Welcome

<< IPS Papi Ijal>> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA >>

Selasa, 20 Agustus 2024

P13 K9 BA Kondisi Alam dan Penduduk Negara-Negara di Dunia

 Identitas 

Mata Pelajaran

:

IPS

Kelas 

:

Kelas  9  B dan  C

Materi

:

Kondisi Alam Negara Australia

Pertemuan ke

:

13    ( 2 JP)  (selesai)

Guru Pengampu

:

Aprizal

Waktu Pembelajaran

:

20  Agustus  2024  Kelas BC

 

KD

3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor  alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.




Sumber dokumen pribadi



 

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem based Learning (PBL) peserta didik dapat   mengamati permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang : Kondisi Alam Negara Australia


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

 

Bagaimana kabarnya hari ini,  jangan siasiakan waktu dalam beribadah ya? sehat semua yaa..

alhamdulillah..  Insyaa allah kalian sudah sholat subuh semua yaa, sebelum belajar baiknya kita berdoa sejenak.. berdoa mulai... aamiin   

Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin

Alhamdulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran IPS. 

Semoga dalam proses pembelajaran kita diberi kemudahan dalam pemahaman. aamiin.

 

Sebelumnya kita membahas Negara Mesir, . Masih ingat kan Benua Afrika  mendapat julukan apa,  …..?  Bagusss...   Benua Hitam. Sooo bagaimana dengan Benua Austrlian.

 Ok kita langsung simak aja  penguatan materi Benua Astralia.


Materi

Benua Australia adalah benua terbesar keenam di dunia, yang terletak di bawah garis Khatulistiwa di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.  Secara astronomis, letaknya antara 110 derajat Bujur Timur hingga 155 derajat Bujur Timur dan 10 derajat Lintang Selatan hingga 45 derajat Lintang Selatan. Benua Australia merupakan satu-satunya benua yang berada di bawah garis Khatulistiwa dan sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi selatan.

Letak geografis dan astronomis ini membuat Australia memiliki iklim, flora, dan fauna yang sangat berbeda dengan benua lainnya di dunia.

Bagian-Bagian Benua Australia

Benua Australia terbagi menjadi beberapa bagian yang memiliki kondisi alam yang berbeda. Bagian-bagian itu antara lain:

ü  Wilayah Timur

Wilayah timur Australia terdiri dari negara bagian Queensland, New South Wales, Victoria, Tasmania, dan wilayah ibu kota Canberra. Wilayah ini terkenal dengan kota-kota besar seperti Sydney, Brisbane, dan Melbourne, serta dengan pantai-pantai yang indah seperti Pantai Gold Coast dan Pantai Bondi.

Wilayah ini juga memiliki pegunungan yang indah seperti Pegunungan Alpen Australia dan Pegunungan Hume.

ü  Wilayah Tengah

Wilayah tengah Australia terdiri dari negara bagian Northern Territory dan sebagian besar wilayah Australia Selatan dan Australia Barat. Wilayah ini terkenal dengan Gurun Simpson, Gurun Tanami, dan Gurun Great Victoria, serta dengan monumen alam seperti Uluru dan Kata Tjuta.

ü  Wilayah Barat

Wilayah barat Australia terdiri dari sebagian besar negara bagian Australia Barat.

Wilayah ini terkenal dengan kota Perth, pegunungan yang indah seperti Pegunungan Darling dan Pegunungan Hamersley. Selain itu, wilayah ini terkenal dengan pantai-pantai yang cantik seperti Coral Bay dan Cottesloe Beach.

ü  Wilayah Utara

Wilayah utara Australia terdiri dari Northern Territory, sebagian wilayah Australia Barat, dan wilayah pantai utara Queensland.

Wilayah ini terkenal dengan Taman Nasional Kakadu, kota Darwin, dan kawasan konservasi Great Barrier Reef.

ü  Pulau-pulau sekitar Australia

Australia juga memiliki beberapa pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Tasmania, Pulau Christmas, Pulau Cocos (Keeling), dan Kepulauan Norfolk.

v  Kondisi Alam Benua Australia

Kondisi alam di benua Australia sangat berbeda dengan kondisi alam di benua lainnya di dunia karena faktor geografis.

Beberapa ciri khas kondisi alam di benua Australia adalah sebagai berikut:

ü  Iklim

Benua Australia memiliki iklim yang sangat berbeda-beda di berbagai wilayahnya.

Di sebagian besar wilayah, iklimnya termasuk ke dalam kategori iklim subtropis dan tropis, dengan suhu rata-rata tahunan sekitar 25 derajat Celsius.

Namun, ada juga beberapa wilayah di Australia yang memiliki iklim gurun dan semi-gurun, seperti di wilayah Barat dan Tengah Australia.

ü  Relief

Benua Australia memiliki relief yang cukup datar dan cenderung berbukit-bukit.

Wilayah pesisir di Australia umumnya memiliki dataran rendah yang subur dan gundukan pasir pantai.

Sedangkan di pedalaman terdapat kawasan dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pegunungan Alpen Australia di wilayah Tenggara Australia.

ü  Sumber Daya Alam

Australia kaya dengan sumber daya alam seperti bijih besi, batu bara, gas alam, minyak bumi, dan timah. Keanekaragaman hayati di Australia juga sangat tinggi, termasuk spesies unik seperti kanguru, koala, dan wombat.

ü  Potensi Bencana Alam

Bencana alam seperti kekeringan, banjir, dan kebakaran hutan sering terjadi di Australia.

Bencana kebakaran hutan terjadi hampir setiap tahun dan menyebabkan kerugian besar baik bagi manusia maupun satwa liar. Itulah beberapa ciri khas kondisi alam di benua Australia yang memiliki keunikan dan kekayaan alam yang melimpah.

Selain itu, Australia juga menghadapi tantangan dalam mengelola sumber daya alam dan melindungi lingkungan alaminya dari bencana alam dan aktivitas manusia yang berlebihan.

 

Evaluasi

1.        Siapa Penemu Benua Australia?

2.        Berapa Luas Wilayah Benua Australia?

3.        Apa Saja Batas Wilayah Benua Australia?

4.        Bagaimana Iklim Benua Australia?

5.        Bagaimana Pembagian Wilayah di Benua Australia?

Resume

Australia merupakan suatu Negara dibelahan Selatan di dataran Benua Australia. Secara astromomis Australia terletak pada 113º BT (Bujur Timur) - 155º BT (Bujur Timur) dan 10º - 43º LS (Lintang Selatan) dengan luas mencapai 8.945.000 km². Australia memiliki kondisi alam hampir sebagian berupa pegunungan, pantai, dan sebagainya.   Keadaan alam benua Australia meliputi dataran rendah, dataran tinggi, hingga pegunungan.

 

Berdasarkan tinggi rendah daratannya, keadaan alam benua Australia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian timur, tengah dan bagian selatan. Bagian timur wilayah Australia terdiri atas pegunungan. Bagian tengah merupakan dataran rendah, sedangkan bagian selatan berupa plato atau dataran tinggi. Benua Australia termasuk benua yang sangat kering, bahkan hampir dua pertiga bagian wilayahnya berupa gurun berpasir.  Ada 3 pegunungan besar di Australia, yaitu pegunungan Alpen, pegunungan Hamerslay dan pegunungan Mac Donell. Di pegunungan alpen yang terletak memanjang ke selatan terdapat gunung Kosciusko yang merupakan gunung tertinggi di benua Australia yang ketingiannya hanya 2.230 mdpl. 

 

 

 

 

Referensi

https://bobo.grid.id/read/083765199/kondisi-alam-benua-australia-mulai-dari-iklim-hingga-potensi-bencana-alam?page=all

 

https://www.kompas.com/skola/read/2022/10/19/070000969/kondisi-alam-dan-penduduk-negara-australia?page=all

1 komentar:

Judasiscariot mengatakan...

Assalamu'alaikum wr.wb
Queensha Zhafirah M.A
9B
Hadir
Trmksh atas materinya pak