Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Jumat, 09 Agustus 2024

P9 K9 BA Kondisi Alam dan Penduduk Negara-Negara di Dunia (NEGARA Mesir)

 Identitas 

Mata Pelajaran

:

IPS

Kelas 

:

Kelas  9  B dan  C

Materi

:

Kondisi  Alam dan Penduduk Negara-Negara di Dunia   (contoh negara : Mesir)

Pertemuan ke

:

9    ( 2 JP)  (selesai)

Guru Pengampu

:

Aprizal

Waktu Pembelajaran

:

9 Agustus  2024 ,Jumat  di  kelas 9 BA

 

KD

3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor  alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.


 

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang : Kondisi  Alam dan Penduduk Negara-Negara di Dunia   (contoh negara : Mesir)


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalm beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..  

Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS.

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

 

Sebelumnya kita membahas Negara Mesir, . Masih ingat kan Benua Afrika  mendapat julukan apa,  …..?  Bagusss...   Benua Hitam, lohhh kok isooo. Ok kita langsung simak aja Video rekan mu yaa, untuk penguatan materi Benua Afrika.



 Sumber : Dokumen pribadi berupa tugas presentasi siswa

 

Anak-anakku, bagaiman nihhh penjelasannya... ok kan. 

Pertemuan kali ini, kita akan mempelajari materi   Letak dan karakteristik Benua Afrika dan Negara nya Mesir. 

 

Lets goooo…… kita mulaiiii.


Materi

Dokumen pribadi tugas Presentasi siswa



Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia setelah Asia dengan luas mencapai 30,24 juta km². Luas Afrika setara seperlima dari luas seluruh daratan di Bumi dan mencapai tiga kali dari benua Eropa.
Tak hanya dari segi luas, Afrika juga memiliki populasi yang besar, yaitu mencapai 1,37 miliar penduduk pada 2021. Jumlahnya setara 14 persen dari populasi dunia.
Secara luas, negara dengan luas wilayah terbesar di benua tersebut adalah Aljazair. Luasnya berkisar 7 persen dari total luas benua. Sementara yang terkecil adalah Seychelles yang merupakan negara kepulauan dengan 115 pulau yang membentang di sepanjang pantai timur daratan. Namun negara dengan kota-kota populer sebagai tujuan wisata bukanlah Aljazair, Nigeria, maupun Seychelles. Umumnya, turis suka berkunjung ke Maroko, Mesir, dan Tunisia.

 

Mengutip Sumber Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, benua Afrika secara astronomis terletak di 37 º21' Lintang Utara (LU) sampai 34º52' Lintang Selatan (LS) dan 17º 32' Bujur Barat (BB) sampai 51º26' Bujur Timur (BT).

Sementara secara geografis, Afrika dikelilingi oleh perairan dari laut dan samudra. Berikut letak geografis benua Afrika.

Utara: Laut Tengah (Laut Mediterania)
Timur: Samudra Hindia, Laut Merah
Selatan: Samudra Atlantik
Barat: Samudra Atlantik

 

Karakteristik benua Afrika.

1. Iklim Benua Afrika
Benua Afrika memiliki empat jenis iklim. Berikut iklim benua Afrika.

ü  Iklim sedang (subtropis): Pantai tenggara Afrika Selatan, wilayah selatan, dan garis balik selatan.

ü  Iklim tropis: Daerah di sekitar ekuator. Sementara daerah yang jauh dari ekuator mengalami musim panas sepanjang tahun, seperti pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda, dan sebagian pantai timur.

ü  Iklim gurun: Afrika bagian utara dan sebagian Afrika di barat daya.

ü  Iklim mediterania: Afrika bagian utara sekitar Laut Tengah.


2. Bentang Alam Benua Afrika
    Benua Afrika memiliki wilayah pegunungan dengan gunung tertinggi adalah Gunung Kilimanjaro di Tanzania. Total ketinggiannya mencapai 5.895 mdpl. Sementara puncak tertinggi kedua adalah Gunung Kenya berkisar 3.825 mdpl.

Selain gunung, Afrika juga memiliki sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil sepanjang 6.695 km di Mesir. Sungai ini mengalir dari selatan khatulistiwa hingga bermuara di Laut Mediterania. Sungai Nil mengalir di 11 negara di benua tersebut.

