutuhan dalam keluarga awal kehidupan meliputi kegiatan mencari nafkah, memenuhi kebutuhan makanan, sandang, dan papan, serta mengasuh dan mendidik anak.

 

5.    Bagaimana cara memperkuat hubungan keluarga dalam keluarga awal kehidupan?

Jawaban:

Cara memperkuat hubungan keluarga dalam keluarga awal kehidupan adalah dengan cara saling menghargai, saling membantu, saling berbagi, dan saling mendukung dalam memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, mempererat hubungan sosial dengan tetangga dan lingkungan sekitar juga dapat membantu memperkuat keberadaan dan hubungan keluarga dalam keluarga awal kehidupan.

 

6.    Sebutkan dampak letak geografis Indonesia...

jawaban:
- Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional
- memiliki kebudayaan beragam, salah satunya bahasa, karena adanya akulturasi budaya asing dan lokal
- tranportasi laut cepat berkembang dan mendapat perhatian karena sebagai jalur perdagangan internasional

 

7.    Jelaskan tentang dampak negatif kondisi geologis Indonesia!

jawaban: Secara geologis Indonesia dilalui dua jalur pegunungan dunia yaitu pegunungan sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Letak tersebut menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api aktif.

Aktivitas lempeng Eurasia, lempeng Indi-Australia dan lempeng Pasifik membuat Indonesia menjadi wilayah yang rawan terjadi gempa bumi.

 

 8.    Apa yang dimaksud dengan oritentasi pada peta?

jawaban: orientasi adalah arah mata angin yang menunjukkan arah utara, selatan, timur dan barat daerah yang digambar.

 

9.    Apa sajakah komponen-komponen peta?

jawaban: judul peta, skala peta, simbol peta, warna peta, legenda, orientasi, sumber dan tahun pembuatan.

 

10.  Salah satu pengaruh letak astronomis adalah terbaginya Indonesia menjadi 3 daerah waktu. Jelaskan mengenai daerah waktu Indonesia Tengah (WITA)

jawaban: zona waktu ini berdasar garis meridian pangkal 120 BT. Wilayah zona ini mencakup provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Pulau Sulawesi, Bali, NTB dan NTT

 




5 komentar:

Shaza zahira mengatakan...

Shaza Zahira kelas 7a hadirr

Rasya mengatakan...

Assalamualaikum papi rizal saya rasya dari kelas 7A

Albalkhi mengatakan...

Assalamualaikum,saya syaqiq al balkhi kelas 7A

Rafa wistara mengatakan...

Assalammualaiku , papi saya Rafa Wistara Hermansyah Putra kelas 7A

Fathir mengatakan...

Assalamualaikum pak
Nama: Muammar Rafli El Fathir
Kelas:7A