Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Senin, 27 Mei 2024

P24 K7 Persiapan SAT

 


 Judul / Tema

Persiapan SAT

 

Identitas

Mata Pelajaran

IPS

Kelas/Fase        

9 - 

Materi

Kisi – kisi Persiapan SAT 2024

Pertemuan ke

16    

Guru Pengampu

Aprizal

Waktu / Kelas Pembelajaran

Kelas 7 

 

 CP

 Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif.


Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian tentang : Kisi kisi persiapan SAT 2024

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Apersepsi 

Nah sekarang simak materi berikut…


Indikator Soal

Nomor

Soal

§  Siswa dapat Mengidentifikasi Sumber Daya Alam hutan

 

 

1, 2

§  Disajikan tabel Siswa dapat Menganalisis hasil-hasil Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui

 

.

3

§  Siswa dapat Menganalisis bentuk-bentuk Bahan Galian Tambang

 

 

4

§  Siswa dapat Menentukan pernyataan yang sesuai dengan uraian mengenai Sumber Daya Alam

 

 

5

§  Siswa dapat mengidentifikasi alur masuknya Agama Hindu-Budha berdasarkan pendapat ahli

 

 

6

§  Siswa dapat mengidentifikasi bentuk pemerintahan kerajaan pertama di Nusantara

 

 

 

7

Siswa dapat  menganalisis bentuk-bentuk peninggalan Kerajaan Tarumanegara

 

 

8

Siswa dapat Menganalisis  musafir yang pernah singgah di  Kerajaan Sriwijaya

 

 

 

9

Siswa dapat Menganalisis tentang ekspedisi pamalayu di Kerajaan Singasari

 

10

Siswa dapat  mengidentifikasi pendiri kerajaan Sriwijaya

 

11

       

Siswa dapat Mengidentifikasi sistem Dinasti, Tokoh  yang terlibat, serta Bukti peninggalan yang terdapat di Kerajaan Mataram Kuno

 

 

12,13,15

Siswa dapat  mengidentifikasi kitab-kitab peninggalan Kerajaan Singasari

 

 

14

Siswa dapat  menganalisis sebab runtuhnya Kerajaan Singasari

 

16

Siswa dapat mengidentifikasi salah satu pemberontakan yang terjadi di Kerajaan Majapahit

17

Siswa dapat  mengidentifikasi bentuk media yang digunakan dalam penyebaran Agama Islam di Nusantara

 

18

Siswa dapat  mengidentifikasi salah satu tokoh dari  Kerajaan Islam pertama di Nusantara

 

19

Siswa dapat  mengidentifikasi penyebab Mundurnya salah satu kerajaan Islam di Nusantara

 

20

Siswa dapat  mengidentifikasi corak kerajaan Islam di Pulau Jawa

 

21

Siswa dapat  mengidentifikasi Raja-raja yang mengalahkan portugis wilayah kekuasaan Kesultanan Demak

 

22

Siswa dapat mengidentifikasi raja yng membawa banten ke puncak kejayaan

23

Siswa dapat menganalisis salah satu penyebab kemunduran kerajaan Mataram

 

24

Siswa dapat mengidentifikasi hasil karya sastra pada masa Kerajaan Islam di Nusantara

25

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk kebutuhan manusia

 

26

Berdasarkan tabel Siswa dapat mengedentifikasi factor factor produkasi

27

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk bentuk distribusi

28

Siswa dapat mengidentifikasi  salah satu kegiatan yang terjadi di Rumah Tangga Produsen (RTP)

 

29

Siswa dapat mengidentifikasi salah satu bentuk permintaan

30

Siswa dapat mengidentifikasi factor factor yang mempengaruhi permintaan

31

Siswa dapat mengidentifikasi  nilai tukar dalam sistem perekonomian

 

32

Disajikan tabel Siswa dapat mengidentifikasi sistem status sosial masyarakat dan pencapaian sosial masyarakat

 

33,34

Siswa dapat mengidentifikasi kebudayaan Indonesia

35

Siswa dapat mengidentifikasi unsur budaya universal

36

Siswa dapat mengidentifikasi biografi Ratu kalinyamat

37

Siswa dapat mengidentifikasi antara kebutuhan dan keinginan

38

Siswa dapat mengidentifikasi pengelolaan keuangan keluarga

39

Siswa dapat menyebutkan  kemampuan memahami literasi keuangan menurut OJK

40

Siswa dapat menyebutkan wujud pemberdayaan komunitas

41

Siswa dapat mengidentifikasi kesenjangan yang terjadi di masyarakat

42

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk pencegahan tindak kenakalan remaja

43

Siswa dapat menganalisis jenis-jenis Uang

44

Disajikan tabel  Siswa dapat menganalisis manfaat tabungan

45

Siswa dapat mengidentifikasi layanan produk Uang

46

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk pengelolaan Uang

47

Siswa dapat mengidentifikasi peran komunitas di masyarakat

48,49

Siswa dapat menganalisis prinsip dasar keinginan manusia

50


18 komentar:

Dewa khim mengatakan...

Bissmillah semoga rangking

Alfarizzy f.j mengatakan...

Bismillah Ranking 🤗🤗

Bintang mengatakan...

Bissmillah semoga saya masuk ke dalam 3 besarr aamiin

Muhammad Akhtar sani mengatakan...

bismillahirrahmanirrahim semoga ranking

ripat 7c mengatakan...

bissmillah semoga saya jadi ranking 1

Faizskie mengatakan...

Bismillah ranking 10 besar

Dimas anugrah p mengatakan...

bismillah rengking 1 biar mami papi bangga 😍😍😍

Anonim mengatakan...

Bismillah smoga ranking

meldyana mengatakan...

Bissmillah semoga peringkat

putriazalia mengatakan...

semoga masuk tiga besar

khozinarrozzaq mengatakan...

Bissmilah semoga masuk 3 besar🥰🥰

shau nadya ficshel mengatakan...

Bismillah masuk 3 besar

Arkananta 7C mengatakan...

Terima kasih Papi,
Bismillah semoga ranking dan dapet nilai bagus 😁

afika 7d mengatakan...

bissmillah nilai nya seratus 🤩🤩🤩🤩

Anonim mengatakan...

terimakasih papi
bismillah nilai ujian nya 100 😲😲

Khansaa Artika mengatakan...

Terima kasi papi

Aurea Annora CH mengatakan...

Terimakasih papi

Amirah mengatakan...

Bismillah ranking 10 besar🤩