 

3   Ras Benua Afrika
Ras benua Afrika adalah negro dengan warna kulit hitam. Maka tak heran, benua ini juga dikenal sebagai 'Benua Hitam'.

4. Bahasa di Benua Afrika
Total ada lebih dari seribu bahasa yang digunakan oleh masyarakat di Afrika dengan empat rumpun utama, yaitu Afro-Asia, Nilo-Sahara, Niger-Kongo, dan Khoi-San.


Nah guys… itu penjelasan singkat tentang benua Afrika, berikut contoh negaranya Mesir. Simak ya..


Mesir adalah salah satu negara tujuan pariwisata favorit. Bagaimana kondisi alam negara Mesir? Berikut adalah kondisi alam negara Mesir: Letak Negara Mesir Mesir terletak pada 25° BT hingga 36° BT dan 22° LU hingga 32° LU. Secara geografis, Mesir terletak di Afrika Utara dengan posisi sebagian negaranya menghadap Laut Mediterania dan Laut Merah. Negara ini berbatasan di utara dengan Laut Mediterania, di sebelah barat dengan Libya, di sebelah selatan berbatasan dengan Sudan, dan di sebelah timur dengan Laut Merah. Luas wilayah mencapai 1.500.000 km².

 

Posisi Mesir menjadi sangat penting karena adanya sebuah terusan yaitu Terusan Suez. Terusan tersebut memperpendek jarak dari Eropa ke negara- negara Asia dan Australia atau sebaliknya. Sebelum adanya terusan tersebut, perjalanan laut dari Eropa ke negara-negara Asia dan Australia atau sebaliknya harus mengelilingi Afrika melewati pantai barat Afrika dan lautan di selatan Afrika. Jarak tersebut tentu sangat jauh dan memerlukan waktu yang lama.

Mesir memiliki iklim subtropis dan gurun. Hanya ada dua musim utama di Mesir yaitu musim panas yang sangat panas (hot summer) dan musim dingin yang ringan (mild winter). Musim panas berlangsung dari Mei sampai Oktober, sedangkan musim dingin berlangsung dari November sampai April.

Sebagian besar wilayah Mesir merupakan gumuk pasir (sand dunes) yang terletak pada wilayah yang rendah antara gurun Bagian Barat dan Gurun Lybia.  Mesir tidak memiliki hutan. Flora yang umumnya tumbuh di Mesir merupakan pohon daerah kering tropis dan subtropis seperti pohon lontar (papyrus), palma, kayu putih (eucalyptus), akasia, dan semacam pohon cemara (cypress).
 

 

 Evaluasi

1.        Mengapa Mesir dijuluki negeri seribu piramida?

2.        Mengapa pula Mesir dikatakan negeri para Nabi

 

 

Resume

benua Afrika secara astronomis terletak di 37 º21' Lintang Utara (LU) sampai 34º52' Lintang Selatan (LS) dan 17º 32' Bujur Barat (BB) sampai 51º26' Bujur Timur (BT). Sementara secara geografis, Afrika dikelilingi oleh perairan dari laut dan samudra. Berikut letak geografis benua Afrika.
Utara: Laut Tengah (Laut Mediterania)
Timur: Samudra Hindia, Laut Merah
Selatan: Samudra Atlantik
Barat: Samudra Atlantik

 

Mesir adalah salah satu negara tujuan pariwisata favorit. Bagaimana kondisi alam negara Mesir? Berikut adalah kondisi alam negara Mesir: Letak Negara Mesir Mesir terletak pada 25° BT hingga 36° BT dan 22° LU hingga 32° LU. Secara geografis, Mesir terletak di Afrika Utara dengan posisi sebagian negaranya menghadap Laut Mediterania dan Laut Merah. Negara ini berbatasan di utara dengan Laut Mediterania, di sebelah barat dengan Libya, di sebelah selatan berbatasan dengan Sudan, dan di sebelah timur dengan Laut Merah. Luas wilayah mencapai 1.500.000 km Sebagian besar wilayah Mesir merupakan gumuk pasir (sand dunes) yang terletak pada wilayah yang rendah antara gurun Bagian Barat dan Gurun Lybia.  Mesir tidak memiliki hutan.

 

 

Referensi

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230117100618-569-901321/benua-afrika-letak-karakteristik-dan-negara-negara-di-dalamnya.

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230117100618-569-901321/benua-afrika-letak-karakteristik-dan-negara-negara-di-dalamnya


Tidak ada komentar: