Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Senin, 05 Agustus 2024

P7 K9CD INTERAKSI ANTARNEGARA ASIA DAN NEGARA LAINNYA (NEGARA INGGRIS)

  Identitas

 

Mata Pelajaran

:

IPS

Kelas 

:

Kelas  9  B dan  C

Materi

:

Letak dan karakteristik Negara Inggris

Pertemuan ke

:

6    ( 2 JP)  

Guru Pengampu

:

Aprizal

Waktu Pembelajaran

:

1 Agustus  2024 ,jumat

 

KD

3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor  alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

 

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang :

Ø  Letak astronomis & geografis Inggris  

Ø  Keadaan fisik Negara Inggris

 

  

Judul / Tema  : Letak dan karakteristik Negara Inggris

 

 

Materi

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..

 

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin

 

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

 

Sebelumnya kita membahas Negara Inggris. Masih ingat kan Negara , AS berada dimana …..?  Bagusss benar berada di bagian Bumi belahan Utara.  

 

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi   Letak dan karakteristik negara Inggris.

 

Lets goooo…… kita mulaiiii.

 

Karakteristik Negara Inggris

Negara Inggris identik dengan jam Big Ben yang ikonik dan juga dengan prestasi tim sepak bolanya. Nah, kali ini kita akan membahas kondisi alam negara Inggris yang menjadi bagian dari bab 1 pelajaran IPS kelas 9 SMP.  Negara Inggris terletak pada 50LU-600 LU dan 80 BB-2BT.  Negara Inggris berada di Benua Eropa yang secara geografis berbatasan dengan Samudra Atlantik di utaranya.   Di sebelah baratnya berbatasan juga dengan Irlandia dan Samudra Atlantik.  O iya, luas wilayah negara Inggris mencapai 244.110 kilometer persegi, luas wilayahnya meliputi England, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, dan sejumlah pulau yang berada di sekitarnya.  Negara Inggris memiliki iklim yang sedang. Negaranya dikelilingi oleh banyak lautan sehingga negaranya memiliki iklim laut yang sejuk dan juga basah.  Karena hal itu, sepanjang tahunnya negara Inggris mengalami hari-hari yang sejuk dan dingin. Uniknya, pantai negara Inggris di bagian utara memiliki suhu yang jauh lebih hangat dibandingkan wilayah lainnya

 

Sumber Youtube


Bentang Alam
 Relief wilayah Inggris terbagi dua yaitu berupa pegunungan di bagian utara dan dataran rendah yang bergelombang di bagian timur dan selatan. Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, topografi Inggris memiliki ketinggian yang rendah, kecuali di bagian bagian timur yang jarang didapati tanah datar.

Sebagian besar wilayah Inggris terdiri dari lereng bukit, dengan ketinggian tertinggi ditemukan di utara, barat laut, dan barat daya. Lanskap ini didasarkan pada struktur dasar yang kompleks yang membentuk pola rumit pada peta geologi Inggris.
Di semenanjung barat daya, tepatnya di Cornwall dan Devon, terdapat batuan sedimen tertua dan beberapa batuan beku di perbukitan granit yang terisolasi. Batuan vulkanik kuno ini mendasari batuan di Pegunungan Cumbrian dan tanah aluvial baru yang menutupi Fens of Cambridgeshire, Lincolnshire, dan Norfolk.

Di antara wilayah-wilayah tersebut terbentang batu pasir dan batu gamping dari periode geologis yang berbeda. Banyak di antaranya berasal dari peninggalan zaman purba ketika sebagian besar Inggris tengah dan selatan terendam di bawah laut hangat.

Kekuatan geologis mengangkat dan melipat beberapa batuan yang kemudian membentuk 'tulang punggung' Inggris utara yang disebut Pennines. Relief ini memanjang ke selatan dari Northumberland ke Derbyshire dengan ketinggian mencapai 2.930 kaki (893 meter) di Cross Fell.

Dataran tinggi wilayah ini memiliki lereng yang pendek dan curam di bagian barat. Puncak tertinggi di Inggris merupakan Pegunungan Cumbrian, yang meliputi Distrik Danau yang terkenal, mencapai 3.210 kaki (978 meter) di Scafell Pike.

Perekonomian
Terdapat beberapa nama julukan negara Inggris, yakni The Three Lions (Tiga Singa), The Land of Hope and Glory (Tanah Harapan dan Kejayaan), serta The Black Country (Negara Hitam). The Black Country adalah julukan bagi negara Inggris yang mulai populer pada pertengahan abad ke-19. Lantas, kenapa Inggris disebut Black Country?  istilah Black Country berasal dari asap hitam yang dihasilkan ribuan pabrik pengecoran dan penempaan besi di kawasan industri di Inggris. Pada abad ke-18 atau ketika revolusi industri, asap hitam yang dihasilkan pusat industri di beberapa kota di Inggris membuat langit menjadi gelap. Itulah mengapa Inggris kerap dijuluki sebagai The Black Country.  Inggris menjadi negara maju semenjak mulai terjadi revolusi industri di sana. Perekonomian semakin melonjak pesat dan memiliki berbagai sektor perekonomian yang cukup dominan. Sektor ekonomi yang tersedia antara lain industri, pertambangan, pertanian, peternakan, dan perikanan.


Dari sektor industri, misalnya, Inggris memiliki jenis industri penting dan pengekspor baja, kapal laut, mobil, kereta api, tekstil, pesawat terbang, alat pertanian, hingga barang elektronika. Pusat-pusat industri yang berkembang di Inggris berada di kota:

ü  London dan Oxford: industri pesawat terbang, mesin mobil dan galangan kapal;

ü  Birmingham: industri berat seperti mesin mobil, kereta api, pesawat terbang, mesin tekstil dan mesin-mesin pertanian;

ü  Newcastle: industri galangan kapal;

ü  Glasgow: industri tekstil, lokomotif dan galangan kapal dan baja;

ü  Leicester: industri tekstil;

ü  Belfast: industri galangan kapal;

ü  Middlesbrough, Sheffield, Swansea, Northampton dan Newport: industri baja yang besar

Sebaliknya, negara Inggris memiliki konsumsi utama yang dipenuhi impor pada komoditas minyak mentah (7,2 persen), kendaraan bermotor (5,8 persen), minyak olahan (4,6 persen), komputer (2,6 persen), komponen mobil (2,3 persen), gas alam (2,2 persen), dan emas (2,1 persen).

 

 

Baiklah kids pemaparan materi kali ini cukup luaskan… dan masih banyak materi yang akan kita bahas dalam pertemuan berikutnya. Ok children, to close the material in our meeting today, Mr. will give an assignment or evaluation to find out how far you understand the material that we have discussed together

 

Evaluasi

Setelah kalian memahami materi diatas, kalian mengerjakan LKPD serta menjawab pertanyaan berikut ini :

1.      Mengapa negara Inggris disebut juga UK?

2.      Apa yang menyebabkan Negara Inggris menjadi negara Maju?

3.      Megapa letak negara Inggris memiliki letak yang strategis?

 

 

Kesimpulan

Negara Inggris terletak pada 50LU-600 LU dan 80 BB-2BT, secara geografis berbatasan dengan Samudra Atlantik di utaranya.   Di sebelah baratnya berbatasan juga dengan Irlandia dan Samudra Atlantik. Negara Inggris memiliki iklim yang sedang. Negaranya dikelilingi oleh banyak lautan sehingga negaranya memiliki iklim laut yang sejuk dan juga basah.  Karena hal itu, sepanjang tahunnya negara Inggris mengalami hari-hari yang sejuk dan dingin. Uniknya, pantai negara Inggris di bagian utara memiliki suhu yang jauh lebih hangat dibandingkan wilayah lainnya. Relief wilayah Inggris terbagi dua yaitu berupa pegunungan di bagian utara dan dataran rendah yang bergelombang di bagian timur dan selatan.Topografi Inggris memiliki ketinggian yang rendah, kecuali di bagian bagian timur yang jarang didapati tanah datar. The Black Country adalah julukan bagi negara Inggris yang mulai populer pada pertengahan abad ke-19. Lantas, kenapa Inggris disebut Black Country?  istilah Black Country berasal dari asap hitam yang dihasilkan ribuan pabrik pengecoran dan penempaan besi di kawasan industri di Inggris. Pada abad ke-18 atau ketika revolusi industri, asap hitam yang dihasilkan pusat industri di beberapa kota di Inggris membuat langit menjadi gelap. Itulah mengapa Inggris kerap dijuluki sebagai The Black Country

 

Ok guys… semoga membantu dan bermanfaat yaa

 

 

Referensi

Kelas 9 IPS BS press.pdf (kemdikbud.go.id)

SIBI - Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (kemdikbud.go.id)

IPS-BS-KLS-IX.pdf (kemdikbud.go.id)

         MGMP IPS - PATIH IJAL (aprizal79.blogspot.com)

Tidak ada komentar: